Rangkuman Sejarah Bola Voli di Dunia dari A – Z (Lengkap)

Rangkuman Sejarah Bola Voli di Dunia dari A – Z (Lengkap)

Sejarah Bola Voli – Bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan dengan cara berkelompok dan menggunakan sarana berupa bola yang khusus dibuat untuk bermain voli. Sejarah bola voli berasal dari negara Amerika Serikat dan masuk ke Indonesia dan masih eksis hingga sekarang. Bola voli sering dimainkan di lapangan terbuka dengan ketentuan yang disetujui oleh kedua tim.

Bola voli dimainkan oleh 6 orang dalam satu kelompok. Dalam permainanya terdapat variasi yaitu bola voli pantai dengan jumlah pemain 2 orang setiap tim. Di Internasional cabang bola voli dinaungi oleh organisasi internasional yang bernama FIVB (Federation Internationale de Volleyball).

Sejarah Bola Voli di Dunia

Sejarah Bola Voli
Sejarah Bola Voli

Bola voli ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani yang bernama William G. Morgan pada tanggal 9 Februari 1895. Pada saat itu permainan bola voli diberi nama Mintonette dan berasal dari Amerika Serikat. Permainan Mintonette tersebut merupakan permainan yang diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa permainan yang sudah ada.

Permainan Mintonette mengadopsi empat macam karakter olahraga yang menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, bola tangan dan bola tenis. Sehingga permainan tersebut menjadi permainan baru yang sekarang dikenal dengan permainan bola voli.

Pada awal sejarah bola voli, permainan Mintonette diciptakan khusus untuk organisasi YMCA yaitu organisasi orang-orang kristen. Karena anggota YMCA sudah tidak muda lagi, sehingga permainan tersebut tidak seaktif permainan lain seperti bola basket.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan zaman, permainan Mitonette berubah menjadi bola voli. Karena permainan tersebut dimainkan dengan melambungkan bola sebelum bola tersebut menyentuh ke tanah. Perubahan nama permainan tersebut terjadi pada tahun 1896 pada saat perkenalan atau demostrasi pertandingan pertama bola voli di Internasional YMCA.

Pada tahun 1896, Direktur dari YMCA mengundang Morgan untuk mengenalkan permainan bola voli di stadion kampus yang baru. Di sebuah konferensi di kampus tersebut, dihadiri oleh seluruh instrukstur pendidikan jasmani. Pada saat itu Morgan membawa dua tim dengan anggota 5 orang. Permainan tersebut dilakukan diruangan terbuka.

Pada awal permainan bola voli tidak ada batasan pemain. Sasaran permainan adalah dengan mempertahankan bola agar tetap bergerak dan melewati net lawan. Sehingga jika bola dapat melambung tinggi dan berpindah dari satu wilayah ke wilayah lainya maka akan mencetak skor. Namun sekarang ini permainan bola sudah ditentukan batas pemainya sesuai kesepakatan.

Sejarah Bola Voli di Indonesia

Sejarah Bola Voli
Sejarah Bola Voli

Permainan bola voli mulai berkembang di beragai dunia salah satunya di Indonesia. Indonesia mulai mengenal bola voli pada zaman penjajahan Belanda. Dimana Belanda pernah menjajah negara Indonesia selama 3.5 abad. Pada saat itu Belanda mendatangkan guru pendidikan jasmani dari negaranya ke Indonesia untuk mengembangkan plahraga tersebut secara umum.

Belanda mulai mengenalkan dan mengembangkan olahraga bola voli di Indonesia. Permainan tersebut mulai dimainkan di lapangan terbuka dengan melakukan kompetisi antar tim Belanda sendiri. Karena olahraga tersebut sangat seru, masyarakat Indonesia banyak yang tertarik untuk mempelajari permainan tersebut.

Dengan berjalanya waktu, permainan bola voli mulai berkembang di berbagai kota besar di Indonesia. Setiap kota mempunyai tim atau klub bola voli yang dibentuk atas dasar PBVSI atau yang dikenal dengan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia pada tanggal 22 Januari 1955 di Jakarta. Pada saat itu bertepatan dengan adanya kejuaraan nasional yang pertama di Indonesia.

Sejak saat itu PBVSI mulai aktif untuk mengembangkan berbagai kegiatan olahraga didalam dan diluar negeri. Perkembangan olahraga bola voli sangat pesat hingga adanya Asian Games yang diadakan di Jakarta untuk pertama kali pada taun 1962. Dalam event besar tersebut terdapat dua kategori perlombaan yaitu untuk pria dan wanita.
Sejarah bola voli di Indonesia tidak berhenti sampai disitu. Pertandingan bola boli masuk dalam acara resmi Pekan Olahraga Nasional yang kedua pada tahun 1951 dan Pekan Olahraga Nasional pertama. Olahraga boli voli mulai menduduki peringkat hingga berada di bawah permainan sepak bola dan bulutangkis.

Karena prestasi bola voli Indonesia terus meningkat, untuk pertama kalinya pada tanggal 3 hingga 12 September 1989, PBVSI mengirimkan tim bola voli junior ke kejuaraan dunia di Athena Yunani. Dari prestasi tersebut hingga sekarang olahraga bola voli masih menuai banyak prestasi baik di kejuaraan nasional hingga internasional.

Sejarah Bola Voli di Asia

Sejarah Bola Voli
Sejarah Bola Voli

Dari perkembangan permainan bola voli di Amerika Serikat, bola voli mulai berkembanga juga di berbagai negara. Pada tahun 1900, permainan bola voli sudah dikenal di negara India oleh seorang guru pendidikan jasmani dari YMCA yang bernama De Gray.

Pada tahun 1910, permainan bola voli mulai berkembang ke negara Asia lainya yaitu Filipina dan negara timur lainya. Permainan tersebut pertama dikenalkan oleh Elwood E Brown. Namun, permainan bola voli saat berkembang di negara timur ini mengalami modifikasi. Dimana pemain terdiri dari 9 orang bukan 6 orang.

Negara Asia yang menggunakan sistem permainan 9 orang tersebut adalah Jepang, Korea, Filipina dan juga Cina. Hingga akhirnya pad tahun 1961, permainan bola voli mengadakan turnamen dengan nama Morgan Cup sebagai cara untuk menghormati William G Morgan yang menciptakan permainan bola volitersebut. Peserta turnamen tersebut dari berbagai negara Asia, termasuk Indonesia.

Sejarah bola voli di Asia ini membentuk strukstur oraganisasi bola voli pada tahun 1977 hingga sekarang. Dimana organisasi tersebut diikuti oleh berbagai negara di dunia dengan berbagai tingkatan, yaitu organisasi FIVB yaitu organisasi bola voli tingkat dunia yang diikuti oleh berbagai dunia.

Organisasi PBVSI yaitu organisasi persatuan bola voli seluruh Indonesia atau tinggat nasional. Terdapat juga organisasi PBVSI I yaitu organisasi bola voli yang berada di tingkat I. PBVSI II yaitu organisasi bola voli yang ada di tingkat II. Dan di bawah organisasi tingkat II tersebut berdiri berbagai klub-klub bola voli kecil lainya.

Sejarah Bola Voli di Amerika

Sejarah Bola Voli
Sejarah Bola Voli

Sejarah bola voli di Amerika ini merupakan awal dari adanya permainan bola voli. Tokoh utama yang mendirikan permainan tersebut adalah William G Morgan. Beliau adalah seorang instruktur pendidikan jasmani di sebuah organisasi yaitu Young Men Cristian Assosiation (YMCA), bertempat di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

Morgan mulai menemukan olahraga bola voli yang dulu bernama Mintonette pada tanggal 9 Februari 1895.Permainan tersebut semula hampir sama dengan permainan bulutangkis dari teknik permainanya. Serta dari jumlah pemaian juga tidak ditentukan atau tidak dibatasi jumlahnya karena pada awalnya hanya untuk mengembangkan kesehatan dan kesegaran jasmani untuk para buruh selain olahraga senam.

Morgan mendapatkan ide untuk mengembangkan permainan Mintonette tersebut agar dapat mencapai ke dalam cabang olahraga baru yang bisa dipertandingkan. Hingga akhirnya permainan tersebut berubah nama menjadi “Volley Ball”. Pada saat itu Morgan mulai mengembangkan permainan bola voli dengan cepat dan berkembang dengan pesat.

Organisasi YMCA yang diadakan pada tahun 1922 tersebut telah berhasil mengadakan kejuaraan nasional untuk permainan bola voli di Amerika Serikat. Dari kejuaraantersebut akhirnya permainan bola voli menyebarluas oleh tentara sekutu ke berbagai negara di Asia dan Eropa pada saat Perang Dunia I.

Negara yang menjadi daerah penyebaran permainan bola voli tersebut adalah Jepang, Cina, Filipina, Rusia, India, Perancis, Latvia, Cekoslovakia, Rumania, Jerman dan Yugoslavia. Dimana negara tersebut berada di Asia dan juga Eropa.

Permainan bola voli telah tersebar luas ke seluruh dunia saat Perang Dunia II. Namun setelah Perang Dunia II tersebut, prestasi bola voli di Amerika Serikat justru menurun. Sementara di negara lain yang mulai mengembangkan permainan bola voli tersebut semakin pesat terutama di Eropa bagian Timur dan juga Asia.

Pada tahun 1948, didirikan organisasibola voli yaitu IVBF atau International Volley Ball Federation yang diikuti oleh berbagai negara dengan jumlah 15 negara sebagai anggotanya. Organisasi tersebut mewadahi berbagai olahraga dan permainan yang bekaitan dengan voli. Sehingga setiap negara dapat berpartisipasi dalam berbagai kejuaraan bola voli di dunia.

Sebelum menciptakan permainan bola voli, Morgan bertemu dengan James Naismith yaitu seorang yang menciptakan cabang olahraga bola basket. James Naismith tersebut lahir pada tanggal 6 November 1861, yang menrupakan pencetus olahraga bola basket. Beliau meninggal dunia pada tanggal 28 November 1939.

Sejarah Bola Voli di Afrika

Sejarah Bola Voli
Sejarah Bola Voli

Permainan bola voli mulai berkambang di berbagai dunia salah satunya di Afrika. Negara yang mendapat julukan Nigeria tersebut memastikan diri untuk lolos di olimpiade RIO pada tahun 2016. Dimana dalam kejuaraan tersebut merupakan pertama kalinya negara Afrika dapat meraih prestasi di cabang olahraga bola voli setelah sekian tahun berpartisipasi.

Pada kejuaraan RIO tersebut terdapat 4 negara yang menyatakan diri lolos yaitu Amerika, Brasil, Afrika dan juga Australia. Awal mula berkembangnya permainan bola voli ini karena perang dunia I dan II. Dimana dalam perang dunia tersebut membuat banyak perubahan di berbagai belahan dunia.

Permainan bola voli masuk ke berbagai negara di Asia dan Eropa, termasuk juga di negara Afrika. Walaupun dilihat secara umum, permainan bola voli masih kalah dengan permainan sepak bola. Namun, permainan tersebut sudah dikenal di kalangan pelajar di berbagai sekolah di Afrika.

Sejarah Bola Voli dan Tekniknya

Sejarah Bola Voli
Sejarah Bola Voli

Permainan bola voli mempunyai peraturan sendiri. Pada tahun 1974 permainan bola voli pertama kali diadakan di Polandia dengan peserta yang cukup banyak. Sehingga pada tahun tersebut Federasi bola voli internasional didirikan di Paris dengan anggota 15 negara.

Permainan bola voli terus berkembang karena tidak memerlukan lapangan yang luas dan mudah dimainkan. Permainan tersebut juga tidak memerlukan banyak alat atau sarana. Sehingga sangat menyenangkan dan kecelakaan yang terjadi relatif kecil. Dari jumlah pemain, permainan bola voli dapat dimainkan oleh banyak pemain.

Permainan bola voli mempunyai peraturan dan tekniknya. Dimana teknik merupakan suatu proses sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Teknik ini dilakukan untuk semua cabang olahraga terutama bola voli. Teknik yang baik akan memenuhi target yang ditetapkan oleh pemain.

Teknik penguasaan bola menjadi hal penting dalam permainan bola voli. Untuk dapat menguasai bola secara maksimal, pemain harus mempunyai kemampuan untuk menguasai teknik permainan bola voli. Teknik dasar permainan bola voli tersebut tidak boleh diabaikan apalagi dilupakan, karena sangat menentukan hasil dari pertandingan yang dimainkan.

Teknik permainan bola voli yaitu sebagai berikut;

1. Passing bawah

Teknik ini merupakan teknik yang digunakan jika bola yang datang dalam posisi rendah. Bola tersebut akan dioperkan kepada pemain lainya dengan melewati jaring atau net.

2. Passing Atas

Passing atas merupakan teknik pengambilan bola dengan cara mengoper dari atas kepala dengan menggunakan jari tangan. Bola yang datang berasal dari atas dan berada di depan kepala.

3. Service bawah

Service bawah merupakan teknik dengan melakukan pukulan dari petak service. Caranya dengan memukul bola dengan menggunakan tangan dari bawah sehingga bola dalam permainan menjadi hidup.

4. Service atas

Service atas merupakan teknik dengan melakukan pukulan dari atas kepala sebagai usaha untuk menghidupkan bola. Service atas ini mempunyai banyak variasi sehingga bola dapat dilambungkan dengan satu dua tangan.

5. Service samping

Service samping merupakan teknik melakukan pukulan dengan sikap berdiri menyamping dan badan berada di kaki kanan,dengan telapak tangan menghadap ke atas. Service ini badan diliukan ke belakang dan lutut ditekuk lalu kedua tangan dijulurkan ke samping kanan.

6. Service lompat

Service lompat merupakan cara atau teknik melakukan pukulan dengan melompat setelah bola yang datang melambung dengan satu atau dua tangan. Service ini dilakukan dengan diikuti lompatan hingga bola berada diatas depan kepala.

Peraturan Bola Voli

Sejarah Bola Voli
Sejarah Bola Voli

Berdasarkan sejarah bola voli, olahraga tersebut mempunyai peraturan yang cukup mudah untuk dipelajari dan dipahami. Dimana tujuan olahraga bola voli adalah untuk mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net atau jaring dengan maksimal tiga kali sentuhan. Serta untuk menjaga bola agar tidak jatuh di dalam wilayah tim sendiri yang menyebabkan kekalahan dalam permainan.

Dalam sebuah permainan bola voli terdapat peraturan yang harus dipatuhi selama pertandingan berlangsung. Peraturan tersebut meliputi:

1. Peraturan perhitungan poin

Untuk perhitungan poin ini dilakukan hingga salah satu tim mencapai poin 25 dalam satu set pertandingan. Dimana selisih permainan harus 2 poin. Dalam satu pertandingan bola voli yang dilakukan biasanya ada 3 set dengan dua kemenangan atau 5 set dengan tiga kemenangan. Semua itu tergantung dari standar yang digunakan oleh pihak yang menyelenggarakan.

2. Peraturan pemain bola voli

Dalam pertandingan bola voli terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Setiap tim terdiri dari 10 pemain yaitu dengan 6 pemain inti dan 4 pemain cadangan. Untuk jumlah pemain minimal di lapangan adalah 4 orang. Jika jumlah pemain kurang dari 4 maka dinyatakan kalah atau diskualifikasi.

Pemain bebas untuk bergantian sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan. Sistem pertandingan berlangsung 3 babak dengan 2 kemenangan atau dengan 5 babak dan 3 kemenangan. Dimana perhitungan poin yaitu 25 poin setiap satu babak dengan selisih 2 poin.

3. Peraturan permainan bola voli

Selain ada peraturan mengenai permainan bola voli, terdapat juga larangan dalam permainan tersebut yang harus dipatuhi selama pertandingan berlangsung. Larangan tersebut diberlakukan untuk semua pemain yang terlibat, yaitu sebagai berikut.

a. Jika pemain menyentuh net maka tim lawan akan mendapatkan poin.
b. Bola yang keluar dari lapangan jika belum menyentuk permukaan lapangan maka belum dihitung out sehingga pemain masih bisa mengejar bola tersebut.
c. Pada saat serve tidak boleh melewati garis yang sudah ditetapkan dan tidak boleh menginjaknya.
d. Bola tidak boleh ditangkap dan dilempar, bola harus dipantulkan dengan menggunakan tangan.
e. Semua bagian tubuh dapat memantulkan bola.
f. Setiap tim hanya boleh melakukan time out 1 kali dalam satu babak atau pertandingan.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Sejarah Bola Voli

Leave a Comment