Rangkuman Manfaat Hutan

Manfaat Hutan – Hutan adalah suatu daerah yang ditumbuhi dengan lebat dan banyak oleh pepohonan dan tumbuhan-tumbuhan lainnya.

Hutan biasanya ada di tempat luas di berbagai belahan bumi yang memiliki fungsi utama mampu menyerap karbon dioksida, menghasilkan oksigen (O2) , serta tempat hidup flora dan fauna.

Hutan memiliki banyak manfaat bagi manusia dan lingkungan.  Manfaat-manfaat tersebut digolongkan kedalam 4 bagian:

Manfaat Klimatologis Hutan

Manfaat Klimatologis Hutan

1. Mampu mengatur iklim

Hutan ternyata memiliki manfaat untuk mengatur serta menstabilkan iklim yang ada, baik secara makro ataupun secara mikro.

Hal yang tidak diinginkan akan terjadi jika hutan digusur untuk dijadikan perumahan ataupn lahan industri.

Terjadinya bencana alam dan perubahan waktu pergantian musim merupakan salah satu dari kegiatan penggundulan hutan.

2. Menjadi paru-paru untuk dunia

Hutan diibaratkan sebagai paru-paru dunia karena hutan sangat dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup.  Hutan yang sangat luas merupakan habitat jutaan jenis tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia.  Tumbuhan-tumbuhan yang ada dalam hutan tersebut dapat menyerap karbon dioksida yang merupakan hasil dari kegiatan bernapas manusia maupun binatang.  Selain karbon dioksida, hutan juga mampu menyerap karbon-karbon berbahaya yang misalnya yang dihasilkan oleh pabrik industri .

Manfaat Ekologis Hutan

Manfaat Ekologis Hutan

1. Dapat mencegah terjadinya erosi dan banjir

Tumbuhan memiliki akar yang berfungsi menyerap air,  banyaknya air yang diserap oleh akar tumbuhan dapat menahan laju air.  Selain itu, jika dalam ekosistem hutan.

Akar tumbuhan yang rapat dapat mencegah pengikisan tanah (erosi) ketika hujan turun,  Sehingga dapat mencegah terjadinya longsor.

2. Dapat Menjaga dan mempertahankan kesuburan tanah

Banyaknya tumbuhan dalam hutan juga bermanfaat bagi tanah sendiri.

Karena dengan adanya pepohonan dihutan bisa menyuburkan tanah, daun yang jatuh ketanah akan membusuk dan terurai sehingga tanah tersebut menjadi tanah humus yang dapat dijadikan sebagai pupuk yang bisa membantu untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Tanah yang subur dapat dimanfaatkan untuk menanam pohon jenis tertentu yang memiliki nilai estetik atau nilai ekonomis.

3. Dapat dijadikan wilayah untuk melestarikan keanekaragaman hayati yang ada

Manfaat hutan tidak hanya dapat dirasakan oleh manusia saja, flora dan fauna juga bisa merasakan manfaat dari hutan.

Flora dan fauna dapat menjadikan hutan sebagai tempat tinggal dan berkembang biak.

Karena itu, kita sebagai manusia harus menjaga hutan demi kebaikan bersama, jangan merusak hutan hanya untuk kepentingan pribadi saja.

Baca Juga : Keanekaragaman Hayati

Manfaat hidrologis hutan

Manfaat hidrologis hutan

1. Sebagai tempat tampungan air hujan

Tak asing lagi dengan manfaat hutan yang satu ini.  Tanaman yang ada di dalam daerah yang ditanami pepohonan mampu menampung air hujan lebih baik daripada tanah kosong yang tidak ada tanaman diatasnya.  Air yang ditampung oleh hutan akan menjadi akan menjadi air tanah.

Dengan kemampuan hutan seperti ini bisa mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor serta kekeringan.

2. Dapat mencegah instrusi air asin

Instrusi air asin ialah masuknya air asin ke daratan tempat air tawar sehingga dapat mencemari air tawar dan menyebabkan cadangan air tawar menjadi berkurang.

Instrusi air asin biasanya sering terjadi di daerah pesisir pantai.  Solusi dari masalah tersebut adalah dengan menggalakkan pelestraian terhadap hutan mangrove yang mampu mencegah terjadinya instrusi air asin ke daratan.

3. Sebagai tempat mengatur tata air dan kesuburan tanah

Keberadaan hutan di bumi memiliki peran penting bagi kelangsungan makhluk hidup, seperti keberadaan air dan kesuburan tanah.

Keberadaan air akan mengalami gangguan jika terjadi kerusakan terhadap ekosistem hutan di bumi apalagi dibagian hulu.

Ha ini sudah banyak sekali, kerap kita jumpai yang dulunya hutan sekarang sudah menjadi perumahan atau tempat industri, sehingga kekeringan sering melanda di daerah-daerah tertentu.

Manfaat hutan di bidang ekonomi

Manfaat hutan di bidang ekonomi

Menghasilkan pundi-pundi uang dengan penjualan hasil hutan

Dengan memanfaatkan hasil dari hutan kita bisa menghasilkan uang.  Banyak yang bisa dijual dari hasil hutan.

Misalnya penjualan kayu yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat untuk bangunan dan peralatan rumah tangga.

Atau buah yang dihasilkan dari pohon-pohon yang berada dihuta bisa dijual di pasar sekitar,  kelapa sawit yang bisa dikelolah menjadi minyak sayur.

Sebagai penyumbang devisa untuk mencicil hutang negara

Hasil dari perhutanan yang diekspor oleh Indonesia bisa dijadikan alat untuk mendapatkan devisa.

Devisa adalah alat pembayaran internasional berupa barang yang memiliki nilai dan sudah disepakati secara internasional pula.

Itulah beberapa manfaat hutan yang bisa saya paparkan.

Dengan kesadaran yang penuh seharusnya kita mengetahui dan juga menjaga keberlangsungan hutan dengan baik agar hutan tidak rusak dan kita dapat merasakan secara terus menerus dari manfaat hutan.  Berikut ini cara menjaga hutan yang baik dan benar.

Cara Menjaga Hutan

Cara Menjaga Hutan

1. Melakukan reboisasi atau penanaman kembali

Dengan pelakukan reboisasi terhadap hutan akan membuat hutan tetap hidup dan hutan akan kembali menghijau dan dapat terus menghijau, sehingga kelestarian hutan tetap terjaga.

2. Memilih pohon yang akan ditebang (sistem tebang pilih)

Meskipun pohon sangat bermanfaat dalam membantu perekonomian tetapi kita tidak boleh serakah dalam mengambil atau menebang pohon secara sembarangan, kita boleh memilih dan menebang pohon yang sudah tidak produktif lagi.

3. Mengganti pohon yang ditebang dengan pohon baru

Menanam pohon kembali setelah menebang pohon sangat bermanfaat untuk menjaga keberadaan hutan.

Untuk mencegah hutan gundul sistem tebang tanam ini patutlah diterapkan di negara Indonesia agar kita bisa terus menjaga keberadaan paru-paru dunia ini.

4. Sanksi diberikan kepada orang yang menebang pohon secara liar

Memberikan sanksi terhadap pelaku penebangan pohon sembarangan sangat diperlukan untuk memberikan efek jera terhadap pelaku.

Jika tidak ada sanksi bagi pelaku penebang pohon secra illegal maka kemungkinan hutan akan menjadi gundul secara cepat.

Baca Juga : Manfaat Terumbu Karang

5. Tidak membuang sampah di hutan

Membuang sampah sembarangan di hutan dapat berakibat buruk bagi manusia sendiri.

Hal  ini dapat memicu bencana alam seperti kebakaran hutan yang dapat membuat hutan rusak beserta keaneka ragaman hayatinya juga.

6. Menjaga serta melindungi habitat yang ada di hutan

Sebagai makhluk yang memiliki akal sudah seharusnya manusia menjaga dan melindungi flora dan fauna yang ada di hutan agar tidak mengalami kepunahan.

7. Meminimalisir penggunaan kertas

Kita sudah tahu bahwa kertas yang kita digunakan berasal dari pohon, semakin banyak kertas yang kita sia-siakan maka semakin banyak pula pohon yang ditebang oleh industri-industri kertas.

Efek lainnya dari penghamburan kertas-kertas dapat mempercepat proses efek rumah kaca..

8. Menjaga dan merawat pohon yang ada di hutan

Salah satu kebiasaan buruk manusia yang dapat merusak hutan adalah dengan mencoret-coret pohon yang ada di hutan atau memaku pohon yang ada di hutan.

Banyak orang yang berkunjung ke hutan dengan dalam rangka kemah atau lainnya yang mencoret-coret pohon untuk memberi tanda di pohon tersebut, atau memaku pohon untuk kepentingannya, misalnya untuk tempat bendera atau lainnya.

Leave a Reply