Reklamasi : Pengertian, Macam Macam, Metode dan Dampak

Reklamasi – Kegiatan ini merupakan kegiatan yang mempunyai tujuan untuk menambah luas daratan. Selain itu tujuan lain adalah biasanya akan di jadikan sebagai aktivitas yang sesuai dengan wilayah.

Selain itu juga dimanfaatkan untuk keperluan konservasi wilayah pantai. Nah berikut ini akan kita bahas mengenai reklamasi yang lengkap untuk kalian mulai dari pengertian, manfaat dan beberapa pembahasan lainya.

Pengertian Reklamasi

pengertian reklamasi

Apa sih yang dimaksud dengan Reklamasi? Reklamasi ialah suatu kegiatan atau sebuah proses pembuatan suatu daratan baru di dasar sungai atau pun dasar laut guna untuk menambah luas daratan di suatu daerah, karena daratan yang ada sudah terbilang sangat sempit.

Reklamasi itu sendiri dapat kita dilaksanakan apabila terdapat suatu daerah wilayah tersebut itu telah mengalami sebuah erosi yang cukup parah, sehingga area itu pun dapat kita diperbaiki.

Menurut pengertian lain dari reklamasi, ialah suatu kegiatan sebuah penimbuhan areal dalam skala yang relatif luas sehingga sangat luas didaratan ataupun areal perairan untuk suatu rencana tertentu.

Pengertian Reklamasi Menurut Para Semua Ahli

Pengertian Reklamasi Menurut Para Semua Ahli

Berikut ini sebuah pengertian reklamasi menurut para ahli, antara lain :

Save M Dagun

Pengertian reklamasi menurut seseorang yang bernama M. Dagun ialah bahwasannya suatu upaya pemanfaatkan suatu lahan yang tidak memiliki ekonomis atau kurang berguna untuk berbagai semua kepentingan, misalkan untuk area sebuah pertanian, industri, rekreasi, dan juga pemukiman serta masih banyak yang lainnya.

KBBI

Menurut dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian dari reklamasi, ialah usaha untuk memperluaskan sebuah tanah dengan memanfaatkan suatu daerah yang semula itu tidak berguna dan juga untuk pengurukan sebuah tanah.

Ensiklopedia Nasional Indonesia

Menurut dari Ensiklopedia Nasional Indonesia pengertian dari reklamasi, ialah sebuh proses yang dapat memperbaiki suatu wilayah yang sudah tidak berguna atau tidak dipakai lagi menjadi suatu daerah yang bisa dimanfaatkan kembali untuk sebuah keperluan dan juga kepentingan manusia.

Baca Juga: Efek Rumah Kaca

Tujuan Reklamasi

Tujuan Reklamasi

Sementara dari itu ada juga tujuan dari reklamasi, ialah untuk membuat suatu kawasan yang berair yang sebelumnya itu tidak memberikan suatu manfaat menjadi suatu kawasan baru yang lebih baik dan juga bermanfaat dalam segala aspek ataupun tujuan.

Sebuah kawasan baru tersebut itu dapat digunakan untuk sebuah pemukiman, sebuah perindustrian, bandar udara, pertanian, jalur transportasi alternatif, usaha atau bisnis.

Bukan hanya itu saja ada pertokoan, pelabuhan udara, perkotaan, reservoir air tawar di pinggir pantai.

kawasan sebuah pengelolaan limbah dan lingkangan terpadu serta dapat dijadikan juga sebagai sebuah tanggul perlindungan antara daratan lama dan daratan baru dari sebuah ancaman abrasi atau menjadi suatu kawasan baru berupa wisata terpadu.

Ditinjau dari berbagai aspek lingkungan yang ada dan juga fisiknya, menurut para ahli yang bernama Max Wigau, bahwasannya tujuan dari reklamasi adalah :

  • Untuk memulihkan sebuah tanah yang telah hilang karena suatu gelombang laut yang sangat besar.
  • Untuk memperoleh sebuah tanah yang baru di suatu areal depan garis pantai untuk sebagai pendirian bangunan yang dapat dimanfaatkan untuk sebuah benteng perlindungan garis pantai.

Sebuah Reklamasi yang telah dilakukan dan dilaksanakan oleh berbagai negara ataupun kota-kota besar yang ada di dunia ini memiliki sebuah tingkatan pertumbuhan dan juga kebutuhan lahan yang telah menginjak dengan sangat pesat dan cepat, sehingga mendapatkan kendala terbatasnya lahan.

Jadi dengan adanya tersebut, maka terjadilah sebuah pemekaran kota ke arah daratan yang tidak mungkin bisa dipakai kembali, sehingga dibutuhkanlah sebuah daratan baru kecuali dengan cara reklamasi.

Itulah jalan lain yang dapat terlaksana oleh berbagai negara ataupun kota-kota besar, karena jalan tersebut dapat menyelesaikan suatu keterbatasannya suatu lahan di berbagai negara ataupun kota-kota besar.

Sehingga dapat dapat disimpulkan bahwasannya negara atau kota-kota besar ini melakukan suatu pemekaran kota ke arah yang lebih vertikal dengan membangun sebuah gedung pencakar langit, rumah-rumah susun, dan sebagainya.

Manfaat Reklamasi

Manfaat Reklamasi

Manfaat dari rekmalasi ialah sebagai berikut :

  • Untuk sebuah negara ataupun kota-kota besar dengan memiliki kepadatan penduduk yang sangat tinggi, dengan cara melakukan reklamasi ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menyelesaikan sebuah masalah keterbatasan sebuah lahan dengan dapat membangun berbagai bangunan, lahan permukiman yang baru atau tanpa melakukan penggusuran sedikitpun kepada penduduk.
  • Membuat sebuah kawasan yang berair ataupun lahan tambang yang telah rusak dan yang tidak bermanfaat lagi lebih baik lahan itu dimanfaatkan dengna baik untuk lahan permukiman, industri, bisnis dan perkantoran, pertanian ataupun sebuah objek wisata.
  • Daerah yang telah direklamasi akan menjadi daerah yang terlindungin dari erosi karena konstruksi sebuah pengamannya ini telah disiapkan sekuat mungkin untuk dapat menahan ombak.
  • Daerah yang telah mempunyai ketinggian di bawah permukaan air laut ini bisa terhindar dari bencana banjir apabila dibuatkannya suatu tembok penahan air laut di sepanjang pesisir pantai.
  • Sebuah pesisir pantai yang dulunya telah rusak akan dapat menjadi lebih baik lagi apabila wilayah itu dimanfaatkan dengan baik.

Baca Juga : Pengolahan Air Bersih

Dampak Reklamasi

Dampak Reklamasi

Dampak dari sebuah reklamasi ini telah dibagi menjadi 2 bagian, yaitu  antara lain dampak positif dan juga dampak negatif berikut ini penjelasannya :

Dampak positif dari Reklamasi

Reklamasi ini bisa membuat berbagai negara ataupun kota-kota besar terbantu dalam tersedianya sebuah lahan untuk segala keperluan untuk pemekaran kota, penataan kembali wilayah daerah pesisir pantai ataupun pengembangan wisata bahari dan lain-lainnya.

Dampak positif dari reklamasi yang kita ketahui ialah antara lain, bisa meningkatkan suatu kualitas dan sebuah nilai ekonomi yang berada di kawasan di pesisir pantai.

Berkurangnya suatu lahan yang tidak produktif, adanya penambahan wilayah, melindungin pesisir pantai dari bahaya erosi, meningkatkan suatu habitat perairan, dan menyerap semua tenaga kerja.

Dampak Negatif Reklamasi

Dampak negatif reklamasi ini ialah harus adanya suatu perubahan secara hidroseanografi, sedimentasi, meningkatknya sebuah kekeruhan air, tercemarnya sebuah air laut, meningkatnya terjadinya bencana banjir didaratan, dan suatu genangan di kawasan pesisir pantai serta rusaknya sebuah ekosistem laut, dan sebagainya.

Dampak negatif yang lainnya dari reklamasi antari lainnya ialah terjadinya bencana banjir, kurangnya ketersediaan bahan urug, manfaat sebuah lahan menjadi berubah, ketersediaan air bersih menjadi berkurang.

Pencemaran udara dimana-mana, sistem pengelohan sampahnya yang rusak, pengelolaan sistem transportasi yang kurang baik dan pengaruhnya terhadap suatu aktivitas yang telah ada.

Metode

Dalam metode reklamasi ini pun terdapat beberapa metode dalam melakukan reklamasi, yaitu antara lain :

Metode Sistem Polder :

Metode dari sebuah sistem polder ini pun dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan cara membuang air itu secara terus-menerus ke dalam sebuah area reklamasi yang telah dibuat lalu kemudian menggunakan dengan sebuah pompa air yang telah ada.

Baca Juga : Pengolahan Tanah

Lahan dari sebuah polder ini akan dibagi menjadi beberapa dari petak parit bertujuan untuk mengalirkan semua air itu menuju ke parit utama serta nantinya air tersebut yang berada di parit utama kemudian di pompa kembali ke air laut.

Metode Sistem Drainase :

Metode dari sebuah sistem drainase ini biasanya dilakukan di wilayah daerah pesisir pantai yang datar dan juga relatif rendah dibandingkan dengan wilayah disekitarnya.

Demikianlah sebuah artikel mengenai tentang reklamasi,  semoga artikel ini diharapkan bisa membantu teman-teman semuanya dalam menambah ilmu serta wawasannya

Leave a Reply