Tanaman Langka di Indonesia

Tanaman Langka –  Indonesia merupakan daerah yang memiliki banyak ekosistem yang tumbuh bebas karena letak indonesia yang berada di daerah tropis sehingga membuat banyak jenis dari berbagai tumbuhan hidup akan bebas bertumbuh di nusantara.

Dianugrahkan memiliki tanah yang subur makmur, membuat Indonesia menjadi negara yang terkenal dengan keadaan kekayaan alamnya.

Begitu banyak tumbuhan langka yang dapat ditemui di daerah daerah Indonesia. Sayangnya banyak tumbuhan yang awalnya adalah tumbuhan melimpah ruah berubah menjadi tumbuhan langka.

Hal ini terjadi karena adanya perkembangan kehidupan modern yang dapat membuat populasi tumbuhan ini menurun.

Tak hanya itu aja tingkah laku yang dilakukan manusia juga dapat menyebabkan tanaman mengalami kepuanahan dan juga dapat adanya bencana alam.

Di Indonesia banyak tanaman endemik yang lama kelamaan makin langka karena kurangnya pengasuhan dan penjagaannya.

Pemerintah di Indonesia telah membuat Undang – Undang untuk Perlindungan mengenai spesies spesies  terhadap fauna atau tumbuhan yang langka.

Tumbuahan atau fauna langka adalah tumbuhan yang memiliki jenis dan jumlahnya paling sedikit atau jarang kita temui dan memilki jumlah di seluruh dunia kurang lebih kurang dari 10.000.

Contoh di dalam dunia konservasi, sebenarnya tidak mengenal kata dari istilah tumbuhan langka, tapi kedudukan yang dipakai adalah tanaman terancam punah.

Karena hal ini sangat urgent atau penting untuk tidak diacuhkan oleh masyarakat semuanya yang ada didunia, jangan sampai gara-gara penyuka tumbuhan sampai mengganggu populasi yang ada di sekitar alam.

Masyarakat harus berperan aktif dalam menangkal atau memberhentikan perjualan, perdagangan tumbuhan langka di dunia, sampai tumbuhan langka dapat mengisi peran-peran yang ada di ekosistem seperti semula.

Masyarakat harus membantu pemerintah tentang pentingnya menjaga tumbuhan langka.

Tanaman apa saja yang hampir punah atau langka :

Bantal sulam

tanaman langka

Tumbuhan ini seperti tumbuhan seperti pohon yang memiliki jenis  yang tingginya hingga 45 meter dan memiliki diameter kira – kira 45 cm.

Tumbuhan bantal sulam dapat kita temukan di daerah yang memilki ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut ataupu kawan yang berada di rawa gabut.

Tanaman bantal sulam tersebar di daerah seperti sumatera, kalimantan timur, dan Malaysia. Pohon bantal sulam ini memiliki nama latin yaitu palaquium waksurifolium dan biasanya sering dikenal dengan nyatoh, beitis, nyato dan magetahan.

Baca Juga : Hewan Langka

Bayur

tanaman langka

Tumbuhan bayur adalah tumbuhan yang sering digunakan sebagai bahan untuk membuat bangunan hingga furniture.

Tumbuhan yang satu ini dapat tumbuh sampai ketinggian 59 meter dan memiliki diameter pohon sampai dengan 54 cm.

Pohon ini ditemukan di kawasan seperti kawasan batu gamping, kawasan biasa yang ditumbuhi oleh bayar yaitu kawasan 600 meter dari atas permukaan laut atau daerah di pegunungan.

Tanaman bayar tersebar di daerah seperti kalimantan timur, sabah, serawak dan india. Nama latin tumbuhan bayur adalah pterosperium javanicum jungh.

Damar

tanaman langka

Damar adalah tanaman yang memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi karena memiliki keguanaan yang banyak tanaman ini sering kita temui didaerah indonesia timur seperti daerah papua.

Tanaman damar adalah tanaman yang termasuk langka dimana tanaman ini memiliki tinggi hingga 60 meter dan memiliki diameter hingga 2 meter.

Tanaman damar memiliki daerah persebaran yang berada di daerah papua dan nusa tenggara dan memiliki aneka banyak jenis.

Pohon damar mempunyai macam-macam jenis yang beragam tergantung sesuai dengan daerah yang ditumbuhinya dan memiliki banyak karakteristik yang berbeda antara satu dengan karakter yang lainnya.

Reflesia Arnoldi

tanaman langka

Bunga yang satu memiliki aroma yang khas dari yang lain, biasanya bunga memiliki bau yang wangi tapi beda dengan yang lain bunga reflesia arnoldi memiliki bau yang busuk sehingga orang-orang menyebutnya sebagai bunga bangkai.

Fungsi dari bau bungan yang busuk adalah untuk menarik perhatian lalat agar mendekat sehingga lalat dapat membantu penyerbukan bungan bangkai.

Bunga bangkai dapat kita jumpai di taman nasional bengkulu. Memiliki diameter kurang lebih 1 meter. Bunga satu ini tergolong bunga parasit, karena bunga ini harus memerlukan inangnya untuk hidup dan berkembang. Jumlah bunga bangkai pada saat ini sangat menurun drastis dan tajam.

Hal ini terjadi disebabkan oleh ulah manusia sendiri yang membuka lahan untuk pertumbuhan bunga bangkai sebagai pemukiman, pertanian atau perbunan yang pada dasarnya untuk keperluan pribadi manusia sendiri.

Kantong semar

tanaman langka

Tumbuhan kantong semar adalah tumbuhan yang memiliki jenis karnivora.

Kantong yang ada untuk memangsa kantong ini terjadi ketika kantong pemangsa akan menutup bila daunnya masih muda dan terkadang jika ada mangsa didalam kantongnya dan terbuka jika sewaktu kantong semar telah dewasa biasanya jika sudah selesai menyerap nutrisi yang ada dalam mangsanya.

Bunga kantong semar memiliki tujuan untuk menutup kantongnya yaitu untuk menghindarkan hewan-hewan lain untuk memakan serangga yang sudah di tangkapnya dan membuat proses yang ada dalam pencernaan berjalan menjadi lebih baik dan lancar.

Tak hanya itu saja kantor semar mempunya banyak khasiat bagi kesehatan yaitu sebagai menjaga tubuh agar tetap segar bugar dan untuk penderita penyakit diabetes.

Edelweis

tanaman langka

Bunga edelweis yang biasa ditemui oleh para pendaki adalah bunga abadi, karena bunga yang satu ini tidak gampang untuk layu jika dipetik.

Bunga ini sangat bertahan lama.  Bunga edelweis memiliki warna putih kuning atau putih kecoklatan.

Tanaman yang satu ini dapat bertumbuh hingga 8 meter dan memiliki batang seukuran kaki manusia.

Tengkawang

tanaman langka

Tengkawang adalah sejenis pepohonan yang bunganya dapat dijadikan minyak nabati. Tanaman ini memiliki banyak jenis dan terdiri dari 13 spesies yang diantaranya dilindungi oleh pemerintah. Bunga tengkawang adalah maskot dari daerah kalimantan barat.

Pohin tangkawang ini dapat kita jumpai  disekitar daerah kawasan sumatera dan kalimantan. Dalam bahasa inggris, tengkawang disebut  sebagai borneo tallow nut atau illepe nut.

Baca Juga : Keanekaragaman Hayati

Jelutung

tanaman langka

Jelutung sering disebut sebagai jelutong mempunyai nama latin yaitu dyera cotulata. Pohon satu ini dapat kita temui di daerah kalimantan, sumatera, thailand selatan , hingga malaysia.

Tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian 60 meter dan memiliki diameter sebesar 2 meter. Biasanya tanaman ini dikenal dengan sebutan sebagai bulian.

Biasanya habitat terdapat di hutan-hutan yang memiliki karakteristik tanah yang berpasir dan daerah yang bukit-bukit yang tinggi nya kira-kira 400 meter.

Biasanya kayunya dimanfaatkan sebagai perabot atau untuk perlengkapan rumah, dan juga getahnya biasanya dipakai untuk bahan dasar permen karet.

Nama latin ari tanaman ini adalah eusderoxylon zwegeri.

Cendana

tanaman langka

Tanaman jenis ini adalah tanaman penghasil minyak dan kayu biasa orang-orang menyebutnya sebagai pohon cendana atau cendana memiliki aroma yang wangi membuat tanaman ini dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan dupa, campuran parfum dan rempah-rempah.

Tanaman ini tergolong tanaman parasit karena tidak dapat tumbuh sendiri karena akarnya tidak dapat menopang pertumbuhan dari tanaman.

Cendana susah untuk diperkembang biakan, sehingga tanaman ini cukup mahal. Efek dari aroma yang dihasilkan dari tanaman sebagai perelaksasi sehingga bisa mengurangi rasa cemas dalam diri.

Baca Juga : Ekosistem Sawah

Demikian tadi beberapa tanaman langka yang sapai sekarang sudah jarang banget ditemui. Sebagai manusia kita tentunya akan berhubungan langsung dengan tanaman yang sudah langka tersebut. Untuk itu mari jaga hewan atau tumbuhan agar tetap terjaga ekosistemnya.

Leave a Reply