Rangkuman Sejarah dan Gaya Renang dari A – Z (Lengkap)

Rangkuman Sejarah dan Gaya Renang dari A – Z (Lengkap)

Sejarah Renang – Memang manusia telah dapat berenang sejak dari zaman dahulu, tidak terkecuali dan diketahui juga dengan pasti manusia yang pertama kali yang dapat berenang. Bukti yang paling tua adalah yang telah ditemukan di “gua perenang” di wadi sora, gilf kebir, mesir barat daya, yang mengungkapkan sejarah renang dari sampai saat ini.

Ada juga beberapa catatan tertua tentang olahraga renang yang telah ditemukan, pada tahun 2000 SM. Dokumen tertua tersebut adalah epos gilgamesh, iliad, odyssey, alkitab serta al-Qur’an. Seorang profesor kebahasaan yang berasal dari negara jerman bernama nikolaus wynmann, telah berhasil membuat sebuah buku mengenai sejarah renang itu sendiri pada tahun 1538.

Sejarah Renang dalam Buku Dialog Mengenai Seni Berenang 

Sejarah Renang
Sejarah Renang

Buku itu yang berjudul “perenang atau dialog mengenai seni berenang (der schwimmer oder ein zwiegesprach uber die schwimmkunst). Sebuah perlombaan renang di eropa yang dimulai pada sekitar tahun 1800an, perlombaan tersebut dibangun setelah kolam renang. Pada waktu itu memang sebagian besar perserta dalam berenang akan menggunakan gaya dada sebagai permulaan sejarah.

Sedangkan pada tahun 1873, seorang pria yang bernama john arthur trudgen yang telah berhasil memperkenalkan ke khalayak umum, sebuah gaya berenang rangkak depan atau gaya trudgen yang saat ini telah dikenal luas sebagai renang gaya bebas. trudgen memang sebuah gaya yang meniru gaya renang  dari suku indian di amerika selatan.

Renang juga telah menjadi salah satu cabang dari olahraga pada Olimpiade Athena pada tahun 1896. Selain itu juga dimulai tahun ini maka juga bermunculan banyak sekali atlet renang yang mengikuti perlombaan-perlombaan Olimpiade Athena. Pada tahun 1900 sendiri, gaya punggung tersebut memang telah dijadikan sebagai nomor baru di renang Olimpiade dunia.

Pada tahun 1908 telah dibentuk juga organisasi bernama persatuan renang dunia atau Federation Internationale de Natation (FINA). Gaya yang terkenal saat itu adalah gaya kupu-kupu yang kita kenal saat ini sebagai pengembangan dari gaya dada, namun di tahun 1952 gaya kupu-kupu tersebut telah diterima sebagai gaya tersendiri oleh masyarakat dunia.

Renang Gaya Dada

Sejarah Renang
Sejarah Renang

Gaya dada adalah sebuah gaya renang sangat populer untuk anda guna untuk dapat rekreasi atau bersenang-senang. Gaya dada juga telah dikenal sebagai gaya katak karena gaya renang ini telah meniru gaya katak ketika sedang berenang. Gaya dada sendiri adalah gaya renang yang memposisikan dada menempel di atas permukaan air, pada posisi batang tubuh dalam kondisi tetap.

Gaya dada ini menggunakan kedua kaki yang menendang ke arah luar sedangkan pada kedua tangan diluruskan searah atau ke depan. Kedua tangan tersebut nantinya bergerak seperti sedang membelah air, hal tersebut nantinya berguna untuk mendorong tubuh anda ke depan. Adapun pernafasan sendiri dilakukan sekali dalam 2 sampai 4 kali gerakan-gerakan tangan dan kaki dengan mulut yang keluar.

Kemudian ketika pernafasan tersebut dilakukan dari permukaan air tapi posisi kepala ke arah air, posisi kepala yang ke depan bisa mengakibatkan cedera pada leher anda. Biasanya para pemula yang baru belajar renang gaya dada dan gaya bebas lebih dahulu. Selain itu dalam melakukan perlombaan renang, seorang perenang gaya dada adalah perenang terlambat.

Renang Gaya Punggung

Sejarah Renang
Sejarah Renang

Gaya punggung merupakan gaya renang yang dapat dilakukan dengan cara punggung menempel di atas permukaan air kemudian badan anda yang menghadap langit sama seperti ketika anda sedang tidur terlentang. Gaya ini juga terbilang sangat unik dikarenakan perenang tidak bisa melihat dinding kolam renang, dan hanya dengan mengira-ngira bagaimana anda menghitung langkah anda tersebut.

Gerakan yang dilakukan dalam renang gaya punggung tentunya mempunyai sebuah persamaan dengan renang gaya bebas. Kedua belah tangan dan kaki anda akan bergerak serupa hanya saja berlawanan arah. Jika pada renang gaya bebas, tangan dan kaki anda akan bergerak ke arah depan, maka pada renang gaya punggung tangan dan kaki anda akan bergerak ke arah belakang.

Selain itu juga pernafasan dalam gaya punggung ini juga tidak memerlukan teknik khusus, mengapa? Hal tersebut dikarenakan wajah anda akan berada di atas air sehingga mempermudah untuk anda dalam mengambil nafas. Ketika diadakan acara perlombaan, posisi awal pada renang gaya punggung dimulai dari mulai dalam kolam renang, tentu hal tersebut sangat wajar dilakukan.

Hal tersebut tentu berbeda dengan posisi renang gaya yang lainnya dimana dimulai dari luar kolam atau balok start. Perenang dengan gaya punggung itu tentu akan menghadap dinding kolam sambil mereka dengan sigap memegangi sebuah besi pegangan dengan mempergunakan tangannya dan menekuk kedua lutut mereka sambil kemudian menempelkan pada telapak kaki di dinding kolam sebagai acuan mereka.

Renang Gaya Kupu-Kupu

Sejarah Renang
Sejarah Renang

Renang gaya kupu-kupu atau gaya lumba-lumba adalah sebuah gaya renang yang terbilang sangat baru. Gaya renang ini telah bisa anda lakukan dengan cara dada anda yang menyentuh permukaan air. Kedua tangan anda kemudian menekan ke arah bawah, kemudian ke arah belakang sampai akhirnya tangan keluar dari dalam air, lalu setelah itu tangan ke depan lagi dan berulang begitu seterusnya.

Pada gerakan kaki yang menendang ke arah atas dan ke arah bawah seperti gerakan sirip lumba-lumba saat berenang. Udara dalam pernafasan dihembuskan kuat-kuat melalui hidung dan mulut sesaat ketika sebelum kepala anda keluar dari air. Ketika kepala anda tersebut berada diluar air, udara akan dihirup dengan menggunakan mulut anda yang terbuka.

Gaya kupu-kupu juga merupakan gaya renang yang dikenal paling baru, karena diciptakan pada tahun 1933. Tentunya gaya ini tidak membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat anda menguasai gaya renang jenis ini, hal tersebut dikarenakan membutuhkan koordinasi kaki tangan dan power yang begitu baik. Maka dari itu memang renang gaya kupu-kupu akan membutuhkan kekuatan yang sangat besar.

Kecepatan laju pada saat anda berenang dengan gaya kupu-kupu tentunya didapatkan dari ayunan kedua tangan secara bersama-sama. Gaya kupu-kupu juga bisa mengalahkan gaya bebas dalam hal kecepatan. Perenang gaya ini juga tidak bisa menutupi teknik yang begitu buruk dengan cara mengeluarkan sebuah tenaga yang besar, tentunya berenang juga akan terasa memang menyenangkan.

Renang Gaya Katak

Sejarah Renang
Sejarah Renang

Renang gaya katak juga disebut-sebut sebagai renang gaya dada atau breast stroke. Gerakan kaki yang terdapat pada renang gaya dada seperti halnya adalah gerakan kaki katak saat akan berenang sehingga nantinya renang gaya dada juga itu juga disebut dengan renang gaya katak. Adapun memang renang gaya katak adalah gaya renang yang sangat mudah dipelajari.

Renang gaya katak juga telah ada sejak jaman mesir kuno, hal tersebut telah diketahui dari lukisan yang ada pada gua perenang, dekat wadi sora, mesir barat daya. Selain itu juga di mesir terdapat peninggalan seputar renang gaya katak yang telah juga di babilonia dengan ditemukannya sebuah lukisan dinding dan lukisan relief yang nantinya dibuat oleh orang assirya.

Renang Gaya Bebas

Sejarah Renang
Sejarah Renang

Gaya bebas atau dalam bahasa inggris free swim merupakan gaya berenang dengan posisi dada anda yang menghadap ke atas permukaan air. Kedua tangan anda akan terbelah secara bergantian yang kemudian digerakkan jauh ke depan dengan cara menggerakkan mengayuh, sementara kedua belah kaki yang lainnya secara bergantian ‘dicambukkan’ dengan cara naik turun ke atas dan ke bawah.

Selain itu juga dibandingkan gaya berenang yang lainnya, gaya bebas adalah gaya berenang yang dapat membuat tubuh anda dapat melaju lebih cepat di dalam air. Tidak seperti renang gaya punggung, gaya dada, dan juga gaya kupu-kupu, federasi renang internasional (fina) sendiri memang tidak mengatur teknik yang akan digunakan dalam lomba renang dengan kategori gaya bebas.

Perenang juga bisa berenang dengan gaya apapun yang mereka bisa, kecuali gaya punggung, gaya dada, atau gaya kupu-kupu. Walaupun memang sebenarnya masih ada juga teknik renang “gaya bebas” yang lainnya, gaya krol atau front crawl) digunakan juga pada hampir secara universal oleh perenang dalam lomba renang dengan gaya bebas, sehingga memang akan terlihat jika gaya krol mirip dengan bebas.

Gerakan Pada Renang Gaya Bebas

Sejarah Renang
Sejarah Renang

1.      Gerakan dada, tangan dan kaki

Gaya bebas merupakan gaya renang dengan posisi bagian dada anda menyentuh permukaan air. Kedua tangan anda tersebut secara bergantian bergerak mengayuh ke arah depan dan ke arah belakang. Kedua belah kaki anda kemudian di gerakan ke arah atas dan bawah seperti ketika anda sedang mencambuk air. Yah, memang hal tersebut cukup baik untuk anda bagi seorang pemula.

2.      Gerakan pernafasan

Pernafasan yang ada pada gaya bebas dilakukan juga dengan cara menoleh ke kanan ataupun ke kiri. Renang gaya bebas adalah gaya renang yang sangat cepat. Gaya bebas tidak akan terikat dengan teknik renang gaya tertentu. Sehingga gaya bebas ini bisa anda lakukan dengan beraneka ragam atau macam gerakan yang membuat para perenang nya melaju cepat di dalam air.

Ketika melakukan renang gaya bebas, maka posisi wajah anda akan menghadap ke permukaan air, setelah itu pernapasan dilakukan ketika lengan anda digerakkan keluar dari dalam air, nah di saat tubuh menjadi miring dan kepala anda tersebut berpaling ke samping. Sewaktu anda mengambil napas, perenang juga dapat memilih untuk dapat menoleh ke kiri atau ke kanan.

Renang Gaya Samping

Sejarah Renang
Sejarah Renang

Renang gaya samping adalah renang yang bertujuan untuk digunakan dengan menggunakan tubuh bagian sisi samping. Renang gaya samping ini juga memang tidak termasuk renang yang di jadikan kompetisi atau lomba, maka dari itu hal tersebut akan menyebabkan renang dengan gaya ini sangat dikenal saat ini. Oleh karena renang dengan gaya ini telah menggunakan sisi samping tubuh dan butuh gerakan asimetris.

Nah, dari anggota gerak tubuh tersebut maka renang dengan gaya ini dapat terlihat cukup aneh bagi anda yang pertama kali anda melihatnya. Walau demikian memang anda perlu mengetahui dan mempelajari jika renang gaya samping ini juga bisa menjadi beberapa variasi gaya renang untuk dijadikan sebagai pengetahuan anda ataupun untuk kemudian di praktekkan langsung di kolam.

Memang untuk posisi yang paling awal, tubuh anda akan mengapung dengan mempergunakan salah satu sisi samping tubuh sebagai dasar untuk kemudian dapat diikuti dengan menggunakan kedua kaki di buka melebar seperti ketika anda membuka gunting. Bagian lengan yang ada di dalam air, diluruskan atau diregangkan ke arah depan melewati kepala anda.

Gerakan Pada Renang Gaya Samping (Lebih Spesifik Lagi)

1.      Gerakan lengan

Dalam gaya renang samping, tentunya kedua lengan tersebut nantinya akan bergerak secara bersamaan, namun gerakan tersebut akan dilakukan dengan berbeda. Dalam hal ini juga bisa anda sebut saja sisi lengan yang tepat berada pada bagian bawah adalah sebuah lengan yang terdepan, dan lengan yang tepat pada sisi atas merupakan lengan yang berada di belakang.

Tentunya dalam memulai siklus renang tersebut, lengan anda yang berada paling depan berada di posisi lurus sampai dengan memanjang ke depan dengan posisi bagian telapak tangan yang menghadap ke bawah. Sedangkan lengan yang berada pada posisi sebaliknya atau lengan yang tepat pada belakang hanya akan mengikuti gerakan dan berada di sisi samping tubuh yang merupakan bagian isi teratas.

Lengan terdepan dari perenang tersebut kemudian akan menyapu atau mengayuh mundur dengan melakukan sebuah gerakan setengah melingkar. Pada saat itu, maka posisi telapak tangan anda akan mendorong air ke belakang, dengan menggunakan sebuah irama gerakan menyapu pertama ke bawah menjadi mengayuh ke belakang, lalu mengayuh ke atas, dan berakhir mengayuh ke dalam.

Pada akhir kondisi ini maka tangan perenang tersebut akan berada di depan dada perenang, dengan penggunaan posisi telapak tangan yang memutar ke atas. Gerakan ini juga sudah merupakan gerakan fase pendorong yang terdapat pada lengan terdepan. Untuk lengan yang paling belakang bergerak maju untuk ke depan dengan cara anda melipat bagian siku anda tersebut ke bagian depan.

2.      Gerakan kaki

Pada renang gaya samping ini tentunya akan menggunakan gerakan kaki yang seperti gerakan menggunting, dimana kaki anda akan bergerak secara bersama-sama namun arahnya akan berlawanan, ibarat seperti sebuah gunting. Kaki yang ada pada bagian sisi samping teratas tersebut nantinya akan bergerak maju di depan tubuh, dan pinggul anda serta lutut anda akan terjaga untuk menekuk bersama.

Kaki anda pada bagian sisi bawah akan bergerak dengan arah berlawanan dari sisi arah atas dimana sendi panggul anda akan membentuk sudut kurang lebih dari 90 derajat, hingga nantinya kaki pada bagian bawah tersebut tampak seperti terlipat hampir menyentuh bokong. Kemudian pada tahap yang selanjutnya, kaki bergerak menutup hampir sama dengan menutup gunting.

Pada kaki bagian atas anda digerakkan dengan menutup kembali sambil menuju sumbu lurus terhadap tubuh sehingga nantinya pada bagian betis dan telapak kaki secara efektif bisa mendorong air. Untuk itu maka kaki bagian bawah juga akan melakukan gerakan menutup dengan cara membuat kembali menjadi sebuah sumbu lurus tubuh sehingga pada bagian tulang kering melakukan dorongan ke arah air.

3.      Koordinasi antara gerakan lengan dan kaki anda

Pada awalnya memang koordinasi antara bagian lengan dan kaki sehingga anda akan terasa sulit, mengapa? Mengingat tubuh anda tersebut dengan melakukan gerakan asimetris. Pada saat yang sama anda melakukan gerakan, lengan atas dan bagian atas lutut dengan bergerak ke arah dalam pada waktu yang sama, yang bisa anda lakukan dengan baik.

Di atas merupakan sejarah renang sekaligus macam-macam renang, tentu berguna sekali untuk anda yang ingin mempelajari gerakan-gerakan renang gaya tertentu, atau mungkin bagi anda ingin berlomba dan mengajar. Tentu pengetahuan di atas juga bisa dibilang sangat penting bagi anda, yang penting lakukanlah dengan sangat baik dan beberapa gerakan yang baik.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Sejarah Renang

Leave a Comment