Proses Pembentukan Minyak Bumi

Proses Pembentukan Minyak Bumi – Minyak bumi adalah komoditas yang mempunyai peranan sangat penting bagi kehidupan manusia terutama sebagai sumber energi.

Tentunya kita sering temui seperti elpiji, bensi, solar dan bahan energi lainya yang mana menjadi bagian terpenting bagi manusia.

Tanpa adanya bensin dan lain sebagainya manusia akan kembali kepada masa di mana kendaraan tidak ada dan masih menggunakan kuda, unta dan bahkan jalan kaki.

Selain itu ada juga lilin parafin, aspal serta berbagai reagen kimia yang mana di butuhkan untuk pembuatan plastik, karet sintetis dan obat – obatan yang mana di hasilkan dari minyak bumi..

Nah berikut ini akan kita bahas mengenai beberapa hal terkait proses pembentukan minyak bumi. Penasaran ? yuk simak pembahasan berikut.

Apasih Minyak Bumi Itu ?

pengertian minyak bumi

jadi minyak bumi mempunyai bentuk yang kental, agak ke coklat-coklatan kehijauan, dan mempunyai sifat yang mudah terbakar.

Minyak bumi adalah bahan bakar fosil yang sangat-sangat berharga dikehidupan manusia dan yang terkandung dalam minyak bumi ialah senyawa alkana.

Dari mana sih minyak bumi terbentuk? Jadi minyak bumi terbentuk dari sisa renik tumbuhan dan juga hewan yang tertimbun selama berjuta-juta tahun di dalam lapisan kerak bumi.

Dan proses pembentukannya melibatkan suhu yang bisa dibilang cukup ekstrim.

Minyak bumi dengan sumber daya alam tidak dapat diperbaharui karena proses pembentukannya yang sangat lama sampai berjuta-juta tahun lamanya.

Bahan substil yang baik itu bisa berawal dari tumbuhan atau pun dari hewan yang tertimbun didalam kulit bumi yang mendapatkan himpitan yang cukup tinggi serta bereaksi dengan suhu yang cukup ekstrim.

Kalian Tau Gak Sih Sejarah Minyak Bumi Seperti Apa?

sejarah minyak bumi

Jadi sejarah minyak bumi sendiri didalam bahasa latin bisa disebut dengan petroleum. Petroleum tersususn dari dua kata yaitu, petrus artinya karang dan oleum artinya minyak.

Secara bahasa jika digabungkan maka artinya minyak yang berasal dari timbunan karang. Atau minyak bumi bisa disebut emas hitam.

Warna minyak bumi tersebut agak coklat kehitaman maupun kehijauan, dan kental. Adapun posisi minyak bumi ini berada dilapisan bagian atas kerak bumi dan sifatnya mudah sekali

Terbakar . dari sifatnya tersebut minyak bumi banyak digunakan sebagai bahan bakar baik seperti untuk kendaraan.

Komposisis dasar yang mendominasi minyak bumi ini yaitu senyawa alkana.

Tetapi meskipun secara senyawanya itu sama, namun secara tempilan serta warnanya berbeda tergantung dari kemurnian dari minyak bumi tersebut.

Sebagaimana yang telah Anda ketahui bahwa minyak di bumi di dapatkan dari proses penggalian minyak bumi yang berada di lokasi di pertambangan minyak tersebut.

Tempat tersebut dapat di identifikasi melewati beberapa cara, yaitu dengan mempelajari struktusr geologisnya, analisis sendimen, struktur sumber, karakter, serta masih banyak lagi study pendukung yang lain.

Sehabis data-data yang diperlukan mendukung adanya fakta eksistensi adanya minyak bumi di lokasi tertentu, maka proses penambangan akan segera dimulai.

Mulai proses pengilangan minyak bumi tercatat, lalu minyak bumi dapat diklasifikasikan sesuai dengan titik didih sendiri-sendiri.

Dari perbedaan titik didih itulah, bahan dasar minyak bumi di ubah selaku bermacam-macam material seperti bahan aspal, hingga plastic.

Terlalu banyak manfaat dari minyak bumi dalam kehidupan sehari-hari sehingga kualitas pemakaiannya pun harus sangat bijak karena minyak bumi termasuk dalam kategori sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Di dunia proses temuan minyak bumi telah dimulai sejak dulu. Ada sejumlah versi mengenai kapan mulainya minyak bumi dapat di manfaatkan dan di temukan manusia

Golongan Asyiria, Babilonia Kuno beserta Sumeria telah memanfaatkan minyak bumi dari 5000 tahun sebelum Masehi.

Dengan itu cara mendapatkannya tidak sesuai penambangan yang banyak dilakukan saat ini.

Pada zaman dahulu, minyak bumi merembes hingga ke permukaan dan dengan begitu saja diambil dan digunakan untuk obat pembasmi kutu, pencahar, mengobati luka, dll.

Dalam arti sumber lain bisa dikatakan bahwa bangsa Timur Tengah lebih tepatnya iran menjadi golongan yang pertama kali memakai  minyak bumi yang di jangkau lansung mulai dari rembesan minyak sampai dipermukaan.

Maka adapun edisi yang membincangkan bahwa sejak zaman Nabi Nuh AS, digunakan oleh sang Nabi untuk menyumpal perahunya yang bocor.

Baca Juga : Rantai Makanan

 Komponen Minyak Bumi

 Komponen Minyak Bumi

Sebelum hasilnya minyak bumi bisa dimanfaatkan bagi kehidupan sehari-hari, minyak bumi sedang dalam bentuk crude oil maupun minyak mentah.

Ada beberapa ciri minyak bumi yaitu dari segi warna coklat pekat dan juga kental perlu diproses kembali agar bisa di manfaatkan di dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut komponen penyusun dari minyak bumi disusun oleh gabungan kompleks hidrokarbon yang pada umumnya terdiri dari tiga elemen utama, yaitu :

  1. Hidrokarbon alifatik yang berwujud alkana
  2. Hidrokarbon aromatik yang berwujud benzena
  3. Hidrokarbon sikloalkana yang berbentuk siklpentana serta sikloheksana.

Itupun tidak hanya kompleks hidrokarbon, senyawa lain penyusun minyak bumi antara lain nitrogen, oksigen, belerang dan juga organo logam.

Hasil Olahan Minyak Bumi

Hasil Olahan Minyak Bumi

Beberapa hasil olahan minyak bumi yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari sebagai berikut :

  1. LPG
  2. Avtur dan Avgas
  3. Bensin
  4. Solar
  5. Aspal

Teori Pembentukan Minyak Bumi

Teori Pembentukan Minyak Bumi

Miyak bumi ialah sebuah emas hitam yang membentuk cairan kental, berwarna hitam maupun kehijauan, mudah terbakar dan juga berada dilapisan atas dari beberapa kerak bumi.

Dan hampir seluruh kegiatan manusia di era modern pada saat ini membutuhkan yang namanya minyak bumi, hingga minyak bumi dan gas alam menjadi sumber yang utama dari energi di dunia sekitar 65,5% , batubara 23,5%, air 6% serta sumber energi lainnya.

Ada beberapa teori terbentuknya minyak bumi dan proses pembentukan minyak bumi ada 3 yaitu :

  1. Teori Biogenetik (Organik)
  2. Teori Anorganik
  3. Teori Duplex

Proses Pembentukan Minyak Bumi

Fotosintesa Ganggang

Proses Pembentukan Minyak Bumi

Minyak bumi dibuat dengan alami, yang pertama dihasilkan oleh ganggang berakibat berfotosintesa, mengapa dihasilkan oleh ganggang?

Karena ganggang ialah  biota terutama dalam mewujudkan minyak bumi, sebenarnya tumbuhan jenjang tinggi bisa hanya saja tumbuhan tersebut terbilang cenderung lebih menghasilkan gas dari pada minyak bumi itu sendiri.

Pembentukan Batuan Induk (Source Rock)

Proses Pembentukan Minyak Bumi

cara terjadinya minyak bumi berikutnya ialah pembuatan batuan induk. Batuan induk bisa terbentuk penyebab adanya ganggang yang telah mati terendapkan pada cekungan sedimen maka dengan begitu membentuk Batuan Induk, batuan induk mewujudkan batuan yang mempunyai kandungan Carbon yang tinggi (High Total Organic Carbon).

Melainkan tidak sembarang cekungan sehingga dapat menjadi Batuan Induk, makanya prosedur ini sangat spesifik sekali.

Pengendapan Batuan Induk

pengendapan batuan induk tersebut terakumulasi oleh batuan yang lain selama jutaan tahun lamanya, salah satu batuan yang menumpuk Batuan Induk ini yaitu batuan sarang.

Batu Sarang ialah batu sarang itu dengan umumnya terbentuk dari batu gamping, pasir ataupun batu vulkanik yang tertimbun secara bersama dan terdapat ruang berpori.

makin lama, batuan lain yang bertumpuk dan pada dasarnya bakal semakin terhimpit kedalam hingga suhunya akan semakin bertambah.

Minyak akan terbentuk dengan suhu antara 50 sampai dengan suhu 180 derajat Celsius.

akan tetapi puncak dengan kematangan yang terbagus akan teejangkau manakala suhunya mencapai 100 derajat Celsius.

Selagi suhu secara terus-menerus akan bertambah dikarenakan oleh cekungan itu semakin menurun yang juga diikuti oleh penambahan batuan penimbun, maka suhu tinggi tersebut akan memasak karbon yang ada dan menjadi gas.

Baca Juga : Energi Alternatif

Proses Akhir

Karbon yang terkena panas dan juga bereaksi melalui hidrogen yang membentuk hidrokarbon. Minyak bumi bisa dihasilkan oleh batuan induk yang sudah matang ini berupa minyak mentah. biarpun berupa cairan, ciri fisik dari minyak bumi mentah berbeda dengan ciri fisik dari air.

Salah satu yang terutama yaitu berat jenis dan juga kekentalan. Kekentalan pada minyak bumi mentah lebih tinggi dari pada air, namun berat jenis minyak bumi mentah lebih kecil dari pada air.

Yeyy  panjang banget ya pembahasannya? Jadi  Minyak bumi tidak dapat dibuat dalam waktu singkat ya, sehingga Anda harus benar-benar menghemat ketika menggunakan minyak bumi tersebut. Terima kasih karena telah belajar tentang Teori dan juga Proses Lengkap Pembentukan dari Minyak Bumi.

Leave a Reply