Rangkuman Sejarah Sepak Bola di Dunia dari A – Z (Lengkap)

Rangkuman Sejarah Sepak Bola di Dunia dari A – Z (Lengkap)

Sejarah Sepak Bola – Sepak bola merupakan olahraga yang paling populer di dunia. Bukan tanpa alasan kenapa sepak bola merupakan olahraga yang paling populer di dunia, hal ini karena setiap masyarakat di dunia sangat menyukai sepak bola. Dan tentunya sepak bola ini dapat dimainkan oleh semua umur, sehingga menjadi olahraga yang universal. Tak lengkap rasanya bila kita tidak mengetahui sejarah sepak bola.

Karena biar bagaimana pun, akan lebih asik menikmati sepak bola bila kita mengetahui sejarah dari sepak bola itu sendiri. Dan disini kami akan menjabarkan kepada Anda tentang beberapa sejarah dari olahraga sepak bola yang perlu anda ketahui. Sejarah yang kami jelaskan merupakan sejarah yang penting dalam perkembangan sepak bola dari awal kemunculan hingga sampai saat ini.

Sejarah Sepak Bola Dunia

Sejarah Sepak Bola
Sejarah Sepak Bola

Sepak bola merupakan cabang olahraga dimana olahraga tersebut menggunakan bola yang terbuat dari bahan kulit, dan kemudian bola tersebut dimainkan oleh dua tim yang dimana masing-masing tim terdiri dari 11 (sebelas) orang. Tiap tim terdiri dari pemain inti dan juga beberapa pemain cadangan. Tujuan dalam olahraga sepak bola adalah mencetak gol sebanyak-banyak nya ke gawang lawan.

Sepak bola dimainkan dalam lapangan yang terbuat dari rumput dengan bentuk persegi panjang. Hingga saat ini sepak bola merupakan olahraga yang paling populer di dunia. Tercatat setidaknya pada abad 21 ini, olahraga sepakbola sudah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang yang tersebar di 200 negara di dunia. Dan hal ini tentu saja menjadikan sepak bola sebagai olahraga paling populer.

Sejarah sepak bola pada awalnya muncul pada abad ke-2 dan juga abad ke-3 masehi di negara tiongkok. Pada masa pemerintahan Dinasti Han, masyarakat sudah memainkan olahraga ini dengan menggunakan bola kulit dan menendangnya ke jaring kecil. Kemunculan permainan ini juga terjadi di Jepang pada tahun yang sama, di Jepang permainan ini disebut dengan Kemari.

Setelah kemunculan sepak bola tradisional di Tiongkok dan juga Jepang, sepak bola kemudian berkembang menjadi modern. Di Italia permainan yang menendang dan membawa bola digemari terutama mulai abad ke-16. Perkembangan sepak bola modern sangat terasa di Inggris. Di sini sepak bola mulai mengalami perubahan secara aturan dan juga tata cara dalam bermain.

Dengan adanya peraturan-peraturan dasar dalam sepak bola dan tata cara bermain yang jelas, membuat olahraga ini menjadi sangat digemari oleh berbagai kalangan di Inggris dan juga dunia. Kelahiran dari sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863, saat itu 11 sekolah dan klub berkumpul untuk merumuskan aturan tetap dari olahraga sepak bola ini.

Bersamaan dengan ditetapkannya aturan dalam olahraga sepak bola, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola. Kemudian pada tahun 1869, membawa bola dengan menggunakan tangan mulai dilarang dalam sepak bola. Dan tentunya larangan ini berlaku hingga sepak bola modern saat ini.

Kemudian persebarang sepak bola dilakukan oleh para pelaut,pedagang, dan juga tentara Inggris pada tahun 1800-an. Tentu saja hal ini sangat membantu persebaran olahraga sepak bola di seluruh dunia, sehingga olahraga sepak bola ini menjadi banyak di sukai di berbagai dunia. Dan pada tahun 1904, terbentuklah organisasi sepak bola dunia yaitu FIFA.

Bersamaan dengan dibentuknya FIFA sebagai induk organisasi sepak bola dunia, mulai bermunculan kompetisi di berbagai negara dunia. Dan tentu saja hal ini yang membuat olahraga sepak bola semakin populer hingga kini.

Sejarah Sepak Bola Modern

Sejarah Sepak Bola
Sejarah Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola Modern pertama muncul di Inggris, karena di negara tersebut sepakbola mengalami perubahan dalam aturan-aturan dasar. Dan hal ini lah yang membuat Sepak bola makin digemari oleh berbagai kalangan di Negara tersebut. Olahraga sepak bola sempat dilarang pada tahun 1365 oleh Raja Edward III karena menimbulkan kekerasan dalam permainannya.

Dan kemudian pada tahun 1863, 11 sekolah berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan sepakbola. Hasil dari perumusan inilah yang kemudian menjadi dasar aturan dari sepak bola modern hingga saat ini. Dan tentunya dengan aturan dasar ini menjadikan sepak bola lebih teratur dan banyak digemari.

Sejarah Organisasi Sepak Bola Dunia

Sejarah Sepak Bola
Sejarah Sepak Bola

Organisasi yang menaungi sepakbola Dunia adalah FIFA. Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA didirikan di Paris pada 21 Mei 1904. Tujuan dari dibentuknya organisasi FIFA itu sendiri adalah untuk mengatur dan mengelola persepakbolaan dunia. Dan juga dengan adanya FIFA para pemain sepakbola dapat merasa aman dan juga terlindungi.

FIFA sebagai induk organisasi sepakbola, bertugas untuk mempromosikan sepak bola keseluruh penjur dunia. Selain itu FIFA juga mengatur transfer pemain antar tim, dan juga memberika gelar Pemain Terbaik dalam olahraga sepak bola di dunia. Serta setiap bulannya FIFA menerbitkan daftar Peringkat Negara-Negara Anggota FIFA.

Dan FIFA juga bertugas untuk menyelenggarakan kompetisi antar negara diberbagai tingkatan mulai dari Sepak bola Wanita, U17 , U20 dan bahkan sampai pertandingan piala dunia futsal. Dengan adanya FIFA diharapkan kompetisi yang diselenggarakan menjadi lebih seru. Dan menjunjung tinggi nilai sportifitas.

Organisasi FIFA dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh beberapa asosisasi-asosiasi regional diantaranya.

• AFC – (Asia)
• CAF – (Afrika)
• CONMEBOL – (Amerika Selatan)
• CONCACAF – (Amerika Utara, Tengah dan Karibia)
• OFC – (Oseania)
• UEFA – (Eropa)

Dan dengan adanya asosiasi ini, diharapkan akan membantu FIFA dalam menjalankan tugasnya sebagai induk organisasi sepak bola dunia.

Sejarah Kompetisi Piala Dunia

Sejarah Sepak Bola
Sejarah Sepak Bola

Sepak bola sebagai olahraga paling populer di dunia, tentu saja memiliki kompetisi yang menjadi ajang adu gengsi antar negara-negara dunia. Kompetisi tersebut adalah Piala Dunia (World Cup). Kompetisi ini merupakan ajang paling bergengsi yang diseleggarakan oleh FIFA, dan selalu mendapat perhatian dari pecinta sepak bola diberbagai negara.

• Kompetisi internasional sebelumnya

Sebelum turnamen Piala Dunia muncul, adalah British Home Championship yang menjadi turnamen sepakbola internasional pertama di Dunia. Hingga kemudian sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga olimpiade.

• Piala Dunia sebelum Perang Dunia II

Pada 28 Mei 1928, Kongres FIFA di Amsterdam memutuskan untuk menggelar kejuaraan dunia yang lebih mandiri. Dan muncul lah Piala Dunia pertama, yang bertempat di Uruguay. Masalah yang dihadapi pada masa itu adalah sulitnya melakukan perjalanan antar benua. Hal ini karena sedang terjadi peperangan di seluruh dunia.

• Piala Dunia setelah Perang Dunia II

Lalu pada Piala Dunia tahun 1950 di Brazil, banyak negara-negara sudah berpartisipasi dalam gelaran Piala Dunia. Termasuk negara Britania (Inggris dan Skotlandia) dan tentu saja hal ini membuat Piala Dunia menjadi sangat seru.
Hingga kini Piala Dunia menjadi ajang bergengsi untuk unjuk kualitas antar negara-negara di Dunia. Dan tentunya tiap negara akan berusaha semaksimal mungkin untuk berlaga di Piala Dunia ini.

Sejarah Sepak Bola Asia Tenggara

Sejarah Sepak Bola
Sejarah Sepak Bola

Sepak bola di Asia Tenggara mulai berkembang dengan diselenggarakannya Piala AFF untuk negara-negara di wilayah ASEAN. Awalnya kejuaraan ini bernama Piala Tiger yang dimulai pada tahun 1996 yang diselenggarakan di Singapura. Pada kompetisi tersebut, Thailand yang keluar sebagai juara pertama dalam kompetisi Piala Tiger.

Kemudain pada Piala Tiger tahun 1998, terjadi sebuah kejadian kontroversial dalam sejarah sepak bola asia tenggara. Kejadian tersebut adalah ketika Indonesia dan Thailand memainkan sepak bola negatif karena keduanya tidak memiliki keinginan untuk menang, hal ini dilakukan untuk menghindari pertemuan dengan tuan rumah saat itu Vietnam. Kedua negara akhirnya mendapat hukuman.

Kemudian pada tahun 2008 kompetisi ini berganti nama menjadi Piala AFF, pada tahun ini kompetisi diadakan di Indonesia dan Thailand. Dan Vietnam keluar sebagai pemenang pada kompetisi Piala AFF tahun tersebut.
Hingga kini, piala AFF rutin digelar tiap 2 tahun sekali. Dan tentu saja dengan adanya kompetisi antar negara asia tenggara, diharapkan mampu memicu semangat antar negara untuk mengembangkan sepak bola di negara mereka. Sehingga nantinya perkembangan sepak bola di Asia tenggara tidak kalah dengan sepak bola eropa.

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Sejarah Sepak Bola
Sejarah Sepak Bola

Bila berbicara tentang sejarah sepak bola, tak lengkap rasanya bila kita tidak membahas tentang sejarah sepak bola di Indonesia. Hal ini menarik untuk dibahas, karena di Indonesia masyarakatnya sangat menyukai sepak bola. Dari sabang sampai merauke selalu ada pemain berbakat yang siap membela timnas sepak bola Indonesia.

Pada Awalnya sepak bola muncul di Indonesia dibawa oleh para penjajah dari Hindia Belanda. Karena sepak bola modern lebih dulu populer di daratan eropa. Baru lah pada tahun 1914 sepak bola masuk ke indonesia saat negara ini masih di jajah oleh Pemerintah Hindia Belanda. Pada saat itu masyarakat Indonesia mulai mengenal adalanya permainan sepak bola.

Kemudian pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta, Lahirlah organisasi sepak bola modern di Indonesia yaitu PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia). Dengan jabatan Ketua PSSI pertama kali di isi oleh Soeratin Sosrosoegondo. Namun kala itu organisasi PSSI kerap dikaitkan dengan kegiatan politik untuk menentang penjajahan.

Sehingga organisasi PSSI ini diawasi sangat ketat oleh pemerintah Hindia Belanda saat itu. Bahkan organisasi PSSI sempat dilarang keberadaannya oleh pemerintah Hindia Belanda. Setelah Indonesia merdeka, perkembangan sepak bola modern semakin pesat. Banyak klub sepak bola yang mulai bermunculan dan beramain di kompetisi.

Pada tahun 1979, kompetisi sepak bola di Indonesia diselenggarakan secara amatir atau lebih dikenal dengan istilah era “Perserikatan”. Dengan adanya kompetisi amatir ini membuat sepak bola mulai tersebar ke seluruh penjuru nusantara. Dan kemudian pada tahun 1979-80 munculan kompetisi Liga sepak bola utama atau lebih di kenal dengan Galatama.

Galatama merupakan kompetisi sepak bola nasional yang bersifat semi-profesional yang awalnya terdiri dari divisi tunggal namun kemudian berkembang menjadi 2 divisi pada tahun 1983 dan 1990. Galatama ini merupakan salah satu pioner dari kompetisi semi profesional di wilayah Asia selain Liga Hongkong. Meski begitu, baik Galatama maupun Perserikatan tetap berjalan sendiri-sendiri.

Kemudian Pada tahun 1994, PSSI sebagai induk sepak bola di Indonesia menggabungkan kompetisi Perserikatan dan Galatama, dan membentuk Liga Indonesia. Tujuan dari penggabungan dua kompetisi ini adalah untuk menciptakan sepak bola yang berkualitas di Indonesia. Karena dengan perpaduan antara fanatisme di Perserikata dan profesionalisme di Galatama, akan membuat hal itu dapat terwujud.

Barulah pada tahun 2008, PSSI menyelenggarakan yang namanya Liga Super Indonesia yang merupakan liga sepak bola profesional pertama di Indonesia. Kemudian pada tahun 2011, terjadi dualisme kompetisi antara Liga Super Indonesia (ISL) dengan Liga Prima Indonesia (IPL) yang berlangsung selama beberapa tahun.

Kemudian pada tahun 2014, PSSI menggabungkan kedua kompetisi tersebut. Namun konflik yang terjadi di tubuh PSSI belum usai, pada tanggal 17 April 2015 Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi membekukan PSSI. Alasan dibekukannya PSSI tersebut adalah PSSI dianggap tidak mematuhi peraturan olahraga Nasional.

Dan akibat dari intervensi pemerintah terhadap sepak bola, membuat FIFA membekukan PSSI. Namun setahun kemudian FIFA mencabut sanksinya terhadap PSSI yang sejalan dengan Menpora juga mencabut pembekuan organisasi PSSI.

Kemudian Pada tahun 2017, kompetisi sepak bola indonesia lahir kembali dengan nama Liga 1 indonesia yang diselenggarakan oleh PT Liga Indonesia Baru. Dan kompetisi tersebut bertahan hingga kini.

Pemain Hebat dalam Sejarah Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola
Sejarah Sepak Bola

• Zinedine Zidane

Zidane merupakan pesepakbola profesional yang lahir di Marseille dan dibesarkan di La Castellane. Karir sepak bola Zidane dimulai di usia 14 tahun, dimana ia bergabung dengan Akademi AS Cannes. Pada usianya yang ke 17 tahun, dia berhasil mengantar Cannes masuk kompetisi Piala UEFA di akhir musim 1991-92.

Pada tahun 2001, Zidane ditransfer dari klub Italia Juventus FC ke Real Madrid dengan biaya transfer sebesar €66 juta dan membuatnya menjadi pemain sepak bola termahal saat itu. Di Real Madrid kariernya sangat gemilang. Ia mencetak Gol kemenangan 2-1 saat melawan Bayer Leverkusen pada final liga champions tahun 2001-2002.

Dan Zidane pensiun pada tahun 2006. Dengan banyaknya prestasi dan kemampuannya diatas lapangan menjadikan Zidane sebagai salah satu pesepak bola Hebat sepanjang sejarah.

• Lionel Messi

Pemain asal Argentina yang bermain untuk Barcelona ini, lahir di Rosario, 24 Juni 1987. Pada usia 21 tahun, Messi sudah menjadi nominasi dari Ballon d’Or dan Pemain Terbaik Dunia FIFA. Lalu kemudian pada tahun 2009, Messi memenangi Ballon d’Or dan Pemain Terbaik Dunia FIFA. Hingga kini Messi sudah memenangi 5 kali penghargaan FIFA Ballon d`Or.

Sebagai pesepak bola terbaik, banyak rekor yang sudah dia cetak. Salah satunya adalah pada 2012, dia menjadi pemain pertama yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan di Liga Champions UEFA. Dengan banyaknya prestasi yang diperoleh tak heran membuat Messi dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola.

• Cristiano Ronaldo

Pemain asal Portugal yang kini bermain untuk Juventus ini, memulai karirnya di Sporting Lisbon. Dan kemudian Manchester United membelinya dan karirnya berlangsung sangat gemilang di sana.

Cristiano Ronaldo dikenal dengan tendangan freekick yang mematikan, tak heran beberapa penghargaan sudah dia raih. Hingga kini dia sudah meraih 3 kali penghargaan Ballon d`Or. Dan juga ia membantu negaranya untuk menjuarai EURO 2016 di Perancis.

Hal inilah yang membuatnya dijuluki pesepakbola terbaik, karena skillnya diatas lapangan sejalan dengan prestasi yang dia raih untuk klub dan juga negara yang dibelanya.

Dengan adanya beberapa sejarah yang sudah kami sajikan untuk Anda, diharapkan nantinya Anda lebih mengenal apa itu sepak bola. Sehingga anda tidak hanya menjadi pemain yang hebat tapi juga paham akan sejarah sepak bola dan bagaimana sepak bola menjadi olahraga paling populer di dunia.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Sejarah Sepak Bola

Leave a Comment