Macam – Macam Perangkat Keras Komputer Lengkap Dengan Fungsinya

Perangkat Keras – Komputer saat ini adalah suatu kebutuhan yang penting. Tugas utama komputer adalah memudahkan pekerjaan manusia di berbagai bidang.

Untuk itu skill tentang komputer wajib dipunyai apabila ingin mendapatkan pekerjaan.

Namun bukan hanya Internet ataupun apa namanya , komputer tentunya memilki perangkat keras yang dipakai untuk pendukung kinerja komputer.

Banyak orang yang bisa menggunakan komputer tetapi tidak paham tentang bagian-bagian dari komputer.

Ada 2 bagian dalam komputer yaitu perangkat keras yang mana perangkat ini bisa dipegang dan perangkat lunak yang mana biasa kita kenal dengan software atau program yang menjalankan komputer.

Adapun beberapa perangkat keras komputer yang perlu kita ketahui adalah sebagai berikut :

Central Processing Unit

CPU atau yang biasa kita kenal dengan istilah Central Processing Unit adalah pusat dari kendali komputer yang mana komponen ini sangat penting pada komputer.

Semua program, perintah, dan inStruksi diatur pada CPU. Karena perannya yang mengatur semua aktivitas komputer maka CPU biasa disebut juga dengan otak komputer. CPU dilengkapi dengan inti atau core. Biasanya semakin banyak core maka kerja CPU semakin cepat.

Ada banyak tipe Core atau inti. Tergantung dari selera dan harga pemakai. karena tiap jenis memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Usahakan pilih yang model terbaru agar lebih update dan lebih mudah dalam menjalankan program dan aktivitas komputer. Pada personal kompuer CPU biasanya berbentuk balok yang ukurannya paling besar dibanding perangkat yang lain.

Mainboard

Mainboard biasa juga dikenal dengan istilah motherboard. Mainboard adalah sebuah papan sirKuit yang berfungsi sebagai tempat dipasangnya bberbagai macam perangkat saling terhubung satu sama lain. Mainboar terpasang di dalam CPU. Inti atau Core juga terpasang pada mainboard. Tidak ada spesifikasi khusus mainboard tetapi perangkat elektroniknya yang harus diperhatikan.

Perangkat yang terpasang pada mainboard biasanya terdapat chip, slot, inti, konektor, jalur konektor, port, bios, dan sebagainya. Perangkat eksternal lain kOmputer akan dihubungkan pada port yang tersedia di mainboard. Kemudian akan diteruskan melakui jalur konektor ke inti dan dilakukan perintah atau eksekusi.

Keyboard

Keyboard atau juga dikenal dengan papan ketik. Perangkat ini adalah perangkat masukan yang digunakan untuk memberiKan perintah, dan masukan data yang biasanya berupa huruf, angka dan sebagInya. Tombol-tombol pada keyboard memiliki fungsi yang berbeda dan kombinasi antar tombol juga memiliki fungsi yang berbeda.

Terdapat bberbagai jenis, bentuk, dan tipe keyboard komputer. Pilihlah jenis yang paling nyaman untuk anda bekerja. Secara umum fungSi keyboard sebagai alphanumeric key, numeric key, function key, modifier key, cursor movement.

Jenisnya ada keyboard serial, PS, USB, Wireless, qwerty, DVORAK, Klokerberg, maltron, chord, stenotype, alphabetic, numeric, dan sebagainya. Tergantung dari tujuan pengguna komputer.

Monitor atau Layar Komputer

Monitor atau layar komputer adalah salah satu jenis perangkat keluaran komputer. Perangkat keras komputer ini menampilkan hasil perosesan atau aktivitas program dalam bentuk digital atau visual. Monitor tersedia dalam berbagai jenis, ukuran, dan resolusi. Semakin besar resolusi maka tampilan visual yang muncul akan lebih tajam dan nyaman dipandang mata.

Beberapa jenis monitor untuk komputer diantaranya adalah monitor CRT (Chatode Ray Tube), LCD (Liquid Cristal Display), LED (Light Emitting Dlode), Monitor plasma. Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sekarang ini monitor CRT jarang digunakan karena tidak nyaman pada mata.

Baca Juga : Perangkat Lunak

Mouse

Mouse merupakan perangkat keras dalam komputer.

Perangkat ini berbentuk oval dan sejenisnya yang terdiri dari dua tombol bersebelahan dan sebuah scroll. Mouse digunakan untuk memberikan perintah. Perintah dilakukan dengan melakukan klik pada salah satu tombolnya

Ada berbagai jenis mouse komputer. Pilihlah sesuai kebutuhan dan pekerjaan anda. Berikut adalah jenis-jenis mouse. Mouse trackball, mouse optical, mouse serial, mouse PS, mouse USB, mouse wireless. Mouse akan menggekana pinter yang ditampilkan pada monitor. Perintah yang dapat diberikan adalah klik kanan, klik kiri, dan scroll.

Harddisk atau Memori Utama

Harddisk merupakan perangkat pada komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan pada komputer.

Harddisk sendiri merupakan perangkat keras yang tidak boleh di tinggalkan, karena komputer tidak akan bisa hidup tanpa adanya komponen ini.

Harddisk adalah perangkat komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan pada komputer.

Harddisk tersusun dari piringan magnetik oksida dan alumunium serta dan bahan tambahan lain. Harddisk memiliki kapasitas yang bermacam-macam.

Untuk harga juga menyesuakan dari kapasitas dari Harddisk sendiri, semakin besar kapasitas semakin mahal pula harga yang harus di bayar.

Random Access Memory

RAM atau Random Access Memory mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita dimana komponen ini berfungsi sebagai penyimpanan sementara pada komputer.

Saat kita menjalankan perintah atau instruksi maka perintah tersebut akan tersimpan pada RAM saat komputer menyala.

Pengguanaan RAM sendiri harus disesuaikan dengan pekerjaan komputer, untuk komputer yang di pakai untuk hal yang berat seperti programer, desain atau pekerjaan berat lainya harus menggunakan RAM yang besar

Namun sebaliknya penggunaan RAM boleh menggunakan yang kecil untuk pekerjaan yang ringan.

Processor atau Inti Komputer

Adalah perangkat keras yang berfungsi melakukan pembacaan perintah dan program. Perintah dan programyang diberikan user akan dibaca oleh prosesor kemudian dieksekusi oleh prosesor. Prosesor komputer terpasang pada motherboard atau mainboard.

Ada berbagai jenis prosesor yang disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan. Semakin tinggi kualitas prosesor biasanya kerja komputer akan semakin cepat dan ringan.

Baca Juga : Jenis Jaringan Komputer

Power Supply

Perangkat yang berfungsi untuk memberikan listrik kepada perangkat yang ada di dalam komputer. Power Supply sendiri terletak di dalam CPU.

Keberadaannya cukup penting. Karena dialiri daya dan listrik langsung dari sumber listrik maka perangkat ini cepat panas.

Sehingga biasanya perangkat ini mempunyai kipas atau baling-baling yang berfungsi untuk menurunkan suhu apabila CPU terlalu panas.

VGA Card

VGA merupakan kepanjangan dari Video Graphic Accelerator. Adalah salah satu perangkat komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital dengan sinyal gambar. Kartu VGA dipasang pada mainboard atau mother board.

Kualitas VGA yang digunakan akan mempengaruhi kenampkana visual gambar yang akan ditampilkan pada monitor. Kartu VGA dibedakan berdasarkan jenis memori RAM, bentuk fisik, dan arsitektur sistem perasi.

Berdasarkan jenis memori RAM VGA dapat dibedakan menjadi DRAM, EDO RAM, VRAM, dan SGRAM. Berdasarkan kenampakan fisiknya, kartu VGA dapat dibedakan menjadi VGA integrated atau VGA on board, VGA off board atau VGA add on. Berdasarkan arsitektur sistem operasi VGA dapat dibedakan menjadi ISA, EISA, PCI, AGP, PCLe.

AGP Card

AGP Adalah kepanjangan dari Accelerate Graphics Port. Merupakan salah satu bagian perangkat komputer yang berfungsi untuk memaksimalkan resolusi layar pada komputer. Perangkat ini berguna untuk menyalurkan data daro kartu grafis ke prosesor langsung tanpa melalui memori atau harddisk. Namun sekarang ini penggunaan AGP mulai ditinggalkan.

CD dan DVD ROM

CD ROM dan DVD ROM adalah perangkat keras masukan yang digunakan untuk membaca data yang disimpan dalam CD atau DVD. Biasanya menggunakan DVD ROM karena kelebihannya yang dapat membaca baik CD maupun DVD. CD ROM biasanya satu paket dengan CPU, namun ada pula CD atau DVD ROM yang terpisah.

Printer

Adalah perangkat keras komputer yang merupakan perangkat keluaran atau output. Berfungsi untuk mencetak data seperti teks, gambar pada media kertas. Printer sangat berguna terlebih dalam berbagai pekerjaan. Terdapat banyak jenis printer yang disesuaikan dengan jenis kebutuhan pemakai. Printer akan disambungkan pada salah sayu port di CPU.

Berikut adalah beberapa jenis printer. Printer dot matrix, yang mencetak data pada kertas dengan menggukana kumpulan titik. Printer ink jet, mencetak tulisan dan gambar dengan tinta pada cartridge. Printer laser jet, kelebihannya mencetak dengan cepat, biasanya untuk mesin fotocopy. Printer termal, biasanya untuk mencetak nota, printer label, plotter, printer garment.

Scanner

Merupakan salah satu perangkat masukan atau input data. Mengubah data dari kertas ke bentuk digital seperti foto. Kemudian hasilnya dapat disimpan pada memori komputer. Biasanya scanner ada yang satu paket langsung dengan printer tetapi ada juga yang terpisah. Scaner dibedakan berdasarkan fungsi dan skalanya.

Jenis-jenis scanner yang dapat anda gunakan antara lain drum scanner yang berbentuk drum atau tabung. Flatbed scanner, scanner yang umum dijumpai. Film scanner yang digunakan untuk scaning film negatif. Roller scanner mirip dengan flatbed scanner. Hand scanner biasanya untuk scan barcode seperti yang sering dijumpai  di swalayan.

Joystick

Joystick fungsinya mirip dengan mouse. Merupakan perangkat masukan yang digunakan untuk memberikan perintah. Namun joystick umumnya digunakan user saat mengunakan komputer untuk game atau permainan. Joystick dilengkapi dengan tombol-tombol dan penggerak arah. Alat ini dapat menggerakan objek pada monitor dengan transmisi arah gerakan.

Modem

Jika anda ingin menggunakan internet maka komputer anda wajib dipasang perangkat ini. Modem berfungsi untuk menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet. Modem merupakan kepanjangan dari Moduator Demodulator. Modulator akan mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa dan Demodulator mengubah sinyal pembawa menjadi sinyal informasi.

Mcam dan jenis model sangat banyak. Modem eksternal, modem internal, modem ISDN, modem GSM, modem analog, modem ADSL, Modem kabel, wireless modem, modem CDMA. Umtuk dapat menggunakan modem anda harus berlangganan internet kepada salah satu provider atau penyedia layanan internet terlebih dahulu.

Speaker

Speaker adalah perangkat keluaran komputer. Fungsinya adalah mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara yang dapat didengar oleh telinga manusia. Hasil kerjanya berupa pemrosesan informasi menjadi suara. Karena termasuk pelengkap speakek akan dihubungkan dengan CPU pada salah satu portnya. Speaker dibedakan berdasarkan frekuensinya.

Speaker sub woofer adalah speaker yang mempunyai range frekuensi 20-200 hz. Speaker woofer adalah speaker yang mempunyai range frekuensi 40-1000 hz. Speaker 3 way, memiliki tiga jenis frekuensi yaitu rendah, sedang, dab tinggi. Midrange mempunyai frekuensi 500-5000 hz. Tweeter memiliki frekuensi 5000-20-000 hz. Full range yang mampu mengasilkan nada tinggi, menengah, rendah.

Uninterruptible Power Supply

Uninterruptible Power Supply atau biasa disingkat dengan UPS adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengatur daya, dan menyimpan daya. Apabila listrik mati maka komputer tidak akan mati mendadak tetapi ada cadangan daya dari UPS. Sehingga anda dapat melakukan prosedur mematikan komputer dengan benar. Cara ini dilakukan agar komputer tidak cepat rusak.

Headset dan Earphone

Adalah perangkat keluaran atau output yang fungsinya mirip dengan speaker yaitu menghasilkan suara. Mengubah sinyal digital menjadi suara. Tetapi cara pemakaiannya berbeda dengan dipasang di telinga. Earphone dan headset biasanya digunakan agar suara yang keluar lebih jelas dan tidak terganggu dari suara-suara luar. Cocok jika anda ingin menikmati musik atau bermain game.

Router

Adalah perangkat jaringan komputer. Digunakan untuk membuat jaringan komputer. Menghubungkan antar komputer. Serta menghubungkan antar jaringan komputer. Router akan mengirimkan paket data melalui jaringan internet kemudian meneruskannya ke jaringan yang lain. Router di ibaratkan dengan penghubung atar jalan.

Switch

Switch juga biasa dikenal dengan HUB. Perangkat ini biasanya terdiri dari banyak port yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer sehingga dapat menjadi sebuah jaringan komputer. Dengan menggunakan HUB komputer-komputer dapat saling berinteraksi meski tanpa menggunakan internet.

Walaupun fungsinya hampir mirip dengan router namun kedua perangkat ini sebenarnya sangat berbeda. Switch akan pembuat suatu jaringan komputer secara lokal biasanya disebut LAN (Local Area Netwok). Kemudian atar LAN dapat dihubungkan dan membentuk jaringan yang lebih besar dan luas dengan menggunakan Switch.

Soundcard

Soudcard adalah perangkat yang terpasang pada motherboad atau mainboard. Perangkat ini berfungsi untuk mengolah data suara yang masuk. Seperti nggunakan microphone kemudian dirubah menjadi data digital. Begitu gua sebaliknya. Perangkat ini biasanya akan satu paket saat membeli CPU.

Network Card

Adalah perangkat yang digunakan saat komputer terhubung dengan internet atau dalam jaringan komputer. Pada saat komputer berada dalam jaringan komputer maka ada komputer yang berperan sebagai komputer server dan komputer client. Fungsi dari perangkat ini adalah sebagai jembatan antara komputer server dengan komputer client.

Microphone

Adalah perangkat tambahan komputer. Perangkat keras komputer ini termasuk dalam perangkat input atau masukan. Mikrophone akan menangkap gelombang suara dan mengubahnya menjadi data digital. Kerja microphone tidak dapat dipisahkan dengan soundcard. Microphone ada yang terpisah ada pula yang satu paket dengan earphone.

Webcam

Adalah perangkat keras komputer berupa kamera. Berfungsi sebagai perangkat masukan. Webcam disebut juga dengan kamera real-time. Saat memasang webcam biasanya perlu menginstal progamnya juga. Webcam berguna untuk menangkap gambar untuk keperluan komunikasi atau merekam.

Flashdisk

Flashdisk adalah perangkat komputer yang berberfungsi sebagai memori eksternal. Flashdisk dapat menyimpan data komputer dengan kapasitas kecil. Beda dengan harddisk flashdisk memiliki ukuran kapasitas maksimum sekitar 64 GB. Semakin besar kapasitas flashdisk maka harganya juga semakin mahal.

Harddisk Eksternal

Sama halnya dengan harddisk yang terdapat pada CPU komputer. Harddisk eksternal juga berguna untuk menyimpan data komputer. Bedanya adalah harddisk eksternal dapat dibawa. Untuk menyambungkannya dengan komputer dapat neggunakan kabel USB. Harddisk eksernal memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dari pada flashdisk.

Lightpen

Adalah perangkat keras komputer yang juga termasuk perangkat masukan. Gunanya adalah untuk membuat perintah dalam aktivitas gambar dan desain. Biasanya dilakukan pada layar sentuh atau menggunakan digitizer.

Trackball

Adalah perangkat masukan yang fungsinya hampir mirip dengan mouse. Bedanya adalah trackball dirancang untuk mendeteksi gerakan yang akan menggerakan pointer pada layar.

Perangkat ini biasanya terdapat sebuah sensor yang berbentuk bola yang dapat digerakan ke segala arah.

Card reader

Adalah perangkat komputer yang membantu untuk membaca data dan informasi yang tersimpan pada SD Card, Mini-SD, Memory stick duo, RS- Card, yang biasanya memori tersebut dipasang pada telopon genggam. Card Reader  akan dipasang pada salah satu port yang ada pada motherboard dan mainboard.

Seluruh hardware yang telah disebutkan di atas terdapat beberapa yang wajib disediakan agar sebuah PC dapat berjalan dengan lancar. Namun sebagian hardware digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply