PENDIDIKAN ANAK USIA DINI : Pengertian, Tujuan, Cara Mendidik, Dll

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI : Pengertian, Tujuan, Cara Mendidik, Dll

Pendidikan Anak Usia Dini – Dalam pendidikan, segala jenis umur tentu saja tetap akan melalui sebuah pendidikan yang nyata dan bertujuan. Seperti halnya pendidikan anak usia dini (PAUD), yang sangat membantu para orang tua dalam mengembangkan buah hatinya. Anak usia dini sendiri merupakan kategori anak yang berumur 2-6 tahun yang merupakan individu dengan pola pertumbuhan.

Pada kategori ini perkembangan anak berupa aspek kognitif, kreativitas, bahasa dan cara berkomunikasi sesuai dengan tahapan anak, fisik, dan sosioemosional. Pada tahap ini, segala sesuatunya menjadi hal yang penting dan menjadi tahapan emas. Karena dalam tahap ini sudah tidak bisa diulang oleh anak tersebut.

Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini

Secara nasional, pendidikan ini memiliki Undang-undang yang sudah mengaturnya dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang sistem dalam pendidikan. Secara garis besar berfungsi mengembangkan watak, kemampuan untuk peradaban bangsa. Supaya negara bisa bermartabat dan memiliki individu yang berkualitas berupa individu yang cerdas.

Tujuan Pendidikan anak usia dini :

  1. Membuat anak dalam usia tersebut menjadi lebih siap dalam menghadapi pembelajaran akademik di sekolah.
  2. Mendeteksi dini terhadap segala hal yang terjadi dalam proses pertumbuhan dan perkembangan untuk potensi yang ada pada anak.
  3. Membuat anak menjadi lebih berkualitas, dengan cara tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat yang ada. Hal ini bertujuan agar memiliki kesiapan yang baik saat memasuki pendidikan dasar yang berorientasi saat dewasa nanti.
  4. Memberikan rangsangan pada anak agar dapat memberikan segala potensi yang ada. Potensi yang tersembunyi juga bisa ditonjolkan agar segala jenis perkembangan anak, baik bahasa, kepintaran, emosi sosial, minat, konsep pada diri, dan gerak motoriknya bisa lebih sesuai.

Fungsi Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini

Setelah mengetahui tujuan yang ada, anda juga sebagai orang tua harus mengetahui fungsi secara mendalam. Fungsi dalam pendidikan ini tentu akan membuat anda semakin yakin baiknya pemberian pendidikan secara berkala. Berikut fungsi pendidikan pada anak usia dini :

  • Sosialisasi

Tentu dengan fungsi ini membantu anak agar memiliki kelebihan dalam melakukan sosialisasi kepada sesamanya. Ini juga pada pergaulan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari karena lingkungan yang dimiliki oleh masing-masing anak berbeda dengan lainnya.

  • Bermain

Memberikan kesempatan dalam bermain adalah hal yang baik. Adanya pendidikan ini tentu membantu anak dalam mengekplorasi pada dunia yang dimilikinya. Selain itu, membiarkan anak bermain dapat meningkat kecerdasan yang dimilikinya.

  • Pengembangan

Potensi anak merupakan hal yang perlu dikembangikan sejak sang anak masih kecil. Setiap potensi yang ada membutuhkan ruang berupa suatu situasi seperti lingkungan yang membangun. Adanya hal ini tentu membentuk potensi anak agar lebih maksimal dan bermanfaat baginya dan lingkungan sekitarnya.

  • Adaptasi

Pada usia dini, melakukan adaptasi adalah hal yang wajar dan baik untuk anak. Penyesuaian pada lingkungan dan kondisi yang ada pada dirinya tentu saja memberikan dampak yang baik untuk anak.

Standar Komponen Pada Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini

Dalam pemberian pendidikan pada anak usia dini, tentu memiliki standar kompetensi yang ada dalam aspek-aspek moral dan nilai agama. Selain itu, nilai sosial emosional, bahasa, fisik, gerakan motorik, seni, dan kemandirian sangat penting. Berikut komponen yang ada tersebut :

  • Pendidik

Dalam menjalankan standar yang ada, pendidik harus mumpuni dan memiliki wawasan yang cukup baik. Biasanya Sarjana Pendidikan dan Psikologi adalah yang banyak digunakan, serta diperlukan dukungan berupa sertifikat. Ini dibutuhkan agar pendidik memiliki pengalaman dalam mengikuti pelatihan PAUD yang ada.

  • Anak Didik

Layanan pendidikan ini adalah untuk anak yang memiliki rentan usia 0 – 5 tahun. Usia yang ada yaitu 0-1 , 1-2, 2-3, 3-4, dan 4-5. Menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada, ini bertujuan agar anak pada masing-masing umur tadi mendapatkan pendidikan yang sesuai dan layak.

  • Jenis Pembelajaran

Pembelajaran merupakan hal yang harus diterapkan dengan baik untuk para anak didik ini. Materi yang ada dalam pembelajaran saat ini dibagi oleh 2 jenis. Seperti berikut :

  • Usia 3 tahun ke bawah, Pada usia ini anak biasanya lebih kepada pengenalan pada dirinya yaitu konsep diri. Ada juga pengenalan pada emosi yaitu untuk perkembangan emosi. Perkembangan sosial berupa mengenali orang sekitar, mencoba berbicara adalah perkembangan komunikasi, dan keterampilang bergerak agar perkembangan fisik berjalan baik.
  • Usia 3 hingga 5 adalah waktu dimana anak belajar seni, pengetahuan sosial, teknologi yang ada, konsep dalam angka matematika, huruf yaitu keaksaraan.

Cara Untuk Mendidik Dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini

Cara mendidik merupakan salah satu indikasi yang bisa dilakukan oleh orang tua agar memberikan pendidikan dengan baik. Perkembangan era globalisasi tentu memberikan kemudahan dalam akses informasi dan teknologi yang ada. Ini membuat para orang tua bisa memberikan pendidikan pada usia dini dengan optimal dan sesuai dengan kebutuhan sang anak.

Berikut cara yang efektif untuk mendidik :

  • Menjadi Fasilitator anak

Menjadi fasilitator juga menjadi guru yang mumpuni untuk anak adalah hal yang wajib dilakukan oleh para orang tua. Menjadi guru private sekarang banyak dilakukan di manapun pada masa modern ini. Ini juga menjadi salah satu cara agar orang tua bisa mempererat hubungan yang ada dengan anak, memberikan pendidikan dengan lebih optimal, dll.

  • Mengarahkan untuk lebih mandiri

Memberikan ajaran untuk menjadi lebih mandiri akan memberikan pelajaran agar anak menjadi lebih bertanggung jawab. Hal ini mampu melatih gerak motorik pada anak agar lebih berjalan dengan baik tentunya. Konsentrasi juga bisa berkembang dengan metode satu ini. Biasanya anak bisa diajak pada kegiatan menyiram tanaman, mengancing baju, dan mengikat tali sepatu yang ada.

  • Mengategorikan pada teman satu umur

Ini bertujuan agar anda tersebut menjadi kreatif dan bisa bekerja sama dengan teman yang satu umuran. Ini bisa dengan orang lain, saudara atau sepupu agar anda bisa mengembangkan idenya dengan teman satu umurnya. Hal ini banyak memberikan dampak efektif agar anda mampu mengeksplorasi dunianya.

  • Tidak membatasi ruang

Terkadang banyak kasus dimana anak dibatasi pergerakannya karena harus mengikuti keinginan orang tuanya. Namun, hal ini salah dan kebanyakan anak-anak justru akan terhambat dan mengalami masalah pada keinginan sosialnya. Biasakan anak untuk mengesplorasi dunia luar, seperti menaiki tangga, bermain di taman, atau bermain lainnya dengan pengawasan anda orang tuanya.

Masalah Dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini

Namun, dalam pelaksanaan pendidikan jenis ini banyak juga terjadi masalah yang terjadi karena banyak faktor. Berikut masalah dalam pendidikan usia dini yang beberapa kali terjadi :

  • Kurangnya pendidik yang mumpuni
  • Program pada lembaga pembelajaran yang kurang terlayani
  • Kurangnya keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran
  • Terlalu banyak fokus dalam akademik daripada pembelajaran perkembangan anak

Faktor masalah itu adalah hal yang membuat pendidikan dalam kategori usia dini ini masih banyak pekerjaan rumah. Tentu jika ingin lebih baik, maka Sumber Daya Manusia yang ada harus bisa memenuhi agar kualitas pendidikan menjadi lebih meningkat.

Hal Penting Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Para Ahli

Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini

Memasuki usia emas dalam pra sekolah adalah harus dipikirkan sebaik mungkin dan sesuai dengan tujuan yang ada. Membangun segala aspek yang ada pada anak adalah hal yang baik agar anda menjadi lebih siap. Para ahli memberikan hal terpenting agar pendidikan ini bisa tepat sasaran. Berikut hal tersebut :

  • Memperkenalkan anak pada sekolah

Adanya PAUD tentu membuat kesiapan seorang anak menjadi lebih baik daripada anak seusianya yang tidak mendapatkan hal ini. Lingkungan yang ada pastinya berbeda jika belajar hanya dirumah saja. Inilah mengapa mengajak anak untuk mengikuti PAUD sangat baik untuk tumbuh kembang sang anak tersebut pada akhirnya.

  • Menanamkan nilai dan hal positif

Dalam pembelajaran yang ada, memberikan hal positif dalam tumbuh kembang adalah hal yang sangat penting. Menanamkan nilai positif seperti kejujuran, tanggung jawab, toleransi, berbagi kepada sesama, dll. Nilai tadi haruslah diberikan kepada anak usia dini agar anak mendapatkan banyak nilai untuk tumbuh kembang agar selalu memberikan hal baik kepada sekitarnya.

  • Membentuk Kepribadian Anak

Kepribadian anak pada masa ini merupakan hal yang perlu diperhatikan secara seksama dan secara baik. Periode ini menentukan bagaimana dirinya nanti dan bagaiamana sosoknya dimasa depan. Ini alasan mengapa pendidikan satu ini sangat penting.

Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia

Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini

Di Indonesia pendidikan anak usia dini masih memiliki banyak sekali pekerjaan yang belum di selesaikan dengan baik. Tentu ini membuat proses pendidikan yang ada menjadi kurang memadai dan kualitas yang ada menjadi berkurang. Kurangnya sosialisasi kepada para orang tua terutama ibu juga menjadi salah satu faktor kunci.

Agenda terbaik adalah negara Indonesia, memberikan pendidikan yang paling mudah melalui seminar pada orang tua. Melalui adanya seminar tentu akan memberikan pengetahuan yang pasti pada orang tua. Perkembangan anak baik laki-laki atau perempuan ini bisa menjadi lebih tepat sasaran. Akses dalam pertumbuhan dan perkembangan yang ada akan menjadi meningkat dan anak menjadi siap untuk sekolah.

Pendidikan Anak Usia Dini di Jepang

Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini

Salah satu negara maju yang sangat mengutamakan pendidikan adalah negara Jepang. Negara matahari terbit ini memberikan banyak sekali contoh nyata dalam pengembangan segala jenis pendidikan terutama pada anak usia dini. Berikut adalah hal yang diutamakan di negara Jepang :

  • Pembentukan moral sejak usia dini

Dalam pembelajaran yang ada, anak-anak ini lebih dilatih dahulu untuk mengembangkan rasa yang mereka miliki. Tanggung jawab adalah rasa yang paling utama pada anak-anak. Saat pembealjaran ini juga tidak ada tekanan, sehingga anak-anak tidak ada rasa berkompetensi dan tinggal kelas.

  • Mengutamakan kreativitas anak

Menumbuhkan kreativitas merupakan hal yang sangat wajib, ini agar segala aspek yang ada dalam anak-anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Biasanya anak-anak ini akan diajak ke beberapa tempat seperti kebun binatang, museum, dan taman bermain.

  • Pemerataan Pendidikan Setiap Kota

Salah satu indikator negara Jepang bisa berhasil adalah karena pendidikan yang ada di kota maupun di desa berjalan seimbang dan sama rata bagusnya. Sehingga membuat para orang tua tidak ragu dalam memberikan pendidikan pada anak mereka di setiap sekolah.

Cara Memberikan Pendidikan Anak Usia Dini di Era Milenial

Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini

Perkembangan teknologi secara baik tentu memberikan banyak kelebihan pada para orang tua. Saat ini di era milenial tentu tantangan dalam memberikan pendidikan pada anak usia dini tentu akan berbeda. Hal ini membuat para anak mampu mengakses apapun yang anak ini inginkan.

Memberikan pendampingan pada anak adalah hal yang sangat diperlukan agar anak era milenial bisa berperilaku dengan baik. Orang tua perlu memberikan pengarahan dengan baik dan memberikan program yang baik untuk tumbuh kembang anak. Membatasi penggunaan gadget dan membiarkannya melakukan interaksi di dunia nyata adalah hal yang wajib.

Pendidikan Anak Usia Dini Kategori Nonformal

Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini

Dunia pendidikan usia dini memiliki kategori nonformal, biasanya dikenal juga dengan Tempat Penitipan anak atau Playgroup untuk para anak berusia 2-4 tahun. Saat ini untuk kategori nonformal banyak dipilih oleh masyarakat di kota besar karena lebih praktis. Gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak akan dipenuhi dalam pendidikan nonformal.

Permainan Pada Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini

Memberikan anak ruang untuk bermain adalah hal yang baik seperti yang sebelumnya diberi tahukan. Permainan yang kreatif tentu akan membantu anak dalam mengembangkan segala aspek yang ada pada dirinya. Permainan yang diberikan biasanya permainan tradisional yang ada di lembaga pembelajaran usia dini.

Selanjutnya adalah pemodifikasian agar permainan lebih kreatif dan lebih mengutamakan perkembangan sang anak. Ada beberapa jenis permainan yang bisa dipilih seperti lempar tangkap, permainan drum band, puzzle mini, dll. Tentu ini sangat dibutuhkan agar pertumbuhan anak menjadi lebih optimal.

Peran Guru Dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini

Sosok guru adalah salah satu kunci dalam membantu pertumbuhan pendidikan untuk anak usia dini. Selain orang tua, guru ini memiliki peran yang cukup membantu tugas para orang tua. Peran guru ini, palinig utama adalah sebagai fasilitator dalam tumbuh dan kembang anak. Namun, guru juga harus menjelaskan bagaimana belajar menjadi menyenangkan untuk para anak.

Memberikan pengarahan tentang pengenalan lingkungan, interaksi kepada sesama individu, dan proses pembelajaran. Unsur-unsur ini tentu adalah peranan yang penting agar guru membantu para orang tua dalam mengoptimalkan kebutuhan para anak saat ini.

Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini

Dalam pendidikan anak usia dini itu hakikatnya, tentu adalah mencapai tujuan dalam memberikan fasilitas perkembangan dan pertumbuhan pada anak. Pendidikan ini memiliki makna untuk menekan segala aspek pada anak agar menjadi berkembang dengan baik. Anak adalah pribadi yang berbeda dari masing-masing yang lain sehingga dibutuhkan pendidikan yang lebih matang agar lebih baik.

Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Pendidikan Karakter

Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini

Pada anak usia dini, penanaman karakter dengan pendidikan sangat dibutuhkan. Upaya ini agar memenuhi nilai seperti pengetahuan, kesadaran dan keinginan, melakukan kebaikan kepada sesama, lingkungan, atau bangsa. Pendidikan ini tentu memiliki tujuan sebagai berikut :

  • Meningkatkan pengetahuan dan manfaat yang ada melalui tenaga pendidik, pengasuh, dan para orang tua tentang nilai karakter yang ada.
  • Memberikan ilmu mengenai keterampilan dalam cara menanamkan nilai karakter pada anak tersebut.
  • Meningkatkan kemampuan tenaga pendidik, orang tua, dan pengasuh dalam cara menilai terhadap nilai karakter yang ada.

Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Keluarga

Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini

Program Pendidikan ini untuk orang tua adalah bertujuan untuk meluruskan pengetahuan dan keterampilan orang tua. Fungsinya adalah untuk peningkatan dalam bidang gizi, kesehatan, cara mengasuh, pendidikan, dan perlindungan di rumah agar tumbuh kembang anak berjalan baik. Peran orang tua adalah peran yang paling penting mengingat durasi lamanya anak lebih panjang bersama orang tua dibandingkan dengan sekolah.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Pendidikan Anak Usia Dini

Leave a Comment