Sejarah Komputer Dari Generasi Pertama Sampai Sekarang (Lengkap)

Sejarah Komputer Dari Generasi Pertama Sampai Sekarang (Lengkap)

Sejarah Komputer – Perkembangan teknologi merupakan salah satu perkembangan yang mengubah peradaban manusia. Teknologi bisa sangat membantu berbagai pekerjaan manusia dalam menunjang kehidupannya. Salah satu perangkat yang menunjang perkembangan teknologi adalah penemuan komputer.  Komputer sudah banyak dikenal membantu banyak pekerjaan manusia mulai dari mengetik, menghitung, menyimpan dan mengatur data menjalankan fungsi multimedia.

Komputer dapat memudahkan banyak pekerjaan manusia, misalnya dahulu sebelum ada komputer manusia biasanya menulis teks panjang dengan menggunakan pena di atas kertas. Teknologi memberikan banyak manfaat untuk umat manusia, namun jika penggunanya tidak benar maka justru dapat memberikan efek negatif pada perilaku manusia.

Komputer sebagai sebuah teknologi yang sangat maju sekarang ini tidaklah dibuat secanggih ini secara langsung. Untuk menjadi secanggih sekarang ini komputer membutuhkan tahapan-tahapan perkembangan yang cukup lama mulai dari segi kinerja, bentuk, dan juga komponen-komponennya. Bahkan ketika awal ditemukan komputer memiliki ukuran satu ruangan penuh hanya untuk mesinnya.

Pengertian Komputer

Sejarah Komputer
Sejarah Komputer

Jika diartikan secara bahasa, komputer berasal dari bahasa Yunani dari kata computareyang merupakan gabungan kata com yang memiliki arti “menggabungkan” dan kata putare yang memiliki arti “memikirkan perhitungan”.

Jika diartikan secara istilah, komputer dapat didefinisikan sebagai alat yang digunakan dalam melakukan tugas menerima data masukan, memproses data masukan, menyimpan data masukan ataupun data hasil proses, dan membuat data keluaran. Pengertian ini dicetuskan oleh Robert H. Blissmer dan banyak dipakai untuk mendefinisikan sistem komputer sebagai alat elektronik.

Tidak jauh berbeda dengan definisi sebelumnya menurut Elias M. Awad komputer adalah alat untuk melakukan perhitungan dan dapat digunakan dalam memproses data untuk disajikan dalam bentuk data keluaran baik dalam bentuk data digital maupun dalam bentuk data analog.

Fungsi Komputer

Sejarah Komputer
Sejarah Komputer

Komputer secara luas digunakan untuk keperluan yang bermacam-macam dan berbeda-beda oleh setiap orang. Ada yang menggunakannya untuk melakukan pekerjaan, ada yang menggunakan komputer untuk bermain game, menonton video, memutar musik, dan berbegai hal lainnya. Namun sebenarnya semua itu merupakan hasil dari 4 fungsi utama komputer, yaitu

  • Menerima data masukan (input)
  • Memproses data masukan (processing)
  • Menyimpan data masukan dan data hasil proses (saving)
  • Menyajikan data keluaran (output)

Penemuan Komputer

Sejarah Komputer
Sejarah Komputer

Komputer pertama dibuat oleh seorang penemu bernama Charles Babbage Ia membuat sebuah mesin penghitung yang diberi nama Difference Engine No. 1 dan sangat populer dalam sejarah teknologi. Berkat penemuannya ini Charles Babbage menerima banyak apresiasi dan diberi julukan Bapak Komputer berkat jasanya menemukan komputer pertama kali.

Komputer Generasi Pertama

Sejarah Komputer
Sejarah Komputer

Komputer pertama temuan Charles Babbage masih berupa temuan ilmiah dan masih belum bisa diaplikasikan untuk membantu pekerjaan manusia. Komputer ini terus dikembangkan hingga kemudian pada tahun 1946 ditemukan komputer generasi pertama yang menggunakan komponen dasar terbuat dari tabung vakum.

Namun penggunaan tabung vakum sebagai komponen dasar komputer masih tidak efisien pada beberapa aspek. Tabung vakum dalam pengoperasiannya sebagai komponen dasar komputer memerlukan daya listrik yang sangat besar jika dibandingkan komputer lainnya. Tabung vakum juga sangat mudah panas untuk dijadikan komponen dasar komputer.

Komputer generasi pertama ini dikenal dengan sebutan ENIAC yang merupakan singkatan dari Electronic Numerical Intergrator And Computer yang secara bahasa memiliki arti “Alat elektronik penghitung dan integrasi numerik”.

Komputer generasi pertama ini dibuat oleh seorang penemu bernama John Mauchy dan J. Presper Eckert  di University of Pennsylvania. Kedua penemu ini merakit ENIAC dengan menggunakan tabung vakum berjumlah 18.000 dengan total ukuran semua tabung vakum sebesar 1800 kaki dengan berat keseluruhan tabung vakum sekitar 30000 kilogram.

Bukan hanya serumit itu, komputer generasi pertama ini juga membuthkan ruang seluas 500m3dengan 75.000 relay dan saklar, reseitor berjumlah 70.000 dan kapasitor yang dibutuhkan berjumlah 10.000. Dengan komponen sebanyak ini komputer ENIAC membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilo watt.

Komputer generasi pertama ini digunakan pertama kali untuk menjalankan perangkat lunak untuk melakukan desain pesawat dan peluru kendali. Perangkat lunak pertama ini pertama kali dikembangkan oleh seorang ilmuwan bernama Konrad Zuse yang memiliki kewarganegaraan Jerman.

Seorang ilmuwan yang juga dari University of Pennsylvania bernama John Von Neuman pada tahun 1940-an bersama timnya berhasil membangun konsep baru desain komputer bernama EDVAC (Electronic Discrete Variable utomatic Computer).

Konsep desain komputer baru ini dipakai hingga 40 tahun kemudian. Pada konsep desain EDVAC ini menggunakan perangkat memori untuk menampung program maupun menyimpan data. Dengan menggunakan konsep menggunakan konsep perakitan memori seperti ini memungkinkan pengguna komputer berhenti dan menyimpan pekerjaannya dan melanjutkannya kembali.

Yang berperan utama dalam konsep rakitan Von Neumann adalah prosessor atau yang dikanal sebagai CPU (Central Processing Unit). Dengan adanya CPU, seluruh fungsi komputer dikorrdinasikan oleh satu perangkat tunggal. CPU ini adalah ciri-ciri dari komputer generasi pertama.

Ciri khusus dari komputer generasi pertama adalah perintah dalam pengoperasiannya dibuat khusus untuk satu fungsi tertentu. Setiap tugas yang berbeda memiliki perintahnya sendiri-sendiri yang disebut dengan bahasa mesin (Machine language). Hal ini menyebabkan pemrogaman komputer sangat rumit dan kecepatan prosesnya pun terbatas.

Komputer Generasi Kedua

Sejarah Komputer
Sejarah Komputer

Pada komputer generasi kedua terdapat perubahan konsep desain komputer yang sangat berpengaruh. Pada komputer generasi ini terdapat alat transistor, yaitu alat canggih yang mampu memaksimalkan kinerja komputer namun dengan ukuran yang cukup kecil.

Komputer generasi kedua ini berkembang pesat pada 1959-1960an karena adanya alat transistor ini. Beberapa lembaga pemerintahan, instansi swasta dan juga universitas banyak yang telah memanfaatkan komputer generasi ini.

Komputer komersil pertama yang menggunakan konsep transistor ini adalah super komputer dari perusahaan IBM. Super komputer generasi kedua ini diberi nama Stretch, Sprey-Rand dan LARC. Komputer yang digunakan di laboratorium energi atom terbukti dapat mengatasi berbagai perhitungan dan pemrosesan data dan sangat membantu peneliti atom.

Namun pada saat itu harga komputer sangat mahal dikarenakan pembuatan dan pengoperasiannya yang cukup rumit sehingga untuk kebutuhan bisnis belum banyak digunakan. Komputer merek IBM yang dinamai LARC hanya diproduksi dua buah, slah satunya digunakan di Lawrence Radiation Labs diLivermore,California dan salah satunya lain digunakan di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.

Bahasa mesin yang menggunakan bahasa biner pada komputer generasi pertama telah digantikan dengan bahasa assembly yang menggunakan singkatan pada komputer generasi kedua. Baru pada tahun 1960an banyak bidang bisnis, instansi pemerintahan dan perguruan tinggi yang menggunakan komputer generasi ini karena munculnya komputer yang sudah menggunakan transistor sepenuhnya.

Komputer versi ini juga sudah bisa digebungkan dengan berbagai perangkat seperi floppy disk (disket), memori dan printer. Selain itu komputer versi ini juga sudah bisa menggunakan perangkat lunak operating system (sistem operasi) dan program aplikasi.

Salah satu tipe komputer generasi ini adalah IBM 1401 yang banyak digunakan pada industri swasta. Sekitar tahun 1965, nyaris seluruh instansi yang memproses data keuangan bisnis menggunakan komputer. Penggunaan komputer secara luas ini juga didukung oleh fleksibilitas yang tinggi dalam pengoperasiannya jika dibandingkan komputer generasi pertama.

Berbeda dengan komputer generasi pertama, komputer generasi ini sudah memiliki sistem penyimpanan data tersendiri. Kapasitas memori utama menggunakan Magnetic Core Storage dan menggunakan bentuk storage(penyimpanan) eksternal berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.

Pada tahun 2001, perusahaan Intel sudah memperkenalkan Si dalam bentuk sangat kecil dan tercepat di dunia yang berukuran 20 nanometer namun dapat digunakan pada CPU yang memiliki kecepatan hingga 20 GHz

Pada generasi komputer ini juga ditandai munculnya minikomputer, yaitu komputer terbesar kedua dalam keluarga komputer.  Minikomputer pertama yang dibuat diberi nama DEC PDP-8 yang digunakan untuk mengolah data komersil dan diluncurkan pertama kali pada tahun 1964.

Meskipun begitu, komputer pada generasi ini memiliki beberapa kekurangan juga seperti penggunaan transistor yang banyak menyebabkan suhu panas pada mesin yang lebih tinggi sehingga memiliki kemungkinan untuk merusak bagian-bagian komputer lainnya.

Komputer Generasi Ketiga

Sejarah Komputer
Sejarah Komputer

Komputer generasi ini berkembang pesat pada tahun 1964-1970an Pada generasi sebelumnya penggunaan transistor menyebabkan mesin menjadi cepat panas. Kelemahan komputer generasi kedua ini menyebabkan banyak pengguna yang tidak puas dan mulai meninggalkan pemakaiannya.

Namun kemudian masalah ini dicoba untuk dipecahkan oleh seorang ilmuwan bernama Jack Billy. Jack Billy akhirnya menemukan suatu teknologi baru bernama Integrated Circuit (IC) yang berupa chip kecil untuk mengumpulkan dan juga menampung berbagai komponen komputer menjadi satu. Teknologi ini membuat mesin tidak mudah panas seperti transistor.

Integrated Circuit ini adalah ciri khas komputer generasi ketiga yang membedakannya dengan generasi sebelumnya. Integrated Circuit ini kemudian dipasarkan secara komersil oleh Texas Instrument dan Fairchild Semiconductor pada 1959 dengan menggunakan enam transistor. Memang jumlah transistor ini sangat sedikit jika dibandingkan komputer jaman sekarang yang bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta transistor.

Selain tidak mudah panas, komputer generasi ini juga menggunakan daya listrik yang lebih rendah sehingga lebih hemat. Dari sisi software pun komputer generasi ini memiliki peningkatan. Komputer generasi ini dapat melakukan multitasking(melakukan beberapa program secara bersamaan) dan juga bisa melakukan hubungan pertukaran data dengan komputer lain.

Komputer Generasi Keempat

Sejarah Komputer
Sejarah Komputer

Perbedaan utama antara komputer generasi ini dengan generasi sebelumnya adalah pada komponen Integrated Circuit  yang lebih rumit dan lebih terintegrasi. Integrated Circuit yang dikembangkan oleh perusahaan Very Large Scale Integration sejak tahun 1980an dapat menghasilkan chip yang dapat menampung hingga ribuan komponen, sedangkan generasi sebelumnya hanya bisa menampung beberapa komponen saja.

Sebenarnya  semenjak tahun 1970 sudah muncul dua perkembangan komputer yang dianggap komputer generasi keempat. Yang pertama komputer dengan menggunakan Large Scale Integration yang merupakan serangkaian pemadatan ribuan chip Integrated Circuit yang dijadikan pada sebuah keping IC chip. LSI ini kemudian dikembangkan menjadi VLSI yang memuat puluhan hingga ratusan ribu chip Integrated Circuit.

VLSI  kemudian terus dikembangkan menjadi sebuah komputer mikro dengan semikonduktor dan otak pemrosesan data berupa mikroprosesor. Mikroprosesor juga berfungsi sebagai memori sementara yang bersifat internal.

Perusahaan Intel telah meluncurkan mikrokomputer sejak tahun 1971 dengan nama 4004 yang tersusun atas 230 transistor dengan kecepatan pemrosesan sebesar 108 KHz. Mikrokomputer ini dapat memproses hingga 60.000 tugas setiap detiknya.

Pada 1972 Intel melanjutkan pengembangan mikrokomputer dengan nama 8008 yang mampu mengolah data 8 bit pada waktu yang sama. Mikroprosesor ini kemudian ditingkatkan menjadi seri 8080 yang diluncurkan tahun 1974. Prosesor 8080 ini dianggap sebagai prosesor pertama yang dapat digunakan untuk tujuan umum.

Komputer pada generasi ini masih memiliki tampilan satu warna pada monitornya sehingga belum banyak digunakan untuk tujuan multimedia. Beberapa tipe komputer yang terkenal pada generasi ini adalah Apple I, IBM 370, VisiCalc, PDP-11, dan Altair. Sistem operasi yang digunakan pada komputer generasi ini adalah Control Program for Microprocessor (CP/M) dengan bahasa program berupa Microsoft Basic.

Pada generasi keempat ini muncul istilah PC (Personal Computer)yang artinya komputer personal. Istilah ini merujuk untuk komputer yang fungsinya digunakan untuk perseorangan bukan hanya untuk keperluan instansi atau lembaga.

Komputer generasi Kelima

Sejarah Komputer
Sejarah Komputer

Komputer generasi kelima ini sering disebut dengan komputer generasi masa depan. Komputer generasi kelima ini merupakan komputer yang saat ini digunakan secara luas di seluruh dunia.

Jika pada komputer generasi sebelumnya IBM merupakan perusahaan terbesar dan memainkan peran penting pada perkembangan komputer, pada generasi ini banyak perusahaan komputer bermunculan dan saling bersaing, namun yang memainkan peran paling penting dalam perkembangan komputer adalah Intel dan Microsoft.

Sejak perkembangan teknologi LSI di generasi sebelumnya, LSI ini semakin dikembangkan hingga pada generasi kelima ini Personal Computer umumnya memiliki ribuan IC pada mikroprosesornya. Pada generasi kelima ini perubahan juga ditandai oleh berkembangnya semi konduktor.

Beberapa perusahaan yang berperan penting dalam perkembangan mikroprosesor antara lain adalah Intel, Zilog dan Motorola. Slah satu mikroprosesor yang paling terkenal adalah seri Pentium yang diluncurkan oleh Intel. Seri Pentium yang paling atas adalah seri pentium 4 yang kecepatan pemrosesan datanya dapat mencapai 2 GHz.

Setelah sukses dengan seri prosesor Pentium di pasaran, Intel meluncurkan seri prosesor Itanium, yaitu proses yang dibuat dengan arsitektur 64 bit. Meskipun memiliki arsitektur 64 bit, prosesor Itanium ini memiliki kompabilitas untuk dapat menjalankan perangkat lunak 32 bit.

Pada komputer generasi ini juga ditandai dengan tampilan monitor yang sudah berwarna dengan kualitas kerapatan pixel sangat baik sehingga sudah banyak digunakan untuk keperluan multimedia. Tampilan komputer pada generasi ini umumnya disebut dengan GUI (Graphic User Interface)atau Tampilan Antarmuka Grafis.

Komputer pada generasi ini memiliki bentuk yang sangat kecil dan ringan namun performanya dalam melakukan pengolahan data sangat cerdas. Beberapa perangkat bahkan memiliki bentuk sangat kecil hingga mudah dibawa kemana-mana. Mulai dari perkembangan laptop hingga ke perkembangan ponsel pintar.

Sedangkan dari segi perangkat lunak komputer pada generasi ini umumnya menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, MacOS, dan Linux. Sedangkan untuk perangkat ponsel pintar dan tablet umumnya menggunakan sistem operasi android, iOS dan windows phone.

Pada generasi ini komputer juga sudah mulai dikembangkan untuk dapat berpikir seperti manusia. Teknologi ini disebut dengan Artificial Intelegence (AI) atau kecerdasan buatan. Kecerdasan ini umumnya digunakan pada robot atau pada fitur interaktif komputer dengan manusia, dimana pada fitur ini manusia bisa melakukan perintah kepada komputer dengan suara maupun gerakan tubuh.

Sejarah komputer diatas membuktikan bahwa teknologi sangat berkembang pesat. Akankah di tahun-tahun dekati ini muncul komputer generasi keenam? Seiring berjalannya waktu, tentu saja hal tersebut bisa terjadi, kita saksikan saja nanti, semoga bermanfaat!

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Sejarah Komputer

Leave a Comment