23 Nama Gunung di Indonesia Lengkap Pejelasan Serta Ketinggian

Nama Gunung di Indonesia – Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal akan banyaknya gunung dan juga pegunungan.

Hal tersebut dikarenakan letak wilayah Indonesia yang berada di jalur pertemuan lempeng besar dunia yaitu lempeng benua Australia di kawasan Timur dan lempeng Benua Asia di kawasan Barat.

Selain terkenal akan jumlah gunung yang banyak, Indonesia juga dikenal akan rangkaian gunung api yang ada.

Negara tropis yang dilalui oleh garis khatulistiwa ini menghadirkan banyak pemandangan alam yang menakjubkan.

Puluhan bahkan ratusan gunung di Indonesia masih ada dan beberapa di antaranya merupakan gunung aktif. Berikut akan dibahas lebih lanjut mengenai gunung di Indonesia

Gunung Rinjani

Gunung yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat tepatnya di wilayah tiga kabupaten yaitu Lombok Tengah, Lombok Barat, dan Lombok Timur ini merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia.

Rinjani dinilai sebagai gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Rinjani memiliki ketinggian 3726 mdpl.

Gunung Rinjani memiliki luas sebesar 41.330 ha dengan titik tertinggi 3726 mdpl. Dengan berada di titik tertinggi gunung rinjani ini maka akan terlihat pemandangan yang menakjubkan yaitu pulau Lombok bagian Utara.

Kaldera indah terletak di sebelah barat kerucut rinjani dengan luas 3500 m x 4800 m.

Tidak berhenti pada indahnya kaldera, Kaldera juga memiliki danau Segara Anak dengan kedalaman 230 m. Di dalam danau tersebut terdapat banyak ikan-ikan seperti ikan mujair dan ikan mas.

Selain itu, dari danau Segara Anak mengalir aliran air melewati jurang yang sangat dalam dan membentuk air terjun yang rupawan.

Keindahan yang diberikan Gunung Rinjani terus meluas hingga di bagian selatan danau segara Anakan terdapat Segara Enedt.

Di sebelah timur Kaldera terdapat Gunung Barujari dengan kawah seluas 170 m x 200 m dan ketinggian mencapai 2296 hingga 2376 mdpl. Gunung yang tergolong kecil tersebut terakhir kali meletus tanggal 2 Mei 2009 hingga sepanjang Mei.

Gunung Kerinci

Gunung kerinci merupakan salah satu gunung yang tinggi di Indonesia. Ketinggian dari gunung kerinci mencapai 3805 m dpl. Gunung kerinci termasuk ke dalam golongan Pegunungan Bukit Barisan.

Terletak di Provinsi Jambi yang berbatasan dengan Provinsi Sumatra Barat membuat gunung Kerinci tidak sedikit dikunjungi oleh para pendaki.

Letaknya juga dikelilingi oleh Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan tempat habitat dari spesies badak sumatra dan harimau sumatra yang sudah mulai terancam punah.

Beberapa nama lain dari gunung kerinci ialah gunung Kerintji, Gunung Gadang, Puncak Indrapura dan Gunung Korinci.

Gunung Kerinci tergolong gunung berapi yang aktif dan tertinggi di Indonesia. Kerinci pertama kali berhasil ditaklukkan pada tahun 1877.

Gunung Argopuro

Gunung Argopuro merupakan gunung yang termasuk dalam bagian pegunungan lyang yang letaknya di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Argopuro merupakan puncak tertinggi dari deretan pegunungan tersebut dengan posisi yang berada di antara semeru dan gunung raung. Ketinggian dari gunung argopuro mencapai 3088 meter di atas permukaan laut.

Gunung argopuro awalnya merupakan gunung berapi, yang kini sudah tidak aktif lagi. Argopuro memiliki beberapa puncak.

Namun, puncak yang paling dikenal ialah Puncak Welirang atau Rengganis. Nama puncak tersebut diambil dari legenda yang menyatakan bahwa puncak tersebut menjadi pemukiman dari Dewi Rengganis, adik dari Nyai Roro Kidul.

Puncak Rengganis memang yang paling terkenal tetapi bukan merupakan puncak yang tertinggi. Puncak tertinggi masih berada di jarak kurang lebih sekitar 200 m arah selatan dari puncak Rengganis.

Puncak tersebut bernama Puncak Argapoera yang akan ditemukan tugu ketinggian, tanda dari puncak tersebut.

Gunung Argopuro melewati beberapa kabupaten di Jawa Timur yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Jember, Kabupaten Lumajang.

Puncak Renggangis terletak di wilayah Kabupaten Jember. Argopuro memiliki kawasan hutan Dipterokarp Atas, Dipterokarp Bukit, Hutan Ericaceous atau huan gunung, dan hutan Montane.

Gunung Raung

Gunung Raung merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Gunung yang terletak di Jawa Timur ini melewati 3 kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Jember. Gunung Raung memiliki ketinggian sekitar 10971 kaki atau 3344 meter di atas permukaan laut.

Gunung raung secara geografis terletak pada koordinat 8°07’30”LU dan 114°02’30”BT. Gunung Raung terletak di kawasan Pegunungan Ijen dan merupakan puncak paling tinggi di wilayah tersebut. Gunung ini memiliki Kaldera kering yang merupakan keldera tertinggi nomor dua di Indonesia dan tertinggi di Jawa Timur.

Raung pertama kali meletus pada tahun 1586. Sampai saat ini, mendaki raung memiliki tantangan tersendiri bagi para pencinta alam. Medannya tidak begitu susah untuk ditempuh tetapi memberikan berapa rintangan seperti kurangnya sumber air. Pemandangan milky way yang di suguhkan sangat luar biasa, terlebih saat malam hari.

Gunung Puncak Jaya

Merupakan bagian dari deretan pegunungan Sudirman dan terletak di Provinsi Papua. Siapa yang tidak tahu gunung puncak jaya, gunung ini merupakan gunung yang masuk ke dalam deretan tujuh puncak tertinggi di dunia dan tergolong gunung paling tinggi di Indonesia. Ketinggian dari gunung puncak jaya mencapai 4884 mdpl.

Puncak jaya memiliki gletser yang merupakan satu-satunya gletser tropis di Indonesia yaitu gletser Carstensz. Gletser merupakan bongkahan es dengan ukuran besar terbentuk di atas permukaan tanah. Namun, akhir-akhir ini beberapa gletser di lereng puncak jaya dikabarkan hilang karena adanya pemanasan global meskipun gunung Puncak Jaya sendiri masih sedikit tertutup oleh es.

Hilangnya gletser ditakutkan akan sama dengan gletser yang berada di Puncak Trikora di Pegunungan Maoke yang telah menghilang sama sekali di antara tahun 1939 dan 1962. Dan Semenjak tahun 1970, citra satelit menunjukkan bahwa glester Puncak Jaya menyusut dengan sangat cepat.

Gunung Semeru

Gunung yang terletak di Jawa Timur dan secara geografis terletak di wilayah Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang dengan posisi antara 8°06′ LS dan 120°55′ BT. Terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Ketinggian puncaknya yang bernama Mahameru mencapai 3676 mdpl.

Gunung semeru memiliki kawah yang diberi nama Jonggring Saloko. Di sebelah selatan, kubah dengan ketinggian 3744,8 m (tercatat hingga akhir november 1973) mendobrak tepian kawah sehingga menyebabkan aliran larva lebih mengarah ke bagian selatan yang meliputi daerah Candipuro dan Pronojiwo di Lumajang.

Selain gunung semeru, taman nasional bromo tengger semeru yang memiliki pegunungan dan lembah dengan luas 50273,3 Ha juga terdapat beberapa gunung yang termasuk ke dalam kalderan Gunung Tengger.

Gunung-gunung tersebut di antaranya adalah gunung bromo dengan ketinggian 2392 m, gunung batok dengan ketinggian 2470 m, gunung kursi dengan ketinggian 2581 m, gunung watangan dengan ketinggian 2662 m, dan gunung widodaren dengan ketinggian 2650 m. Selain itu juga terdapat 4 danau yaitu, Ranu Regulo, Ranu Pani, Ranu Darungan, dan Ranu Kumbolo.

Ketika seseorang hendak mendaki gunung semeru, pasti akan mampir di sebuah ranu yang indah yaitu ranu kumbolo. Flora atau tumbuhan yang ada di gunung semeru beraneka ragam mulai dari akasia, jenis Jamuju, pinus, pohon cemara, alang-alang, kirinyuh, harending, tembelekan hingga bunga yang sangat diminati untuk dipotret yaitu edelweiss putih yang banyak terdapat di lereng.

Flora endemik yang bisa ditemui di daerah semeru selatan ialah anggrek endemik yang sangat cantik. Beberapa fauna yang ada di gunung semeru di antaranya adalah macan kumbang, luwah, budeng, kancing, kijang dan beberapa hewan liar lainnya. Di ranu kumbolo juga terdapat belibis yang masih hidup bebas. Sangat menyenangkan menjadikan semeru sebagai salah satu destinasi pilihan.

Gunung Leuser

Gunung yang terletak di bagian tenggara Aceh dan dekat dengan perbatasan Sumatra Utara ini merupakan gunung tertinggi yang ada di Aceh. Gunung Leuser termasuk ke dalam golongan Taman Nasional Gunung Leuser. TNGL merupakan kawasan pelestarian alam Indonesia yang memiliki luas 1.094.692 ha.

Gunung leuser memiliki ketinggian mencapai 3404 mdpl yang dilindungi oleh TNGL. TNGL memiliki beberapa fungsi lain di antaranya adalah melindungi sistem penyangga kehidupan, mengawetkan atau mempertahankan keanekaragaman dari berbagai macam tumbuhan, satwa dan juga ekosistemnya serta memanfaatkan dengan lestari sumber daya alam hayati beserta ekosistemnya.

Taman Nasional Gunung Leuser yang di dalamnya terdapat gunung leuser beserta area di sekitarnya yang disebut dengan kawasan ekosistem leuser telah menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Sebuah penghargaan yang membanggakan bagi Indonesia.

Gunung Slamet

Setelah gunung semeru, terdapat gunung slamet yang merupakan gunung berapi tertinggi kedua yang ada di Pulau Jawa dan tertinggi di Jawa Tengah. Gunung Slamet terletak di perbatasan beberapa kabupaten diantaranya Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Purbalingga, Brebes, dan Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Gunung Slamet memiliki ketinggian hingga 3428 mdpl.

Gunung slamet memiliki kawah terakhir yaitu kawah IV yang masih aktif dan terakhir kali aktif hingga leerl siaga pada medio 2009. Meskipun dinilai memiliki medan yang tidak mudah, gunung slamet cukup populer bagi para pencinta gunung. Selain itu, di kaki gunung slamet juga ada kawasan wisata yang menjadi andalan Banyumas yaitu wisata Baturraden.

Gunung Bukit Raya

Gunung Raya atau Bukit Raya merupakan gunung yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya di Kabupaten Katingan. Gung Bukit Raya adalah gunung tertinggi yang ada di Kalimantan. Ketinggian yang dimiliki mencapai 2278 mdpl.

Gunung Bukit Raya tergolong kawasan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya bersama dengan cagar alam Bukit Baka yang ada di Kalimantan Barat. Selain itu, kawasan yang ada di sekitar Gunung Bukit Raya juga merupakan cagar alam untuk melindungi flora dan fauna endemik yang ada di dalamnya.

Gunung Agung

Gunung dengan ketinggian 3142 mdpl ini merupakan gunung tertinggi yang ada di Pulau Bali. Letaknya di Kabupaten Karangasem, Bali tepatnya di Kecamatan Rendang. Gunung Agung merupakan gunung berapi dengan tipe stratovolcano yang memiliki kawah yang sangat luas dan dalam. Kawah tersebut tak jarang mengeluarkan uap air dan juga asap.

Jika dilihat dari Pura Besakih, gunung ini terlihat seperti kerucut runcing yang sempurna, padahal pada dasarnya puncak dari gunung ini memanjang dan berakhir di kawah yang lebar dan melingkar. Jika berhasil mendaki hingga puncak, Anda akan melihat puncak dari Gunung Rinjani yang ada di Pulau Lombok.

Puncak Mandala

Selain gunung jaya wijaya yang merupakan gunung tertinggi di Indonesia, gunung tertinggi kedua juga terletak di Papua yakni Puncak Mandala. Ketinggian dari Puncak Mandala mencapai 4760 m dpl. Puncak mandala ini juga termasuk ke dalam bagian Pegunungan Jayawijaya yang berjajar di Provinsi Papua.

Gunung ini sebelumnya pernah dilapisi salju namun terhitung 2003, salju tersebut tidak terlihat lagi. Selain disebut sebagai Puncak Mandala, gunung ini juga dikenal sebagai Juliana Peak. Letaknya yang berdekatan dengan Papua Nugini yang ada di sebelah timur Indonesia berhasil ditaklukkan oleh tim ekspedisi asal negara Belanda pada tahun 1959.

Puncak Trikora

Sama halnya dengan puncak Jaya dan puncak Mandala, puncak ini pun terletak di Provinsi Papua dan menempati sebagai urutan ketiga gunung yang paling tinggi di Indonesia. Ketinggian dari Puncak Trikora mencapai 4750 m dpl. Sebelum tahun 1963, puncak trikore juga dikenal dengan sebutan Puncak Wihelmia dan setelahnya lebih dikenal sebagai Puncak Trikora.

Trikora dahulu pernah dipalisi oleh salju tetapi tidak lama mencair setelahnya. Beberapa orang menyebut bahwa Trikora menempati urutan gunung tertinggi kedua di Indonesia, namun lebih banyak yang menyebut sebagai gunung tertinggi ketiga di Indonesia. Puncak Trikora berhasil ditaklukkan pertama kali oleh tim ekspedisi Belanda pada tahun 1913.

Gunung Ngga Pilimsit

Gunung ini dahulu dikenal sebagai gunung idenburg. Terletak di Proinsi Papua dengan ketinggian 4717 m dpl. Gunung ini tergolong ke dalam Pegunungan Maoke di Barisan Sudirman Barat. Terletak kurang lebih sekitar 15 km dari puncak Jaya sebagai gunung tertinggi di Ineonsia.

Gunung Ngga Pilimsit berhasil ditaklukkan oleh tim ekspedisi yang berasal dari negara Austria pada tahun 1962, tepatnya di bulan februari. Menjadi tantangan tersendiri bagi para pencinta alam dan para pendaki untuk bisa menaklukkan gunung Ngga Pilimsit ini karena selain menguji nyali juga bisa menikmati pemandangan alam yang d isuguhkan.

Gunung Yamin

Masih di Provinsi Papua, terdapat gunung Yamin dengan ketinggian 4540 m dpl dan dinilai sebagai gunung tertinggi di Indonesia urutan kelima. Selain dikenal sebagai gunung Yamin, gunung ini juga dikenal dengan sebutan Puncak Prins Henrik. Gunung Yamin masih tergolong ke dalam deretan Pegunungan Jaya Wijaya yang membentang di Provinsi Papua.

Gunung ini terletak secara geografis pada koordinat 130°-141°BT2°25’LU dan -9° LS.v. Struktur dari gunung ini ialah bebatuan gamping, karang glaciated, dan klastik. Perjalanan untuk mencapai puncak akan membutuhkan waktu kurang lebih selama 3 hari perjalanan. Suhu yang ada di puncak gunung Yamin kurang lebih sebesar -5oC.

Gunung Sanggar

Sama halnya dengan Gunung Rinjani, Gunung Sanggar juga merupakan gunung yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Gunung Sanggar memiliki ketinggian 3492 meter di atas permukaan laut. Beberapa sumber lain juga menyebutkan bahwa Sanggar memiliki ketinggian 3564 dan 3464 meter di atas permukaan laut.

Tetapi berapa pun ketinggiannya, Gunung Sanggar termasuk ke dalam golongan 10 gunung tertinggi di Indonesia. Berada di barisan gunung Rinjani dengan pemandangan alam yang masih sangat alami membuat gunung Sanggar tampak eksotis dan menjadi daya tarik sendiri bagi para pendaki yang hendak mencari gunung jarang terjamah.

Gunung Latimojong

Terletak di Provinsi Sulawesi Selatan dan berdekatan dengan Kabupaten Enrekang, gunung Latimojong masuk ke dalam deretan salah satu puncak gunung tertinggi yang ada di Indonesia dan puncak gunung tertinggi di pulau Sulawesi. Gunung Latimojong memiliki ketinggian 3478 meter di atas permukaan laut.

Selain dikenal dengan Gunung Latimojong, gunung ini juga dikenal dengan sebutan Bulu Rantemario. Beberapa jalur pendakian sudah ditemukan di Gunung Latimojong. Pendaki yang ingin menaklukkan gunung ini juga sudah mudah menemukan pos-pos peristirahatan hingga mencapai puncak Gunung Latimojong.

Gunung Sumbing

Gunung Sumbing merupakan salah satu gunung berapi yang letaknya di provinsi Jawa Tengah dan melewati tiga kabupaten yaitu Kabupaten Temanggung, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Wonosobo. Gunung Sumbing memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 11060 kaki atau 3371 meter di atas permukaan laut.

Letak geografis Gunung Sumbing pada koordinat 7,384° LS dan 110,07°BT. Belum diketahui pasti kapan gunung Sumbing terakhir kali meletus tetapi di atas puncak gunung ini masih ada kawah yang masih aktif.

Gunung Lawu

Terletak di perbatasan beberapa kabupaten yakni Kabupetan Karanganyar di Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan di Jawa Timur, Gunung Lawu merupakan salah satu gunung berapi yang ada di Pulau Jawa. Secara geografis, Gunung Lawu terletak pada koordinat 07°37’30”LU dan 111°11’30”BT.

Gunung Lawu memiliki ketinggian 3265 meter di atas permukaan laut atau sekitar 10710 kaki. Gunung ini memiliki tiga puncak sekaligus yaitu Hargo Dumilah, Hargo Dumilang, dan Hargo Dalem. Hargo Dumilah merupakan puncak yang tertinggi. Ketiga puncak tersebut dianggapai sebagai tempat yang sakral bagi masyarakat setempat.

Gunung Lawu terakhir kali meletus pada tahun 1885. Sampai saat ini, gunung lawu menjadi salah satu gunung yang populer di kalangan para pencinta alam. Beberapa ruter dibuka untuk bisa mencapai puncak gunung lawu namun ruter termudah ialah dimulai dari Cemorosewi di Sarangan, Jawa Timur atau juga bisa dari Cemorokandang di Tawangmangu, Jawa Tengah.

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung dengan jenis stratovolcano yang melewati beberapa kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Boyolali, Kabupaten Magelang, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Salatiga. Secara geografis gunung dengan pemandangan yang indah ini terletak pada koordinat 7,5°LS dan 110,4°BT.

Gunung dengan ketinggian 10630 kaki atau sekitar 3145 meter di atas permukaan laut ini pertama kali meletus pada tahun 1560 dan meletus terakhir kali pada tahun 1797. Gunung merbabu merupakan salah satu gunung yang menjadi favorit bagi para pendaki atau pencinta alam untuk melakukan pendakian dan menaklukkan puncaknya.

Medan yang ditempuh untuk mencapai puncak tidak terlalu sulit tetapi para pendaki juga kerap menghadapi beberapa rintangan diantaranya kabut yang tebal, udara yang dingin kurangnya sumber air serta harus melewati hutan yang sangat lebat.

Beberapa jalur pendakian untuk mendaki gunung merbabu antara lain jalur wekas, jalur kopeng cunthel, dan kopeng thekelan. Tetapi tetap, para pendaki yang melakukan perjalanan harus bisa melnghomarti tradisi dan adat istiadat masyarakat setempat karena merbabu dianggap sebagai tempat yang sakral bagi warga sekitar.

Gunung Merbabu sering dikaitkan dengan sejarah masa lampau. Dahulu, Merbabu dikenal juga dengan sebutan Gunung Pamrihan atau Gunung Damalung. Di lereng merbabu konon terdapat pertapaan terkenal yang pada abad ke 15 pernah disinggahi oleh Bujangga Manik.

Gunung Sindoro

Gunung Sindoro juga merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa. Sindoro bisa terlihat berjajr dengan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Selain Sindoro, gunung ini juga memiliki beberapa nama lain seperti Sindara atau Sundoro. Ketinggiannya mencapai 3150 meter di atas permukaan laut.

Terletak melewati Kabupaten Wonosobo dan dekat Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Layaknya sebuah gunung kembar, gunung Sindoro memiliki letak yang berdampingan dengan gunung Sumbing. Sejajar dengan Merbabu dan Merapi, tetapi Sindoro lebih tinggi dari keduanya.

Di sisi barat laut hingga selatan sisi gunung, dapat dijumpai kawah yang disertai dengan adanya jurang. Kawah yang paling besar disebut dengan naman Kembang. Selain itu, jika Anda berhasil mencapai puncak Sindoro maka akan ditemukan sebuah lava yang kecil.

Tercatat sebagai gunung api yang aktif, gunung Sindoro telah meletus dengan letusan yang sebagian besar merupakan letusan skala ringan letusan sedang atau dikenal juga sebagai letusan freatik. Hingga saat ini, Sindoro dijadikan sebagai salah satu list objek pendakian gunung yang menarik.

Gunung Welirang

Selanjutnya ialah Gunung Welirang yang juga merupakan gunung tertinggi terletak di Pulau Jawa. Letaknya berada di Provinsi Jawa Timur, tepatnya pada perbatasan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Malang. Dahulu kala, Gunung Welirang juga dikenal sebagai nama Walirang yang dalam bahasa Jawa berarti belerang.

Gunung Welirang memiliki ketinggian hingga 3156 meter di atas permukaan laut. Gunung Welirang terletak satu punggungan sama dengan gunung Kembar I, Gunung Kembar II dan Gunung Arjuno. Di lereng gunung ini banyak ditemukan tumbuhan dari kawasan hutan Dipterokarp Bukit hutan Motane, hutan Ericaceous atau hutan gunung, dan hutan dipterokarp atas.

Tumbuhan endemik bernama manisrejo juga ditemukan di sekitar puncak gunung. Jalur pendakian yang banyak dilewati ialah melalui Desa Jubel, Kecamatan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur. Pemandangan menarik yang di suguhkan membuat pendaki dan pencinta alam banyak melakukan pendakian ke Gunung Welirang.

Gunung Arjuna

Gunung Arjuna atau juga disebut sebagai gunung Arjuno merupakan satu diantara gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung ini merupakan gunung berapi dengan tipe strato. Ketinggian Arjuna mencapai 3339 meter di atas permukaan laut. Arjuna termasuk ke dalam pengelolaan dari Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Letaknya bersebelahan dengan gunung Welirang dan memiliki punggungan sama.

Beberapa titik dari pendaikan Arjuna yang sudah terkenal ialah Tretes, Lawang, Batu dan beberapa arah lain. Ketinggian dan keindahan alam yang dimiliki membuat Arjuna kerap menjadi favorit pendakian. Objek wisata yang berada di sekitarnya juga terkenal, salah satu di antaranya adalah air terjun kakek Bodo. Meskipun jarang didengar oleh orang-orang awam, ternyata gunung yang satu ini selalu ramai pendaki.

Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung yang terkenal di Jawa Timur bahkan di Indonesia. Bromo melewati 4 kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolonggi, Kabupaten Lumajang, dan Kabupetan Malang. Wisata pendakian bromo hampir tidak pernah sepi setiap harinya.

Bromo memiliki ketinggian 2392 meter di atas permukaan laut/ Bentuk tubuh bromo bertautan antara ngarai dan lembah dan dikelilingi oleh kaldera serta lautan pasir yang luas sekitar 5300 ha. Kata bromo berasal dari Brahma, salah satu Dewa Agama Hindu. Pemandangan bromo sangat indah dan menawan.

Berbagai spot ditawarkan di Bromo mulai dari spot sunrise, lautan pasir, hingga penanjakan. Saat matahari terbit akan terlihat puncak penanjakan yang sangat luar biasa dengan latar depan gunung Semeru yang terlihat mengeluarkan asap dari kejauhan. Pastinya gunung yang satu ini sudah tidak aneh ditelinga wisatawan Indonesia ataupun mancanegara.

Festival tahunan Yadnya Kasada atau Kasodo diadakan setiap tahun oleh masyarakat sekitar untuk memberikan persembahan seperti uang, ayam, sayuran dan dibuang ke dalam kawah dari Gunung Bromo.

Demikian pembahasan mengenai nama – nama gunung yang ada di Indonesia ini, simak terus Olympics dan dapatkan ilmu baru nya.

Leave a Reply