Macam Macam Ukuran Spanduk yang Standar dan Ideal (Lengkap)

Ukuran Spanduk – Halo sahabat olympics. Pada artikel kali ini, kita akan mengulas mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan spanduk. Mari kita mulai dari Pengertian spanduk, macam variasi ukuran spanduk, jenis-jenis spanduk.

Pengertian Spanduk

Spanduk

Sumber : Liputan6.com

Apa sih pengertian spanduk atau baliho itu?

Spanduk adalah suatu kain rentang yang berisi propaganda, slogan ataupun pesan lainnya yang ditujukan untuk memperkenalkan atau membuat masyarakat umum mengetahui informasi sekaligus menunjang minat pembeli atau konsumen kalangan umum.

Spanduk sebagai suatu media informasi yang berisi text, berwarna dan bergambar yang dibuat menggunakan cat, sablon (screen printing) atau dengan cat mesin. Spanduk umumnya dipasang di tempat-tempat umum yang mudah dilihat, seperti : pada tiang-tiang lampu pinggir jalan.

Media yang bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan produk yang ditawarkan, baik dalam bentuk cetak maupun digital, antara lain : banner, brosur, pamflet, spanduk.

Pada zaman sekarang, spanduk digunakan sebagai media informasi sekaligus promosi yang cukup populer,bukan cuma karena harganya yang cukup murah tapi juga karena proses pengerjaan nya yang sangat cepat.

Hal tersebut, bisa dibuktikan dengan banyak sekali perusahaan yang bergerak di bidang periklanan serta memiliki mesin Digital Print Sendiri untuk membuatnya. Spanduk sangat dibutuhkan khususnya dalam proses pemasaran (promosi).

Variasi Ukuran Spanduk Standar

Variasi Ukuran Spanduk

Sumber : Ukuran.net

Sama seperti media publikasi lain yang dibuat dalam bentuk cetak pasti memiliki ukuran standar. Begitu pula dengan spanduk. Ada beberapa ukuran spanduk standar yang banyak digunakan ketika membuat media promosi dan publikasi dari bahan kain ini. Ukuran-ukuran tersebut akan disajikan dalam tabel berikut.

Nomor VariasiUkuran Spanduk
12 x 1.5 meter
23 x 0.8 meter
33 x 1 meter
44 x 0.8 meter
54.5 x 2 meter
65 x 1 meter

Jenis-Jenis Spanduk

1. X- Banner

X - Banner

Sumber : angraangga.wordpress.com

Spanduk ini menggunakan tiang penyangga berbentuk huruf X. Tiang penyangga tersebut terbuat dari bahan pipa aluminium kecil sehingga bisa di pindah tempat dengan mudah. Biasanya, Spanduk jenis ini diletakkan di dalam atau di luar ruangan, serta di samping pintu masuk sebuah toko, kantor serta ruang seminar.

Spanduk jenis ini memiliki keunikan yaitu  tiangnya bisa dipakai berulang – ulang sehingga yang diperlukan hanya mencetak ulang Spanduk nya saja.

Adapun ukuran spanduk X – Banner ini, antara lain :

80 x 180 cm
60 x 160 cm
60 x 120 cm
60 x 160 cm
25 x 40 cm

2. Y – Banner atau Spanduk X

Y - Banner

Sumber : store.primagraphia.co.id

Sama hal nya dengan X Spanduk , namun yang membedakan adalah tiang penyangganya yang berbentuk huruf Y. Model tiang penyangga tersebut bisa dipisahkan dari rangkanya. Biasanya, Spanduk jenis ini memiliki alas di bagian bawahnya agar lebih kuat. Ukuran standar Spanduk jenis ini biasanya sebesar 60 x 160 cm.

3. Mini X – Banner

Ukuran Spanduk

Mini X – Banner memiliki kesamaan dengan Spanduk X yaitu menggunakan tiang penyangga yang berbentuk X. Spanduk ini biasanya berukuran 26 x 38 cm atau terkadang juga bisa lebih kecil lagi sesuai dengan kebutuhan yang di inginkan.

Spanduk ini biasanya digunakan di meja makan restoran sebagai alat untuk mempromosikan menu dari restoran tersebut.

Spanduk ini terdiri dari dua macam bahan, yaitu :

  • X – Spanduk yang dilapisi dengan stainless
  • X – Spanduk yang tanpa lapisan.

4. Roll Up Banner atau Spanduk Roll Up

Spanduk Roll Up

Sumber : blog.printera.com

Spanduk ini memiliki fungsi yang sama dengan mini X – Spanduk. Keunikan Spanduk ini adalah bentuknya dapat di gulung ketika selesai digunakan, sehingga hanya perlu menarik Spanduk tersebut dari atas ke bawah. Spanduk ini sangat efisien serta ringan karena mudah digunakan dan dibawa kemana – mana.

Adapun Ukuran Spanduk Roll Up ini, antara lain :

  • 80 x 200 cm
  • 85 x 200 cm
  • 120 x 200 cm
  • 150 x 200 cm.

Spanduk jenis ini biasanya hanya dipakai pada pameran, etalase toko, dan ruang penjualan. Selain karena harga nya yang murah, jenis Spanduk ini mampu menampilkan produk secara keseluruhan.

Apabila terdapat kesalahan baik dalam pengetikan maupun gambar mohon saran dan kritiknya. Terima kasih dan Sampai jumpa kembali

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply