Pengertian Ekonomi Secara Umum dan Menurut Para Ahli (Lengkap)

Pengertian Ekonomi – Ekonomi merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Aspek ekonomi ini menyebabkan adanya transaksi antar masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Tidak hanya kehidupan sehari-hari pada individu, ekonomi juga melibatkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam praktik kesehariannya. Lalu sebenarnya apa pengertian ekonomi itu?

Pengertian Ekonomi Secara Umum

Pengertian Ekonomi

Pengertian Ekonomi

Pengertian ekonomi secara umum adalah segala upaya dan kemampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidup agar mencapai suatu tingkat kemakmurannya. Cara untuk memenuhi kebutuhan setiap individu itu isa dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya tertentu. Sumber daya tersebut dapat diolah menjadi suatu barang yang memiliki nilai lebih kemudian didistribusikan untuk dinikmati oleh masyarakat.

Selain ekonomi, kita juga mengenal ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi ini adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang aktivitas manusia yang muncul karena adanya keterbatasan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Ilmu ekonomi juga dapat dikatakan sebagai ilmu yang membahas tentang perilaku ekonomi dan akibat dari perilaku ekonomi.

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Pengertian Ekonomi

Pengertian Ekonomi

1. Pengertian ekonomi menurut Abraham Maslow

Abraham Maslow adalah seorang psikolog dan inspirator yang memiliki kecakapan personal dan soft skill yang baik. Abraham Maslow lahir di Brookly New York pada tanggal 1 April 1908 dan tutup usia di California pada tanggal 8 Juni 1970 saat menginjak usia 62 tahun. Teori yang sangat terkenal dari Abraham Maslow adalah Hierarki Kebutuhan Dasar Manusia, Teori Humanistik, dan Aktualisasi diri.

Abraham Maslow juga mengutarakan teori ekonomi yaitu bahwa ekonomi merupakan suatu bidang keilmuan yang dapat menyelesaikan berbagai permasalahan kehidupan manusia melalui seluruh sumber ekonomi yang tersedia berdasarkan pada teori dan prinsip dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien.

2. Pengertian ekonomi menurut Adam Smith

Adam Smith merupakan salah satu tokoh yang aktif dalam filsuf politik dan ekonomi. Beliau adalah pencetus sistem ekonomi kapitalis pada abad ke 18 dan 19 di Eropa Barat. Adam Smith bergerak di bidang ekonomi klasik. Ia tidak hanya menggagas teori mengenai ekonomi klasik. Tetapi juga berhasil menggagas teori tentang pasar bebas era modern dan ketenagakerjaan.

Dalam dunia ekonomi, Adam smith menjelaskan bahwa pengertian ekonomi merupakan suatu penyelidikan tentang kondisi dan penyebab munculnya kekayaan suatu negara. Selain itu, teori yang terkenal dari Adam Smith adalah Teori Keunggulan Mutlak.

3. Pengertian ekonomi menurut John Stuart Mill

John Stuart Mill adalah seorang filsuf empiris yang sangat terkenal dalam reformasi utilitarianisme sosial di Inggris. John Stuart Mill lahir di London 20 Mei 1806 dan meninggal di Avignon 8 Mei 1873 pada usia 66 tahun. Beliau adalah anak seorang akademisi dan sejarawan bernama James Mill.

John Stuart Mill melakukan gagasan dalam bidang ekonomi. Ia menyebutkan bahwa pengertian ekonomi adalah suatu ilmu praktis yang mempelajari tentang adanya penagihan dan pengeluaran.

4. Pengertian ekonomi menurut Paul Anthony Samuelson

Paul Anthony Samuelson adalah seorang tokoh ekonomi Amerika. Ia merupakan lulusan Universitas Harvard dan berhasil menyandang gelar doktor. Ia juga menjadi orang pertama Amerika yang meraih penghargaan nobel karena mengembangkan teori ekonomi statis dan dinamis. Tokoh ekonomi ini banyak memberikan pengaruh pada perkembangan teori ekonomi di dunia.

Paul A Samuelson juga menyebutkan bahwa ekonomi adalah salah satu cara yang digunakan oleh seseorang atau masyarakat dalam memanfaatkan sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai macam komoditi dan produk serta mendistribusikannya pada masyarakat supaya dapat dikonsumsi dan dinikmati oleh masyarakat umum.

5. Pengertian ekonomi menurut Hermawan Kartajaya

Hermawan Kartajaya adalah salah satu tokoh ekonomi Indonesia yang berhasil menjadi tokoh pakar pemasaran di dunia. Ia pernah kuliah di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS Surabaya) tetapi tidak berhasil lulus karena permasalahan ekonomi. Namun, ia berhasil mendapatkan gelar honoris causa dari ITS karena mampu mengembangkan ilmu dalam sektor ekonomi dan pemasaran level dunia.

Hermawan Kartajaya sangat berpengaruh terhadap pemasaran dunia dan saat ini ia menjabat sebagai Presiden Mark Plus & CO. Pengertian ekonomi menurut Hermawan Kartajaya adalah bahwa ekonomi merupakan suatu wadah yang menempatkan sektor industri berada di atasnya.

6. Pengertian ekonomi menurut Amwal

Amwal menyebutkan dalam teori ekonominya bahwa ekonomi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang cara menentukan suatu keputusan yang efektif untuk mengelola semua sumber daya yang tersedia dalam memenuhi kebutuhan pada individu atau masyarakat umum.

7. Pengertian ekonomi menurut Khursid Ahmad

Khursid Ahmad dalam teorinya menjelaskan bahwa ekonomi merupakan suatu usaha yang menyebabkan adanya sistematisasi dan pemahaman tentang segala permasalahann ekonomi dan segala macam perilaku masyarakat dengan berbagai permasalah berdasarkan pada perspektif agama Islam.

8. Pengertian ekonomi menurut Aristoteles

Aristoteles merupakan seorang tokoh yang sangat terkenal di dunia, Banyak teori yang muncul dari gagasan pikirannya dimulai dari teori tentang asal usul kehidupan hingga teori tentang perekonomian. Dalam teori ekonomi, aristoteles menyebutkan bahwa ekonomi adalah cabang yang digunakan dengan dua jalan yaitu bisa dipakai dan bisa ditukar atau ekonomi memiliki nilai tukar dan nilai penggunaan.

9. Pengertian ekonomi menurut Samuekon

Samuekon menjelaskan bahwa pengertian ekonomi adalah sebuah studi atau ilmu yang dapat melakukan analisis terhadap segala macam bentuk kerugian dan keuntungan yang mengikat pada semua pola tertentu dalam memanfaatkan penggunaan sumber daya.

10. Pengertian ekonomi menurut Lipsey

Lipsey menyebutkan bahwa ekonomi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang pemanfaatan segala sumber daya yang langka untuk dapat memenuhi setiap kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan tidak ada habisnya.

11. Pengertian ekonomi menurut M. Manullang

Ekonomi menurut M Manullang merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang aktivitas masyarakat dalam upaya untuk mencapai segala kemakmurannya, di mana kemakmuran tersebut adalah suatu keadaan saat manusia dapat memenuhi segala macam kebutuhan hidupnya baik berupa barang maupun jasa.

12. Pengertian ekonomi menurut Von Neumann dan Mogenstern

Von Neumann dan Mogestern menyebutkan bahwa ekonomi merupakan suatu cabang ilmu pemengetahuan yang harus dilakukan secara ilmiah karena semua tokoh ekonomi sudah sibuk untuk mengurusi berbagai macam solusi agar dapat menghadapi berbagai permasalahan yang mendesak dalam bidang ekonomi pada zamannya.

13. Pengertian ekonomi menurut Alfred Marshall

Alfred Marshall menyebutkan bahwa ekonomi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang segala macam kehidupan manusia dalam setiap kesehariannya.

14. Pengertian ekonomi menurut Case dan Fair

Menurut Case dan Fair pengertian ekonomi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana individu atau masyarakat mengambil pilihan untuk menggunakan segala sumber daya yang lengkap terhadap apa yang sudah disediakan oleh alam dan generasi yang sudah ada di zaman sebelumnya.

Pengertian Ekonomi Syariah

Pengertian Ekonomi

Pengertian Ekonomi

Ekonomi syariah biasa disebut sebagai ekonomi Islam. Ekonomi syariah ini merupakan salah satu bentuk percabangan ilmu ekonomi yang berdasarkan pada nilai-nilai dalam agama Islam. Ekonomi Islam berlandaskan pada syariat dan hukum Islam yang diatur dalam Al Quran, Sunnah, Ijma, dan Qiyas. Hukum-hukum ini melandasi segala macam prosedur transaksi sepenuhnya untuk kemakmuran umatnya.

Kesejahteraan masyarakat tidak diukur dari aspek materiil, tetapi juga mempertimbangkan dampak sosial, mental dan spiritual serta akibat pada lingkungannya. Tujuan ekonomi syariah ini adalah falah yang berarti kesuksesan yang berupa tercapainya kebahagiaan dalam segi materiil dan spiritual untuk mencapai kesejahteraan dunia dan akhirat.

Karakteristik ekonomi syariah yaitu menggunakan sistem bagi hasil, menggabungkan antara nilai spiritual dan material, memberikan kebebasan sesuai dengan ajaran Islam, mengakui kepemilikan multi jenis, terikat pada akidah dan syariah, menjaga keseimbangan antara rohani dan jasmani, memberikan ruang pada negara dan pemerintah, serta melarang adanya praktik riba.

Ekonomi syariah juga berpedoman pada prinsip – prinsip dasar yang di antaranya adalah keimanan dan ketakwaan, memenuhi kebutuhan, pembagian kepemilikan, pengelolaan kepemilikan, dan mata uang berbasis logam mulia. Yang membedakan ekonomi Islam dengan ekonomi konvensional sistem pertukaran dalam ekonomi syariah yang dituntun dengan menggunakan etika Islam bukan hanya oleh kekuatan pasar.

Pengertian Ekonomi Mikro

Pengertian Ekonomi

Pengertian Ekonomi

Mikro memiliki arti secara harfiah yaitu kecil. Hal ini berarti ekonomi mikro merupakan ilmu yang mempelajari tentang ekonomi kecil atau ilmu yang menganalisis bagian-bagian kecil secara individual dari keseluruhan kegiatan suatu perekonomian. Isu yang dibahas dalam ekonomi mikro adalah isu mengenai bagaimana cara menggunakan faktor produksi yang tersedia dengan baik untuk kemakmuran masyarakat.

Aspek yang dapat dipelajari dari ekonomi mikro adalah interaksi di pasar barang, tingkah laku antara penjual dan juga pembeli, interaksi di pasaran faktor produksi. Contoh dari pembahasan dari ekonomi mikro adalah interaksi antara penjual dan pembeli di pasaran kopi atau cengkeh di mana pengambilan keputusan hanya berdasarkan pada individu atau perorangan saja.

Analisis dalam ekonomi mikro meliputi kebutuhan dan keingan masyarakat yang terbatas dan kemampuan faktor-faktor produksi yang dapat menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat yang terbatas. Teori ekonomi ini memiliki poin bahwa faktor-faktor produksi yang tersedia dapat selalu digunakan sepenuhnya sehingga mendorong masyarakat untuk memproduksinya.

Pengertian Ekonomi Makro

Pengertian Ekonomi

Pengertian Ekonomi

Makro memiliki arti secara harfiah yaitu besar. Pengertian ekonomi makro ini menjelaskan tentang analisis mengenai segala kegiatan dalam suatu perekonomian dari sudut pandang yang berbeda dengan teori dalam ekonomi mikro. Analisis dalam ekonomi makro ini bersifat umum dan tidak terlalu memperhatikan kegiatan ekomomi yang dilakukan oleh unit-unit kecil dalam kegiatan perekonomian.

Teori dalam ekonomi makro adalah penentuan kegiatan perekonomian, masalah pengangguran dan inflasi dalam masyrakat luas, dan peranan kebijakan pemerintah dalam suatu negara. Analisis ekonomi makro ini juga meliputi beberapa komponen seperti konsumsi dari rumah tangga, pengeluaran pemerintah, pengeluaran dari perusahaan-perusahaan yang disebut sebagai investasi, dan ekspor impor.

Contoh dari ekonomi makro adalah menganalisis kegiatan pembeli di mana analisis tersebut tidak hanya meliputi perilaku dari seorang pembeli tetapi juga analisis mengenai keseluruhan pembeli yang ada dalam setiap kegiatan perekonomian. Begitupun dengan analisis dalam kegiatan produsen, analisis tidak hanya mengenai seorang produsen tetapi juga mengenai kegiatan seluruh produsen dalam kegiatan ekonomi.

Ekonomi makro juga membahas mengenai kebijakan pemerintah yang meliputi kebijakan fiskal dan kebijakan moneter. Kebijakan fiskal ini merupakan upaya pemerintah dalam mengubah struktur dan jumlah pajak serta pengeluarannya untuk memengaruhi tingkat perekonomian. Sedangkan kebijakan moneter adalah langkah pemerintah dalam memengaruhi perekonomian dan mengatasi perekonomian negara.

Pengertian Ekonomi Pembangunan

Pengertian Ekonomi

Pengertian Ekonomi

Pengertian ekonomi pembangunan berarti suatu cabang ilmu ekonomi yang secara khusus mempelajari mengenai masalah-masalah pembangunan ekonomi di negara-negara berkembang. Cabang ilmu ekonomi ini sangat penting untuk dipahami di negara Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan atau memperbesar pendapatan per kapita negara Indonesia.

Sifat dari ekonomi pembangunan ini adalah merupakan suatu proses yang mengutamakan adanya perubahan secara terus menerus. Usaha dalam ekonomi pembangunan ini juga difokuskan pada kenaikan pendapatan per kapita di mana pendapatan per kapita tersebut harus terus berlanjut dalam jangka yang cukup panjang.

Sasaran dalam ekonomi pembangunan adalah diarahkan untuk meningkatkan persediaan dan memperluas pembagian atau pemerataan bahan pokok untuk kebutuhan hidup seperti perumahan, kesehatan, dan lingkungan. Selain itu, ekonomi pembangungan juga digunakan untuk mengangkat atau mempertinggi pendapatan dan penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat.

Ekonomi pembangunan digunakan untuk memperluas jangkauan antara pilihan ekonomi dan sosial baik bagi individu maupun nasional dengan cara membebaskan masyarakat dari sikap ketergantungan dan juga sumber-sumber penderitaan. Ekonomi pembangunan ini tidak hanya memenuhi kebutuhan materi, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran bagi masyarakat dan negara.

Ekonomi pembangunan diharapkan dapat meningkatkan pembangunan kerja yang tinggi dan menurunkan tingkat pengangguran. Selain itu ekonomi pembangunan juga diharapkan mampu merubah pola sosial, sikap mental, dan tingkah laku masyarakat atau lembaga pemerintah menjadi lebih baik dan menuju kemakmuran masyarakat umum.

Strategi ekonomi pembangunan adalah dengan meningkatkan output nyata atau produktivitas yang tinggi secara terus menerus dapat meningkat. Output yang tinggi ini diharapkan dapat meningkatkan persediaan dan memperluas pembagian bahan kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Ekonomi Regional

Pengertian Ekonomi

Pengertian Ekonomi

Pengertian ekonomi regional berarti suatu cabang ilmu ekonomi yang secara spesifik membahas tentang pembatasan-pembatasan wilayah ekonomi dari suatu negara dengan mempertimbangkan kondisi dan berbagai sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang ada pada setiap wilayah ekonomi dalam suatu negara tersebut.

Ilmu ekonomi regional adalah ilmu yang membahas cara masyarakat memenuhi kebutuhan wilayahnya. Pada ekonomi regional tidak dibahas mengenai kegiatan individu tetapi justru menganalisis suatu wilayah secara keseluruhan dengan memperhatikan potensi yang ada dalam wilayah yang dapat dikembangkan agar dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dari wilayah yang bersangkutan.

Ilmu ekonomi regional ini baru masuk ke Indonesia pada awal tahun 1970an mengingat pentingnya pembangunan daerah sebagai bagian dari cara untuk mencapai tujuan pembangunan nasional dan setiap daerah memiliki potensi yang berbeda-beda. Ekonomi regional ini dapat memberikan saran untuk berbagai kegiatan atau komoditi yang akan dilaksanakan.

Ekonomi regional dapat bermanfaat salah satunya untuk membantu perencanaan wilayah sehingga lebih menghemat waktu dan biaya dalam memilih suatu lokasi. Agar dapat bermanfaat dengan optimal, ilmu ekonomi regional ini harus diimplementasikan dengan berbagai cabang ilmu lain yang cocok dengan kegiatan yang akan dilakukan untuk memajukan suatu wilayah tertentu.

Dalam ekonomi regional dikenal menjadi 2 bagian yaitu regional science dan juga regional planning. Regional science adalah ilmu ekonomi regional yang lebih menekankan pada analisa dari aspek-aspek ekonomi dan geografi dari suatu negara. Sedangkan regional planning adalah ekonomi regional yang lebih menekankan pada aspek-aspek tata ruang, land use, dan suatu perencanaan dalam memaksimalkan kegiatan ekonomi.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Pengertian Ekonomi

Leave a Reply