Ukuran Lapangan Sepak Bola Yang Wajib di Ketahui

Ukuran Lapangan Sepakbola – Siapa yang tidak mengenal olahraga sepak bola. Sepak bola adalah olahraga yang digemari oleh semua orang di dunia baik dari kalangan pria ataupun wanita.

Tidak hanya digemari di negara tertentu, sepak bola sudah menjadi pesta rakyat dunia. Bisa dilihat euforia pada saat digelarnya Piala Dunia 2018 belum lama ini.

Antusias semua orang sangat terlihat dengan adanya kompetisi dunia empat tahun sekali tersebut. Tentunya anda harus mengetahui tentang seberapa besar lapangan sepak bola.

Sepak bola adalah olahraga yang mempunyai sistem permainan beregu. Sepak bola senidiri berada dibawah naungan FIFA yang tujuannya memasukan bola ke gawang lawannya dengan kaki atau anggota tubuh lainnya kecuali tangan.

Setiap tim sepak bola memiliki 11 pemain yang bermain di lapangan. Jadi sudah wajar apabila ukuran lapangan sepak bola harus luas. Berbeda dengan olahraga futsal yang per timnya hanya 5 pemain.

Lapangan sangatlah penting bagi pertandingan sepak bola, bagian-bagian lapangan sepak bola akan lebih detail dijelaskan dibawah ini:

Bentuk Lapangan Sepak Bola

Peraturan ukuran sepak bola sudah diatur oleh federasi sepak bola Internasional atau FIFA. Tidak hanya mengenai bentuk lapangan dan ukurannya, tetapi semua peraturan mengenai sepak bola sudah diatur oleh FIFA.

Sedangkan persepakbolaan negara ini diatur oleh federasi sepak bola Nasional atau PSSI(Persatuan Sepak Bola  Seluruh Indonesia)

Lapangan sepak bola memiliki bentuk persegi Panjang sama dengan futsal. Perbedaannya terletak pada luas lapangan dan ukuran panjang dan lebar.

Bentuk lapangan dibagi menjadi dua bagian yang ukurannya sama. Permukaan lapangan harus halus dan tidak bergelombang, biasanya terbuat dari rumput alami atau bisa juga rumput sintetis.

Pada permukaan lapangan juga terdapat garis-garis yang sudah ditentukan standard FIFA.

Baca Juga : Sejarah dan Peraturan Futsal Terbaru Menurut FIFA (Lengkap)

Rumput Lapangan Sepak Bola

Rumput yang digunakan untuk lapangan sepak bola adalah bukan sembarangan jenis. Karena rumput tersebut harus terinjak-injak dan bertahan lama.

Terdapat tiga jenis rumput yang digunakan untuk lapangan sepak bola. Masing-masing dari rumput ini memiliki kualitas yang fungsional dalam lapangan sepak bola.

Contoh kekuatan rumput ini seperti elastisitas, kerapatan, kemampuan menahan beban, dan kemampuan memulihkan diri. Adapun jenis rumput yang dimaksud adalah:

1. Zoysia Matrella

Nama lain dari Zoysia Matrella ini adalah rumput manila. Rumput ini adalah rumput yang paling baik digunakan dalam lapangan sepak bola.

Dari segi warna, rumput ini memiliki warna hijau yang sangat pekat diantara kedua jenis rumput lainnya. Tingkat elastisitas rumput ini sangat baik dan tekstur ataupun kerapatannya sangat cocok sekali untuk lapangan sepak bola.

Kekuatan pada akar rumput juga baik sekali. Tetapi menjaga dan mengelola rumput yang berkualitas ini membutuhkan pengorbanan yang tinggi juga.

Merawat rumput ini agar tetap baik begitu sulit dan mahal. Kualitas tinggi pasti sebanding dengan harga juga tentunya. Rumput manila ini terbilang mahal, harga permeter perseginya adalah 80 ribu rupiah.

2. Cynodon Dactylon

Rumput berjenis Cynodon Dactylon ini dijuluki dengan rumput bermuda. Jika jenis rumput di atas masih terbilang mahal menurut anda.

Maka jenis rumput ini bisa menjadi pertimbangan, karena kualitasnya yang hamper sama dengan rumput manila. Tetapi kekurangan pada rumput ini adalah pada kekuatan akarnya. Akar rumput jenis ini tidak sekuat dengan rumput manila.

Jika rumput terlalu sering diinjak-injak, maka rumput akan terangkat keatas permukaan lapangan. Oleh karena itu jenis rumput ini sering digunakan pada lapangan golf.

Untuk segi warna, rumput bermuda hampir sama dengan jenis sebelumnya, tetapi tidak sepekat rumput manila. Dari segi perawatan, rumput ini juga harus membutuhkan perawatan tingkat tinggi.

Karena kualitas rumput ini tidak sama dengan rumput manila harga untuk rumput ini sekitar 60 ribu rupiah per meter persegi.

Walaupun tidak semahal dengan harga rumput manila, tetapi wajib anda pertimbangkan dengan baik. Karena perawatannya juga yang hamper sama dengan rumput jenis Zoysia Matrella.

3. Axonopus Compressus

Rumput jenis ini sangat asing Namanya tetapi sering ditemui. Rumput berjenis Axonopus Compressus sering disebut dengan rumput gajah.

Rumput masih dapat ditemui di alun-alun, taman, dekat rumah ataupun kebun. Apakah anda sering menemuinya ?

Sebenarnya rumput ini memiliki jenis akar yang baik untuk digunakan pada lapangan sepak bola.

Kelemahan dari rumput ini terdapat pada bentuk daunnya yang terlalu lebar jika dibandingkan dengan dua jenis rumput yang sudah disebutkan sebelumnya. Daun yang lebar akan menyebabkan rumput lebih mudah rusak terkena sepatu.

Bentuk daun yang lebar ini juga menyebabkan elastisitas rumput menjadi kurang baik. Hal ini sangat berpengaruh dengan kelajuan gerak bola di lapangan.

Sedangkan dalam segi warna, rumput gajah ini memiliki warna hijau yang lebih baik. Tetapi warna rumput itu berpengaruh dengan cara perawatan yang dilakukan.

Apabila perawatan yang dilakukan buruk, maka warna rumput akan berubah menjadi pucat. Jika mengenai harga, sudah jelas harga rumput gajah ini berbeda jauh dibandingkan dengan jenis rumput yang telah disebutkan di atas.

Harga rumput ini per meter persegi adalah 35 ribu rupiah. Untuk biaya perawatan rumput gajah ini juga tidak terlalu mahal.

Nama-nama Garis pada Lapangan Sepak Bola

Garis yang ada dalam permukaan lapangan memiliki nama dan fungsi dan ukuran masing-masing. Ukuran ketebalan garis tidak lebih dari 5 inchi atau sama dengan 12 centimeter.

Warna garis pada lapangan harus berwarna putih agar terlihat jelas. Fungsi garis tersebut bisa saja menjadi batas bola ataupun batas antara masing-masing team.

1. Garis Utama Lapangan

Garis ini memiliki sebutan sebagai Touch Line. Lapangan sepak bola memiliki garis utama, yang dimana jika bola keluar dari garis tersebut dianggap out. Touch Line sama dengan panjang lapangan dan untuk istilah Goal Line sama dengan ukuran lebar lapangan.

2. Lingkaran dan GarisTengah Lapangan(Halfway Line)

Ukuran diameter lingkaran tengah adalah radius 9,5 meter. Lingkaran dan garis ini yang membatasi daerah permainan lawan saat terjadinya kick off.

Pada saat kick off setiap pemain diharuskan berada pada areanya masing-masing. Pemain lawan dilarang masuk kedalam daerah lawannya terkecuali pemain yang menjadi eksekutor saat kick off.

Pada tengah lingkaran terdapat titik putih yang disebut center spot atau titik putih yang berfungsi untuk area meletakkan bola pada saat kick off terjadi.

3. Batas tendangan penjuru

Garis ini menjadi garis yang paling banyak tidak diketahui banyak orang. Karena garis ini tidak di wajibkan dalam peraturan ukuran lapangan sepak bola.

Fungsi utama garis batas tendangan penjuru ini adalah sebagai batas pemain bertahan lawan saat terjadi sepak pojok atau tendangan penjuru. Jarak garis ke sudut lapangan adalah 9,15 meter.

4. Lengkungan pada Kotak Pinalti

Garis lengkungan yang berada di kotak pinalti tersebut hanya sebagai batas saat terjadinya tendangan pinalti. Di desain melengkung bukan serta merta sebagai hiasan agar lebih bagus.

Tetapi bentuknya yang melengkung untuk memastikan jarak antara bola dan pemain lain secara minimum tetap sama.

Agar tidak terjadi penumpukan pemain pada area kotak pinalti saat terjadi tendangan. Hal itu akan mengganggu konsentrasi pemain yang akan menendang pinalti pastinya.

5. Goal Area

Bentuk persegi panjang pada area kiper tersebut berfungsi sebagai area menendang bola kiper setelah bola keluar goal line.

Area tersebut juga menjadi daerah special bagi kiper, karena kiper tidak dapat di ganggu oleh pemain lawan pada saat berada di situ. Goal area tersebut biasa juga disebut area penjaga gawang.

6. Kotak Pinalti

Area ini juga sering disebut dengan kotak 16, karena daerah ini memiliki lebar 16,5 meter. Kotak pinalti juga masih daerah kiper atau batas kiper bisa memegang bola dengan bebas.

Apabila pemain melanggar didalam area ini, maka akan mendaptkan tendangan pinalti yang akan dieksekusi di titik putih area ini. Jarak titik putih ke gawang adalah 11 meter.

Area kotak pinalti ini berbentuk persegi panjang yang memiliki panjang 40 meter dengan lebar 16 meter.

7. Corner Arc

Garis ini adalah garis berbentuk busur  atau seperempat lingkaran. Area ini berada di masing-masing sudut lapangan, berarti terdapat 4 corner arc. Pada daerah ini digunakan untuk meletakkan bola pada saat melakukan tendangan penjuru.

8. Corner Flagpost

Area ini juga terdapat pada setiap corner arc. Pada setiap titik ada bendera dengan tinggi 1,5 meter yang ditancapkan.

Spesifikasi untuk bendera yang digunakan adalah bendera menggunakan bahan parasit dengan ukuran 32 cm x 45 cm. Pipa yang digunakan menyangga bendera terbuat dari fiberglass berdiameter 25,4 mm.

9. Technical Area

Berbeda dengan area lainnya, area ini berada di luar lapangan. Daerah ini berbentuk kotak persegi panjang yang berada pada salah satu sisi lapangan.

Technical area ini biasanya berada tepat di depan bangku official setiap tim. Fungsi area ini adalah untuk manager atau staf tim memberikan instruksi dan arahan kepada anak asuhannya pada saat pertandingan.

Baca Juga : Sejarah Sepak Bola

Ukuran Gawang Sepak Bola

Sama halnya dengan peraturan futsal, sepak bola juga memiliki gawang. Gawang pada sepak bola lebih besar ukurannya dibandingkan dengan futsal.

Tinggi gawang pada permainan sepak bola adalah 2,44 meter, sedangkan lebarnya adalah 7,32 meter. Ukuran panjang dan tinggi gawang sepak bola diukur dari sisi dalam tiang gawang dan mistar pada atasnya.

Pada gawang juga terdapat jaring-jaring yang setiap lubangnya memiliki luas 10 centimeter. Jaring dengan lubang-lubang seukuran itu sudah dapat menangkap bola.

Gawang yang diletakkan di tengah garis goal line pada masing-masing daerah tim bentuknya terdiri dari dua tiang dan sebuah mistar diatasnya.

Lalu diletakkan jaring-jaring untuk menahan bola yang masuk agar tidak terlalu jauh dari jangkauan pemain. Perbandingan ukuran persegi panjang pada gawang adalah tiga banding dua(3 : 2).

Dalam pembuatan gawang sepak bola, menurut peraturan sepak bola FIFA, harus menggunakan bahan besi untuk tiang dan mistar.

Material lainnya bisa digunakan atas persetujuan FIFA, asal tidak membahayakan bagi pemain sepak bola khususnya penjaga gawang.

Diutamakan gawang menggunakan material yang berat, karena saat pertandingan gawang harus tidak bergeser sedikitpun.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Secara Umum

Untuk ukuran lapangan sepak bola menurut internasional atau nasional memiliki panjang lapangan antara 90 hingga 110 meter.

Sedangkan lebar lapangannya antara 65 meter sampai 75 meter. Panjang lapangan sepak bola yang sering digunakan antara 90 sampai paling panjang 120 meter.

Sedangkan lebar lapangan sepak bola yang sering digunakan sekitar 45 hingga 90 meter. Ukuran lapangan sepak bola memiliki perbandingan panjang dan lebar yakni sebesar dua banding 1(2 : 1).

Pada setiap negara di dunia ada berbagai macam luas ukuran lapangan sepak bola pastinya. Di dalam peraturan Internasional ukuran luas lapangan bola sudah ditentukan, yakni seluas 4050 meter persegi.

Tetapi luas lapangan sepak bola yang sering dipakai yaitu 7140 meter persegi. Luas itu sama dengan panjang lapangan 105 meter dan 68 meter untuk lebarnya.

Ukuran Lapangan Sepak Bola di Tingkat Internasional

Untuk peraturan ukuran lapangan sepak bola anda pasti sudah mengetahui melalui paragraf di atas. Tetapi perlu juga diketahui kembali bahwa untuk ukuran lapangan sepak bola Internasional memiliki aturan sendiri dan aturan tersebut lebih kerucut lagi dari standard FIFA. Dibawah ini adalah ukuran lapangan bola Internasional:

  1. Panjang lapangan Internasional maksimum 110 meter
  2. Panjang lapangan Internasional minimum sepanjang 100 meter
  3. Lebar yang digunakan maksimum 76 meter
  4. Lebar yang digunakan minimum 64 meter.

Berikut adalah beberapa contoh lapangan sepak bola dunia milik club besar di Eropa:

1. Ukuran Lapangan Old Trafford

Old Trafford adalah nama stadion milik klub besar Inggris yaitu Manchaster United. Lapangan sepak bola milik Manchester United ini memiliki ukuran panjang 105 meter dengan lebar 68 meter.

Stadion Old Trafford masuk kedalam kategori stadion terbesar di Negara Inggris. Old Trafford menjadi stadion terbesar nomor dua di Inggris dan terbesar nomor sebelas di dunia.

2. Ukuran Lapangan Anfield

Di berbagai negara ukuran lapangan sepak bola memang sama, karena mengikuti standard yang telah ditentukan secara internasional.

Namun yang membedakan adalah kapasitas dari stadion sepak bola dan fasilitasnya. seperti StStadion Anfield adalah markas bagi klub besar Inggris yang mendapat julukan “The Reds” atau Liverpool.

Lapangan milik Liverpool memiliki panjang 101 meter dan lebarnya 68 meter. Stadion ini sangat luas dan mampu menampung penonton hingga 45.276 orang.

Baca Juga : Ukuran Lapangan Bola Voli

3. Ukuran Lapangan Santiago Bernabeu

Santiago Bernabeu adalah lapangan sepak bola yang berada di Kota Madrid, Spanyol. Panjang lapangan ini adalah 108 meter dan memiliki lebar lapangan 72 meter.

Lapangan Santiago Bernabeu adalah milik salah satu klub besar di Spanyol yaitu Real Madrid. Di markas Real Madrid ini dulunya mampu menampung hingga 120 ribu penonton.

Tetapi untuk sekarang sudah dikurangi kapasitas penontonnya karena adanya renovasi stadion.

4. Ukuran Lapangan Allianz Arena

Lapangan ini berada di Kota Munchen, Jerman. Pasti anda sudah tahu markas siapa stadion ini. Allianz Stadium memiliki ukuran panjang lapangan 105 meter dan lebar 68 meter.

5. Ukuran Lapangan San Siro

San Siro adalah markas bertanding milik salah satu klub besar di italia, yaitu AC Milan. Ukuran lapangan di San Siro Stadium sama dengan Allianz Arena.

6. Ukuran Lapangan Camp Nou

Mungkin anda sudah mendengar nama lapangan yang satu ini. Camp Nou adalah stadion yang terletak di Kota Barcelona, Spanyol. Camp Nou adalah markas yang dimiliki oleh Barcelona FC yang menjadi rival dari Real Madrid sejak dahulu. Ukuran lapangan sepak bola Camp Nou adalah dengan panjang 106 meter dan lebar lapangan sebesar 70 meter.

Selain harus mengetahui permainan dan cara bermain dalam sepak bola. Anda juga diharuskan mengetahui secara mendalam mengenai ukuran lapangan sepak bola.

Dengan mengetahui ukuran lapangan permainan anda diharapkan dapat mengerti mengenai sepak bola lebih mendalam. Dengan mempelajari artikel ini anda dapat membedakan ukuran lapangan dengan standard Nasional dan standard lapangan Internasional

Demikian tadi pembahasan mengenai Ukuran Lapangan Sepakbola yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply