Pengertian Komunikasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli (Lengkap)

Pengertian Komunikasi – Setiap hari kita semua melakukan yang namanya komunikasi. Dalam kehidupan sehari-hari, berbicara adalah salah satu bentuk nyata dari sebuah proses komunikasi. Meskipun kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang kerapkali dilakukan, akan tetapi, banyak masyarakat yang belum memahami pengertian, serta tujuan dari komunikasi itu sendiri.

Dengan demikian, maka tidak heran jika komunikasi digunakan sebagai cara untuk mewujudkan niat buruk pada diri seseorang. Bukan hanya berbicara saja, malinkan banyak bentuk lain dari komunikasi itu sendiri. Adapun penjelasan lebih lanjut terkait dengan komunikasi bisa dilihat dalam uraian berikut ini.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Komunikasi adalah tatanan bahasa Indonesia yang awalnya berasal dari kata Communicare/communis yang memiliki arti milik bersama atau sama. Kedua jenis bahasa kata tersebut adalah kata yang berasal dari bahasa Latin.

Jika Anda melakukan proses komunikasi terhadap lawan bicara, tidak dapat dihindari bahwa Anda harus berusaha sekeras mungkin supaya yang disampaikan bisa diterima oleh lawan bicara Anda . Hal inilah yang digunakan sebagai dasar kenapa proses komunikasi penting untuk dilakukan. Menurut pendapat beberapa ahli, berikut beberapa pengertian dasar dari komunikasi:

1. Raymond Ross

Beliau mengatakan bahwa komunikasi merupakan kegiatan mengirim simbol, memilih, serta juga menyortir simbol tersebut dalam beragam bentuk yang nantinya diharapkan dapat membantu para pendengarnya supaya bisa menanggapi apa yang dimaksud oleh komunikator terkait.

2. Colin Cherry

Colin berpendapat bahwa komunikasi adalah sebuah proses yang mana berbagai pihak yang terkait saling memberikan beragam informasi yang bertujuan supaya tujuan bersama , dan apapun yang berkaitan dengan hubungan tersebut dapat tercapai dengan baik, serta sesuai harapan.

3. Kafried Knapp

Knapp berpendapat bahwa komunikasi disebut sebagai alat interaksi setiap pribadi dengan menggunakan bantuan simbol linguistik. Misalnya , simbol verbal yang dihubungkan dengan perkataan setiap individu , serta juga simbol non verbal. Simbol tersebut dpat langsung diaplikasikan melalui tatap muka secara langsung ataupun dengan menggunakan berbagai simbol tertentu.

Pengertian Komunikasi Secara Umum

Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Untuk anda, yang saat ini sedang mencari informasi lengkap terkait dengan definisi dari komunikasi. Berikut kami berikan uraiannya. Jadi, komunikasi merupakan sebuah kegiatan yang melibatkan sikap atau perilaku, serta menjadikan individu bisa berhubungan dengan orang lain dan dunia yang ada di sekitarnya.

Komunikasi merupakan sebuah proses, dimana orang yang sedang bekerja di dalam sebuah organisasi bisa saling bertukar informasi serta mengartikan arti dari informasi tersebut. Bagian terpenting dari sebuah proses komunikasi yaitu bisa didapatkannya komunikasi yang efektif, serta efisien.

Berbicara lebih lanjut mengenai definisi, sebelum membahas lebih jauh mengenai definisi komunikasi, Anda perlu mengetahui apa saja uraian yang membahas mengenai definisi komunikasi itu sendiri.

Definisi komunikasi merupakan sebuah proses untuk menyampaikan informasi yaitu pesan, ide, gagasam dari salah satu pihak kepada pihak lainnya. Secara umum, definisi komunikasi ini bisa dilakukan secara lisan, atau bisa juga dilakukan secara verbal yang bisa dipahami oleh kedua belah pihak.

Jika ternyata tidak ada bahasa verbal yang bisa dipahami oleh kedua pihak tersebut, maka bisa dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, seperti menggelengkan kepala, tersenyum, atau bisa juga dengan mengangkat bahu. Kegiatan komunikasi ini dikenal dengan komunikasi nonverbal.

Definisi Komunikasi Secara Lengkap

Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Perlu Anda ketahui, jika proses komunikasi yang efektif ini penting untuk manajer. Pasalnya, sebagai proses dimana salah satu fungsi dari manajeman yaitu fungsi pencerahan, fungsi kepemimpinan, serta fungsi pengendalian yang akan dicapai.

Pengertian komunikasi kerap kali terganggu. Hal tersebut dikarenakan adanya masalah semantik atau arti kata, kurangnya saluran komunikasi , tidak adanya umpan balik, adanya gangguan fisik hingga adanya perbedaan budaya serta status.

Terdapat pedoman supaya menghasilkan pengertian komunikasi yang efektif. Seperti seseorang harus bisa mendengarkan secara aktif, mengusahakan untuk memberikan umpan balik, langsung di dalam masalah, menggambarkan situasi secara lengkap, serta meringkas.

Di dalam definisi komunikasi, memungkinkan setiap manajer bisa menjalankan tanggung jawabnyam serta memberikan informasi yang perlu disampaikan kepada manajernya sebagai bahan membuat keputusan di dalam pembuatan fungsi manajer, baik fungsi secara lisan atau fungsi secara tulisan.

Selain itu, definisi dari komunikasi juga bisa diartikan sebagai sebuah proses untuk memindahkan gagasan atau informasi seseorang kepada orang lain. Selain disebut sebagai proses untuk memindahkan gagasan dari satu orang ke orang lain dalam bentuk kata-kata. Akan tetapi, juga bisa dalam bentuk ekpresi wajah intonasi, serta beberapa hal lainnya.

Perlu anda ketahui juga, ternyata definisi komunikasi ini bisa mengkoneksikan antara satu bagian berbeda, atau yang kerap dikenal sebagai proses bertukar informasi. Karene mengandung beberapa unsur sebagai berikut:

• Merupakan kegiatan seseorang untuk megerti,
• Merupakan sarana pengendalian informasi,
• Merupakan sistem bagi terjalinnya komunikasi diantara individu-individu.

Sejarah Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Jika pada ulasan sebelumnya sudah kami berikan uraian mengenai definisi komunikasi secara lengkap, serta jelas, unsur yang harus ada di dalam komunikasi juga tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Selain itu, terkait dengan sejarahnya, Anda juga harus memahaminya.

Komunikasi atau communication merupakan kata yang berasal dari bahasa Latin communis yang berarti ‘sama’. Communico, communicatio atau communicare memiliki arti membuat sama (make to common).

Dalam pengertian yang sederhana, definisi dari komunikasi ini dapat terjadi ketika terdapat kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan. Oleh sebab itu, definisi komunikasi akan sangat bergabntung pada kemampuan kita untuk bisa memahami antara satu dengan yang lainnya (communication depends on our ability to understand one another).

Awal mullanya, definisi komunikasi ini kerap digunakan untuk menyampaikan kebutuhan yang memiliki sifat organis. Sebuah hubungan yang memiliki sinyal-sinyal kimiawi di setiap organisme awal untuk reproduksi. Akan tetapi, sejalan dengan evolusi kehidupan, akhirnya sinyal-sinyal kimiawi yang terbilang primitif dalam proses komunikasi akhirnya mengalami evolusi serta membuka peluang terjadinya perilaku yang semakin rumit.

Manusia melakukan kegiatan komunikasi untuk membagikan pengetahuan serta pengalamannya. Berbicara, bahasa sinyal, tulisan, penyiaran, serta gerakan merupakan bentuk umum dari komunikasi itu sendiri. definisi dari komunikais ini juga bisa berupa interaktif, komunikasi yang memiliki tujuan, komuniksi transaktif, atau komunikasi yang memang tidak memiliki tujuan.

Melalui kegiatan komunikasi, sikap serta perasaan seseorang atau sekelompok orang bisa dipahami oleh pihak lain yang terlibat dalam proses komunikasi itu sendiri. Meskipun demikian, definisi komunikasi hanya akan berlangsung efektif jika terdapat pesan yang memang akan disampaikan serta bisa diartikan sama oleh sang penerima pesan tersebut.

Meskipun definisi dari komunikasi ini sudah dipelajari oleh banyak orang serta sudah dipelajari sejak lama dan termasuk juga “barang antik”. Pembahasan terkait hal ini akhirnya menjadi pembahasan yang bisa dibilang pemting, terlebih ketika memasuki abad ke 20. Pasalnya, pertumbuhan komiunikasi akan digambarkan sebagai bagian “penemuan yang revolusioner”.

Mengingat, pada sat itu, terdapat peningkatan teknologi komunikasi yang pesat. Pada waktu itu muncul beberapa media komunikasi seperti Televisi, satelit, telepon dan juga jaringan komputer seiring dengan adanya industrialisasi dalam bidang usaha yang besar, serta politik yang semakin mendunia.

Dalam tingkat akademi, bisa saja definisi komunikasi ini memiliki departemen tersendiri, dimana komunikasi sudah dibagi menjadi beberapa sub seperti komunikasi masa, komunikasi untuk pembawa acara, humas serta lainnya. Meskipun demikian subyeknya tetap sama dan tetap. Pekerjaan yang terkait dengan komunikasi juga menjadi cerminan dari beragamnya definisi komunikasi tersebut.

Proses Terjadinya Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Pada sub bagian ketiga ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai definisi komunikasi terkait dengan proses komunikasi yang sedang berlangsung. Secara ringkas, berlangsungnya proses komunikasi bisa dilihat dalam penjabaran berikut ini.

1. Komunikator (sender)

yang memiliki maksud berkomunikasi dengan orang lain akan mengirimkan suatu pesan kepada orang yang dimaksud. Pesan yang disampaikan tersebut dapat berupa informasi dalam bentuk bahasa ataupun melalui simbol-simbol yang bisa dimengerti antara kedua pihak.

2. Pesan (message)

Pesan tersebut disampaikan atau dibawa melalui suatu media atau saluran baik secara langsung atau tidak langsung. Mislanya berbicara langsung melalui telepon, surat, e-mail, atau media lainnya.

3. Media (channel)

Media merupakan alat yang menjadi penyampai pesan antara komunikator ke komunikan.

4. Komunikan (receiver)

adalah menerima pesan yang disampaikan serta mengartikan isi pesan yang diterimanya ke dalam bahasa yang dimengerti oleh komunikan tersebut .

5. Komunikan (receiver)

akan memberikan umpan balik (feedback) atau tanggapan terhadap pesan yang dikirimkan kepadanya, apakah dia mengerti atau memahami pesan yang disampaikan oleh pengirim tersebut.

Komponen Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Jika pada ulasan sebelumnya sudah kami sampaikan mengenari definisi komunikasi. Serta sejarah dari komunikasi, kini saatnya untuk memahami komponen yang terdapat di dalam definisi komunikasi secara umum. Komponen komunikasi merupakan hal-hal yang wajin ada supaya komunikasi dapat berjalan dengan baik. Menurut Laswell komponen-komponen komunikasi adalah:

• Pengirim atau komunikator (sender) merupakan pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
• Pesan (message) merupakan isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada satu pihak pihak lain.
• Saluran (channel) merupakan media dimana pesan disampaikan kepada komunikan. Di dalam proses komunikasi antar-pribadi (tatap muka) saluran bisa berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.
• Penerima atau komunikate (receiver) merupakan pihak yang menerima pesan dari pihak lain
• Umpan balik (feedback) merupakan tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.
• Aturan yang disepakati para pelaku komunikasi terkait bagaimana komunikasi itu akan dijalankan (“Protokol”)

Tujuan dan Fungsi Adanya Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Secara umum , tujuan serta juga fungsi dari komunikasi hampir sama . Sama halnya dengan pengertian komunikasi sebelumnya, tujuan serta fungsi dari komunikasi ini sendiri juga kerap diacuhkan oleh para pelakunya. Hal ini tentunya akan menjadikan komunikasi yang dijalankan tidak akan mendapatkan titik temu atau hanya sia-sia saja. Berikut merupakan tujuan, serta fungsi adanya komunikasi dalam kehidupan sehari-hari:

• Mengarahkan, menyebarluaskan serta menetapkan setiap tujuan perusahaan yang sudah disepakati sebelumnya.
• Komunikasi dapat digunakan sebagai rencana yang sudah disusun demi mencapai setiap tujuan yang sebelumnya sudah disepakati oleh pihak yang berkaitan
• Memanajemen sumber daya manusia serta juga sumber daya lain secara umum akan bisa bekerja lebih efisien sertac juga efektif demi menggapai sebuah tujuan
• Mengembangkan, menilai serta juga menyeleksi setiap pihak yang saling terkait ketika proses komunikasi berjalan
• Mengendalikan setiap prestasi dari pihak yang berkaitan
• Mengarahkan, memimpin, serta menciptakan iklim terbaik serta memotivasi keinginan setiap pihak untuk ikut dalam kontribusi yang sudah disepakati

Pada tahun 1982, pakar komunikasi yang bernama Hewitt juga menyebutkan tujuan atau fungsi komunikasi itu sendiri. Menurutnya, komunikasi yang dilakukan oleh pihak yang berkaitan memiliki tujuan, diantaranya adalah sebagai berikut:

• Mengajarkan serta juga mendalami suatu problematika
• Mempengaruhi serta mengungkapkan apa saja perasaan yang dimiliki oleh seseorang
• Menjadi alat bantu untuk menjabarkan sikap individu tersebut ataupun sikap dari orang lain
• Sebagai sarana untuk berhubungan serta berinteraksi dengan setiap orang
• Menyelesaikan sebuah masalah yang saat itu sedang terjadi
• Sebagai sarana untuk bisa mencapai tujuan bersama yang sebelumnya sudah disepakati
• Menyelesaikan konflik yang terjadi serta juga menurunkan ketegangan yang muncul diantara pihak tertentu
• Menstimulasikan berbagai minat pada orang lain ataupun pada dirinya sendiri

Jenis Jenis Komunikasi 

Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Bukan hanya pengertian komunikasi yang menjadi dasar pada pembahasan ini, mengetahui apa saja jenis-jenis dari komunikasi serta juga syarat-syarat komunikasi merupakan hal penting untuk dilakukan. Tujuannya, supaya komunikasi dapat terarah serta berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Kebanyakan, komunikasi dibagi sesuai dengan penyampaian yang diberikn pada pihak-pihak yang sedang berkomunikasi. Terkait dengan bagaimana cara penyampaiannya, kita bisa membagi komunikasi dalam dua jenis, yaitu komunikasi verbal yang menggunakan lisan , serta komunikasi nonverbal yang menggunakan cara yang tertulis. Keduanya jenis komunikasi tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan, dengan demikian Anda harus mengetahuinya.

Komunikasi verbal sendiri merupakan jenis komunikasi yang dilakukan secara tatap muka langsung tanpa adanya batasan jarak, adapun contoh dari komunikasi verbal yang kerap kita lakukan yaitu berbicara. Meskipun jenis komunikasi ini harus melalui bertatap muka, akan tetapi, terdapar batasan tertentu yang menjadikan komunikasi yang dilakukan seseorang masuk kedalam jenis komunikasi ini.

Komunikasi yang dimaksud yaitu komunikasi yang dilakukan karena terbatas oleh jarak, contohnya ketika menelepon seseorang. Meskipun tidak bertatap muka secara langsung, jenis komunikasi ini merupakan komunikasi verbal yang paling banyak dilakukan oleh pihak yang membutuhkannya.

Jenis komunikasi kedua yaitu jenis komunikasi nonverbal. Komunikasi nonverbal yang menggunakan tulisan sebagai salag media komunikasinya sudah banyak kita temui didalam kehidupan sehari-hari. Dikarenakan masyarakat belum terlalu paham mengenai pengertian komunikasi secara umum, komunikasi nonverbal ini kerap diacuhkan begitu saja.

Sebenarnya, jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, manfaatnyat ternyata sangat besar. Adapun bentuk dari komunikasi nonverbal yang paling banyak yaitu dalam bentuk teks atau naskah tertentu.  Kebanyakan, teks tersebut digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan komunikasi secara kompleks serta terukur.

Lebih dari itu, gambar serta juga foto juga dapat digunaka sebagai sarana non verbal. Seperu yang paling sering kita temukan dari komunikasi nonverbal yaitu banner, spanduk, iklan di TV serta masih banyak lainnya. Supaya kedua jenis komunikasi tersebut dapat berjalan dengan terarah serta dapat mendapatkan tujuan yang sesuai dengan keinginan, syarat-syarat komunikasi berlangsung merupakan hal mutlak yang harus ada.

Dengan adanya syarat tersebut, komunikasi yang dilakukan oleh kedua belah pihak yang berkaitan dapat berjalan dengan baik, hingga akhirnya dapat mendapatkan hasil atau tujuan yang diharapkan. Terkait dengan syarat-syarat komunikasi adalah sebagai berikut:

• Komunikasi wajib memiliki pesan yang akhirnya dapat diterima oleh pihak yang saling berkaitan.
• Komunikasi juga dapat mencapai tujuan ketika penyampaiannya sesuai dengan apa yang disampaikan.
• Komunikasi juga wajib memiliki kredibilitas yang bagus hingga akhirnya menjadikan penerima pesan dapat percaya terkait dengan apa yang dirinya sampaikan.
• Komunikasi memerlukan pengendalian suasana berupa tanggapan atau beberapa hal lainnya.

Pengertian komunikasi merupajan hal penting yang harus diketahui oleh setiap pihak yang melakukan komunikasi, baik untuk komunikasi verbal ataupun komunikasi nonverbal. Untuk itu, memahami pengertian komunikasi secara menyeluruh merupakan hal penting bagi semua orang.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Pengertian Komunikasi

Leave a Reply