Sejarah dan Peraturan Sepak Bola Terbaru Menurut FIFA (Lengkap)

Sejarah dan Peraturan Sepak Bola Terbaru Menurut FIFA (Lengkap)

Peraturan Sepak Bola – Sepak bola merupakan olahraga yang paling populer di dunia. Hampir seluruh negara di dunia mulai dari negara maju hingga negara berkembang memiliki tim nasional atau kompetisi sepak bolanya masing-masing. Meskipun memiliki berbagai kompetisi, sepak bola memiliki aturan yang sama di seluruh negara. Peraturan sepak bola ini dibuat oleh FIFA sebagai lembaga sepak bola internasional.

Aturan sepak bola yang dipegang oleh FIFA ini meliputi setiap hal dalam pertandingan mulai dari perlengkapan pertandingan sepak bola, pemain sepak bola, tata cara permainan hingga bahkan sampai keluar lapangan sepak bola.

Sejarah Sepak Bola

Peraturan Sepak Bola
Peraturan Sepak Bola

Pada awal munculnya sepak bola, orang-orang di setiap daerah akan memainkannya dengan cara yang berbeda-beda. Meskipun bola sama-sama di tendang akan tetapi peraturan seperti harus memasukkan ke gawang, jumlah pemain, pelanggaran permainan, dan lain-lain tergantung kesepakatan antar pemain saja.

Baru pada pertengahan abad 19 lahir upaya para penggemar permainan sepak bola di Inggris untuk membuat peraturan resmi sepak bola. The FA (Federasi sepak bola Inggris) kemudian membuat dan mengesahkan hukum permainan sepak bola pada tahun 1863. Hukum sepak bola ini merupakan perpaduan dari pengaruh aturan main sepak bola di Cambridge dan kemudian mendapat pengaruh juga dari aturan main di Sheffeld.

Hukum permainan sepak bola ini disebut laws of the game dan kemudian seiring waktu banyak dilakukan perkembangan dan amandemen pada aturannya oleh IFAB (Internasional Football Association Board). Hukum ini kemudian dipakai luas di semua negara hingga dijadikan patokan aturan pertandingan sepak bola internasional. Karena hal inilah Inggris disebut-sebut sebagai negara tempat lahirnya sepak bola.

Standar Ukuran Lapangan 

Peraturan Sepak Bola
Peraturan Sepak Bola

Lapangan pertandingan sepak bola (football field) merupakan permukaan tanah luas yang digunakan sebagai area pertandingan sepak bola. Lapangan ini biasanya dilapisi rumput hijau alami maupun rumput sintetis. Rumput sintetis umumnya digunakan ada lingkungan yang beriklim kering atau yang memiliki tanah kurang subur karena rumput alami akan sulit untuk tumbuh.

Panjang lapangan sepak bola harus berukuran antara 90 m hingga 120 m. Biasanya pertandingan tingkat internasional menggunakan panjang 100 hingga 110 meter. Lebar lapangan berukuran mulai dari 45 meter sampai 90 meter. Biasanya pertandingan internasional memakai lebar 64 hingga 75 meter. Lapangan sepak bola harus berbentuk persegi panjang dengan garis pinggirnya harus memiliki lebar garis yang sama dengan ukuran tidak lebih dari 12 cm.

Semua permainan harus dilakukan di dalam garis lapangan. Apabila bola keluar dari garis lapangan maka akan permainan akan dihentikan dan dimulai kembali dengan lemparan ke dalam, lemparan keluar, tendangan sudut atau tendangan dari gawang.

Pada bagian tengah lapangan terdapat garis tengah lapangan yang di pusatnya terdapat lingkaran dengan diameter 18,3 meter. Di bagian depan gawang terdapat kotak penalti yang berukuran panjang 40,32 meter dan lebar 16,5 meter. Pada bagian tengah terdapat titik tendangan penalti yang berjarak 11 meter dari gawang.

Pada setiap sudut angan harus terdapat bendera sudut. Gawang berada pada bagian tengah di sisi lapangan dan memiliki lebar 7,32 meter. Garis gawang merupakan garis dari satu bendera sudut ke bendera sudut yang lain sedangkan garis dalam gawang merupakan garis yang berada di antara tiang gawang. Garis by line adalah garis gawang yang memanjang di luar bagian gawang.

Standar Bola

Peraturan Sepak Bola
Peraturan Sepak Bola

Bola yang digunakan dalam pertandingan resmi harus berbahan kulit dan memiliki bentuk yang bulat. Bola memiliki berat sekitar kisaran 396 gram hingga 453 gram. Keliling lingkaran bola yang digunakan antara 68 cm hingga 71 cm.

Jumlah Pemain

Peraturan Sepak Bola
Peraturan Sepak Bola

Dalam satu tim sepak bola maksimal ada 11 orang yang bermain bersamaan dalam satu pertandingan. Salah satu pemainnya berperan sebagai penjaga gawang. Penjaga gawang adalah satu-satunya pemain yang boleh memegang bola dengan tangannya di kotak penalti timnya sendiri. Apabila penjaga gawang memegang bola di luar kotak penalti timnya maka akan terjadi pelanggaran handball.

Dalam satu pertandingan tim diperbolehkan menyiapkan beberapa orang pemain cadangan. Namun dalam pertandingan resmi liga lokal atau pertandingan resmi FIFA umumnya maksimal substitusi atau penggantian pemain adalah tiga orang. Namun dalam hal ini dapat berbeda pada kompetisi lain atau friendly match (pertandingan persahabatan).

Umumnya pergantian pemain dilakukan ketika terjadi cedera pada pemain, kelelahan pada pemain, untuk memperbaiki posisi pemain ataupun untuk mengubah strategi permainan tim. Bahan di banyak pertandingan pergantian pemain digunakan sebagai strategi mengulur waktu pertandingan.

Apabila pemain yang bermain pada suatu pertandingan telah digantikan oleh pemain cadangan, maka pemain ini tidak dapat bermain lagi atau menggantikan pemain lainnya. Pada suatu pertandingan tidak boleh ada tim yang memiliki pemain kurang dari tujuh orang. Contohnya apabila suatu tim mendapat lima kali kartu merah, maka tim tersebut tidak dapat melanjutkan permainan dikarenakan timnya hanya tersisa 6 orang yang boleh bermain.

Perlengkapan Pemain

Peraturan Sepak Bola
Peraturan Sepak Bola

Perlengkapan pemain merupakan serangkaian aturan standar pakaian dan peralatan pemain yang boleh atau harus digunakan oleh pemain sepak bola. Beberapa perlengkapan yang harus digunakan oleh pemain adalah:

• Jersey yaitu kaos olahraga yang memiliki bahan khusus yang membuatnya lebih nyaman untuk dipakai bermain sepak bola. Jersey setiap tim memiliki warna dan motif yang berbeda sehingga ketika bermain di lapangan akan mudah membedakan mana kawan dan mana lawan. Di bagian belakang jersey terdapat nomor punggung dan nama pemain, sedangkan di bagian dada terdapat simbol tim.
• Celana pendek yang merupakan masih satu kesatuan seragam dengan jersey.
• Sepasang kaos kaki yang masih juga merupakan seragam bersama jersey dan celana pendek.
• Pelindung tulang kering yang umumnya diselipkan di antara kaos kaki dengan tulang kering
• Sepasang sepatu sepak bola yang umumnya di bagian sol sepatu memiliki pull untuk meningkatkan gaya gesek atau tekanan kaki ke tanah sehingga tidak mudah licin ketika digunakan untuk berlari atau menendang.
• Ban kapten digunakan khusus untuk kapten di masing-masing tim. Ban kapten umumnya dipasang di bagian lengan pemain.

Umumnya penjaga gawang memiliki aturan yang sedikit berbeda dibanding pemain lainnya. Peraturan tersebut berupa

• Jersey penjaga gawang mesti memiliki warna yang berbeda dari warna jersey pemain lainnya. Hal ini agar penjaga gawang mudah dikenali.
• Selama melakukan pertandingan sepak bola penjaga gawang harus selalu memakai sarung tangan pelindung.
• Penjaga gawang diperbolehkan untuk menggunakan celana panjang
• Penjaga gawang juga diizinkan untuk menggunakan celana panjang

Untuk beberapa kasus seperti cuaca dingin para pemain sepak bola diperbolehkan untuk menggunakan peralatan tambahan, seperti:

• Celana pendek dalaman yang digunakan untuk melapisi kaki dengan warna yang sama dengan celana seragam bagian luar.
• Kaos dalaman yang digunakna untuk melapisi tubuh bagian atas dengan warna yang sama dengan jersey di bagian luar
• Sarung tangan yang digunakan untuk menghangatkan tubuh
• Kacamata khusus apabila terdapat bahaya bagi pemakai ataupun untuk pemain lain jika tidak digunakan

Meskipun tidak wajib, peralatan pelindung seperti jockstrap (pakaian pelindung) ataupun protective cup (tutup sendi) sangat direkomendasikan oleh para profesional dan ahli medis, meskipun banyak pemain yang tidak mau menggunakannya karena dirasa mengganggu pergerakan tubuh. Penggunaan bebrbagai aksesoris seperti perhiasan sangat dilarang dalam pertandingan sepak bola karena alasan keamanan.

Wasit beserta asisten wasit dan pengadil keempat umumnya menggunakan pakaian berupa kemeja olahraga khusus dengan warna yang berbeda dengan kedua tim agar mudah dikenali dan menegaskan posisinya sebagai penegak hukum pertandingan di lapangan. Hal ii sudah lumrah dalam pertandingan sepak bola meskipun sebenarnya tidak ada ketentuan khusus tentang pakaian wasit berupa kemeja.

Wasit dan Asisten Wasit

Peraturan Sepak Bola
Peraturan Sepak Bola

Wasit merupakan pihak yang berwenang untuk mengatur berjalannya suatu pertandingan olehraga. Dlam bahas inggris wasit dikenal dalam beberapa istilah seperti judge, referee, umpire atau linesman. Namun dalam sepak bola yang paling umum adalah istilah referee.

Wasit memiliki wewenang untuk memberi keputusan apabila terdapat pemain sepak bola yang melakukan pelanggaran. Dalam menjalankan tugasnya wasit dibantu oleh dua asisten wasit. Wasit akan memberi aba-aba dengan peluit saat pertandingan dimulai atau ketika pertandingan selesai. Wasit juga dapat menghentikan pertandingan sementara apabila terjadi pelanggaran atau cedera pada pemain sepak bola.

Asisten wasit dalam bahasa inggris disebut dengan istilah linesman. Asisten wasit bertugas memantau dan menginformasikan kepada wasit apabila terjadi offside dengan mengangkat bendera dan membunyikan peluit. Asisten wasit juga memantau apabila bola keluar lapangan dan memberi aba-aba untuk melakukan lemparan ke dalam (throw in) atau tendangan sudut (corner kick).

Biasanya ketika pertandingan wasit akan berlari mengikuti permainan bola agar dapat melihat permainan lebih jelas jika terjadi pelanggaran, namun wasit juga menjaga jarak dari bola dan pemain agar tidak mengganggu jalannya permainan.

Dalam beberapa tahun terakhir ini pertandingan internasional seperti FIFA World Cup menggunakan teknologi kamera fps (frame per seecond) tinggi sehingga ketika wasit kurang yakin dalam mengambil keputusan dapat melihat reka ulang pelanggaran dari kamera.

Pada pertandingan tingkat tinggi selain wasit di lapangan, terdapat seorang yang berwenang sebagai pengadil keempat. Pengadil keempat memiliki tugas untuk membantu tugas wasit utama dari luar lapangan seperti melakukan pencatatan skor kartu kuning ataupun kartu merah, mengelola proses penggantian pemain, melakukan penilaian terhadap kesiapan pemain dari pakaian dan peralatannya.

Pengadil keempat ini juga bertugas melakukan perhitungan waktu yang terbuang karna berbagai insiden seperti pelanggaran, cedera maupun penggantian pemain agar dapat memberi keputusan waktu tambahan atau injury time yang pas dengan waktu yang telah terbuang. Pengadil keempat berperan sebagai penghubung antara wasit utama dengan pengurus tim dan pelatih apabila terjadi kendala atau insiden.

Durasi Pertandingan Sepak Bola

Peraturan Sepak Bola
Peraturan Sepak Bola

Secara resmi pertandingan sepak bola berlangsung pada dua kali ronde dengan setiap rondenya memiliki durasi 45 menit. Dalam sepak bola apabila terjadi insiden tidak seperti olah raga lain yang waktunya akan dihentikan sementara, dalam peraturan sepak bola waktu akan terus berjalan meskipun pertandingan dihentikan sementara baik karena pelanggaran, cedera atau hal lainnya.

Di antara kedua babak terdapat waktu istirahat pemain selama 15 menit. Di akhir setiap babak pertandingan, wasit dapat memberikan waktu tambahan yang dikenal dengan istilah injury time yang diberikan untuk mengganti waktu yang terbuang selama pertandingan.

Dalam sebuah kompetisi knock-out dimana salah satu tim harus gugur, tidak boleh ada hasil seri. Sehingga apabila pada pertandingan seperti ini ada hasil seri akan terdapat perpanjangan waktu yang dikenal dengan istilah extra time. Extra Time terdiri dari dua ronde dengan masing-masing ronde berdurasi selama 15 menit.

Apabila setela extra time skor masih imbang maka akan diadakan adu penalti dalam menentukan tim yang akan menang. Gol yang dilakukan sebelum adu penalti akan masuk ke dalam skor hasil akhir pertandingan namun gol yang dibuat saat adu penalti tidak akan masuk ke dalam perhitungan skor, karena hanya bertujuan menentukan pemenang dari pertandingan dengan skor seri. Adu Penalti mulai diberlakukan IFAB sejak 1990an

Peraturan Awal dan Pelanjutan Permainan Sepak Bola

Peraturan Sepak Bola
Peraturan Sepak Bola

Pertandingan sepak bola dimulai dengan saling oper di titik tengah lapangan dari salah satu tim yang diundi menggunakan lemparan koin oleh wasit. Saling oper di awal pertandingan ini disebut dengan istilah kick off. Sebelum dimulainya permainan, kedua tim berada pada wilayahnya masing-masing.

Pertandingan resmi dimulai ketika wasit meniup peluit panjang. Jika ketika permainan berlangsung terjadi insiden yang menyebabkan wasit menghentikan pertandingan sementara, maka wasit akan kembali melanjutkan permainan dengan cara melempar bola sepak secara lurus ke atas di antara dua pemain dari kedua tim.

Apabila terjadi insiden, pemain bisa menendang bola keluar garis lapangan untuk menghentikan pertandingan tanpa menunggu aba-aba wasit sebagai bentuk sportivitas.

Peraturan Bola Masuk dan Bola Keluar Lapangan

Peraturan Sepak Bola
Peraturan Sepak Bola

Permainan akan berlanjut ketika bola masih dalam keadaan di dalam garis lapangan yang dikenal dengan istilah in play. Bola akan dianggap keluar lapangan apabila keseluruhan tubuh bola sudah melewati garis lapangan. Bola yang keluar lapangan biasa disebut dengan istilah out of play termasuk ketika bola melewati garis gawang.

Apabila bola terpental dari tiang gawang, bendera sudut, mistar gawang ataupun asisten wasit dan masuk kembali ke dalam garis lapangan maka bola masih dianggap dalam keadaan in play.

Peraturan Metode Gol

Peraturan Sepak Bola
Peraturan Sepak Bola

Metode gol maksudnya adalah penentuan sah atau tidaknya suatu gol dalam permainan sepak bola. Dalam peraturan yang dianut FIFA, suatu gol sah ketika keseluruhan tubuh bola telah melewati garis gawang. Gol akan tetap diangga sah meskipun kontak pemain terakhir pada bola sebelum melewati garis gawang adalah dari pemain tim lawan, gol sepeti ini dikenal dengan istilah gol bunuh diri.

Gol akan dianggap tidak sah apabila sebelum bola melewati garis gawang telah terlebih dahulu terjadi pelanggaran oleh pemain, karena ketika terjadi pelanggaran permainan harus dihentikan sementara. Gol yang paling sering dianggap tidak sah contohnya adalah gol yang dilakukan oleh pemain yang telah terlebih dahulu melakukan pelanggaran offside.

Pelanggaran dan Tindakan Menyimpang

Peraturan Sepak Bola
Peraturan Sepak Bola

Pelanggaran dan tindakan menyimpang yang dalam bahasa inggris disebut dengan istilah fouls and misconduct merupakan perilaku pemain sepak bola yang dianggap tidak etis. Pada peraturan Sepak bola hal ini dapat dikenakan hukuman apabila dilakukan dalam sebuah pertandingan sepak bola.

Pelanggaran adalah tindakan pemain yang bertentangan dengan peraturan permainan sepak bola serta dianggap dapat mengganggu berjalannya pertandingan sepak bola. Apabila terjadi pelanggaran maka tim yang melakukan pelanggaran akan dihukum dengan wasit memberikan kesempatan pada tim lawan untuk melakukan tendangan bebas atau tendangan penalti jika pelanggaran dilakukan di kotak penalti.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Peraturan Sepak Bola

Leave a Comment