Pembahasan Lengkap Batu Bara

Manfaat Batu Bara – Indonesia memang terkenal dengan kekayaan alam dan sumber energi yang terdapat didalamnya.

Salah satunya adalah batu bara, yang mana banyak orang mengambil batu bara yang dijadikan ke berbagai manfaat yang tentunya akan kita bahas pada kali ini.

Kali ini kita akan membahas lengkap perihal batu bara mulai dari pengertian, fungsi, macam macam dan manfaatnya.

Pengertian Batu Bara

Pengertian Batu Bara

Apa yang dimaksud dengan batubara? Batubara merupakan sebuah hasil penambangan, yang dapat digolongkan ke dalam sebuah kelompok sumber daya alam (SDA) non-biologis, yaitu sebuah sumber daya alam yang masih bisa diolah kembali dan dapat dimanfaatkan dengan cara terus menerus.

Kemudian jenis batubara, yang meliputi dari sejumlah sumber daya non-manusia lainnya misalnya seperti air, angin, sinar matahari dan juga produk pertambangan.

Pada umum, batubara ialah merupakan sebuah jenis batuan sedimen yang sangat mudah terbakar yang dihasilkan dari sedimen organik, seperti misalnya sedimen dari residu tumbuhan, lalu hasil dari sebuah proses disolusi konstituen yang terdiri atas oksigen dan hidrogen.

Baca Juga : Rantai Makanan

Fungsi Batu Bara

Fungsi Batu Bara

Adapun  fungsi dari batubara selain itu batubara merupakan salah satu jenis sumber daya alam yang keberadaan jenis sumber daya ini sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari yang diantaranya ialah sebagai berikut.

  • sumber daya alam yang biasanya digunakan sebagai bahan bakar untuk berbagai keperluan industri.
  • sumber daya alam yang biasanya digunakan sebagai salah satu sumber energi pembangkit listrik.
  • sumber daya alam yang dapat digunakan dalam meningkatkan penghasilan ekonomi.

Manfaat Batu Bara Bagi Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Batu Bara Bagi Kehidupan Sehari-hari

Di bawah ini terdapat beberapa manfaat dari batubara dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai berikut.

Sumber Energi Pembangkit Listrik

Mungkin hampir semua sudah mengetahui bahwa batu bara ialah merupakan salah satu jenis bahan bakar utama yang kerap digunakan untuk dijadikan sebagai pembangkit listrik tenaga gas, serta produk hidrogen dan juga bahan bakar solar yang terdapat di sejumlah negara seperti misalnya Cina, India, Australia, Jepang, Jerman, dan banyak negara lainnya.

Industri Baja

Secara umum, batu bara ini memiliki peran yang sangat penting terutama dalam industri baja dimana kelangsungan prosesnya sangat bergantung terhadap ketersediaan sumber daya batubara.

Seperti yang Andaketahui bahwa baja biasanya kerap digunakan dalam kehidupan Masyarakat misalnya dalam pembuatan sejumlah jenis peralatan baja industri.

Produk kesehatan misalnya saniter, kemudian sejumlah peralatan untuk proses pertanian, dan sebuah transportasi dan sejumlah produk lainnya yang memerlukan baja.

Bahan Bakar Cair

Bukan hanya itu saja selain wujudnya yang berupa batuan akan tetapi ternyata batubara juga dapat diubah dengan melalui proses yang kemudian dijadikan bahan bakar cair dan hal ini tentunya akan lebih sangat cocok dan juga dapat dijadikan sebagai pengganti minyak pemanas.

Baca Juga : Energi Alternatif

Industri Produksi Semen

Selain figur batubara, sudah menjadi salah satu bahan bakar utama dalam pembuatan produksi semen.

Nah dalam hal ini tentunya kita sudah mengetahui bahwa semen ialah merupakan salah satu bahan yang biasanya kerap dimanfaatkan dalam pembuatan produk konstruksi seperti misalnya pembuatan rumah, bangunan atau produk lainnya.

Industri Produk Aluminium

Batubara merupakan salah satu jenis bahan bakar yang mendukung industri aluminium. Ekstraksi bahan ini juga ialah merupakan sebuah produk sampingan dari sebuah proses oksidasi besi di industri baja.

Batubara Menghasilkan Produk Gas

Batu bara merupakan salah satu energi yang bisa menghasilkan suatu produk gas.

Yang dimana Gas alam yang bisa keluar ini yang awalnya berasal dari batu bara yang tersimpan berada terkubur di dalam tanah.

Kemudian dalam pengambilan gas alam yang dihasilkan dari batu bara alami ini yang masih berada di dalam tanah ini membutuhkan sebuah alat teknologi yang canggih.

Kemudian setelah berhasil mendapatkan gas tersebut maka selanjutnya akan diolah kembali di pertambangan dan nantinya akan digunakan dalam keperluan industri untuk berbagai keperluan , misalnya untuk bahan bakar industri, pembangkit listrik tenaga gas, serta hidrogen dan solar.

Industri Pabrik Kertas

Seperti yang telah dijelaskan diawal bahwa batubara ini dapat menghasilkan sebuah panas yang sangat tinggi sehingga batu bara ini kerap digunakan dalam setiap perindustrian.

Tidak hanya digunakan dalam industri semen dan  baja saja, Namun batubara juga kerap digunakan dalam sebuah industri kertas.

Pada negara kita ini Indonesia tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kebutuhan manusia terhadap kertas cukup sangat tinggi.

Dengan adanya batu bara ini dirasa cukup mampu dalam mengotimalkan proses industri dalam memproduksi kertas

Sebab panas yang dihasilkannya sehingga banyak hampir dari setiap perindustrian yang menggunakan batu bara dalam proses produksinya.

Sebab panas yang dipaparkan dari batubara ini cukup baik tidak seperti jenis bahan bakar lainnya, sehingga hal ini sangat membantu dan mempercepat proses produksi.

Industri Kimia

Dalam olahan batubara sangat memberikan banyak manfaat terutama bagi semua manusia.

Kemudian pada batubara yang sudah melalui beberapa tahapan proses bisa menghasilkan sejumlah industri sampingan yang tentunya hal tersebut sangat memberikan banyak manfaat.

Kemudian selepas batubara telah melalui berbagai tahapan tersebut maka selanjutnya setelah proses olahan tersebut batubara akan dijadikan sebagai sumber energi dan kemudian mengubah bentuk pada batubara tersebut menjadi suatu bubuk yang memiliki tekstur cukup halus.

Nagh kemudian dari Produk bubuk batubara yang telah menadi bubuk tersebut, maka selanjutnya bisa dimanfaatkan dalam membuat berbagai jenis bahan lainnya, seperti misalnya ialah membuat cairan fenol dan juga benzena.

Yang dimana pada cairan Fenol dan juga benzena ini merpakan cairan yang begitu sangat penting dalam sejumlah industri kimia.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa industri kimia ialah merupakan hal yang sangat sangat penting yang berperan dalam kehidupan manusia.

Industri Farmasi

Istilah kata farmasi tentunya kalian sudah mengetahuinya dong.! Ya Industri farmasi ialah merupakan salah satui tempat industri yang membuat dan mencetak berbagai jenis obat- obatan yang biasan kerap digunakan dalam dunia medis.

Dimana tentunya hal ini masih merupakan sebagian manfaat dari batubara dan merupakan produk samping batubara yang awalnya dari sejumlah macam bahan kimia dan kemudian bisa menjadi bahan utama dalam pembuatan obat-obatan.

Tentu saja dalam proses pengolahan batu bara tersebut yang diubah menjadi bahan kimia dengan serangkaian mekanisme / dengan melalui sebuah proses pemurnian yang menggunakan berbagai teknologi canggih sehingga bisa digunakan sebagai obat.

Selain itu pada sektor ini tentunya sudah lulus melalui sejumlah sertifikasi sehingga dapat membuatnya sangat aman dalam mendukung setiap jenis produk farmasi.

Penghasil Bahan Metanol

Dimana dalam hal ini menjadi salah satu bentuk dari bahan bakar cair yang sangat banyak dimanfaatkan guna menggerakkan sejumlah jenis industri metanol.

Dimana untuk bisa memperoleh bahan cair Metanol diperoleh dari serangkaian mekanisme atau sebuah proses pemurnian batubara yang awalnya masih berada di dalam tanah dan menjadi gas alam.

Dengan adanya proses ini sehingga kemudian diolah kembali dan memperoleh hasil sampingan yang berupa sebuah bahan cair yang kemudian dimurnikan sehingga dihasilkannyalah bahan metanol.

Nah kemudian pada metanol jenis ini, banyak digunakan yang salah satunya sebagai bahan bakar cair yang sangat penting untuk menggerakkan berbagai sektor.

Baca Juga : Proses Pembentukan Minya Bumi

Macam Macam Batu Bara

Macam Macam Batu Bara

Batu Bara Bitumen?

Batubara bitumen ialah merupakan salah satu jenis batubara yang sangat banyak dimanfaatkan sebab sangat mudah untuk memperolehnya.

Selain itu pada jenis batubara ini juga merupakan memiliki peringkat yang sangat tinggi jika dibedakan dengan yang berjenis lignit namun lebih rendah dari pada batu bara jenis antrasit.yang mana biasanya pada Jenis batubara ini kerapa digunakan terutama untuk menghasilkan kokas, listrik dan juga uap.

Batu Bara Antrasit

Dalam Jenis batubara ini yang mempunyai sebuah kandungan karbon yang paling tertinggi dan  juga merupakan salah satu jenis batubara yang memiliki tekstur yang sangat keras dan mempunyai tingkat kadar air yang paling terendah namun merupakan salah satu jenis bahan bakar pemanas yang cukup baik.

Nah biasanya pada jenis batubara ini kerap dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai pembangkit listrik serta ia juga merupakan salah satu jenis batubara yang memiliki kualitas yang paling tertinggi.

Leave a Reply