Penipisan Lapisan Ozon

Penipisan Lapisan Ozon – Bumi merupakan planet yang ada di tata surya. Tata surya sendiri mempunyai banyak aktivitas di dalamnya.

Ada banyak benda yang tentunya sudah kita ketahui karena kebanyakan di bahas di bangku sekolahan. Nah salah satunya adalah lapisan ozon.

Berikut ini akan dibahas secara lengkap tentang lapisan ozon seperti penipisan, pengertian, akibat, penyebab dan beberapa pembahasan lainya.

Pengertian Lapisan Ozon

pengertian lapisan ozon

Penipisan lapisan ozon adalah salah satu masalah paling serius yang dihadapi oleh planet bumi kita. Ini juga salah satu alasan utama yang menyebabkan pemanasan global.

Ozon adalah gas tidak berwarna yang ditemukan di stratosfer atmosfer bagian atas kita. Lapisan gas ozon adalah apa yang melindungi kita dari radiasi ultraviolet matahari yang berbahaya.

Lapisan ozon menyerap radiasi berbahaya ini dan karenanya mencegah sinar-sinar ini memasuki atmosfer bumi.

Radiasi ultraviolet adalah gelombang elektromagnetik energi tinggi yang dipancarkan oleh matahari yang jika memasuki atmosfer bumi dapat menyebabkan berbagai masalah lingkungan termasuk pemanasan global, dan juga sejumlah masalah kesehatan terkait untuk semua organisme hidup.

Berkat lapisan ozon yang melindungi kita dari sinar berbahaya ini.

Dari tahun 1970-an, menipisnya lapisan ozon mulai menarik perhatian para ilmuwan, pencinta lingkungan, dan komunitas dunia pada umumnya.

Ada banyak penelitian tentang topik ini selama bertahun-tahun untuk mengetahui semua kemungkinan penyebab yang mengarah pada masalah ini dan efek dari penipisan ozon.

Ada juga banyak penelitian untuk mengetahui kemungkinan solusi untuk masalah ini. Mari kita lihat beberapa penyebab dan efek penting dari penipisan lapisan ozon

Penyebab Penipisan Lapisan Ozon

Penyebab Penipisan Lapisan Ozon

Hal-hal utama yang mengarah pada penghancuran gas ozon di lapisan ozon. Suhu rendah, peningkatan kadar klorin dan gas brom di stratosfer atas adalah beberapa alasan yang menyebabkan penipisan lapisan ozon.

Tetapi satu dan alasan terpenting untuk penipisan lapisan ozon adalah produksi dan emisi klorofluorokarbon (CFC). Inilah yang menyebabkan hampir 80 persen dari total penipisan lapisan ozon.

Ada banyak zat lain yang menyebabkan penipisan lapisan ozon seperti hidro klorofluorokarbon (HCFC) dan senyawa organik volatil (VOC).

Zat semacam itu ditemukan dalam emisi kendaraan, produk sampingan dari proses industri, aerosol, dan pendingin.

Semua zat perusak ozon ini tetap stabil di wilayah atmosfer yang lebih rendah, tetapi ketika mereka mencapai stratosfer, mereka terkena sinar ultra violet.

Hal ini menyebabkan pemecahan dan pelepasan atom klor bebas yang bereaksi dengan gas ozon, sehingga menyebabkan penipisan lapisan ozon.

Baca Juga : Efek Rumah Kaca

Efek

Efek Penipisan Lapisan Ozon

Mari kita lihat beberapa kemungkinan efek dari penipisan lapisan ozon pada lingkungan bumi dan juga pada tanaman dan hewan.

Menipisnya lapisan ozon memungkinkan masuknya sinar UV dari matahari ke atmosfer bumi yang terkait dengan sejumlah masalah kesehatan dan lingkungan. Mari kita lihat dampak utamanya pada manusia

Kanker Kulit: paparan sinar UV dari matahari dapat menyebabkan peningkatan risiko untuk mengembangkan beberapa jenis kanker kulit.

Melanoma ganas, karsinoma sel basal dan skuamosa adalah kanker yang paling umum disebabkan oleh paparan sinar UV.

Kerusakan Mata: Sinar UV juga berbahaya bagi mata kita. Paparan sinar UV langsung dapat menyebabkan masalah Katarak, dan juga Photokeratitis atau kebutaan salju.

Kerusakan sistem kekebalan: sistem kekebalan tubuh kita juga sangat rentan terhadap sinar UV.

Peningkatan paparan sinar UV dapat menyebabkan melemahnya respons sistem kekebalan tubuh dan bahkan gangguan sistem kekebalan tubuh dalam kasus-kasus ekstrem.

Penuaan kulit: paparan sinar UV dapat menyebabkan percepatan proses penuaan kulit Anda.

Ini akan membuat Anda terlihat lebih tua dari yang sebenarnya. Ini juga dapat menyebabkan alergi foto yang menyebabkan wabah ruam pada orang berkulit putih

Pada manusia, paparan sinar UV juga dapat menyebabkan kesulitan bernafas, nyeri dada, dan iritasi tenggorokan dan bahkan dapat menyebabkan terhambatnya fungsi paru-paru.

Sinar UV juga memengaruhi bentuk kehidupan lainnya. Ini berdampak buruk pada spesies amfibi yang berbeda dan merupakan salah satu alasan utama menurunnya jumlah spesies amfibi.

Itu mempengaruhi mereka di setiap tahap siklus hidup mereka; dari menghambat pertumbuhan dan perkembangan pada tahap larva, kelainan bentuk dan penurunan kekebalan pada beberapa spesies dan bahkan kerusakan retina dan kebutaan pada beberapa spesies.

Sinar UV juga memiliki efek buruk pada ekosistem laut. Ini mempengaruhi plankton yang memainkan peran penting dalam rantai makanan dan siklus karbon samudera.

Mempengaruhi fitoplankton pada gilirannya akan mempengaruhi seluruh ekosistem lautan.

Sinar UV juga akan mempengaruhi tanaman. Radiasi UV dapat mengubah waktu berbunga pada beberapa spesies tanaman.

Ini juga dapat secara langsung mempengaruhi pertumbuhan tanaman dengan mengubah proses fisiologis dan perkembangan tanaman.

Pengaruh Terhadap Lingkungan

Pengaruh Penipisan Ozon Terhadap Lingkungan

Penipisan lapisan ozon menyebabkan penurunan ozon di stratosfer dan peningkatan hadir ozon di atmosfer yang lebih rendah. Kehadiran ozon di atmosfer yang lebih rendah dianggap sebagai polutan dan gas rumah kaca.

Ozon di atmosfer bagian bawah berkontribusi terhadap pemanasan global dan perubahan iklim.

Menipisnya lapisan ozon memiliki efek menetes ke bawah dalam bentuk pemanasan global, yang pada gilirannya menyebabkan pencairan es kutub, yang akan menyebabkan naiknya permukaan laut dan perubahan iklim di seluruh dunia.

Penipisan lapisan ozon bukanlah sesuatu yang mempengaruhi negara atau wilayah tertentu. Seluruh dunia rentan terhadap efek setelahnya.

Itu membuatnya penting bagi kita masing-masing untuk mengambil tindakan untuk mengurangi penipisan lapisan ozon.

Perjanjian internasional seperti protokol Montreal pada tahun 1987 telah membantu mengurangi dan mengendalikan emisi industri Chlofluorocarbon.

Semakin banyak perjanjian internasional antar negara diperlukan untuk menurunkan penipisan lapisan ozon. Pada tingkat individu masing-masing dan semua orang juga dapat berkontribusi dalam mengurangi penipisan lapisan ozon.

Membeli dan menggunakan produk daur ulang, menghemat energi, menggunakan transportasi umum dapat melakukan banyak hal dalam memerangi penipisan lapisan ozon.

Hal terpenting yang bisa kita lakukan adalah menyebarkan kesadaran.

Upaya pribadi kita akan sangat membantu dalam menyelamatkan selimut bumi dan membuat planet bumi kita bisa ditinggali untuk kita dan generasi masa depan kita.

Baca Juga : Perubahan Iklim

Cara Mencegah Penipisan Lapisan Ozon

Cara Mencegah Penipisan Lapisan Ozon

Pertama, menggunakan peralatan listrik dengan seperluya. Hal tersebut memang sering kali dianggap sepele sampai-sampai diabaikan.

Untuk memulai yang lebih ringan, kita bisa mematikan lampu yang tidak digunakan pada siang hari. Pada malam hari pun, lampu kamar bisa digantikan dengan lampu tidur dengan watt yang lebih kecil.

Kedua, meninggalkan kebiasaan standby. Jika kalian tidak di rumah, pastikan selalu mencabut sambungan listrik perangkat elektronik di rumah seperti televisi, mesin cuci, microwave, dan lain-lain.

Contoh lain, menghindari kebiasaan mengisi daya ponsel yang dibiarkan semalaman.

Ketiga, menggunakan AC seperlunya. Tahukah kalian bahwa AC (600 watt) yang menyala selama satu jam setiap hari, selama setahun akan menghasilkan emisi sebesar 160 kg CO2/tahun?

Untuk itu kalian bisa memanfaatkan menu timer atau mode otomatis untuk mengurangi penggunaannya. Jika memang memungkinkan, matikan saja. Kemudian, buka jendela agar mendapatkan udara segar.2

Keempat, penggunaan bahan fumigasi. Bagi para petani, sebaiknya menggunakan bahan fumigasi atau pengolah tanah tanpa menggunakan metil bromida.

Penjabaran di atas merupakan cara-cara ampuh untuk meminimalisir penipisan pada lapisan ozon. Ayo mulai sekarang sayangi bumi kita dengan aksi nyata kita demi menjaga lingkungan.

 

Leave a Reply