PENDIDIKAN KARAKTER : Pengertian, Tujuan, Contoh, Dll (Lengkap)

PENDIDIKAN KARAKTER : Pengertian, Tujuan, Contoh, Dll (Lengkap)

Pendidikan Karakter – Pendidikan karakter (character education) adalah pendidikan dengan bentuk kegiatan untuk manusia agar bertujuan memberikan pendidikan berupa suatu tindakan untuk generasi ke generasi.

Kegunaan adanya pendidikan karakter adalah cara yang paling jelas untuk mengatasi krisis yang melanda diberbagai negara termasuk Indonesia. Adanya pendidikan karakter ini tentu meningkatkan mutu suatu negara.

Beberapa kasus yang membuat pendidikan karakter harus ada, karena dipicu beberapa faktor penting. Contohnya karena kekerasan yang terjadi pada anak-anak di bawah umur, video pornografi, kejahatan kepada teman, pencurian kalangan remaja, dll.

Menghilangkan hal-hal tadi tentu dengan adanya pendidikan karakter agar kehidupan sosial di masyarakat sekitar bisa berjalan baik dan tidak ada penyelewengan.

Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah

Pendidikan Karakter
Pendidikan Karakter

Di Indonesia saat ini, pendidikan karakter adalah hal yang wajib dilaksanakan bagi setiap siswa di sekolah tersebut. Tujuan pendidikan ini tentu menyasar kepada setiap siswa, baik yang memiliki status sosial, ekonomi, etnis, ras, usia ataupun usia seseorang yang mendapatkannya. Saat ini terdapat dua jenis pendidikan karakter di sekolah, yaitu berbentuk formal atau informal tentunya.

Berikut manfaat pendidikan karakter tersebut :

1. Membuat siswa lebih menghargai sesamanya

Manfaat ini tentu sangat penting untuk setiap individu siswa tersebut. Bagi siswa, memiliki karakter yang baik dan kuat tentu memberikan efek positif untuk sesamanya. Adanya jenis pendidikan ini tentu saja membantu seseorang jika kurang memiliki jiwa untuk menghargai sesama. Peningkatan karakter tentu akan terjadi jika siswa tersebut secara rutin diberikan pendidikan yang baik.

2. Melatih mental dan moral pada siswa

Meningkatkan mental dan moral pada siswa perlu dilakukan sejak masih dibangku sekolah. Ketika seorang siswa memiliki mental yang baik, tentu mental kurang baik pada individu tersebut bisa dikikis secara perlahan. Tingkatan moral juga menjadi meningkat dengan diberikan pendidikan ini, moral harus diasah sejak kecil agar mengalami perbaikan agar ketika bermasyarakat menjadi lebih kondusif.

3. Bekerja sama antar siswa

Bekerja sama adalah suatu hal yang penting agar hubungan antara siswa dan siswa yang lain berjalan baik. Kemampuan seorang siswa dalam bekerja sama tentu mempengaruhi bagaimana perkembangannya untuk bergaul dan melakukan sosialisasi dengan sesama siswa yang ada. Pendidikan karakter sangat menentukan agar masing-masing siswa bisa melakukan kerja sama kepada yang lain.

4. Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Pada Siswa

Dalam pendidikan karakter, pengalaman adalah kunci bagi siswa agar dapat mengatasi segala masalah dengan baik. Pemikiran siswa dapat terlatih dengan diberikan pendidikan karakter yang baik dalam segala aspek. Pemecahan masalah pada masing-masing siswa adalah hal yang penting. Kecerdasan untuk menyelesaikan masalah bisa semakin berkembang dengan adanya pendidikan satu ini.

5. Memahami karakter pada diri individu

Jati diri dan kemampuan diri tentu harus diketahui sejak dini agar bisa mengasah kemampuan yang ada. Ini tentu menuju untuk umur anak-anak, remaja, bahkan dewasa ini. Dalam pendidikan karakter, mengasah kemampuan yang ada dalam diri masing-masing adalah hal yang wajib agar kelebihan pada seseorang bisa lebih terasah.

6. Menghasilkan generasi yang berintegritas

Pada siswa, tentu diharapkan memiliki karakter yang kuat, kokoh, dan teguh dalam berprinsipnya. Bagi negara, hal ini akan menciptakan generasi yang baik dan sangat berintegritas. Karakter integritas tentu dibutuhkan agar menghargai kehidupan berbangsa dan bernegara. Ini juga sangat berguna dalam penerapan pendidikan satu ini.

Pendidikan Karakter Anak

Pendidikan Karakter
Pendidikan Karakter

Karakter pada anak segalanya tidak berasal hanya dari pendidikan yang dari sekolah. Namun, pendidikan terbaik adalah yang berasal dari kedua orang tua agar bisa berjalan dengan baik. Memberikan pendidikan untuk anak anda para orang tua ini, tentu saja tidak instan dan cenderung memerlukan waktu yang lama.

Orang tua membutuhkan banyak upaya dan cara melalui waktu dan cinta yang diberikan pada anak. Ini juga perlu didukung dengan faktor lingkungan sekitar tempat tinggal yang ada, agar tumbuhnya karakter pada anak bisa berjalan baik. Memberikan cinta pada anak namun tidak serta merta memanjakan segala keinginannya adalah pembelajaran karakter yang penting.

Membuat anak agar taat, tentu memberikan banyak sekali manfaat yang terutama tidak hanya untuk sang anak, namun untuk anda juga. Pendidikan berupa karakter toleransi, sabar, dan mengatasi masalah dari setiap sudut pandang, integritas tinggi, dan disiplin adalah hal yang harus anda utamakan pada pendidikan ini. Karena anak mencontoh kebiasan dari sanga orang tua maupun apa yang dia lihat.

Pembelajaran satu ini memang harus secara terukur memberikan kebiasan positif. Anda harus memberikan pengawasan dan mengingatkan, terhadap hal yang kurang baik kepada sang anda dengan perlahan agar anak tidak merasa terbebani. Tentu ini akan berdampak baik kepada anak jika anda sebagai orang tua mampu menjalankan hal ini dengan baik dan konsisten pada akhirnya.

Pendidikan Karakter Bangsa

Pendidikan Karakter
Pendidikan Karakter

Untuk kehidupan berbangsa dan bernegara adanya jenis pendidikan ini, tentu bermanfaat bagi seseorang. Aspek seperti emosional, spiritualitas, dan kepribadian individu tersebut tentunya. Membangun jati diri baik diri atau bangsa tentu merupakan salah bagian penting dalam menerapkan pendidikan ini. Tentu ini harus dilakukan dengan sebaik mungkin dan sepositif mungkin dalam prosesnya.

Ciri-ciri pendidikan karakter bangsa yang baik :

1. Membangun rasa percaya diri setiap individu

Memiliki rasa percaya diri tentu baik asal tidak berlebihan. Adanya rasa kepercayaan diri ini tentu saja membaut seseorang lebih yakin dengan hal yang dipilihnya. Dampak lainnya tentu masing-masing individu memiliki rasa untuk tidak takut dalam memberikan aspirasi dalam segala situasi. Teguh pada keputusan tentu hal yang terkait dengan kepercayaan individu itu sendiri.

2. Setiap tindakan sesuai norma yang ada

Pada kehidupan berbangsa, keputusan maupun perbuatan yang ada harus disesuaikan dengan normal yang ada. Jika melakukan segala sesuatu dengan norma yang ada, maka kehidupan berbangsa ini akan tertib dan damai. Berpedoman pada norma ini berguna agar seseorang tidak melakukan sebuah kesalahan yang dimana merugikan orang lain.

3. Keteguhan pada pandangan

Pandangan milik seseorang tentu beragam dan tidak bisa sama. Dengan keteguhan, tentu seseorang menjadi setia dan melakukan segala sesuatu yang baik dan sesuai aturan yang ada. Hal ini sangat baik agar setiap individu dalam berbangsa dan bernegara bisa berjalan dengan tertib dan tidak melanggar aturan yang berlaku.

Tentu dibutuhkan upaya yang maksimal agar kehidupan berbangsa ini bisa berjalan dengan baik. Pendidikan ini bisa menjadi solusi dan cara yang maksimal agar kehidupan berbangsa ini bisa semakin berkembang. Jati diri bangsa maupun moral bangsa tersebut bisa semakin meningkat adanya pendidikan ini jika dimulai untuk generasi ke generasi.

Nilai Dalam Pendidikan Karater Bangsa

Pendidikan Karakter
Pendidikan Karakter

Mendidik karakter bangsa Indonesia ini, memiliki banyak sekali nilai yang membuat seseorang memiliki kepribadian yang baik. Semua teratur oleh Dinas Pendidikan agar membuat karakter bangsa yang berasal dari generasi muda ini bisa semakin baik. Berikut Nilai yang ada dalam pendidikan karakter bangsa :

1. Religius

Karakter yang baik harus sesuai dengan ajaran agama yang ada, ini supaya kehidupan mengikuti nilai-nilai agama yang ada. Dengan adanya ini, sikap dan perilaku pada seseorang bisa lebih baik dan membuat seseorang menjadi lebih dewasa. Selain itu, membuat kehidupan pada masyarakat majemuk ini menjadi lebih akur.

2. Mandiri

Ini bisa dilatihkan agar dalam menyampaikan aspirasi yang ada menjadi lebih berani dengan memiliki dasar yang baik. Selain menyatakan pendapat, bisa juga dengan pada saat mengerjakan sesuatu seperti tugas agar mengurangi kebergantungan pada orang lain.

3. Demokratis

Nilai demokratis ini mencakup bagaimana cara berfikir, sikap,dan tindakan dapat tercermin. Tentu menilai hak dan kewajiban seseorang harus sama dan setara agar keadilan bisa bisa ditingkatkan. Ini juga membuat ketimpangan sosial menjadi berkurang.

4. Tanggung Jawab

Kehidupan bangsa ini tentu harus didukung dengan sikap tanggung jawab yang ada pada masing-masing individu. Dalam melaksanakan hak dan kewajiban, terutama kepada sesama maupun kepada Tuhan juga membutuhkan tanggung jawab.

Pendidikan Karakter Era Milenial

Pendidikan Karakter
Pendidikan Karakter

Perkembangan jaman saat ini tentu saja semakin maju dan membuat banyak hal menjadi berkembang dengan cepat. Perubahan gaya hidup terutama pada budaya dunia maupun gaya hidup yang ada, banyak sekali fenomena yang terjadi. Era Globalisasi yang membuat ini menjadi faktor pendorong yang paling utama di setiap bidang kehidupan.

Generasi milenial adalah sebutan yang paling sering didengar, dimana ini merupakan manusia yang lahir antara tahun 1980 hingga saat ini. Perkembangan teknologi yang maju merupakan hal yang membuat generasi milenial ini bisa tumbuh. Bisa anda lihat, melalui teknologi komunikasi seperti intenet inilah yang membuat generasi milenial tumbuh dengan berbagai keberagaman yang ada.

Pendidikan karakter untuk orang-orang yang berada di era milenial ini, setidaknya mengikuti perkembangan jaman yang ada. Persebaran informasi atau kemajuan teknologi yang ada merupakan faktor yang membuat pemberian pendidikan karakter perlu. Pada generasi ini, umur anak-anak masa SD merupakan titik dimana pendidikan harus diberikan benar-benar secara tepat sasaran.

Fasilitator untuk generasi milenial adalah tugas para orang tua yang paling terutama. Tujuannya tentu saja agar individu yang berada di generasi milenial ini bisa berkembang dengan karakter yang baik. Karakter yang baik tentu berdampak pada generasi milenial yang baik juga untuk bangsanya. Persaingan dengan negara maju adalah tujuan akhir agar generasi milenial ini, bisa maju dan lebih baik.

Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakulikuler

Pendidikan Karakter
Pendidikan Karakter

Kegiatan satu ini tentu saja memiliki fungsi yang banyak bagi siswa. Ekstrakulikuler merupakan pembelajaran tambahan yang diberikan oleh sekolah untuk para siswa. Siswa SMA, SMP, SD tentu saja mendapatkan pemebelajaran ini. Bahkan, tinggkat perguruan tinggi adanya kegiatan ini masih diadakan agar dapat membentuk karakter seseorang.

Berikut manfaat Ekstrakulikuler untuk pendidikan karakter :

  1. Belajar tanggung jawab melalui program yang ada di ekstrakuliker tersebut.
  2. Meningkatkan minat dan bakat siswa dengan kegiatan yang ada.
  3. Mendapat ilmu pada kegiatan yang berada di luar kegiatan belajar mengajar.

Tentu manfaat yang ada tadi, akan membuat perkembangan potensi yang ada pada siswa akan lebih baik. Siswa bisa secara mandiri menentukan apa yang mereka ingin melalui kegiatan untuknya ini. Bagian utamanya adalah membuat individu bisa menyalurkan kelebihannya dengan adanya hal ini. Pendidikan karakter akan sangat terbantu dengan kegiatan ini.

Pendidikan Karakter Untuk Remaja

Pendidikan Karakter
Pendidikan Karakter

Masa remaja merupakan masa dimana anak menerima pendidikan yang berasal dari rumah maupun dari sekolah. Perkembangan seorang anak pada masa remaja merupakan hal yang cukup penting, karena perkembangan fisik, rohani, interaksi sosial, dan perkembangan biologis yang ada. Pendidikan karakter pada usia remaja ini biasanya menuju dan mengacu kepada prinsip pendidikan untuk umur dewasa.

Peranan orang tua harus bisa memberikan motivasi, teladan secara nyata, dan mendorong untuk menguatkan jiwa sang anak. Ini agar menghasilkan karakter yang berkualitas pada anak tersebut sehingga bisa menjadi individu yang kuat. Hal seperti memberikan tanggung jawab dengan membersihkan rumah adalah salah satu hal yang wajib.

Adanya pendidikan ini, tentu bertujuan agar membuat anak menjadi lebih berkualitas dan melakukan tanggung jawab dengan baik. Fungsi keluarga juga sangat penting dalam anak agar memiliki karakter yang berakhlak baik.

Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila

Pendidikan Karakter
Pendidikan Karakter

Ideologi negara Indonesia merupakan ideologi yang cukup memberikan penuntun untuk mengajarkan karakter baik. Segala nilai-nilai sebagai sumber jati diri dan bernegara ada pada pedoman pancasila. Seluruh masyarakat Indonesia menggunakan ideologi ini untuk mendidik anak-anak agar memiliki karakter dan sikap yang baik kepada sesama.

Landasan pancasila ini memiliki dasar sebagai sifat gotong royong. Karakter gotong royong tentu saja adalah hal yang baik yang sudah ditanamkan oleh nenek moyang. Krisis akhlak dan moral tentu bisa dicegah jika pendidikan karakter sejak awal diikuti dengan tujuan utama pada pancasila tersebut.

Pancasila untuk pendidikan karakter ini memberikan nilai untuk melakukan revolusi mental. Jika dilakukan secara teratur dan sistematis maka pendidikan ini akan memberikan dampak yang luar biasa. Sehingga, setiap manusia bisa mengkaji, menganalisis, dan berfikir cermat secara mandiri pada setiap masalah yang ada.

Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli

Pendidikan Karakter
Pendidikan Karakter

Tujuan pendidikan karakter adalah memberikan dan menciptakan individu dari masa ke masa agar selalu bisa memperbaiki diri dan kehidupan lebih baik. Bagi para ahli adanya pendidikan karakter memang sangat diperlukan, dan berikut ini adalah beberapa ahli tentang pendidikan karakter :

1. Suyanto

Disini adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi tolak ukur setiap individu untuk bisa hidup dan bekerja sama. Ini untuk lingkup keluarga , masyarakat, bangsa, dan bernegara yang ada.

2. John Santrock

Pendidikan karakter adalah dengan cara pendekatan langsung dengan maksut memberikan pendidikan berupa modal. Memberikan ajaran moral dasar kepada siswa untuk mencegah dalam melakukan tindakan amoral yang membahayakan orang lain dan diri sendiri.

3. T. Ramli

Pendidikan ini memiliki esensi dan makna yang jelas dan sejalan dengan pendidikan akhlak dan moral. Membentuk pribadi yang lebih baik dengan pendidikan moral dan akhlak agar menjadi manusia yang baik untuk warga masyarakat dan bernegara.

Pendidikan Karakter Pada Masyarakat

Pendidikan Karakter
Pendidikan Karakter

Lingkungan dalam masyarakat secara tidak langsung memberikan dampak pendidikan karakter secara aktif maupun pasif. Pada masyarakat adanya pendidikan ini berguna agar dapat memahami nilai-nilai etika yang ada dalam bermasyarakat. Seseorang juga dapat terasah dan meingkatkan nilai yang ada pada diri mereka seperti dapat dipercaya, jujur, pemaaf, bertanggung jawab, dll.

Tentu adanya masyarakt ini dapat mendorong suatu individu agar dapat berkembang dengan karakter yang dimilikinya. Nilai-nilai ini dapat membentuk generasi muda agar lebih produktif dan berkompeten. Pendidikan ini berdasar pada nilai kemanusiaan yang ada sehingga memiliki tujuan yang pasti. Potensi dalam diri seseorang akan meningkat dengan mudah dan sesuai dengan nilai norma yang ada.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Pendidikan Karakter

Leave a Comment