Perangkat Lunak Komputer Beserta Jenis seta Fungsinya

Perangkat Lunak Komputer – Komputer merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsi untuk membatu pekerjaan manusia.

Suatu komputer dapat bekerja apabila mempunyai komponen-komponen utamanya. Komponen utama komputer dibedakan menjadi perangkat keras dan perangkat lunak.

Perangkat keras adalah peragkat fisik yangdapat dipegang. Sedang perangkat lunak komputer adalah program yang diinstal yang menjalankan komputer.

Berdasarkan fungsinya, perangkat lunak dapat dibedakan menjadi bermacam-macam sesuai dengan fungsinya. Berikut adalah macam-macam perangkat lunak yang wajib diketahui untuk pengguna komputer pemula

Perangkat Lunak Pengolah Kata

Perangkat lunak pengolah kata adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk membatu pekerjaan manusia dalam penyusunan teks, makalah, penulisan, surat, majalah, laporan, buku, novel, administrasi, dan sebagainya. Terdapat berbagai macam perangkat lunak pengolah kata yangdapat digunakan. Pilihlah sesuai dengan sistem operasi atau yang paling nyaman digunakan.

  1. Microsoft Word

Merupakan jenis perangkat lunak atau software pengolah kata yang dibuat oleh mocrosoft corpotation. Biasanya penjualannya satu paket bersama microsoft office. Perangkat lunak ini sangat cocok digunakan untuk komputer dengan sistem operasi windows. Perangkat lunak pengolah kata ini merupakan yang paling banyak digunakan di dunia.

Menu-menu dan fitur yang tersedia sangat lengkap. Semua pekerjaan yang berhubungan dengan penyusunan teks dan sebagainya dapat dikerjakan pada micosoft word. Kekurangan dari software ini adalah harganya yang cukup mahal karena pembeliannya biasanya satu paket dengan microsoft office.

  1. Notepad

Notepade adalah perangkat lunak pengolah kata yang merupakan software pengolah kata bawaan dari sistem operasi windows. Atinya jika komputer anda menggunakan sistem operasi windows maka secara otomatis akan tersedia notepad. Notepad memiliki fitur yang sederhana jauh daripada microsoft word. Sehingga jarang digunakan untuk penyususna teks dan sebagainya.

  1. Lotus Word Pro

Adalah perangkat lunak atau software pengolah kata yang diluncurkan oleh perusahaan IBM. Tampilannya lebih sederhana dibandingkan microsoft word. Walaupun kurang populer, perangkat lunak ini cukup banyak digunakan. Kelebihan yang dimiliki perangkat lunak ini adalah mampu membuka file yang dibuat oleh perangkat lunak yang lain.

  1. WordPad

Sama dengan notepad, perangkat lunak pengolah kata wordpad juga merupakan osftware asli bawaan dari sistem operasi windows. Tepi fitur yang dimiliki wordpad lebih canggih dibandingkan notepad. Tapi masih kalah dibandingkan dengan microsft word. Kemampuan yang dimiliki wordad sederhana seperti format paragraf, perataan teks, dan penggunaan jenis huruf.

  1. Ez Word

Adalah perangkat lunak pengolah kata yang utamanya dirancang untuk sistem operasi Linux. Yang merupakan perkembangan dari Lotus Word. Perangkat lunak ini juga merupakan yang pertama pengolah kata dan grafis didesain untuk sistem operasi Linux. Dikembangkan untuk penggunaan Andrew User Interface System.

  1. Corel Word Perfect

Perangkat lunak pengolah kata ini juga utamanya dirancang untuk digunakan pada sistem operasi wosdows. Firur yang diberikan juga sangat lengkap. Banyak memiliki keunggulan. Tetapi penggunaannya lebih berat pada komputer. Disarankan digunakan pada komputer yang memiliki memori yang besar dan spesifikasi bagus.

  1. Open Office Writer

Perangkat lunak pengolah kata ini memiliki kemiripan dengan microsoft word. Lengkap, mudah digunakan. Dikembangkan oleh General Public Lisensi GPL. Bedanya dengan microsoft word adalah bahwa open office writter merupakan software yang open source. Penggunaanya gratis dan biasanya dibutuhkan pembaharuan secara rutin.

Perangkat Lunak Sistem Operasi

Perangkat lunak sistem operasi adalah software yang bertugas sebagai pengatur utama program-program dan perangkat lunak lain yang dijalankan pada komputer. Tugasnya adalah mengatur dan mengelola software dan hardware yang ada pada perangkat komputer. Dibedakan menjadi empat yaitu sistem operasi stand alone, sistem operasi jaringan, sistem operasi embedded, sistem operasi live CD.

  1. Sistem Operasi DOS

Merupakan kepanjangan dari Disk Operating System. Merupakan pendahulu dari sistem operasi windows. Dikembangkan oleh IBM. Kelebihannya adalah ringan pada memori, ukuranya kecil, dan bisa digunakan di perbagai perangkat. Sistem operasi ini sudah tidak digunakan. Hanya pada awal-awal penggunaan komputer.

  1. Sistem operasi Windows

Adalah sistem operasi yang paling banyak dan umum digunakan. Termasuk dalam sistem operasi stand alone. Dikembangkan oleh IBM. Saat ini sudah memasuki generasi ke 16 yaitu Windows 10 yang dikeluarkan pada 2015. Kelebihannya adalah instalasi mudah, ringan di memori, bisa digunakan di berbagai perangkat, perkembangan cepat, support driver.

  1. Sistem Operasi Mac OS

Adalah kepanjangan dari Macintosh operating system. Sistem operasi ini adalah khusus dibuat untuk perangkat komputer buatan appel. Artinya tidak dapat digunakan di perangkat di luar apple. Sistem operasi ini adalah pengembangan dari sistem operasi Linux. Saat ini sudah mencapai generasi ke 21 yaitu Mac OS X / Yosemite yang dikeluarkan tahun 2014.

  1. Sistem Operasi Linux

Sistem operasi ini juga pen source artinya dapat didownload secara gratis. Biasa digunakan pada perusahaan-perusahaan. Saat ini sudah mencapai generasi ke 22 yaitu Gentoo Linux. Kelebihannya adalah gratis dan perkembangannya cepat. Kekurangannya tidak cocok untuk semua perangkat dan jarang digunakan untuk umum.

Perangkat Lunak Destop Publishing

Adalah perangkat lunak yang digunakan dalam pengaturan tata letak, halaman, peraturan naskah, layout, tata letak halaman pada komputer pribadi. Contoh perangkat lunak ini yang banyak digunakan adalh Ventura publisher, dan page maker, scribus, Lyx, adobe indesign, adobe pagemaker, calamus. Version tracker, tucows.

Perangkat Lunak Pengolah Angka

Adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan pengolahan angka seperti perhitungan, tabel, grafik. Banyak terdapat perangkat lunak pengolah angka. Berikut adalah daftarnya

  1. Microsoft Exel

Adalah perangkat lunak pengolah angka yang dikembangkan oleh microsoft corporation. Sodtware ini dijual satu paket dengan microsoft office. Perangkat lunak ini juga yang paling banyak dan sering digunakan pada jenisnya. Cara kerjanya yaitu mengumpulkan data dalam tabel pada spreadsheet kemudian dapat diolah dengan fitur-fitur yang terdesia pada menu.

  1. Gnumerik

Adalah perangkat lunak pengolah angka yang dikembangkan oleh Gnome Office. Dapat dijalankan di berbagai sistem operasi. Dapat membaca dan mengedit dokumen yang berasal dari software pengolah angka lain. Walau kalah populer dengan Ms. Exel. Software ini tetap diminati.

  1. WPS Office

Adalah perangkat lunak pengolah angka juga dapat digunakan untuk pengolahan word, presentation. WPS adalah singkatan dari word, presentation, and Spreadsheet. Artinya dalam satu perangkat lunak ini dimungkinkan dapat melakukan pengolahan tiga jenis data sesuai kepanjangannya.

Perangkat Lunak Magement System

Adalah perangkat lunak yang berfungsi dalam pengorganisasian. Komputer dapat berisi banyak sekali file dan data dalam jumlah besar. Sehingga pengaturan dan pengorganisasian diperlukan agar komputer rapih dan data mudah disimpan. Biasa juga disebut dengan program database management.

Perangkat lunak jenis ini yang banyak digunakan diantaranya paradox, microsoft access, foxpro, approach.

Perangkat Lunak Pengolah Grafis

Adalah perangkat lunak yang dibuat untuk melakukan pekerjaan pengolahan gambar dan grafis. Saat ini banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan pengolahan grafis. Perangkat lunak ini dirancang untuk melakukan desain dan grafis. Artinya adalah membuat dan mengubah atau mengelola. Berikut ini adalah contoh perangkat lunak pengolah grafis.

  1. Adobe desain

Perangkat lunak ini sesuai namanya dibuat untuk melakukan pekerjaan desain. Biasnya digunakan dalam pembuatan cover buku, majalah, dan makalah, koran, kartu dan sebagainya.

  1. Adobe Frame Maker

Merupakan perangkat lunak pengolah grafis yang menggunakan XML. Perangkat lunak ini dapat melakukan pemublikasian dengan format, layanan, dan saluran HTML. Biasanya data yang disimpan berupa HTML, PDF, Adobe Air, Webhelp.

  1. Corel Draw

Adalah perangkat lunak pengolah grafis yang digunakan untuk pengolahan data vektor. Saat ini telah dikembangkan hingga generasi 8. Perangkat lunak ini banyak digunakan karena mudah.

Baca Juga : Sejarah Komputer

Perangkat Lunak Akutansi

Merupakan perangkat lunak yang khusus digunakan dalam pekerjaan akuntan. Walaupun dalam penerapannya dapat dilakukan pada perangkat lunak pengolah angka. Namun untuk jenis ini lebih dikhususkan dalam pengolahan keuangan dan akutansi. Contoh aplikasi pengalahan akutansi yang banyak digunakan adalah Peach Tree Accounting, DacEasy, Accounting, Pacioli 2000

Perangkat Lunak Pengolah Statistik

Sama halnya dengan perangkat lunak pengolah angka dan akutansi. Perangkat lunak statistik lebih dikhususkan untuk pekerjaan statistik. Seperti aritmatika sosial, grafik, dan pertumbuhan. Atau juga dalam analisa statistik di berbagai bidang pekerjaan. Perangkat lunak jenis ini yang banyak digunakan adalah SPSS, Statistica, SAS.

Perangkat Lunak Komunikasi

Adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyambungkan perangkat komputer agar dapat saling berkomunikasi. Atau berkomunikasi dengan peralatan media yang lain. Namun biasanya dalam penggunaannya diperlukan perangkat tambahan seperti video kamera, webcam, microphone. Contoh perangkat lunaknya adalah microsoft video, skype, webcam.

Perangkat Lunak Game

Perangkat lunak ini biasanya disebut dengan game komputer. Semua game yang dimainkan pada komputer termasuk pada perangkat lunak game. Contoh perangkat lunaknya adalah PUPG, FIFA, Truck Monster, Zatura, Assassin Creed, Kubo. Game komputer ada yang bawaan dari sistem operasi ada pula yang harus mendownload atau instal dahulu.

Perangkat Lunak Anti Virus

Merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk memberantas dan menghilangkan virus serta mencegah virus komputer. Perangkat lunak anti virus ada yang open source dan gratis ada juga yang berbayar, disarankan gunakan yang berbayar karena lebih terjamin keamanannya. Selain itu perangkat lunak ini harus sering di perbaharui.

Perangkat Lunak Pemutar Video

Adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memutar video dan film pada komputer. Software ini ada yang tersedia gratis ada pula yang berbayar. Yang berbayar biasanya dapat melakukan pengeditan juga tetapi hanya sederhana.

Beberapa contoh perangkat lunak pemutar video yang sering digunakan adalah VLC media player, Media Player Classic, GOM Player, KMPlayer, Quick Time Player, Zoom Player Free.

Perangkat Lunak Mengedit Foto

Walaupun sebenarnya pengeditan foto dapat dilakukan pada perangkat lunak pengolah grafis. Tetapi ada juga software yang dirancang khusu hanya untuk pekerjaan pengeditan foto dalam bentuk bitmap. Beberapa perangkat lunak yang biasa digunakan untuk mengedit foto adalah Gimp, Chasys Draw IES, Photo Editor by Aviary, Paint.net, Sumopaint, Pixlr, PhoXo, Pixbuilder studio, Photoshop.

Perangkat Lunak Web Browser

Adalah suatu perangkat yang digunakan untuk menjelajahi dunia internet. Dalam penggunaannya tentunya membutuhkan jaringan internet. Perangkat lunak ini ada yang tersedia gratis ada pula yang berbayar.

Berikut adalah contoh perangkat lunak web browser yang banyak digunakan, Mozila firefox, Google crome, Internet Explorer, Opera, Safari biasanya digunakan pada perangkat apple. Maxthon, Flock.

Perangkat Lunak Pengolah Suara atau Lagu

Sesuai dengan namanya, perangkat lunak ini digunakan dalam kegiatan pengeditan lagu atau rekaman suara. Ada yang tersedia gratis ada juga yang berbayar. Yang berbayar biasanya memiliki fitur yang lebih lengkap.

Contoh perangkat lunak jenis ini adalah adobe audition, ableton live, cubase, ardour, reaper. Perlu diperhatikan spesifikasi tiap software karena tidak semua bisa digunakan di semua sistem operasi.

Perangkat Lunak Pemutar Musik

Berbeda dengan perangkat lunak pengolah lagu dan rekaman suara, softwae jenis ini hanya untuk memutar musik dan rekaman suara. Tidak dapat mengedit atau mengubahnya. Beberapa contoh software pemutar musik adalah Aimp player, winamp, MusicBee, Media Monkey, Foobar2000, Kmplayer, Vlc media player, Itunes, Xion media player.

Untuk software diatas hanya memutar musik secara offline artinya dari koleksi musik yang ada di komputer. Saat ini terdapat perangkat jenis ini tetapi online. Sehingga dapat memutar musik dan lagu walau tidak terkoleksi pada komputer. Seperti contohnya adalah Spotify, Joqx, google music, apple music, youtube music, vevo music yang banyak lagi.

Perangkat Lunak Media Sosial

Adalah perangkat lunakĀ  atau aplikasi yang digunakan untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan orang lain secara online. Saat ini aplikasi dan spftware semacam ini sangat populer dan hampir semua manusia mempunyainya. Baik di komputer maupun di perangkat lain. Contohnya adalah faceboo, twitter, Line, Whatsaap, Instagram, Youtube. Tetapi penggunaannya membutuhkan jaringan internet .

Perangkat Lunak Presentasi

Adalah suatu perangkat lunak yang khusus digunakan untuk pengolah dan membuat presentasi atau bahan presentasi. Biasanya yang dilakukan adalah pembuatan slade, layout, template, efek, melihat presentasi. Dapat juga melakukan pengeditan teks, penambilan data secara kreatif. Ada terdapat banyak perangkat lunak pengolah presentasi diataranya adalah

  1. Microsoft Power Point

Perangkat lunak presentasi ini disediakan dan dikeluarkan oleh microsoft cormporation. Merupakan yang paling banyak digunakan. Memiliki banyak fitur. Software ini berbayar dan biasanya satu paket dengan microsoft office. Kelebihannya adalah mudah digunakan, penyajian menarik, hemat memory, tidak berat di komputer.

  1. Open Office Impress

Perangkat lunak ini cukup populer karena gratis dan memiliki fitur yang tidak kalah lengkap dengan microsoft power point. Software ini dikembangkan oleh SUN Microsystem yang menggunakan bahasa pemograman JAVA. Kelebihannya adalah grafis, dapat mengeksport data ke berbagai ekstensi, interface yang menatik.

  1. Kpresenter

Perangkat lunak ini dapat disetarakan dengan microsoft power point. Memiliki fitur yang lengkap, dapat menghasilkan slide dengan format HTML. Gratis dan open source, interface yang menarik, dapat membuka file dari perangkat lunak jenis ini yang lain. Dapat digunakan di berbagai sistem operasi.

Perangkat Lunak Sistem Informasi Geografis

Adalah perangkat lunak yang digunakan khusus untuk mengolah data-data geografis. Perangkat lunak ini biasanya untuk pekerjaan pembuatan peta geografis,peta curah hujan, peta bencana, beta kependudukan, dan perpetaan lain. Ada yang tersedia gratis dan open source serta yang berbayar. Contoh software ini adalah ArcGis, Global Mapper, Inasafe, ArcView, Map Server. Untuk fitur yang lengkap dan aman usahakan gunakan yang berbayar.

Itulah macam-macam perangkat lunak yang berguna bagi kelancaran pekerjaan anda, dan tentunya membutuhkan spesifikasi PC tertentu. Perangkat lunak tersebut bisa diperoleh secara online, baik yang gratis maupun yang berbayar.

Leave a Reply