BAHASA PEMROGRAMAN : Pengertian, Fungsi, Macam, Contoh

BAHASA PEMROGRAMAN : Pengertian, Fungsi, Macam, Contoh

Pengertian Bahasa Pemrograman – Di zaman serba canggih ini teknologi sudah berkembang pesat. Segala sesuatu dapat dilakukan di atas meja dengan sebuah komputer dan smartphone. Namun apakah anda tahu bagaimana sistem ini bekerja? Sistem ini bekerja dengan bahasa pemrograman. Apa yang dimaksud dengan hal itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman atau biasa disebut sebagai bahasa komputer adalah sebuah perintah standar yang digunakan untuk memproses suatu program komputer. Bahasa komputer merupakan sintaks dan semantic untuk menjalankan suatu perangkat lunak dari komputer. Bahasa pemrograman komputer menjadikan para programmer dapat menjalankan program sesuai dengan aturan logika dalam komputer.

Sejarah Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman

1. Sebelum tahun 1940

Bahasa pemrograman atau bahasa komputer muncul sebelum adanya komputer modern. Pada masa ini bahasa komputer muncul dalam wujud kode-kode atau disebut sebagai bahasa mesin. Bahasa mesin ini hanya bisa diinterpretasikan oleh komputer dalam wujud angka binary yaitu 0 dan 1. Angka 1 berarti sebuah tempat yang memiliki listrik. Sedangkan 0 adalah wadah yang tidak memiliki listrik.

2. Periode tahun 1940-an

Pada tahun 1940an dibuat komputer listrik sederhana untuk pengembangan dan perbaikan dari program komputer. Dengan keterbatasan kecepatan komputer dan kapasitas memori kemudian tercipta bahasa assembly atau assembly language oleh programmer.

Bahasa assembly merupakan simbol dari bahasa mesin. Setiap kode memiliki simbol dalam bahasa assembly. Contohnya adalah “move” yang berarti pindah, “add” yang berarti menambahkan, “mul” yang berarti perkalian, “sub” yang berarti pengurangan, dan lain sebagainya. Tetapi pada kenyataannya bahasa assembly sulit untuk diimplementasikan.

Untuk pengembangan bahasa pemrograman, tahun 1948 Konrad Zuse mempublikasikan suatu bahasa buatannya yaitu Plankakul. Tetapi bahasa tersebut tidak digunakan pada masa ini dan terisolasi dari bahasa pemrograman lain. Berbagai bahasa yang muncul pada masa ini adalah Plankakul, ENIAC Coding System, dan C 10.

3. Periode tahun 1950-an sampai tahun 1960-an

Pada tahun 1950 mulai dibuat bahasa pemrograman yang lebih modern. Bahasa ini digunakan sampai saat ini karena istilah penggunaannya yang dekat dengan bahasa manusia. Contoh bahasanya adalah “write” untuk menulis, “read” untuk membaca, dan lain sebagainya.

Dalam perkembangan bahasa ini juga berkembang metode perkembangan yaitu metode Procedural Programing dan Object Oriented Programing. Pada metode procedural programing, program dijalankan dengan menggunakan gabungan dari variabel, prosedur yang saling terkait dan berurut. Pada Object Oriented Programing seluruh perintah dijalankan berdasarkan pada obyek.

Bahasa yang berkembang pada masa ini cukup banyak. Di antaranya adalah Regional Assembly Language, Autocode, FORTRAN, FLOWMATIC, COMTRAN, LISP (List Processor), ALGOL, COBOL, APL, SIMULA, BASIC, dan PL/I.

4. Periode tahun 1960-an sampai dengan tahun 1970-an

Pada periode ini bahasa pemrograman berkembang pesat. Periode ini membawa pengaruh besar pada bahasa yang digunakan saat ini. Contoh bahasa yang muncul adalah Simula, C, Smalltalk, Prolog, dan ML.

5. Periode tahun 1980-an

Tahun 1980-an merupakan tahun konsolidasi relative. Pada masa ini lebih menekankan pada perkembangan masa sebelumnya dibandingkan dengan menemukan gagasan yang baru. C++ dikombinasikan dengan sistem program dan juga berorientasi pada obyek. Bahasa fungsional bergerak ke standarisasi dari ML dan Cedal.

6. Periode tahun 1990-an

Era tahun 1990-an dikenal oleh programmer sebagai era yang paling produktif dalam bahasa pemrograman. Selain berorientasi pada obyek, pada masa ini bahasa pemrograman juga dikembangkan dengan berbasis pada visual. Hal ini memudahkan para programmer untuk membuat suatu aplikasi.

7. Periode tahun 2000-an

Pada periode ini kemudahan berbasis visual sudah dibarengi dengan kemudahan berbasis internet dan mobile dengan munculnya web service berbasis internet dan mobile platform. Periode ini merupakan periode CMS (Content Managemen System) di mana pengembangan PHP script sangat cepat sehingga dalam membuat sebuah web sudah tersedia banyak template.

Mengapa Perlu Belajar Bahasa Pemrograman ?

Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman

Hal terpenting dari suatu website adalah penggunaan bahasa pemrograman yang digunakan. Bahasa komputer yang digunakan disesuaikan dengan hal apa yang akan dikembangkan dari suatu website tersebut. Bahasa pemrograman akan membantu anda untuk menghasilkan situs yang sesuai dengan bisnis yang anda kembangkan.

Memahami bahasa pemrograman memungkinkan anda untuk membuat website sendiri sesuai dengan keinginan anda. Meskipun saat ini sudah banyak agensi atau pengembang yang menyediakan layanan website instan yang akan memudahkan bagi anda yang sama sekali tidak mengetahui bahasa pemrograman, akan tetapi tidak semua hal dapat dilakukan misalnya untuk mengganti tampilan website.

Fungsi Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman

1. Sebagai komunikasi antara operator dengan komputer atau mesin

Anda sebagai operator dapat melakukan komunikasi dengan komputer atau mesin dengan menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa komputer akan menerjemahkan perintah yang diberikan oleh operator menjadi kode biner yang selanjutnya dilakukan oleh komputer atau mesin. Kode biner tersebut diterjemahkan oleh komputer untuk melakukan tugasnya sesuai kehendak operator.

Operator dapat melakukan kendali dari komputer atau mesin dengan menggunakan bahasa komputer ini. Contoh penggunaannya adalah pengaturan pada traffic light yang memiliki jeda waktu tertentu antara merah, kuning, dan hijau. Pengaturan ini sebelumnya diatur oleh operator dengan memasukkan bahasa pemrograman yang selanjutnya dapat bekerja sesuai dengan keinginan operator.

2. Sebagai media programmer untuk mengembangkan aplikasi

Saat ini sudah banyak layanan berbasis online yang membantu kehidupan masyarakat. Anda dapat menggunakan layanan seperti ojek online, belanja online dalam suatu situs web, atau menyalurkan donasi secara online. Aplikasi-aplikasi tersebut diciptakan oleh programmer dengan menggunakan bahasa pemrograman.

3. Sebagai media pengguna untuk mengoperasikan komputer

Bahasa komputer pada dasarnya memang diperuntukkan sebagai media untuk mengoperasikan komputer atau mesin. Contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari adalah penggunaan pada mesin kasir di super market. Kasir cukup memasukkan kode tertentu sebagai bahasa pemrograman yang nantinya akan diterjemahkan dan diolah oleh mesin.

Pengelompokan Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman

1. Bahasa mesin

Bahasa mesin adalah bahasa yang memerintahkan mesin atau komputer dengan menggunakan kode biner. Contohnya adalah 0110001011101.

2. Bahasa tingkat rendah

Bahasa tingkat rendah biasa disebut dengan bahasa assembly. Bahasa ini merupakan bahasa yang memerintahkan komputer dengan menggunakan kode-kode singkat (kode mnemonic). Contoh penggunaan kodenya adalah MOV, SUB, SUM, dan lain sebagainya.

3. Bahasa tingkat tinggi

Bahasa tingkat tinggi adalah bahasa pemrograman yang hampir sama dengan bahasa manusia. Contoh penggunaannya adalah begin, or, end, for, dan lain sebagainya.

4. Bahasa tingkat menengah

Bahasa tingkat menengah adalah perpaduan antara bahasa tingkat rendah dan bahasa tingkat tinggi. Bahasa ini tidak mudah dan tidak sulit dimengerti oleh manusia. Perintah yang diberikan bersifat simbolik. Contoh penggunaan bahasa tingkat menengah adalah &&, <<,>>, ?, {, }, dan lain sebagainya.

Generasi Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman

1. Generasi I

Bahasa pemrograman generasi I adalah bahasa yang pertama kali dibuat dan biasa disebut sebagai bahasa mesin (machine language). Bahasa ini diorientasikan pada mesin. Bahasa mesin ini sulit dimengerti oleh masyarakat awam. Selain itu, bahasa ini sangat bergantung dengan mesin yang berarti antara mesin yang satu dengan mesin yang lain akan memiliki bahasa yang berbeda.

2. Generasi II

Bahasa komputer generasi II menggunakan bahasa yang dirakit dari bahasa manusia. Bahasa ini disebut sebagai bahasa assembly. Bahasa pemrograman generasi II lebih mudah dipahami dibandingkan dengan bahasa mesin. Bahasa yang digunakan pada generasi II ini adalah kependekan dari bahasa manusia sehingga lebih mudah diingat. Contohnya adalah MOV untuk MOVE.

3. Generasi III

Bahasa pemrograman generasi III disebut sebagai bahasa tingkat tinggi. Bahasa ini menggunakan pendekatan prosedural. Para programmer akan menuliskan instruksi secara rinci menggunakan bahasa yang sama dengan bahasa manusia. Contohnya adalah READ untuk membaca data dari keyboard. Contoh bahasa yang masuk dalam kategori ini adalah ADA, ALGOL, C, BASIC, dan COBOL.

4. Generasi IV

Bahasa komputer generasi ke IV ini dapat meningkatkan produktivitas dari pemrogram karena memang dirancang untuk mengurangi waktu pemrograman dalam membuat suatu program. Bahasa pemrograman generasi ke IV ini biasa disebut sebagai 4GL yang memungkinkan untuk digunakan oleh orang yang tidak memahami hal-hal teknis dari suatu program.

Bahasa komputer generasi ke IV adalah bahasa yang berorientasi pada masalah. Hal ini memungkinkan operator atau pengguna dapat menyelesaikan masalah dengan sedikit menuliskan kode dibandingkan dengan bahasa prosedural (generasi III). Bahasa generasi ke IV ini menggunakan pendekatan non prosedural.

5. Generasi V

Bahasa pemrograman generasi ke V merupakan kelompok bahasa yang dibuat untuk menciptakan program kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan ini adalah suatu ilmu komputer yang mempelajari cara komputer untuk meniru kecerdasan manusia. Contoh penggunaan bahasa generasi ke V ini adalah PROLOG dan LISP.

Contoh Bahasa Pemrograman Populer

Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman

1. Java

Java adalah bahasa pemrograman terpopuler karena dapat dijalankan di berbagai macam platform mulai dari komputer hingga ke mobile. Pemrograman pada Java memiliki keunggulan karena dapat dijalankan pada sistem operasi yang berbeda. Java adalah bahasa yang berorientasi pada obyek sehingga programmer dapat lebih mudah untuk menyusun suatu program.

2. PHP

PHP (PHP Hypertext Pre-Processor) adalah bahasa komputer yang paling banyak digunakan di Indonesia. PHP banyak digunakan karena termasuk side scripting yang memang dirancang untuk membuat website dinamis. Selain itu, penggunaan dari PHP gratis. Berbagai website yang menggunakan PHP adalah facebook, wordpress dan Dig.

3. C

Bahasa pemrograman C merupakan bahasa komputer tertua. Bahasa C menjadi sangat popular di Indonesia terutama di perguruan tinggi yang mempelajari IT. Bahasa C menjadi dasar pembelajaran bahasa pemrograman karena merupakan cikal bakal munculnya bahasa yang lain seperti C++, C#, Java, dan lain sebagainya.

4. Visual Basic

Visual basic merupakan perkembangan dari bahasa pemrograman basic. Visual basic sangat popular dan dikembangkan oleh suatu perusahaan multinasional yaitu Microsoft. Visual basic dikembangangkan untuk membuat software berbasis windows dengan menawarkan IDE Visual dalam pembuatan software.

5. Python

Python adalah bahasa komputer dengan bahasa tingkat tinggi yang digunakan untuk membangun aplikasi berbasis web dan berbasis mobile. Bahasa pada python termasuk bahasa yang mudah dimengerti oleh pemula. Perusahaan besar yang menggunakan python sebagai bahasa pemrogramannya adalah Pinterest, Instagram, Yahoo, Google, dan NASA.

Bahasa Pemrograman untuk Pemrograman Android

Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman

Sistem dalam android menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman yaitu Java dan Kotlin. Jika anda ingin membuat suatu aplikasi di android anda dapat menggunakan Java karena lebih mudah dimengerti. Selain itu Kotlin juga telah digunakan oleh tim Android Google untuk membuat aplikasi dalam android.

Bahasa Pemrograman untuk Pemrograman iOS

Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman pertama yang digunakan oleh iOS adalah Objective C kemudian iOS menambahkan Swift sebagai bahasa pemrogramannya. Saat ini jika anda ingin membuat aplikasi untuk sistem operasi iPhone dan iPad maka anda dapat menggunakan Swift sebagai bahasa pemrogramannya. Namun demikian, masih banyak proyek iOS yang menggunakan kode-kode dari Objective C.

Bahasa Pemrograman untuk Cross Platform

Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman

Penggunaan bahasa untuk cross platform seperti Microsoft Windows cukup kompleks. Bahasa yang digunakan adalah Java Script, Type Script, C#, C, C++, Python, dan Ruby. Anda dapat membuat aplikasi berskala besar dengan menggunakan bahasa pemrograman tersebut.

Hal Hal Yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Programmer

Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman

1. Mempelajari bahasa pemrograman

Untuk menjadi seorang programmer anda sebaiknya mempelajari bahasa pemrograman yang akan anda jadikan suatu aplikasi. Pelajari mengenai bahasa pemrograman tampilan, bahasa logic, SQL (Structured Programming Language), dan terkait dengan web service. Web service akan digunakan sebagai penghubung antara aplikasi dengan server.

2. Memilih tools

Pemilihan tools dapat berpengaruh besar pada aplikasi yang akan anda buat. Gunakanlah tools yang sesuai dengan bahasa pemrograman yang anda kuasai. Misalnya jika ingin menjadi programmer android dengan bahasa pemrograman Java anda dapat menggunakan tools android studio untuk membuat aplikasinya.

3. Keahlian tambahan

Untuk menjadi seorang programmer anda dituntut untuk memiliki keahlian tambahan yaitu hard skill dan soft skill. Anda harus memiliki kemampuan untuk memahami konsep, memecahkan masalah, memperbaiki bug, meningkatkan performa aplikasi. Selain itu kemampuan bahasa inggris aktif juga harus anda kembangkan. Anda juga harus memiliki attitude yang baik untuk bekerja dan belajar.

4. Mencari solusi dan tujuan

Anda harus memiliki kemampuan untuk mencari solusi atas kesalahan yang terjadi saat program aplikasi dijalankan. Kemudian anda harus mempunyai kemampuan problem solving dari masalah-masalah yang anda temukan.

Aplikasi Belajar Bahasa Pemrograman di Android

Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman

1. Learn Java

Aplikasi Learn Java dapat langsung anda download di Google Playstore dalam android anda. Aplikasi ini dibuat oleh SoloLearn untuk mempelajari bahasa pemrograman android atau Java agar pengguna mangerti cara membuat aplikasi di android. Aplikasi learn jave mencakup pelajaran dasar java seperti variabel, operator, array, class, object, dan berbagai thread lainnya.

2. AIDE IDE for Android Java C++

Pada aplikasi ini pengguna dapat langsung bereksperimen melalui smartphonenya sehingga dapat lebih mudah dimengerti dan mengingat koding Java.

3. Code Box

Code box menyediakan materi untuk belajar bahasa C dan Java. Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang lebih mudah dibaca dan dipahami oleh pengguna.

4. Programming Hub

Aplikasi ini menyediakan materi untuk 15 bahasa pemrograman. Contoh yang diberikan sangat sederhana sehingga dapat lebih mudah dipahami oleh orang awam.

Tips Menjadi Seorang Programmer

  1. Miliki semangat belajar yang tinggi
  2. Jangan mudah putus asa
  3. Cari dan baca referensi terkait bahasa pemrograman
  4. Luangkan waktu untuk belajar
  5. Diskusikan dengan teman
  6. Tingkatkan kemampuan berbahasa inggris
  7. Belajarlah untuk bekerja sama dengan orang lain

Itulah dasar-dasar yang harus anda pahami dalam sistem kerja komputer atau smartphone anda. Jika anda tertarik untuk mempelajari bahasa pemrograman, anda dapat menjadi seorang programmer dan memanfaatkannya untuk keperluan bisnis, mengingat sekarang ini hampir semua bisnis membutuhkan seorang programmer. Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Pengertian Bahasa Pemrograman

Leave a Comment