SEJARAH INTERNET : Pengertian, Perkembangan, Dampak (Lengkap)

SEJARAH INTERNET : Pengertian, Perkembangan, Dampak (Lengkap)

Sejarah Internet – Internet menjadi salah satu teknologi yang tak bisa lepas dari kehidupan manusia masa kini. Internet berhasil menawarkan kemudahan mencari informasi dan uang bagi kehidupan manusia modern. Bahkan ada istilah jika manusia masa kini tak dapat hidup tanpa internet. Maka penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana sejarah internet.

Teknologi internet yang dinikmati manusia saat ini tentu tak lantas muncul tiba-tiba ada sejarah panjang dari mulai pengagasan ide, eksekusi hingga pengembangan yang bisa membuat internet menjadi seperti sekarang.

Kemunculan Internet

Sejarah Internet
Sejarah Internet

World Wide Web (wwww) atau yang lebih dikenal sebagai internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan satu media dengan media lainnya dengan menggunakan transmisi secara global. Internet menjadi salah satu hal vital yang ada di kehidupan manusia.

Internet mempermudah segala proses tradisional yang membutuhkan waktu lama bisa dilakukan hanya dalam beberapa detik hingga menit. Tak heran internet kini telah berusia puluhan tahun dan masih tetap diminati.

Internet sendiri pertama dicetuskan pada tahun 1969. Kala itu, para peneliti di Universitas di California, Los Angeles (UCLA). Para peneliti itu awalnya hanya berusaha mengirim 3 huruf yakni LOG ke komputer lain dalam bentuk kode biner. Kemudian komputer yang mendapatkan 3 huruf itu menambahkan dua huruf lain dan menjadi LOGIN.

Suksesnya percobaan penelitian di UCLA itu pun melahirkan proyek lebih besar yang bernama ARPANET yang merupakan singkatan dari Advanced Research Project Agency Network. Awalnya ARPANET dibangun demi keperluan militer Amerika Serikat.

Mereka ingin mengembangkan sebuah sistem dimana komputer satu bisa terhubung dengan komputer lainnya agar bisa menghindari kondisi informasi terpusat. Jika perang terjadi dan informasi hanya terpusat dalam satu titik, maka data bisa hilang dan merugikan negara.

Proyek ARPANET pada mulanya hanya menghubungkan empat komputer yang membentuk jaringan terpadu dari empat universitas yakni Stanford Research Institut, University of California, Santa Barbara dan University of Utah pada tahun 1969.

ARPNET lantas kemudian berkembang pesat dan kemudian dipecah menjadi dua. Satu untuk keperluan militer dan satu untuk keperluan non militer. Jaringan yang dipecah untuk non militer itulah yang akhirnya terus berkembang dan kini dikenal dengan nama internet. Maka kita tidak heran bahwa ARPANET masih disebut-sebut hingga sekarang karena ini merupakan bagaian dari sejarah internet yang sangat penting.

Perkembangan Internet

Sejarah Internet
Sejarah Internet

Setelah muncul, internet terus dikembangkan oleh peneliti dari berbagai sisi. Beberapa teknologi baru pun ditemukan tahun demi tahun. Jika diringkas beberapa tahapan perkembangan internet bisa di lihat seperti daftar berikut ini.

1. Peluncuran ARPANET pada 1969

Seorang ilmuwan bernama Lawrence G. Roberts yang bekerja sama dengan komunitas yang dibiayai sebuah badan yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat bertugas mengembangkan proyek teknologi baru untuk militer.

Kerja sama ilmuwan dan komunitas itu akhirnya bisa memperbaiki salah satu komponen dalam ARPANET yakni paket switching. Pada tahun 1969, jaringan komputer bernama ARPANET pun diluncurkan.

2. Sistem Email pada 1971

Surat menyurat secara elektronik atau yang kini kita sebut email, mulai ditemukan sebagai bagian dari pengembangan teknologi pada tahun 1971-an. Ilmuwan bernama S.Cocker dan timnya merintis proyek Host-to-Host protokol ARPANET yang kemudian berkembang menjadi NCP (NetworkControl Protocol) yang kemudian teraplikasi di website.

Perkembangan proyek itu menjadi awal mula ditemukannya surat elektronik atau email. Orang yang pertama menggunakan sistem surat elektronik itu adala seorang progamer bernama Ray Tomlinson.

Pada 1972 proyek ARPANET mulai dikenalkan secara publik. Koalisi Bolt, Beanet and Newman (BNN) terpilih menjadi kontraktor ARPANET yang mulai dikomersilkan. Dari situlah muncul Telenet yakni versi komersial yang melayani paket data secara publik untuk pertama kalinya.

3. Istilah Inter-networking Muncul Tahun 1974

Inter-networking atau disingkat internet dipopeulerkan oleh dua orang bernama Vint Cerf dan Bob Khan. Dua orang itu pada kelanjutannya disebut sebagai bapak internet dunia. Keduanya menulis sebuah jurnal dengan judul A Protocol dor Packet Network Interconnection.

4. Adanya Jaringan LAN tahun 1976

Jaringan LAN atau yang disebut jaringan komputer mencakup wilayah kecil (Local Area Network) mulai muncul pada tahun 1976 dan digunakan oleh ratu Inggris, Elizabeth II. Ratu Britania Raya itu menggunakan LAN untuk mengirimkan email.

Seiring berkembangnya tahun tercatat sekitar 111 komputer telah tergabung dengan ARPANET pada tahun 1977. Selang 3 tahun kemudia, ditemukanlah penggunaan internet untuk menyiarkan berita dan grup diskusi. Dari situlah muncul komputer pribadi untuk khalayak umum.

5. Munculnya TCP/IP pada 1982

Sejarah internet masih berlanjut. IP atau Internet Protocol tentu tak asing di telinga para pengguna internet. IP merupakan bahasa komunikasi dasar protolol untuk menyesuaikan transfer data antar PC di dunia. TCP/IP ditemukan pada 1982 yang kemudian pada setahun kemudian semakin berkembang dan ditemukanlah Domain Name System (DNS).

Domain Name System atau sistem domain nama adalah nama untuk mengingat sebuah website yang kini bisa kita lihat di akhir alamat website seperti dot edu (.edu) dot org (.org) dan lain sebagainya.

6. Peluncuran World Wide Web pada tahun 1991

World Wide Web atau disingkat WWW merupakan perkembangan internet pada tahun 1991. WWW pertama kali diperkanalkan kepaa publi oleh CERN atau Conseil Européene pour la Recherche Nucléaire. CERN adalah organisasi yang berdiri khusus untuk mendiskusikan pembangunan fasilitas penelitian fisika nuklir di Eropa.

7. Penyiaran Broadcast Radio dengan Internet pada tahun 1993

Sejarah internet selanjutnya yaitu pada tahun 1993, Browser pertama internet dan mesin pencari dibuat. Browser gratis yang bisa diunduh saat itu adalah Mosaic. Mosaic diklaim sangat mudah dioperasikan bahkan oleh orang yang gagap teknologi sekalipun.

8. Toko Online di Tahun 1994

Toko online di dunia internet ternyata sudah ada sejak tahun 1994 silam. Pada masa itu, toko internet seperti Amazon.com dan eBay menghiasai jaringan internet. Selain penjualan ada juga situs dating untuk mencari pasangan bernama Match.com. Ada pula Yahoo.com yang melayani sistem surat elektronik saat itu.

9. Jaringan Peer to Peer tahun 1999

Di tahun ini pengguna internet bisa dengan mudah berbagi data menggunakan fasilitas jaringan peer to peer. Berbagi musik dengan teman lebih mudah dengan teknologi yang satu ini. Kemudian dua tahun kemudian muncul fasilitas penyedia blog seperti WordPress.com.

10. Akses Hingga Luar Angkasa 2010

Internet semakin canggih pada masa tahun 2010 hingga kabarnya berhasil diakses kru luar angkasa, ISS (International Space Station). Selain kru luar angkasa, pada tahun itu Facebook juga mulai bergerilya menarik hati pengguna internet aktif sebanyak ratusan juta pengguna.

Mengikuti jejak facebook, media sosial lainnya pun mulai bermunculan seperti Path, Instagram, dll. Para media sosial itu pun ada yang aktif sampai kini karena masih diminati. Namun, ada yang harus hilang karena kurang bisa berkembang dan tetap menarik pengguna internet. Internet pun akan terus berkembang dari waktu ke waktu.

Sejarah Internet di Indonesia

Sejarah Internet
Sejarah Internet

Internet pertama kali sukses dihubungkan di Indonesia oleh seorang pakar komputer dan ekonomi bernama Joseph Luhukay. Luhukay berhasil mengembangkan jaringan UINet di beberapa Universitas di Indonesia. Lalu pada tahun 1984, Luhukay menghubukan jaringan internet di Indonesia menembus ranah global.

Usai tindakan berprestasi Luhukay itu, muncullah PT. Indo Internet dan PT.Pos Indonesia yang kemudian mengembangkan Wasantara Network. Pada kelanjutannya muncullah Telkomnet dan Indosatnet yang bergerak di bidang jasa penyedia layanan internet.

Setelah muncul dua provider penyedia layanan internet tersebut, makin banyak pelanggan dan pengguna internet. Meski, pada awalnya internet hanya bisa dinikmati oleh orang yang memiliki komputer dan membayar tagihan telepon.

Namun, kemudian menjamurlah warnet atau warung internet pada sekitaran tahun 1996. Warnet berperan meminjamkan komputer untuk mengakses internet dengan tarif perjam sesuai yang ditawarkan oleh pemilik warnet.

Lambat laun, warnet mulai ditinggalkan karena banyak orang telah memiliki PC atau laptop yang bisa dengan mudah mengakses dan berlangganan internet sendiri. Meski begitu, kini warnet kebanyakan digunakan sebagai sarana game online.

Sementara itu, orang yang mempunyai PC sendiri kini lebih memilih berlangganan jaringan internet atau Wifi di rumah. Atau cukup membawa laptop mereka ke tempat umum yang menyediakan jaringan internet.

Tokoh-tokoh Internet

Sejarah Internet
Sejarah Internet

Dalam kemunculan internet ke dunia tentu ada peran beberapa tokoh penting. Pasalnya, ide internet tak mungkin lantas muncul jika bukan karena pemikiran seseorang. Beberapa tokoh yang ada turut menentukan bagaimana sejarah internet terjadi. Berikut beberapa tokoh yang berperan dalam dunia internet.

1. Claude Shannon

Claude Shannon dikenal sebagai bapak teori informasi modern. Ia menelurkan sebuah makalah pada 1948 yang berjudul “Sebuah Teori Matematika Komunikasi”. Hasil kerja Shannon itu mendasari fondasi internet.

2. Paul Baran

Paul Baran berperan dalam pengembangan dan penggambaran arsitektur data untuk jaringan komunikasi packet-switched yang pada perkembangannya akan menjadi dasar arsitektur internet.

3. Bob Taylor

Bob Taylor meyakinkan Departemen Pertahan Amerika Serikat untuk mengembangkan jaringan komunikasi yang kemudian dikenal dengan nama ARPANET. ARPANET lantas menjadi cikal bakal internet yang berkembang saat ini.

4. Douglas Englebart

Englebart adalah peneliti Stanford Univesity yang mengembangkan pusat jaringan informasi universitas tersebut. Pusat Jaringan tersebut pada perkembangannya menjadi database daftar setiap website internet.

5. Larry roberts

Larry Roberts adalah ilmuwan yang memimpin pengembangan proyek ARPANET. Roberts mendirikan Telenet, packet-Switched jaringan pertama penyedia dan prekusor untuk perusahaan.

6. Vint Cerf

Vint Cerf membantu dalam membantu merancang protokol TCP/IP bersama Bob Kahn. Selain soal TCP/IP, Vint Cerf juga mendirikan komunitas Internet Society dan ICANN (Internet Corporation for Assigne Name and Numbers), yang kelanjutannya sebagai dasar tentang bagaimana internet diatur.

7. Paul Mockapetris

Paul Mockapetris bersama tokoh lainnya bernama Jon Postel mengembangkan dan merencanakan Domain Server Name (DNS). DNS adalah nama untuk mengingat sebuah website yang tersemat di belakang alamat website seperti dot com.

Selain 7 tokoh diatas, masih banyak tokoh internet dunia lainnya yang berperan dalam pengembangan internet di dunia hingga akhirnya bisa dinikmati seperti saat ini. Seperti pengembang aplikasi dan beberapa jaringan yang mempermudah perkembangan internet modern.

Dampak Positif Internet

Sejarah Internet
Sejarah Internet

Sebagai sebuah jaringan yang ada untuk menghubungkan manusia dari berbagai dunia, internet tentu memiliki beragam dampak yang mempengaruhi kehidupan manusia masa kini.Dampak tersebut tergantung dari kebijakan pengguna internet. Internet bisa berdampak positif jika digunakan secara bijak. Berikut beberapa dampak positif internet.

1. Menambah Ilmu Pengetahuan

Berisi informasi dari seluruh dunia, internet mampu memberikan wawasan tak terbatas perihal segala macam. Dari mulai video edukasi, artikel pembelajaran hingga berbagai contoh soal atau materi yang dibagikan secara gratis di berbagai website internet.

2. Media Komunikasi

Internet mempermudah komunikasi. Internet mampu memangkas jarak antar negara dengan menggunakan media komunikasi seperti surat elektronik (email), bertatap muka dengan aplikasi skype, dan masih banyak lagi.

3. Membantu Kehidupan Kerja

Dampak paling terasa dari internet adalah mempermudah kehidupan. Internet mampu mempermudah seseorang dalam mencari pekerjaan. Kini, banyak situs yang menyediakan lowongan pekerjaan dan cara melamarnya secara langsung. Sehingga pencari kerja bisa melakukan lamaran secara online.

4. Membantu Perekonomian

Internet membuat bisnis berjalan lebih mudah. Ada banyak aplikasi jual beli di internet yang mempermudah berjalannya transaksi bisnis. Jadi seseorang yang ingin berbisnis tak perlu mencari tempat berjualan, cukup dengan menjualnya secara online anda bisa mendapatkan keuntungan.

Dampak Negatif Internet

Sejarah Internet
Sejarah Internet

Selain dampak positif, internet juga memiliki pengaruh negatif jika salah digunakan. Pasalnya, penyebaran informasi di internet sangatlah bebas dan kadang tidak terkontrol secara keseluruhan. Berikut beberapa dampak negatif internet.

1. Pornografi

Penyebaran informasi di internet sangatlah bebas. Konten berbau pornografi bahkan dengan mudah bisa diakses dan ditemukan. Meski ada beberapa aturan minimal usia di beberapa website, namun konten pornografi kadang masih tersebar bebas.

Selain perihal konten, ada beberapa pengguna chat room yang kadang berbicara dan berfantasi yang menjurus ke arah pornografi. Beberapa kadang secara terang-terangan membicarakan hal tersebut.

2. Informasi Palsu

Banyak informasi palsu yang tidak bertanggung jawab tersebar di internet. Informasi palsu itu biasanya disebut dengan hoax. Hoax kebanyakan dibuat untuk tujuan tertentu seperti menakut-nakuti atau menjatuhkan pihak tertentu.

3. Penipuan

Internet juga bisa menjadi ajang para penipu beraksi mencari korban. Pada beberapa proses jual beli online, biasanya menjadi lahan empuk para pelaku penipuan beraksi dengan memberikan barang palsu atau tak sesuai harga yang dibayar.

4. Kekejaman dan Kesadisan

Beberapa informasi di internet kadang menampilkan kekejaman dan kesadidan. Informasi itu tersebar luas tanpa pengawasan dan bisa diakses oleh siapapun bahkan anak di bawah umur yang mampu mengoperasikan internet.

Misteri Dunia Internet

Sejarah Internet
Sejarah Internet

Dunia internet yang banyak digunakan oleh manusia untuk mencari informasi ternyata memiliki banyak misteri. Banyak kejadian dan teka-teki tak terpecahkan di dunia internet. Ada pula daerah yang tak bisa dijamah sembarang orang. Ini menjadi bagian dari sejarah internet yang menarik untuk dibahas. Berikut daftar misteri yang ada di dunia internet.

1. Dark Web

Dark Web adalah bagian dari internet yang tersembunyi. Jika di ibaratkan sebuah lautan, tempat kita mengakses mesin pencari seperti Google, fasilitas mengirim email dan sebagainya adalah permukaannya. Sementara Dark Web adalah bagian lain yang lebih dalam dari itu.

Dark Web sendiri bukanlah sebuah area internet yang mudah diakses. Dark Web merupakan tempat dimana banyak kegiatan ilegal terjadi, seperti aktivitas penjualan obat-obatan, perdagangan senjata, dll.

Selain berisi aktivitas ilegal, Dark Web juga memiliki transaksi yang anonim atau tak bernama. Orang yang mengakses dark web bukanlah orang sembarangan dan biasanya tidak mudah di lacak. Orang biasa belum tentu bisa masuk ke bagian internet yang satu ini.

2. Mariana Web

Mariana Web, adalah sesuatu yang lebih dalam dari Dark Web. Jika diibaratkan dalam lautan, Mariana adalah sebuah palung terdalam yang belum diketahui pasti keberadaannya oleh siapapun. Mariana Web dipercaya sebagai tempat paling rahasia dari manusia.

Konon katanya untuk mengakses Mariana Web, seseorang harus menggunakan komputer kuantum yang sampai saat ini belum diketahui keberadaannya di dunia. Belum ada orang ataupun hacker yang bisa membuktikan keberadaan Mariana Web tersebut.

3. Kode Tak Terpecahkan

Selain soal area asing, internet juga memiliki banyak kejadian aneh tentang kode yang tak terpecahkan. Ini merupakan bagian dari sejarah internet yang sampai saat ini menjadi misteri. Beberapa kali muncul beberapa kode aneh salah satunya adalah A858, Cicada 3301 dan banyak lagi lainnya.

A858 adalah singkatan yang diberikan kepada serangkaian kode yang keduanya merupakan pengguna reddit dan judul subreddit. Bagi yang bisa menerjemahkan kabarnya kode-kode itu bermakna sederhana seperti beberapa kata ucapan terima kasih , dan sebagainya. Namun, masih banyak kode yang belum terpecahkan.

Informasi perihal sejarah internet itu bisa menjadi tambahan informasi dan pelajaran terkait asal muasal internet. Selain itu,dengan mengetahui dampak internet, anda bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan internet dalam keseharian anda.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Sejarah Internet

Leave a Comment