Teknis dan Peraturan Bola Voli Terbaru Menurut FIVB (Lengkap)

Teknis dan Peraturan Bola Voli Terbaru Menurut FIVB (Lengkap)

Peraturan Bola Voli – Bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan secara berkelompok oleh dua regu yang berlawanan. Olahraga bola voli merupakan salah satu olahraga yang populer di Indonesia selain sepak bola, bulu tangkis dan bola basket. Permainan bola voli awalnya lahir di Amerika Serikat dan kemudian menyebar ke seluruh negara. Sama seperti olahraga lainnya, olahraga ini juga memiliki peraturan bola voli.

Permainan bola voli ini kemudian juga mengalam perkembangan, misalnya munculnya cabang olah raga voli pantai yang merupakan permainan bola voli namun dilakukan di lapangan berupa pasir pantai.

Peraturan Lapangan Permainan Bola Voli

Peraturan Bola Voli
Peraturan Bola Voli

Lapangan bola voli memiliki bentuk persegi panjang dan memiliki ukuran standar panjang 18 meter dan lebar 9 meter. Ini berarti luas lapangan bola voli standar adalah 162 meter persegi. Garis tepi lapangan umumnya berwarna putih dengan lebar standar garis lapangan 5 cm.

Garis serang dibuat sejajar dengan lebar lapangan dan memiliki jarak 3 meter dari garis tengah lapangan. Garis serang ini umumnya memiliki lebar yang sama seperti garis lapangan, yaitu 5 cm. Sedangkan garis tengah adalah garis yang sejajar dengan lebar lapangan dan berada di bagian tengah membagi dua area tim.

Peraturan Net Bola Voli

Peraturan Bola Voli
Peraturan Bola Voli

Seperti tenis ataupun bulu tangkis, permainan bola voli menggunakan net sebagai pembatas untuk membagi lapangan menjadi dua area tim. Dalam olahraga bola voli standar tinggi net untuk pemain putra dan pemain putri memiliki ukuran yang berbeda.

Untuk pemain putra net memiliki standar tinggi 2,34 meter dari permukaan lapangan, sedangkan bagi pemain putri standar tinggi net adalah 2,24 meter dari permukaan lapangan. Hal ini dibuat karena standar tinggi laki-laki dan perempuan berbeda, dimana secara rata-rata perempuan lebih pendek dari laki-laki.

Lebar standar dari net adalah 1 meter sehingga pada permainan laki-laki net akan menggantung sekitar 1,34 meter dari permukaan lapangan dan pada permainan putri net akan menggantung sekitar 1,24 meter di atas permukaan lapangan.

Ukuran panjang standar net adalah 9,5 meter, ukuran ini 0,5 meter dari lebar lapangan bola voli. Hal ini dikarenakan net harus sedikit lebih longgar jika terkena pukulan bola voli. Mata jaring pada net memiliki ukuran standar 10 cm.

Peraturan Antena Bola Voli

Peraturan Bola Voli
Peraturan Bola Voli

Antena merupakan pembatas yang berada di atas ujung tiang net. Antena ini berfungsi untuk membatasi gerakan bola yang bisa melebar ke arah samping. Antena mesti diletakkan lurus pas di atas garis lapangan.

Antena juga harus memiliki warna belang. Yang paling sering digunakan dalam berbagai pertandingan bola voli adalah warna hitam putih. Antena ini harus terbuat dari bahan yang bersifat elastis sehingga tidak akan jatuh atau rusak ketika terkena pukulan bola. Umumnya antena dibuat dari bahan fiber.

Peraturan Bola Voli

Peraturan Bola Voli
Peraturan Bola Voli

Bola voli memiliki standar yang berbeda dengan bola cabang olahraga lainnya seperti basket ataupun sepak bola. Standar ukuran bola voli adalah berbentuk bulat dengan panjang diameter 65 cm hingga 67cm. Agar nyaman digunakan, bola voli memiliki berat standar 250 gram – 280 gram atau 2,5 ons hingga 2,8 ons.

Permukaan bola voli memiliki garis-garis yang berjumlah minimal 12 dan maksimalnya 18 garis. Tekanan udara bola voli harus dibuat pada kisaran 0,48 kg/cm2 hingga 0,52 kg/cm2. Hal ini dimaksudkan agar bola voli dapat dipukul dan memantul dengan pas.

Bola voli dibuat dari bahan berupa kulit lunak atau bahan lainnya namun masih memiliki sifat yang sejenis dengan kulit lunak. Bahan bagian dalam bola voli terbentuk dari bahan karet yang elastis. Bola voli yang digunakan dalam pertandingan mesti berwarna terang agar mudah terlihat ketika dimainkan.

Peraturan Wasit Bola Voli

Peraturan Bola Voli
Peraturan Bola Voli

Dalam permainan bola voli wasit berperan sebagai pengawas dan memiliki wewenang memberi keputusan apabila terjadi pelanggaran. Wasit juga memiliki peran untuk mengesahkan suatu skor. Apabila bola jatuh di area lawan, bola tersebut akan dihitung sebagai skor hanya jika wasit sudah mengesahkannya sebagai poin, jika tidak disahkan oleh wasit maka tim tersebut tidak akan mendapatkan poin.

Wasit dalam permainan bola voli berbeda dengan wasit dalam sepak bola ataupun bola asket yang kana mengikuti pergerakan bola. Wasit dalam bola voli lebih mirip dengan wasit dalam bulu tangkis ataupun tenis yang akan duduk dim di pinggir garis tengah lapangan sambil mengawasi jalannya pertandingan.

Peraturan Jumlah Pemain dan Kelengkapan Atribut

Peraturan Bola Voli
Peraturan Bola Voli

Dalam satu tim bola voli terdapat 6 pemain yang aktif bermain di lapangan sehingga jumlah pemain yang bertanding di lapangan dari kedua tim adalah 12 orang. Setiap tim diperbolehkan membawa 6 orang lainnya sebagai pemain cadangan. Jumlah pemain minimal yang ikut bertanding adalah 4 orang, jika lebih sedikit dari itu maka tim dianggap tidak dapat melanjutkan pertandingan.

Pada permainan bola voli pergantian pemain inti yang bertanding dengan pemain cadangan tidak memiliki batasan jumlah.

Setiap pemain bola voli diharuskan menggunakan seragam berupa kaos olah raga disertai nomor punggung dan nomor dada yang setiap orang dalam tim memiliki nomor berbeda. Celana yang digunakan juga merupakan celana olah raga berukuran pendek. Setiap pemain harus menggunakan sepatu khusus voli disertai kaos kaki seragam.

Dalam setiap pertandingan bola voli terdapat 4 posisi dalam satu tim yaitu spiker, tosser atau setter, defender dan libero. Tosser merupakan pemain yang memiliki tugas memberi umpan bola kepada rekan pemain lainnya dan menjadi playmaker bagi tim, yaitu berperan mengatur tempo dan jalannya permainan.

Ketika tosser memainkan bola, ia hanya memiliki waktu sepersekian detik untuk mengambil keputusan kemana harus melontarkan bola voli. Oleh karena itu dibutuhkan insting yang baik agar tosser dapat membawa rekan lainnya bermain dengan baik.

Spiker merupakan pemain bola voli yang memiliki peran sebagai pemukul bola agar jatuh di daerah lapangan lawan. Spiker bisa disebut melakukan eksekusi terhadap umpan yang diberikan rekan pemain lainnya terutama dari tosser.

Libero memiliki peran sebagai pemain bertahan namun memiliki keuntungan untuk bebas keluar ataupun masuk lapangan dan memainkan bola. Namun pemain yang berada dalam posisi ini tidak dapat melakukan smash ke arah tim lawan.

Pemain yang berposisi sebagai libero dapat berperan sebagai pengganti setiap pemain yang ada di belakang maupun di depan. Apabila bola melambung jauh lebih tinggi dari net maka pemain libero tidak dapat ikut menyerang.

Pemain libero juga tidak dapat melakukan pertahanan berupa blocking apabila mendapat serangan dari tim lawan. Pemain ini juga diperbolehkan untuk keluar atau masuk lapangan melalui garis samping lapangan. Pemain ini visa diganti secara tidak terbatas namun setiap pergantiannya harus diselingi oleh satu rally

Defender merupakan pemain yang memiliki tugas untuk bertahan, namun tidak memiliki keuntungan tertentu seperti libero. Defender bertugas menahan serangan yang diberikan oleh lawan.

Untuk serve di awal dilakukan oleh tosser dan setiap setelah mekakuan sere tosser harus kembali ke posisi awalnya. Ketika tim penerima serve mendapat poin, maka seluruh posisi pemain dari kedua tim harus berputar searah jarum jam.

Peraturan Durasi Permainan Bola Voli

Peraturan Bola Voli
Peraturan Bola Voli

Dalam permainan bola voli permainan tidak dibatasi oleh jumlah waktu namun disesuaikan dengan jumlah poin dalam satu set, sehingga durasi permainan akan berbeda-beda. Dalam sistem rally point tim harus mendapat 15 poin atau 25 poin untuk memenangkan set.

Pada kasus deice dimana kedua tim memiliki poin 14:14 atau 24:24 maka poin 15 atau 25 belum membuat tim memenangkan set. Tim harus membuat lebih unggul 2 poin dari tim lawan untuk memenangkan set. Untuk memenangkan pertandingan tim harus memenangkan 2 set langsung tanpa kekalahan set atau dengan memenangkan 3 set dimana maksimal pertandingan berlangsung dalam 5 set

Peraturan Sistem Perhitungan Angka

Peraturan Bola Voli
Peraturan Bola Voli

Dalam permainan bola voli setiap tim akan berlomba-lomba meraih poin utnuk memenangkan pertandingan. Poi pertandingan dapat diraih dengan beberapa cara, yaitu:

• Ketika pemain berhasil memasukkan bola ke dalam wilayah lawan dan jatuh ke permukaan lapangan di dalam wilayah lawan maka tim tersebut akan mendapat poin.
• Apabila pemain tim melakukan serve dan bola gagal melewati net untuk masuk wilayah lawan maka tim lawan akan mendapatkan poin. Hal ini juga berlaku apabila ketika serve bola melambung dan jatuh di luar garis lapangan.
• Setiap tim memiliki hak untuk memainkan bola yang masuk ke dalam wialyahnya sebanyak 3 kali. Jika bola dimainkan lebih dari 3 kali maka dianggap mati dan tim lawan akan mendapat poin.
• Setiap pemain hanya boleh memainkan bola 1 kali dan permainan bola berikutnya harus dilakukan oleh pemain lainnya. Apabila terdapat pemain yang memainkan bola 2 kali secara berturut maka bola dianggap mati dan tim lawan dari pemain tersebut akan mendapat poin

Peraturan Pelanggaran dan Kesalahan Permainan Bola Voli

Peraturan Bola Voli
Peraturan Bola Voli

• Salah satu pemain atau tim mempengaruhi wasit agar menerima keuntungan
• Pemain menegur wasit ataupun asisten wasit
• Kedua kaki pemain masuk ke area tim lawan sengaja maupun tidak sengaja
• Pemain meninggalkan lapangan permainan tanpa izin dari wasit
• Saat blocking tangan pemain terlalu menjorok hingga masuk ke area tim lawan.
• Tangan pemain menyentuh net baik secara sengaja ataupun secara tidak sengaja apabila yang menyentuh net adalah bagian tubuh selain tangan maka tidak dianggap sebagai pelanggaran
• Melontarkan kata-kata kasar atau berbicara dengan nada tinggi kepada wasit ataupun asisten wasit
• Melontarkan kata-kata kasar atau berbicara dengan nada tinggi kepada pemain lawan
• Ketika sedang bertanding pemain mendapat arahan dari luar lapangan
• Pemain dilarang melewati garis tengah lapangan hingga masuk ke wilayah lawan
• Pemain tidak boleh memainkan bola dengan cara dilempar maupun menerima bola dengan ditangkap namun harus dipantulkan atau dipukul
• Pemain boleh memantulkan bola dengan seluruh bagian tubuh kecuali menggunakan kaki atau ditendang
• Bola tidak boleh mengenai permukaan lapangan ketika dipantulkan, jika terjadi maka akan dianggap bola mati
• Apabila bola keluar dari garis lapangan namun masih melambung tanpa mengenai permukaan lapangan maka masih dianggap bola hidup dan dapat dimainkan
• Apabila terdapat pemain yang menyentuh net sebanyak dua kali dalam satu pertandingan maka dianggap double fault
• Seluruh pemain wajib berada di wilayah dan posisinya masing-masing ketika sedang dilakukan serve. Posisi yang benar adalah membentuk 2 deret dengan setiap deretnya terdiri dari tiga orang, satu deret di bagian depan dan satu deret lagi di bagian belakang
• Pemain dilarang untuk melakukan spike di atas wilayah tim lawan
• Apabila setelah 3 kali dimainkan bola belum berada di daerah lawan maka dianggap bola mati dan lawan akan mendapat poin serta melakukan serve berikutnya

Peraturan Bola Voli Mini

Peraturan Bola Voli
Peraturan Bola Voli

Bola voli mini adalah permainan bola voli dengan modifikasi sehingga mudah dimainkan oleh anak-anak. Dalam permainan bola voli mini ini setiap tim hanya berjumlah 4 orang dan pemain cadangan berjumlah 2 orang. Tim yang memenangkan pertandingan adalah tim yang mencetak kemenangan dua ronde dengan maksimal pertandingan tiga ronde.

Saat serve bola voli mini harus dilambungkan dengan seluruh pemain sudah berada dalam posisi masing-masing. Berbeda dengan bola voli biasa, dalam bola voli mini pemain boleh menyentuh net asalkan bukan net bagian atas atau pita net.

Pemain boleh menyentuh garis tengah dengan kakinya selama tidak mengganggu lawan dan tidak mengganggu pertandingan. Jika bola voli mini terkena antena maka lawan akan mendapat poin.

Permainan bola voli mini ini hanya dapat diperbolehkan untuk anak-anak yang berusia usia 9-13 tahun. Berbeda dengan bola voli umumnya, bola voli mini hanya menggunakan lapangan dengan panjang 12 meter dan lebar 6 meter. Bola yang digunakan juga merupakan bola dengan nomor jenis 4.

Untuk permainan putra Net memiliki tinggi 2,1 meter sedangkan jika yang bermain adalah tim putri maka standar net adalah 2 meter. Ukuran lapangan dan net ini memang disesuaikan dengan tubuh anak-anak yang lebi kecil dibandingkan orang dewasa.

Sumber Peraturan Bola Voli

Peraturan Bola Voli
Peraturan Bola Voli

Peraturan bola voli berhubungan dengan sejarah munculnya bola voli itu sendiri. Bola voli awalnya memiliki nama Mintonette yang dimainkan oleh seorang instruktur pendidikan jasmani di Holyoke, Massachusetts bernama Morgan.

Morgan menciptakan olahraga ini setelah empat tahun sebelumnya sempat bertemu dengan pencipta olahraga bola basket. Bola voli ini merupakan perpaduan dar beberapa cabang olahraga seperti bola basket, tenis, baseball dan bola tangan. Mintonette kemudian berubah menjadi volleyball pada 1986.

Olahraga bola voli ini kemudian semakin berkembang dan aturan-aturannya pun makin banyak. Aturan-aturan ini dimaksudkan agar terdapat patokan yang dapat diikuti oleh para pemain karena bola voli bisa saja dimainkan dengan aturan yang berbeda di berbagai daerah. Sehingga jika ada pertandingan antar tim dari daerah berbeda bisa bermain dengan aturan yang sama.

Aturan yang dipakai sekarang bersumber dari FVIB (Federation Internetionale de Volleyball) yang merupakan Federasi Bola Voli Internasional. Dengan adanya organisasi ini maka pertandingan bola voli di seluruh belahan bumi dapat dimainkan dengan permainan yang sama. Pada tahu 2010 terhitung sudah ada 220 federasi bola voli nasional dari berbagai negara yang bergabung dengan FVIB.

Di Indonesia peraturan tentang bola voli diatur oleh PBVSI yaitu Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. PBVSI ini berdiri pada 1955 yang diinisiasi oleh PERVID (Persatuan Voli Indonesia Djakarta) dan IPVOS (Ikatan Perhimpunan Voli Surabaya). PBVSI resmi bergabung dengan organisasi FVIB pada tahun 1959 yang saat itu masih bernama IVBF (International Volley Ball Federation).

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Peraturan Bola Voli

Leave a Comment