Pencemaran Udara : Pengertian, Dampak, Macam, Penyebab

Pencemaran Udara – Tidak bisa kita pungkiri bahwa udara adalah salah satu komponen yang sangat penting untuk dijaga.

Hal ini karena seluruh makhluk hidup pasti membutuhkan udara.

Tetapi semakin kesini, udara tidak lagi jernih seperti dulu.

Hal ini terjadi karena ada yang di sebut dengan pencemaran udara. Padahal, udara yang tidak sehat atau tidak baik nantinya akan berdampak buruk untuk kehidupan.

Mengenai hal ini, pencemaran udara adalah salah satu aspek yang sangat penting untuk diketahui. Apalagi mengingat efek buruk yang dapat di timbulkannya.

Selain itu, mengetahui apa saja penyebabnya juga sangat penting, sehingga bisa mengantisipasinya.untuk pembahasan lebih lanjut mengenai pencemaran udara, yuk simak ulasan berikut ini:

Pengertian Pencemaran

Pengertian Pencemaran

Pencemaran udara yaitu istilah yang berasal dari dua kata yakni penggabungan antara pencemaran dan udara.

Nah, untuk mengenal apa maksud atau pengertian dari istilah tersebut, maka sangat penting untuk mengetahui pengertian dari masing-masing kata terlebih dulu.

Setelah itu baru dapat disimpulkan maksud atau pengertian dari pencemaran udara ini.

Berbicara mengenai maksud kata pencemaran, kata tersebut merujuk kepada arti bercampurnya beberapa zat atau unsur yang seharusnya tidak tercampur dan dapat mengakibatkan kondisi yang buruk atau tidak baik.

Sedangkan udara adalah salah satu elemen alam yang sangat di butuhkan bagi kehidupan di bumi baik manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwasa pencemaran udara tidak lain merupakan situasi di mana udara sudah tercampur dengan zat lain sehingga menyebabkan keadaan yang buruk.

Bahkan, diakibatkan oleh pencemaran udara itu sendiri, bisa jadi udara yang tidak layak untuk dihirup dapat membahayakan kehidupan makhluk hidup di bumi.

Tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa udara merupakan salah satu komponen inti yang sangat penting untuk menunjang kehidupan makhluk hidup di bumi.

Tanpa udara, entah bagaimana jadinya keberlangsungan kehidupan di bumi ini. Dan saat ini pencemaran udara sudah sangat merajalela. krisis udara bersih adalah masalah yang sangat banyak di hadapi.

Timbulnya pencemaran udara sangatlah beragam. Untuk hal ini bisa saja berasal dari faktor alam, atau akibat ulah perbuatan manusia.

Tetapi, jika membicarakan masalah mayoritas, tentu saja karena ulah manusia itu sendiri. Sedangkan efek dari masalah tersebut tidak bisa di katakan hal yang sepele.

Pencemaran udara, hendaknya sesegera mungkin untuk di perbaiki. Hal ini untuk mengantisipasi. Bahkan, perlu diketahui bahwa beberapa negara sudah masuk daftar pencemaran udara yang mengakibatkan udara semakin panas adalah salah satunya China, maka tidak jarang udara bersih di jual disana dalam bentuk kantong plastik di negara tersebut.

Sumber Pencemaran Udara

Sumber Pencemaran Udara

Secara garis besar, terdapat dua sumber pencemaran udara yang bisa saja terjadi. Pertama adalah dari sumber alamiah dan yang kedua adalah dari sumber buatan manusia.

Keduanya sebenarnya sama-sama sulit di atasi. Untuk penjelasan lebih jelasnya yakni sebagai berikut:

1. Sumber alamiah

Pencemaran udara secara alamiah dalam hal ini adalah pencemaran yang terjadi secara alami dan ada banyak faktor yang penyebabnya.

Diantara faktor-faktor tersebut yaitu meletusnya gunung berapi, munculnya gas beracun kepermukaan bumi, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Sumber buatan manusia

Sumber alamiah terjadi secara alami dan tidak bisa di elakkan lagi kedatangannya. Tetapi, ada juga sumber yang disebabkan oleh ulah manusia.

Untuk hal ini sumber buatan manusia sangatlah banyak dan sudah menjadi kebiasaan. Maka dari itu, sumber ini menjadi semakin sulit untuk diatasi.

Misalnya seperti sumber dari aktivitas industri, dari kendaraan bermotor, asap rokok dan masih banyak lagi lainnya. Aktivitas seperti ini sudah menjadi kebiasaan dan bahkan penunjang untuk berlangsunya kehidupan manusia. Oleh karena itu sangat sulit untuk mengatasi atau mencegahnya.

Penyebab Pencemaran Udara

Penyebab Pencemaran Udara

Dari dua sumber yang telah di jelaskan diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa terdapat berbagai macam penyebab pencemaran udara. Untuk mengenal beberapa diantaranya, simak pembahasan berikut ini:

1. Asap kendaraan bermotor

Karena perkembangan jaman yang semakin pesat, oleh karena itu tidak heran jika saat ini kendaraan bermotor sudah menjadi salah satu barang yang wajib di miliki setiap orang.

Di jalan raya, saat ini kendaraan bermotor sudah banyak di jumpai. tetapi, perlu diketahui bahwasannya asap kendaraan bermotor dapat menyebabkan polusi ditambah dengan jumlah yang banyak, udara menjadi tercemar.

2. Pembangkit listrik

Tidak bisa di pungkiri, meskipun sudah masuk era modern, saat ini masih banyak pembangkit listrik konvensional yang menggunakan bahan kurang ramah lingkungan.

Comtohnya saja seperti gas, minyak dan batubara. Saat bahan bakar yang menjadi gas ini pembakarannya tidak sempurna, maka akan menyebar di udara, dan menyebabkan efek yang cukup berbahaya.

3. Berasal dari abu polutan gunung berapi

Di Indonesia, gunung merapi yang masih aktif tentu saja sangat banyak jumlahnya. Saat terjadi letusan gunung berapi, stabilitas udara di wilayah bersangkutan pun akan terganggu.

Udara yang menyebar pun menjadi tidak sehat untuk di hirup. Tetapi faktor yang satu ini merupakan salah satu faktor alami yang tentu cukup sulit di hindari.

4. Limbah asap industri atau pabrik

Penyebab pencemaran udara yang terbesar tidak lain adalah limbah pabrik atau industri. Di berbagai negara, tentu saja ada banyak sekali pabrik atau industri yang berdiri.

Sedangkan limbah asap pabrik tentu saja tidaklah sedikit. Padahal, limbah asap industri atau pabrik bukanhlah udara yang baik untuk dihirup.

5. Limbah pertanian

Tidak hanya pabrik, limbah pertanian juga bisa berdampak untuk pencemaran udara. mengingat banyaknya penggunaan pupuk dan bahan-bahan kimia untuk menunjang hasil panen pertanian.

Selain tidak baik untuk tanah, juga tidak baik bagi udara karena bisa mengakibatkan pencemaran jika penggunaannya terlalu berlebihan.

6. Berbagai kegiatan pertambangan

Jika berbicara mengenai Indonesia, banyak sekali dijumpai industri pertambangan. Yang mana industri ini dapat menyebabkan pencemaran udara.

Penyebab utamanya yaitu, saat mineral dari perut bumi di ambil, maka polutan pun bisa muncul. Pertambangan ini juga dapat menyebabkan berbagai efek negatif, terutama dalam proses pengeboran.

7. Aktivitas rumah tangga

Untuk penyebab yang ini mungkin cukup meragukan. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwasannya berbagai aktivitas rumah tangga tidak bisa dianggap hal yang sepeleh.

Mungkin intensitasnya tidak banyak, tapi tetap saja berpengaruh untuk pencemaran udara. Misalnya seperti pembakaran sampah yang masih sembarangan dan lain-lainnya.

8. Kebakaran hutan

Salah satu kejadian alam yang sangat fatal dan sulit untuk di atasi yaitu kebakaran hutan. Apalagi mengingat bahwa penyebabnya juga sering tidak terduga.

Tapi ketika menimbulkan asap yang terlalu banyak tentu saja akan mengakibatkan polusi udara.

Selain polusi udara, kebakaran hutan juga akan berdampak untuk alam lainnya. bisa berujung pada longsor ataupun banjir.

Baca Juga : Pencemaran Lingkungan lengkap

9. Efek timbunan sampah

Sampah yang menimbun dan tidak terurus tentu saja sangatlah mengganggu bagi kehidupan setiap orang. Dalam hal ini, Anda pun pastinya mengakui bahwa adanya timbunan sampah di sekitar Anda bukanlah hal yang baik.

Bagi udara pun demikian, timbunan sampah juga dapat mengakibatkan pencemaran udara. Apalagi jika sampai menimbulkan bau menyengat. Dan hal ini yang tidak bisa diremehkan.

Dampak Pencemaran Udara

Dampak Pencemaran Udara

Karena banyak penyebab yang di timbulkan oleh pencemaran udara, tentu saja ada banyak dampak pula yang di timbulkan.

Dan dampak-dampak tersebut tidak bisa di sepelekan. Diantara dampak dari pencemaran udara yang perlu diketahui adalah sebagai berikut.

  • Gangguan kesehatan

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, udara merupakan salah satu komponen yang terpenting bagi keberlangsungan kehidupan makhluk hidup di muka bumi.

Tetapi, jika udaranya tidak layak untuk dihirup, tentu saja ini akan berujung pada berbagai gangguan kesehatan.

Banyak orang yang terlalu sering menghirup udara kotor mengalami berbagai penyakit parah khususnya penyakit paru-paru.

  • Dampak ekonomi

Mungkin masalah kesehatan menjadi dampak yang mudah untuk di perkirakan. Tetapi, siapa sangka bahwa pencemaran udara ini akan berakibat pada masalah ekonomi juga.

Hal ini di pengaruhi oleh produktivitas setiap orang. Ketika mereka merasa tidak nyaman dengan kondisi udara dan produktivitas berkurang, maka akan menimbulkan masalah ekonomi baik bagi pribadi maupun bagi negara.

  • Dampak pada aktivitas pertanian

Jika manusia sangat membutuhkan udara, maka begitu pula dengan tumbuh-tumbuhan. Tumbuhan pun juga membutuhkan udara yang sehat agar bisa tetap tumbuh dan berkembang.

Tapi, karena tidak sehatnya kondisi udara akibat pencemaran udara, maka akan mengganggu aktivitas tumbuhan hingga pertanian. Seperti misalnya adalah proses fotosintesis.

  • Hujan asam

Dalam penjelasan diatas telah di uraikan bahwasannya pencemaran udara yang tidak lain adalah tercampurnya berbagai zat dengan udara.

Lalu zat yang berterbangan ini nantinya tidak tahu akan di bawa kemana dan menuju awan.

Tetapi beberapa zat yang sensitif ketika bertemu dengan air yang akan berubah menjadi asam. Yang mana pada akhirnya akan muncul yang namanya hujan asam.

  • Kerusakan lapisan ozon

Jika pencemaran udara terjadi terus menerus, maka tidak bisa di pungkiri lagi bahwasannya akan sangat berpengaruh pada lapisan ozon.

Apalagi mengingat bahwa banyak zat kimia berbahaya yang ikut tercampur. Padahal lapisan ozon ini sangat berguna untuk melindungi dari kulit dari panasnya sinar matahari sehingga kerusakannya akan sangat di sayangkan.

  • Efek rumah kaca

Pada saat ini efek rumah kaca sudah hampir di rasakan oleh setiap manusia. Hal tersebut karena CFC yang sudah sangat menumpuk di berbagai permukaan atmosfer.

Padahal efek rumah kaca ini bukanlah efek yang baik. Pada akhirnya, efek rumah kaca ini dapat mengakibatkan sinar UV Dan radiasi ynag dipantulkan secara besar-besaran akan kembali ke permukaan bumi.

Cara Menanggulangi Pencemaran Udara

Cara Menanggulangi Pencemaran Udara

Mengingat betapa berbahayanya pencemaran udara yang terjadi, tentu saja sangat penting untuk mengatasinya. Dalam hal ini banyak hal yang bisa dilakukan untuk menanggulangi hal tersebut, yaitu sebagai berikut:

  • Pendidikan cinta alam dan lingkungan

Agar pencemaran udara bisa di atasi, maka semua komponen masyarakat harus ikut serta dalam menaggulanginya.

Oleh sebab itu pendidikan mengenai cinta alam dan lingkungan sangat di butuhkan, Terutama bagi mereka yang masih dalam proses berpendidikan.

Hal ini karena beberapa tahun kedepan, merekalah yang akan melindungi dan menjaga permukaan bumi ini.

  • Penguatan hukum dan peraturan

Tidak semua orang bisa sadar diri hanya dengan lewat pendidikan saja. Kadangkala, bisa jadi takutnya seseorang adalah pada hukum dan peraturan.

Oleh sebab itu, adakalanya hukum tentang pencemaran udara harus lebih di kuatkan. Hal tersebut  dilakukan karena sangat penting demi menjaga kesehatan lingkungan terutama udara yang setiap hari terus di perlukan.

  • Pengawasan perusahaan industri

Dalam hal penyebab pencemaran udara, telah di sebutkan bahwa aktivitas industri sangat banyak menimbulkan pencemaran udara.

Dalam hal tersebut, untuk mengatasinya, maka harus di laksanakan pengawasan yang tinggi terhadap setiap perusahaan industri di Indonesia.

Dengan begitu, limbah udara dengan bahan kimia yang terlalu banyak bisa di hindarkan.

  • Pengurangan bahan penghasil polutan

Terdapat banyak sekali bahan yang dapat menghasilkan polusi di muka bumi ini.

Oleh sebab itu, untuk menaggulangi pencemaran udara, bahan-bahan seperti ini harus mulai di hindari.

Contohnya saja seperti pembakaran sampah yang dapat menimbukan pencemaran udara yang sangat tinggi.

Aktivitas seperti itulah yang harus di kurangi dan di atur kembali untuk menunjang usaha penanggulangan pencemaran udara.

  • Penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan

Selain mengurangi polusi udara, jangan lupa untuk memperbaiki sistem kehidupan. Saat ini setiap orang tentu saja sudah sangat akrab dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Pola hidup seperti itulah yang harus di terapkan. Mulai sekarang penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan harus lebih di tekankan karena akan sangat berharga dalam mengatasi dampak yang ditimbulkan.

  • Penghijauan lahan

Tidak dapat di pungkiri lagi bahwa udara yang bersih tentu saja berasal dari tumbuh-tumbuhan dengan penghasil oksigen yang memadai.

Oleh sebab itu, banyak sekali yang menekankan untuk melakukan penghijauan. Hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk mengatasi dampaknya.

Semakin banyak pohon di sekitar, maka akan semakin banyak udara bersih yang akan kita hirup.

Setelah mengenal betapa berbahayanya pencemaran diatas, maka kini saatnya untuk memperbaiki alam.

Untuk menjaga kebersihan udara, maka tidak hanya dari pemerintah maupun aparat yang ikut serta.

Tetapi, keterlibatan semua komponen masyarakat sangat di butuhkan untuk ikut serta memperjuangkannya.

Dengan kerjasama yang relevan, maka kesehatan alam pun akan menjadi terjaga

 

Leave a Reply