Pengertian Waterproofing Dan Manfaat Pada Konstruksi Bangunan

Pengertian Waterproofing – Sebelum Membahas Pengertian Waterproofing kita harus tau dulu Bahasa waterproofing itu apa, Asal kata “Waterproofing” yaitu “Waterproof”.

Kata ini berasal dari bahasa inggris yang di artikan sebagai “Anti Air”, Dalam istilah di artikan waterproofing yaitu Objek yang tidak bisa menyerap air, bahkan di artikan sebagai pelindung dari genangan air.

Objek ini tidak menyerap air setetespun, jadi jika ada air yang menghampirinya objek ini tidak akan basah sama sekali.

Suku kata di atas di tambahkan dengan imbuhan atau kata kerja “ing”, yang artinya secara etimologi bahasa Waterproofing merupakan Tindakan yang di buat untuk Kebal dan tahan dengan air dan cuaca.

Waterproofing Merupakan Sebuah Prosedur yang Paling Sering dilakukan Untuk Membuat dan Membentuk sebuah objek atau bangunan menjadi tahan lama atau permanen, sehingga tahan dari genangan air dan cuaca.

Sebuah Bangunan atau gedung pencakar langit biasanya menggunakan lapisan tersendiri diatas gedungnya masing-masing.

Waterproofing berguna untuk melindungi dan memberikan keamanan untuk menjaga kekuatan bagan bangunan tersebut, Gedung yang biasa sering menggunakan Waterproofing adalah Basement, Atap Gedung pencakar langit dan area yang sering tergenang air lainnya.

Ruang bawah tanah atau basement biasanya sering tergenang air yang mengalir melalui engsel, dinding atau lantai yang bocor, Jika tidak dilindungi dengan Waterproofing dengan sempurna, Maka bangunan tersebut biasanya mengalami kerusakan secara cepat, bahkan tidak sampai 1 sampai 2 tahun.

PENGERTIAN  WATERPROOFING MEMBRANE BAKAR

Pengertian Waterproofing

Pengertian Waterproofing

Pengertian Waterproofing Membrane Bakar  Yakni Material waterproofing yang membentuk dalam lembaran bitumen, yang diperkuat secara serat tulang non woven polyster dan langsung di aplikasikan dengan cara di bakar.

Waterproofing ini sangat cocok di aplikasikan dengan roof deck, Retaining wall dll.

METODE PEMASANGAN WATERPROOFING MEMBRANE BAKAR

Pengertian Waterproofing

Metode merupakan rangkuman kesederhanaan dari Pemasangan yang terlalu rumit di ringkas jadi di permudah, lapisi beton dengan primer menggunakan kuas atau alat pelapis.

Setelah itu gelar lapisan  tersebut dan posisikan secara rata, gulung kembali dengan pola yang telah di rencanakan, setelah itu tambahkan materi yang di rekatkan dangan alat bantu.

Perhatikan Hal Untuk Mengaplikasikan Waterproofing Membrane bakar

  1. Setiap Termina atau penghubung sambungan wajib diberikan jarak tumpangan selebar 10 cm.
  2. Pada Sparing Sambungan pipa terlebih dahulu lakukan pengecoranmenggunakan non shrink grout guna mengencangkan pipa yang kuat pada peletakan posisinya.
  3. Setiap garis sudut harus diberikan champer atau bahan bulat untuk tidak menekuk dan patah lapisannya, sehinggal lapisan terlihat rapih dan teliti.

Sebelum Menggunakan Waterproofing, Sebaiknya Anda harus tau terlebih dahulu jenis jenis waterproofing, Supaya Anda tahu jenis teknik mana yang cocok dengan kebutuhan Anda bukan keinginan Anda.

Visi kami memuaskan  konsumen bukan membuat rugi konsumen, Berikut  kami sajikan Jenis Jenis Waterproofing yang sudah kami rangkum.

MANFAAT WATERPROOFING

Pengertian Waterproofing

  1. PENCEGAH REMBES & KEBOCORAN

Sudah jelas tertera, waterproofing mencegah Dari rembes dan bocor pada tembok atau bangunan, Apalagi saat musim hujan datang tembok luar pasti terkena air hujan dan bisa meresap ke dalam bagian bawah tembok dan menembus bagian dalam.

Sangat buruk jika hal itu terjadi Apalagi sampai membuat tembok menjadi hancur dan mengelupas bagian cat nya, apalagi jika sudah parah nambah menjadi rusah bagian dalam tembok sendiri.

  1. MENCEGAH JAMUR

Dalam rembesan air pada tembok jika terus menerus mengakibatkan jamur atau bekas kotor, akibatnya jamur menjadi tumbuh pesat pada tembok sendiri, Tidak hanya itu saja jamur bisa mengakibatkan kesehatan pada tubuh manusia juga melalui perantara pada tembok yang terkena jamur.

  1. MUDAH DIBERSIHKAN

Sifat waterproofing ini sudah jelas tidak akan menyerap air, Anda tidak perluu repot repot untuk membersihkan bagian tembok yang sudah dilindungi oleh waterproofing, hanya tinggal semprotkan saja air biasa lalu gosok dengan mudahnya akan hilang.

  1. BENTUK MINIMALIS

Biasanya tempat yang digunakan untuk waterproofing ini sangat relefan dan mudah diterapkan, bukan saja di gedung namun di rumah biasapun bisa di aplikasikan,  apalagi ditambah dengan cat waterproofing dengan tingkat kelembapan yang amat tinggi.

  1. PENGAPLIKASIAN RINGAN

Ada 2 tahap untuk Mengaplikasikan Waterproofing ini, yang pertama rapikan permukaan tembok yang siap untuk kita gunakan di cat atau di kerjakan.

Pastikan Tembok sudah dibersihkan terlebih dahulu, guna meminimalisir kotoran di tembok, Seperti jamur dll.

  1. DINDING TIDAK MUDAH LEMBAB

Terutama di bagian eksterior atau dinding bangunan yang sering kali tergenang air hujan atau cipratan air jalanan, jika posisi gedung atau bangunan dekat dengan jalan raya.

Secara otomatis cat pun akan menempel dengan amat baik pada dinding dan tidak mudah untuk mengelupas, dari segi warna dan tampilanpun menjadi lebih hidup lagi dengan karakter yang bisa membuat orang jatuh hati.

  1. ATAP RUMAH BISA MENJADI TAHAN LAMA DAN AWET

Ini merupakan suatu pemecahan masalah yang sering terjadi di kehidupan, penyebab kebocoran berpotensi sangat tinggi terjadi ketika air hujan turun dan merembas kedalam dinding rumah secara perlahan.

  1. TIDAK MUDAH LICIN DAN BERLUMUT

Lantai yang sudah diberikan waterproofing tidak mudah licin dan tidak mudah berlumut, bahkan kebersihanpun sangat terjaga jika menggunakan wateproofing ini, Debu dan kotoranpun bisa dihilangkan dengan air biasa saja

  1. TINGKAT RENOVASI MENJADI KECIL

Tingkat Renovasi menjadi kecil jika waterproofing dilakukan di awal pembangunan gedung, Tentunya ini sangat menghemat pembiayaan operasional perusahaan ataupun anggaran yang dikeluarkan setiap tahunnya.

Secara kesuluruhan dengan penggunaan waterproofing memiliki keuntungan yang amat tinggi,  bangunan menjadi awet dan tahan lama, sebab tidak bisa di gugat lagi, walaupun air dibutuhkan dalam kehidupan, berbeda dengan bangunan yang tidak ingin di rembes dengan kedapan air.

Nah, Jika menemukan bagian tembok yang sudah berlubang atau retakan kecilsebaiknya ditambal terlebih dahulu, hal ini berguna untuk melester kerataan untuk bagian yang akan di pasang waterproofing nya, bisa pakai super cement atau yang lainnya.

Setelah tembok dinyatakan bersih dan siap untuk dipasang waterproofing, namun keadaan tembok harus kering terlebih dahulu, gunanya untuk mempercepat penempelan waterproofing kebagian tembok untuk cat waterproof melapisi secara rata.

Berikutnya Fase pelapisan untuk fase ini bisa menggunakan kuas, Roll Atau spray. Pastikan jika mengaplikasikan pelapisan ini harus satu arah tidak boleh banyak arah, hal ini dilakukan untuk meminimalisir kejelakan pada tampilan tembok dan harus merata.

Setelah itu tunggu hingga benar benar rata dan kering, sebelum Anda memulai lapisan kedua yang akan menimpa lapisan pertama, gunanya untuk mempertebal lapisan pada tembok yang biasa di sesuaikan oleh konsep interior Anda sendiri.

Tembok yang menahan rembesan atau kebal terhadap kebocoran, membuat penghuni rumah menjadi lebih nyaman dan indah di huni, Jauh dari penyakit dan tembokpun menjadi bersih dan rapih untuk dilihat.

JENIS-JENIS WATERPROOFING

Pengertian Waterproofing

Pengertian Waterproofing

  • WATERPROOFING BETON INTEGRAL

Waterproofing Beton integral ini memberikan lapisan yang Tahan dengan air, Namun hadirnya Jenis waterproofing beton integral ini memudahkan semuanya, tanpa kita sudah payah memberikan lapisan coating, sebab terdapat campuran beton yang sudah ada di dalamnya.

Integral merupakan Lapisan Beton yang di berikan atau dilapisi dengan zat concrete admixture yakni salah satu bubuk atua cairan yang bisa membuat waterproofing jenis ini menjadi lebih ampuh, Campuran ini lebih menjadi lentur, dan hemat terhadap air sampai 100 %.

Jenis Beton ini biasanya digunakan untuk struktur Beton yang dilindungi   darigenangan matahari, contohnya dinding basement pada gedungpencakar langit aytau ruang bawah tanah, Resep Concrete admixture ini tidak di perbolehkan tercampur denganbeton yang terkena genangan matahari secara langsung.

Pengaplikasian Sistem ini berbahan integral dalam campuran beton yang di tuangkan secara perlahan-lahan di dalam truck mixer dengan kategori dosis 5-8 Liter/m3 beton, Contohnya bahan integral dengan kategori terpilih Ultrachem integral, Conplast 421 (Fosroc), Visocrete dll.

Kelebihan dari jenis Waterproofing beton integral ini memiliki kehematan waktu pemasangan, sebab Pengaplikasian ini bersamaan dengan pengecoran, secara tidak langsung kualitas teknik ini menjadi lebih baik dan akurat, Ketahananbeton inipun menjadi Kuat dari serangan Gas atau genagan air serta cairan yang sensitif.

Kekurangan dari jenis Waterproofing Beton integral ini, tidak bisa semaksimal jika digunakan untuk atap atas gedung pencakar langit, sebab teknik ini tidak bisa tergenang langsung panas matahari, namun bisa digunakan untuk basement ruang bawah tanah yang biasanya di Pusat perbelanjaan.

  • WATERPROOFING MEMBRANE

Membrane Waterproofing merupakan proses Pemberian dari lapisan kedapannair pada satu beton, diringi dengan lapisan membrane, Jenis waterproofing ini seringkali dipakai pada tap gedung pencakar langit, atau biasa digunakan di dagperbetonan.

Lembaran Ini dibuat dengan bahan bitumen yang sudah di aplikasikan dengan modifikasi dari resin secara khusus, Penstabil dan Atioksidan dan dikuatkan dengan gabungan serat polyster yang tidak di tenun (Non woven polyster fabric) 200 gram/m2 dengan tebal 3 mm.

Proses pemasangan ini sangat rumit, pengaplikasiannya harus dipanaskan, di bakar/ torching

Dan dilaminating dengan lem terlebih dahulu, pengerjaan ini dikatakan memberikan waktu yang sangat lama, namun memberikan hasil yang sangat maksimal dalam hasilnya.

Kelebihan Jenis  Waterproofing Membrane ini adalah tidak mudah terpengaruh dari genagan cuaca dan suhu yang ekstrim, Sangat aman digunakan di daerah outdoor atua terbuka, Pemasangan inipun sangat praktis dan bisa dikatakan cepat, sekalipun didaerah yang sangat luas, serta ketebalanpun sangat tajam karena dibuat dari mesin khusus.

Kekurangan Jenis  Waterproofing Membrane ini adalah Lembarannya mudah sobek ketika Proses screeding pada bagian atap dag beton, Namun jika pemasangan dilakukan secara tidak hati hati maka akan mengalami kebocoran pada bagian bangunan ini.

  • WATERPROOFING COATING

Waterproofing Teknik Coating ini merupakan pemberian lapisan kedapan air yang bercampur dengan beton menggunakan kuas ataupun Pivbok, Teknik Waterproofing ini sering digunakan untuk shower room, toilet, dindingbeton dan basement parkiran dll.

Kelebihan Waterproofing Coating ini sangat mudah diaplikasikan, sangat sederhana dan ramah di lingkungan kita dalam keseharian, Ada dua jenis sistem coating ini yaitu Pemasangan secara internal atau secara  eksternal.

Waterproofing Internal lapisan kedapan airnya pada tempat yang tersembunyi contohnya kolam renang, kamar maandi dll, Sedangkan untuk Waterproofing eksternal di tempatkan yang terkena matahari atau di luar ruangan ( outdoor) seperti genteng, dan atap gedung.

  • WATERPROOFING FLASHBAND SELF ADDHISIVE

Waterproofing Self Adhesive merupakan Waterproofing yang melindungi Rembesan dengan Aplikasi lembaran flashband nya yang terbentuk rekatan pada bagian permukaan struktur yang akn dilindungi oleh metode jenis ini,Lembaran ini memiliki beberapa lapisan yang terdiri dari lembaran karet, Alumunium Foil dan lapisan penutup.

Biasanya digunakan untuk melindungi permukaan atap beton, lantai dan luar ruangan juga. Teknik Waterproofing flashband ini juga banyak di terapkan oleh supermaarket yang memiliki basement yang cukup luas, guna meminimalisir Kebocoran dan meningkatkan kenyamanan konsumen.

  • WATERPROOFING CEMENTITIOUS

Waterproofing Cementitious Atau biasa disebut Cembrasproof merupakan Bahan yang khusus yang di aplikasikan dengan baku serta menggunakan beberapa campuran semen spesial dalam larutan tahan air secara khusus.

Cementitious Waterproofing ini bahkan sangat mampu untuk melindungi suatu bidang atau lokasi dari rembesan air, Uap Air serta tekanan air yang terjadi, bukan hanya itu saa cembrasproof juga  mampu memperbaiki dinding dari kuatnya rembesan air akibat derasnya air hujan.

KARAKTERISTIK BANGUNAN TANPA WATERPROOFING

Biarpun Manfaat yang kita petik dan hasilkan dari Rumusan Teknik waterproofing amat besar, Faktanya Banyak Pemilik gedung pencakar langit masih sering mengabaikan aplikasi waterproofing ini.

Padahal yang saya amati bisa terlihat sangat jelas perbedaan bangunan yang menggunakan waterproofing dengan bangunan yang tidak menggunakan waterproofing.

Berikut karakterisitik bangunan yang tidak menggunakan Waterproofing, Dinding lembab, atau berjamur, Atap Gedung atau dinding mengalami kebocoran tingkat tinggi.

Basement rembes terkena genangan air, Lantai menjadi Berlumut dan menjadi licin.

Ciri ciri karakterisitik diatas sudah sangat jelas, Sangat rugi jika sebuah perusahaan yang mempunyai banyak gedung namun tidak mengaplikasikan waterproofing ini kedalam bangunannya sendiri.

Sebab Semakin lama banguann berdiri semakin tua  juga umur bangunannya dan harus merawatnya, Jika tidak sudah banyak insiden yang terjadi menghampiri gedung yang non waterproofing.

KESIMPULAN

Pengertian Waterproofing

Pengertian Waterproofing

Waterproofing Merupakan Hal yang membantu untuk kita semua, terutama Anda yang mempunyai gedung atau perusahaan Anda untuk meminimalisir kebocoran serta meningkatkan kenyamanan pada kinerja karyawan Anda.

Kenapa memilih waterproofing membrane bakar?  Jenis ini yang banyak dicari dan di pakai di gedung gedung pencakar langit di seluruh indonesia, jenis ini cukup simpel dan tidak ribet, hanya membakar aspal saja sudah bisa kita terapkan di gedung kita sendiri.

Tindakan memilih Waterproofing ini adalah hal yang tepat, sebagai tindakan penegahan bangunan guna meminimalisir kerusakan dan kerobohan pada bangunan, Terlebih dengan pengaplikasian dari waterproofing sendiri dengan biaya terjangkau.

Mungkin itu sekilas pengertian Waterproofing, Manfaat untuk bangunan. Kami juga membuka jasa pemasangan Waterproofing Membrane Bakar harga bersahabat kualitas terjamin.

Leave a Reply