SUMBER DAYA MANUSIA : Pengertian, Manajemen, Fungsi, Contoh, Dll

SUMBER DAYA MANUSIA : Pengertian, Manajemen, Fungsi, Contoh, Dll

Sumber Daya Manusia – Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu dari faktor yang sangat penting sehingga tidak bisa dilepaskan dalam sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. Diketahui juga bahwa sumber daya manusia sendiri merupakan kunci yang bisa menentukan tumbuh kembangnya sebuah perusahaan.

Namun memang pada hakikatnya, SDM adalah berupa manusia yang telah dipekerjakan dalam sebuah organisasi sebagai penggerak, juga pemikir dan sekaligus perencana untuk mencapai tujuan.

Sekarang ini ada sebuah perkembangan yang baru dimana memandang karyawan bukan hanya sebagai sumber daya belaka, namun lebih seperti modal atau aset untuk institusi atau organisasi. Maka dari itu muncullah sebuah istilah baru di luar H.R. (Human Resources), yaitu H.C. atau Human Capital. Pada sisi ini dilihat bahwa SDM memang dilihat bukan hanya sekedar sebagai aset paling utama.

Pengertian Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia
Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan individu yang produktif bekerja sebagai agen penggerak sebuah organisasi. Baik dari dalam institusi ataupun perusahaan yang mempunyai fungsi sebagai aset sehingga ia haruslah dilatih dan dikembangkan kemampuannya. Sumber daya manusia adalah hal yang sangat penting dan harus dimiliki dalam upaya tercapainya tujuan sebuah perusahaan atau organisasi.

Adapun secara umum terdapat dua pengertian sumber daya manusia, yaitu SDM makro dan mikro. Sumber daya manusia Makro adalah jumlah penduduk yang masih dalam usia produktif, ada di sebuah wilayah, sedangkan SDM mikro sendiri memiliki arti yang lebih sempit yakni individu yang bekerja di sebuah perusahaan dan institusi untuk tercapainya sebuah tujuan organisasi dan perusahaan tersebut.

Sumber Daya Manusia di Indonesia

Sumber Daya Manusia
Sumber Daya Manusia

Telah diklaim bahwa pengembang sumber daya manusia yang ada Indonesia merpakan bagian yang paling penting dari proses dan tujuan untuk pembangunan nasional Indonesia. Maka dari itu memang pemikiran terhadap pembangunan yang telah berkembang di Indonesia dewasa ini juga begitu dipengaruhi akan kesadaran yang semakin kuat, terbukti keikutsertaan bangsa Indonesia pada proses global.

Saat ini hal yang ingin dicegah oleh bangsa Indonesia agar tidak hanyut tanpa kendali dalam arus globalisasi tersebut dan larut tenggelam di dalamnya, dan proses globalisasi tersebut akan berwujud dari proses dehumanisasi. Selain itu waktu yang hampir bersamaan, bangsa Indonesia juga tengah berhadapan degan tantangan mengejar ketertinggalan dari bangsa lain yang sudah lebih maju.

Maka dari itu, pembangunan bangsa maju dan mandiri guna mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya, harus tetap dikembangkan menggunakan konsep pembangunan yang memang telah bertumpu pada manusia dan juga masyarakatnya. Atas dasar itu maka dalam mencapai tujuan pada proses pembangunan, titik yang paling berat dalam pembangunannya memang diletakkan pada bidang ekonomi dengan SDM.

Masalah Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia
Sumber Daya Manusia

1. Berkurangnya SDM yang berkualitas.

Bisa dibilang memang sumber daya manusia yang sangat berkualitas dan komprehensif dalam berpikir serta selalu berupaya untuk mengantisipasi tuntutan yang ada di masa depan, mempunyai sikap mental positif, memiliki perilaku yang terpuji, dan berwawasan, serta mempunyai kemampuan, keterampilan dan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan yang ada di berbagai bidang serta sektor pembangunan.

2. Tidak adanya tingkat pendidikan tinggi yang memang telah disediakan oleh SDM.

Pendidikan sendiri memang memiliki tugas yang berguna untuk menyiapkan SDM untuk proses pembangunan. Perhatian dari pemerintah Indonesia sendiri memang masih terasa sangat minim. Tentu gambaran ini akan tercermin terhadap beragam masalah pendidikan yang semakin rumit saja. Kualitas siswa juga bisa dikatakan semakin rendah, pengajarnya terlihat kurang profesional, dan masalah lain.

3. Tidak adanya keterampilan SDM

Selain kedua hal tersebut juga kurangnya keterampilan SDM yang mana mereka tidak menguasai satupun Keterampilan yang dibutuhkan bagi perusahaan atau penyedia kesempatan kerja. Sumber daya manusia tersebut yang tidak mempunyai keterampilan tidak akan mampu untuk bersaing guna mendapatkan suatu pekerjaan impian mereka. Tentu ini juga yang harus benar-benar diperhatikan pemerintah saat ini.

4. Kurang keahlian SDM

Jika lihat memang SDM yang menguasai suatu yang dibutuhkan bagi perusahaan adalah faktor yang begitu penting harus dimiliki oleh sumber daya manusia tersebut. maka dari itu memang dengan menggunakan keahlian khusus tersebut maka mereka akan sangat mudah dalam mendapatkan pekerjaan sesuai dengan tingkat keahliannya. Hal tersebut tentunya akan sangat berpengaruh juga terhadap SDM Indonesia.

5. Rendah tingkat pendapatan per kapita SDM tersebut.

Adapun memang pendapatan perkapita yang masih begitu rendah tentunya akan berakibat penduduk tidak akan mampu untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam hidupnya, sehingga mereka akan sulit untuk mencapai manusia yang sejahtera. Adanya memang pendapatan per kapita rendah juga berakibat terhadap kemampuan membeli daya beli masyarakat rendah sehingga hasil industri semakin turun.

6. Berkurang atau Rendahnya ilmu pengetahuan yang dipunyai oleh SDM.

Ilmu pengetahuan merupakan seluruh usaha yang secara sadar dalam menyelidiki, menemukan, dan juga meningkatkan paham bagi manusia terhadap berbagai kenyataan yang ada dalam alam manusia. Tentu SDM memerlukan beragam keahlian yang didapatnya melalui ilmu pengetahuan tersebut agar nantinya masyarakat bisa berkembang bersama dengan rekan kerja atau menciptakan inovasi baru yang berguna.

7. Kurangnya pengetahuan akan teknologi baru yang digunakan

Teknologi merupakan benda atau objek yang memang sengaja untuk diciptakan oleh manusia yang dapat sangat bermanfaat untuk keberlangsungan hidup manusia. Teknologi juga yang telah diciptakan oleh manusia yang pada mulanya hanya sebuah alat yang sanat sederhana namun besar sekali manfaatnya. Dengan inovasi ini maka manusia berhasil membuat teknologi sangat cepat berkembang.

8. Proses pembangunan perekonomian yang ada di setiap daerah tidak merata.

Pembangunan-pembangunan yang tidak merata tersebut memang disebabkan karena ekonomi yang tidak lancar maka suatu negara yang pada umumnya dan khusus ada di daerah satu dengan satu daerah yang lainnya. Pembangunan tersebut tentunya memiliki dampak yang begitu penting dalam menanggulangi pengangguran yang ada dikhususkan terhadap sebuah pembangunan perekonomian yang sangat baik.

9. Sangat rendahnya produktivitas tenaga kerja.

Adapun memang produktivitas dari tenaga kerja telah mampu untuk menunjukkan kemampuan seseorang tenaga kerja ataupun pekerja untuk menghasilkan sejumlah output di dalam satu satuan waktu tertentu. Sehingga nantinya produktivitas tenaga kerja tersebut bisa terdiri dari ukuran merupakan ukuran efisiensi dari pemanfaatan tenaga kerja yang ada. Jadi memang harus diperlukan sebuah produktivitas tenaga kerja.

Manajemen Sumber Daya Manusia atau MSDM

Sumber Daya Manusia
Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia kini dinilai sebagai aset yang sangat bernilai dan juga dapat dilipat gandakan, dikembangkan jika dibandingkan dengan portofolio-portofolio investasi dan tidak akan terlihat sebagai sebaliknya atau liability (beban,cost). Di lihat dari perspektif ini SDM adalah sebagai investasi bagi institusi atau organisasi yang lebih mengemuka. Tentu ini akan sangat diperhitungkan keberadaannya.

Dilihat dari pengertiannya sumber daya manusia sendiri telah terbagi kedalam dua bagian yaitu pengertian mikro dan juga makro. Adapun pengertian SDM dilihat secara mikro adalah individu yang dapat bekerja dan menjadi anggota/member suatu perusahaan ataupun institusi dan memang biasa disebut sebagai pegawai, buruh, karyawan, tenaga kerja, pekerja dan lain sebagainya.

Sedangkan pengertian SDM jika dilihat dari sisi makro, SDM merupakan penduduk suatu negara yang telah memasuki sebuah usia dalam angkatan kerja, dikenal baik yang belum bekerja ataupun memang yang sudah bekerja dalam sebuah perusahaan baik itu nasional atau multi nasional. Memang secara garis besar mengartikan sebuah individu-individu yang bekerja sebagai penggerak organisasi.

Sumber daya manusia memiliki fungsi sebagai aset yang harus terus menerus dilatih dan juga dikembangkan kemampuannya. Fungsi dari pelatihan ini sendiri memang agar sumber daya manusia itu sendiri memahami bagaimana sebuah aktivitas yang akan diembannya dan juga untuk tujuan keesokan harinya. Sebuah sumber daya manusia tentunya akan menerima pelatihan khusus.

Manajemen sumber daya manusia atau biasa disingkat MSDM merupakan sebuah ilmu atau cara bagaimana dalam mengatur sebuah hubungan dan juga peranan sumber daya atau tenaga kerja yang memang dimiliki oleh masing-masing individu secara sangat efisien dan juga efektif serta juga bisa digunakan secara sangat-sangat maksimal untuk mencapai tujuan atau goal dari perusahaan.

Selain perusahaan tentunya tujuan dari karyawan dan masyarakat menjadi sangat maksimal. MSDM juga memang di dasari pada sebuah konsep bahwa pada tiap-tiap karyawan adalah manusia bukannya mesin dan juga bukan hanya menjadi sumber daya bisnis.Kajian-Kajian MSDM tersebut juga menggabungkan beberapa bidang ilmu misalnya psikologi, sosiologi, dan lain sebagainya.

Unsur Utama MSDM Adalah Manusia

Sumber Daya Manusia
Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia sendiri memang menyangkut desain dan juga implementasi sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan-karyawan, adanya pengelolaan evaluasi dan juga karier, sebuah kompensasi karyawan dan juga hubungan ketenagakerjaan yang sangat baik. Selain itu juga memang manajemen sumber daya manusia akan melibatkan beragam keputusan.

Pada praktiknya memang manajemen sumber daya manusia bisa mempengaruhi langsung sumber daya manusianya.Diketahui juga suatu perusahaan akan merasa beruntung bila dapat menggaet tenaga-tenaga manajerial yang begitu brilyan, dilihat dari yang sudah pengalaman atau masih trainee. Adapun memang kerepotan nya adalah bagaimana membuat pekerja terbaik tersebut betah di perusahaan.

Tentunya dengan gaji yang besar tidak akan selalu dapat menjamin bahwa ia akan loyal terus menerus. Tentunya dalam merekrut tenaga seperti tingkatan manajerial adalah sebuah pekerjaan yang tidak mudah Nyatanya kini banyak perusahaan yang menggunakan jasa konsultan tenaga kerja dari luar dalam melakukan recruitment yang menyeleksi pegawai yang terbaik.

Manajemen Sumber Daya Manusia yang Baik

Sumber Daya Manusia
Sumber Daya Manusia

1. Merekrut User Atau Manajer Handal

Ada salah satu cara yang lebih jitu lagi yaitu dengan menjaring calon yang tepat dengan cara secara aktif mencarinya di lingkungan industri dan bila benar-benar dibutuhkan dengan cara membajak dari perusahaan yang lainnya atau biasa disebut headhunting dan hijacking. Tapi itu semua memang dengan biaya yang tidak murah bagi perusahaan yang membutuhkan seorang manajer andal.

Adapun usaha-usaha yang sangat kompleks dan tidak murah ini memang belum bisa menjamin beberapa kesesuaian antar calon pegawai pada jabatan yang akan diisinya. Ternyata ketidakcocokan bisa juga disebabkan karena ternyata si calon tersebut belum memenuhi beberapa persyaratan kerja pekerja itu sendiri yang merasa memang kurang sesuai dengan kedudukan barunya tersebut.

2. Membuat Betah Pekerja

Faktor seperti gaji yang tinggi, fasilitas lengkap, sertajabatan atau ke-dudukan yang begitu jelas memang tidak akan selalu menjamin seseorang tersebut betah sebagai pegawai, terlebih lagi memang pada tingkatan ma┬Čnajerial ke atas. Tentunya sebagai orang yang baru hal tersebut perlu ada pertimbangan yang matang namun memang selang waktu, selain itu juga tentu ada hal-hal yang lain dicarinya.

Salah satu upaya untuk membuat pekerja atau pegawai baru menjadi betah, apalagi bila anda mengetahui ia adalah seorang dengan tipe yang sangat inisiatif, enerigik, dan juga ogah terhadap rutinitas, memang harusnya dilakukan atau dimulai sejak awal-awal, ketika ia memang benar-benar baru saja masuk. Pada bulan yang pertama akan diperkenalkan pada sebuah lingkungan kerja yang benar.

3. Pelatihan

Tentunya bagi para manajer yang baru dengan tugasnya sangat berhubungan dengan banyak sekali unit lain di dalam perusahaan, maka ada baiknya memang ia pun akan mengenali sebuah fungsi dan juga tugas dari unit-unit itu. Adapun bagi beberapa perusahaan besar bahkan mereka akan mengharuskan para manajer-manajer tersebut untuk dapat mengikuti hands-on training di beberapa unit tersebut.

Hal tersebut merupakan pengalaman yang sangat teramat penting mengingat bahwa dalam menjalani tugasnya nanti sang manajerlah yang akan berhubungan pada banyak dengan beberapa unit-unit itu sehingga nantinya perlu memahami pola kerjanya hingga sedetail mungkin. Tentunya dalam proses yang demikian ini bisa saja akan berlangsung sampai setahun adapun trainee ini akan sangat sibuk.

Peran Pemerintah dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia
Sumber Daya Manusia

Adanya peningkatan terhadap kualitas SDM tentu akan sangat diperlukan hal yang sangat krusial saat ini terutama dengan telah berlakunya sistem MEA. Tentu untuk menanggapi hal tersebut. Kementerian Tenaga Kerja telah berupaya guna mencegah kompetensi dan sertifikasi-sertifikasi profesi serta lebih mengoptimalkan informasi pasar kerja baik itu di dalam maupun luar negeri.

Dalam upaya peningkatan kualitas akan SDM yang telah diberlakukan melalui satuan pendidikan dan pelatihan vokasi yang telah dijalankan pada tahun 2017. Selain itu juga peningkatan kompetensi dilakukan melalui program pelatihan kerja, program pemagangan serta dilihat dari program sertifikasi yang lebih menyesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini sehingga akan menghasilkan tenaga kerja yang terlatih.

Jika dilihat perwujudan dari pemerintah sendiri adalah dimana telah menyiapkan Balai Latihan Kerja (BLK) yang merupakan sebuah fasilitas pelatihan yang sudah disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional atau SKKNI. Pelatihan-pelatihan tersebut memang diberikan di BLK yang lebih berfokus pada kemampuan kerja yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan dan sikap menyesuaikan dengan SOP kerja.

Seperti yang sudah diuraikan bahwa dapat dilihat jika Pemerintah Indonesia sendiri sudah melakukan beragam upaya dalam rangka untuk peningkatan kualitas SDM yang ada di Indonesia. Upaya tersebut tentunya sangat membutuhkan kerja sama dari setiap pihak, baik dilihat dari kalangan industri yang ada di tanah air sebagai sebuah wadah untuk menampung para tenaga kerja tersebut.

Tentunya sebagai wadah yang dapat menampung para tenaga kerja tersebut baik masyarakat umum khususnya adalah dalam hal melakukan pemberian keahlian dan pendidikan yang menyesuaikan denan standar yang telah ditetapkan pemerintah. Kesadaran dan semangat untuk terus dapat meningkatkan kualitas diri dan daya saing juga harus diperlukan bagi generasi muda sebagai agen pembangunan.

SDM muda yang merupakan agen pembangunan bagi bangsa ini diperlukan sebuah pengawasan dan evaluasi untuk dapat memastikan bahwa program yang ada tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang memang diharapkan dan akan memberi dampak begitu signifikan untuk meningkatkan produktifitas tenaga kerja khususnya memang bagi generasi muda mudi agar lebih berkualitas dan tertarget.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Sumber Daya Manusia

Leave a Comment