Gas Alam : Pengertian, Manfaat, Komposisi, Jenis dan Sifat Gas

Gas Alam –  Apa sih yang kalian ketahui tentang GAS ALAM ?? yah gas alam tentunya banyak kita temui dalam kehidupan kita sehari – hari karena memang pada dasarnya gas alam ada di sekitaran kita dan manusia hampir mustahil tanpa menggunakan gas alam.

Nah berikut ini kami akan terangkan tentang gas alam lengkap dengan pengertian, komposisi, manfaat dan beberapa pembahasan lainya. Berikut ini adalah pembahasanya.

PENGERTIAN GAS ALAM

PENGERTIAN GAS ALAM

Gas alam yaitu bahan bakar yang terbuat dari fosil berbentuk gas. Gas alam merupakan campuran hidrokarbon yang memiliki daya kembang yang cukup besar, daya tekanan tinggi, berat jenis spesifikasinya yang rendah dan menurut alamiah terdapat dalam bentuk gas.

Dan dasarnya gas alam ini terkumpul dibawah tanah dengan berbagai macam-macam komposisi yang ada pada dalam kandungan minyak bumi tersebut.

Semua kandungan minyak bumi berhubungan dengan gas alam, dimana gas tersebut larut dalam minyak mentah serta membentuk “ cungkup gas” diatas kandungan bumi.

KOMPOSISI GAS ALAM

KOMPOSISI GAS ALAM

Komposisi utama dari dalam gas yaitu : metana (80%), sisanya itu ialah etana (7%), propona (6%), dan butana (4%), isobotana, dan sisanya adalah petana. Selain dari komposisi-komposisi tersebut, gas tersebut mengandung netrogen, helium, dioksida, serta karbon-karbon yang lainnya.

Gas alam tersenit tidak berbau, tapi untuk mengetahui adanya kebocoran lalu ditambahkan denga zat yang berbau tidak sedap sehingga kebocoran itu dapat terdeteksi.

Untuk memudahkan pengangkutan (transportasi), gas alam tersebut dicairkan sehingga disebut dengan gas alam cair atau Liquified Natural Gas).

JENIS GAS ALAM

JENIS GAS ALAM

Jenis gas alam menurut kutipan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yaitu sebagai berikut :

Gas Pipa

yaitu gas dari bumi yang langsung dialirkan dari lapangan gas setelah diproses pemurnian untuk digunakan oleh seseorang sebagai bahan bakar maupun bahan baku industri.

LNG

(Liquefied natural gas) yaitu gas metana yang dimana komposisi nya itu 90% dari metana (CH4) yang dicairkan di tekanan atmosferik yang dimana itu bersuhu -163 derajat celcius. Sebelum adanya proses pencairan, gas harus terlebih dahulu menjalani proses pemurnian terlebih dahulu untuk apa ? iya, untuk menghilangkan kandungan senyawa yang tidak diharapkan atau yang tidak dibutuhkan seperti: CO2 , H2S , Hg, H2O dan hidrokarbon berat.

Didalam proses ini akan dapat mengurangi volume dari gas itu menjadi lebih kecil 6000 kali lipat. Dalam Penyusutan ini akan membuat dari LNG mudah ditransportasikan melalui kapal-kapal ke terminal LNG lalu akan disimpan ditangki yang bertekanan tinggi. Setelah itu LNG dikoversi kembali menjadi bentuk sebuah gas serta disalurkan dengan sistem transmisi.

LPG (liquefied pertroleum gas )

atau bisa juga disebut sebagai gas bumi yang dicairkan dengan berbagai komponen utama propana (C3H8) serta (C4H10). Menurut jenisnya, LPG ini dikelompokkan menjadi berbagai kelompok yaitu :

  • LPG Propona,
  • LPG Butana serta
  • LPG Campuran (mix) ini merupakan campuran dari kedua jenis LPG Diatas

LPG ini didapat dari penyulingan yaitu minyak mentah atau bisa juga dari kondensasi gas bumi dalam penyulingan pengelolaan gas bumi tersebut.

CNG (compressed natural gas )

yaitu gas bumi yang dipampatkan kepada tekanan tinggi sehingga volumenya itu menjadi kira-kira 1/250 dari volume gas bumi pada tekanan standarnya. Tujuan nya kenapa ?

yaitu supaya dapat diperoleh lebih banyak gas yang dapat ditransformasikan per satuan volume. Tekanan pemampatan CNG ini bisa mencapai lebih dari 250 bar pada suhu atmosferik.

Komposisi gas bumi yang akan dikirim itu harus memenuhi spesifikasinya terlebih dahulu yaitu seperti : batas maksimum kandungan air, CO2 dan hidrokarbon berat.

Selain itu, penyimpanan gas pada tekanan yang sangat tinggi mensyaratkan batasan yang ketat terhadap kandungan air serta juga hidrokarbon berat untuk mencegah terjadinya kondensasi dan juga pembentukan hidrat.

MANFAAT GAS ALAM

Adapun manfaat dari gas alam yaitu sbb:

GAS ALAM SEBAGAI BAHAN BAKAR UNTUK KENDARAAN

GAS ALAM SEBAGAI BAHAN BAKAR UNTUK KENDARAAN

Maksudnya disini yaitu gas alam sangat berperan penting terhadap kendaraan karena kenapa karena tanpa bahan bakar kendaraan yang kita  pakai tidak akan bisa berjalan contohnya saja yaitu bensin dan solar.

Pemakaian bensin dan solar ini dapat menimbulkan masalah kerusakan alam yang sangat besar. Pemakaian bensin dan solar meningkatkan produksi emisi gas kaca yang menimbulkan polusi udara (jerebu).

Sebab itulah gas alam untuk bahan bakar berbagai jenis kendaraan dapat dibentuk dalam material CNG atau LNG.

GAS ALAM SEBAGAI KESEHATAN LINGKUNGAN

GAS ALAM SEBAGAI KESEHATAN LINGKUNGAN

Sumber kehidupan seseorang dipengaruhi oleh udara yang kita hirup ini. Kualitas udara yang buruk akan memberikan pengaruh untuk kesehatan.

Sementara dari gas alam sendiri memiliki sifat bersih untuk bisa mengurangi emisi dari pemakaian bahan bakar lain dalam kehidupan seseorang.

Gas alam sendiri berperan sebagai bahan bakar yang tidak bisa menghasilkan asap sehingga sebab itu gas alam sangat aman untuk kesehatan lingkungan.

GAS ALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN

GAS ALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN

Nilai dari sebuah  gas alam sebagai bahan bakar terbarukan menjadi sangat tinggi bila sudah dirubah menjadi sebuah energi yang siap dikonsumsi.

Dalam Proses pengolahan energi dari gas alam membutuhkan banyak jumlah tenaga kerja yang sangat besar. Hal ini karena secara otomatis bisa meningkatakan pendapatan masyarakat. Bahkan kenaikan ekonomi masyarakat bisa diikuti oleh kenaikan pendapatan sebuah negara.

SIFAT GAS ALAM

SIFAT GAS ALAM

gas alam merupakan bahan pokok / sumber energi yang mudah terbakar. Gas alam sendiri terdiri dari senyawa yang dapat membuat terbakar seperti: senyawa hidrogen dan juga karbon.

Tapi dengan adanya itu membuat gas alam menjadi salah satu energi yang mempunyai sifat bersih serta aman untuk dipakai semua orang dalam kehidupan sehari harinya.

Gas alam sendiri ditemukan dengan sifat berwarna ataupun tidak berwarna. Struktur hidrokarbon dalam gas alam pada saat baru keluar dari tanah terdiri dari berbagai macam yaitu: metana, etana, butana,propane, karbon dioksida, minyak, nitrogen, sulfur, serta juga berbagai jenis kotoran lainnya.

Selanjutnya bahan tersebut langsung diolah agar dapat memisahkan berbagai jenis kotoran sehingga gas alam yang dikonsumsi sama manusia sudah bersih.

CONTOH TABEL PARAMETER

CONTOH TABEL PARAMETER

SIGNIFIKASI PENGUJIAN KOMPOSISI DAN KOMPONEN GAS ALAM

SIGNIFIKASI PENGUJIAN KOMPOSISI DAN KOMPONEN GAS ALAM

Yang dimaksud dari signifikasi ini sendiri adalah arti dan kegunaan dari suatu pengujian gas alam. Jenis gas alam disesuaikan dengan jumlah senyawa dan gabungan senyawa yang terlarut didalam sebuah gas.

Umumnya pengujian komposisi dari gas alam ini dilakukan sedusi dengan menggunakan metode american standatd testing. Dalam pengujiannya ini menggunakan peralatan kromatografi gas, alat ini mampu mendeteksi komposisi gas alam dan komponen didalamnya. Contoh komponen yang ada di dalam gas alam sbb:

KONSENTRASI KOMPONEN DALAM GAS ALAM

KONSENTRASI KOMPONEN DALAM GAS ALAM

Umumnya gas alam memiliki konsentrasi masing-masing komponen yang ada didalam gas alam itu sendiri yaitu sebagai berikut :

Setelah dilakukannya pengujian komposisi gas alam dan dengan sudah jelas diketahuinya komposisi didalam gas alam tersebut maka sudah dapat digunakan sebagai dasar untuk menghitung sifat-sifat dari sebuah gas alam tersebut seperti kalori, tekanan uap, SG. Besarnya kandungan komponen-komponen hidrokarbon dalam gas alam akan menentukan mutu dari sebuah gas alam tersebut entah itu dari segi kualitasnya maupun kuantitasnya.

Demikian tadi pembahasan mengenai manfaat gas alam lengkap dengan pengertian, macam macam serta manfaat yang dihasilkan dari gas alam. Mudah – mudahan bermanfaat.

Leave a Reply