7 Kerajinan dari Kain Perca yang Unik, Mudah Dibuat, dan Memiliki Nilai Jual !

Kerajinan dari Kain Perca – Dalam dunia kerajinan, dikenal suatu jenis kain bernama kain perca. Berbeda dari kain flannel atau jenis kain lainnya yang tersedia di pasaran, kain perca merupakan sisa dari produksi pakaian, tas, maupun sandangan lainnya. Walau demikian, ternyata pemanfaatan kain perca ternyata sama banyaknya dengan kain yang lainnya.

Potongan kain yang dianggap sudah tidak punya nilai jual lagi karena merupakan sisa pembuatan ini sebenarnya memiliki banyak sekali potensi dijadikan kerajinan tangan dengan nilai jual tinggi. Dengan keterampilan dan sedikit modal, Anda bisa menjadi produsen kerajinan dengan keuntungan lumayan. Tak hanya nilai jualnya tinggi, kreasi dari kain perca sangat unik. Temukan berbagai kreasinya di bawah ini.

Sejarah Kain Perca

Kerajinan dari Kain Perca

Kerajinan dari Kain Perca

Kerajinan tangan dari kain perca merupakan salah satu kerajinan paling tua di dunia. Teknik untuk menggabungkan potongan-potongan kain menjadi satu barang sudah mulai dilakukan sejak ribuan tahun lalu. Bahkan, bangsa Mesir dan Cina kuno dikenal pernah melapisi baju perang mereka dengan kain perca.

Sejarah membuktikan bahwa kerajinan dari kain perca sudah ada sejak sekitar 5 ribu tahun yang lalu. Semakin lama, makin banyak teknik kerajinan kain perca yang berkembang. Di abad 11 sampai 12, orang-orang semakin banyak menggunakan kain perca untuk mengkreasikan berbagai kebutuhan sehari-hari seperti selimut, baju, dan lain-lain.

Kreasi dan gaya baru kreasi kain perca pun semakin banyak bermunculan. Semakin lama, kreasi kain perca tak hanya memperhatikan fungsinya, namun juga keindahannya. Kerajinan kain perca pun juga menyebar ke seluruh dunia lewat pengembaraan.

Semakin lama, kerajinan kain perca tak hanya memanfaatkan kain yang merupakan “sisa”, namun juga ada yang menggunakan kain baru yang sengaja dipotong-potong. Kemudian kain baru yang sudah dipotong sesuai keinginan ini dijahit dan dibentuk sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu kerainan baru yang berkualitas tinggi, nyaman, serta sesuai selera pemakai. Saat ini, motif perca juga sering digunakan oleh para desainer untuk membuat busana.

Sejak berkembangnya kerajinan kain perca atau quilting pada abad ke-19 di Amerika, Eropa, China, dan Mesir, sekarang kerajinan kain perca sudah semakin menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Beberapa tahun belakangan, kain perca dipandang sebagai suatu kesenian terapan yang indah. Karena paduan warna yang indah dan nyamannya, tak heran jika busana dan aksesoris berhiaskan kain perca semakin menjamur di butik-butik ternama.

Kerajinan dari Kain Perca – Bros Bunga 

Kerajinan dari Kain Perca

Kerajinan dari Kain Perca

Untuk Anda yang sering menggunakan bros, cobalah membuat bros Anda sendiri. Banyak keuntungan membuat bros sendiri. Di antaranya tak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membeli, bebas mengkreasikan modelnya, dan tak akan ada yang menyamai. Tak perlu keahlian khusus dalam menjahit, Anda dijamin bisa membuat bros yang cantik dari kain perca.

Sebelum mulai membuat bros bunga ini, siapkanlah beberapa bahan seperti kain perca dari katun, gunting, jarum pentul, jarum jahit, benang, kancing, dan peniti.

Mulailah proses pembuatan dengan cara membuat bentuk persegi dari kain perca berukuran sekitar 5×5 cm sebanyak 10 lembar. Lalu, lipat setiap potongan kain perca menjadi segitiga dan lipat setiap sudut bawahnya ke atas. Selanjutnya, tusuk lipatan yang Anda buat menggunakan jarum pentul agar bentuk tidak berubah. Gunting setiap ujung lipatan.

Setelah itu, tusuk lipatan perca sampai Anda mendapatkan rangkaian 10 lipatan perca. Terakhir, matikan ikatan sehingga perca pertama bertemu dengan yang terakhir. Rapikan, dan Anda sudah bisa mengenakan bros cantik ini.

Kerajinan dari Kain Perca – Boneka 

Kerajinan dari Kain Perca

Kerajinan dari Kain Perca

Belakangan ini boneka tak lagi hanya menjadi mainan anak-anak. Di tangan orang dewasa, boneka bisa digunakan sebagai pajangan di kamar atau ruang keluarga. Sering juga, boneka diberikan kepada orang tercinta sebagai kado. Jika mau memberi hadiah yang tak bisa ditemukan di tempat lain, Anda bisa membuatnya sendiri dari kain perca.

Untuk membuat boneka dari kain perca Anda membutuhkan referensi gambar, kain flannel warna warni untuk hiasan, kain perca sesuai kebutuhan, lem tembak, dakron untuk bahan isian, jarum pentul,alat tulis, dan gunting.

Setelah melengkapi alat dan bahan kebutuhan, pertama-tama buatdahulu pola kepala. Lanjutkan dengan membuat pola tangan dan badan boneka di atas kertas HVS. Setelah itu, gunakan pola yang Anda gambar untuk membuat pola di atas kain flannel maupun perca.

Jika pola sudah tersalin, gunting semuanya dan jahit sesuai bentuk. Untuk pembuatan boneka, disarankan untuk menjahit menggunakan tangan agar bisa lebih terkontrol. Jahit dengan hati-hati agar hasilnya rapi dan kuat. Jangan dulu menggabungkan antar bagian boneka.

Setelah tiap bagian membentuk “kantong” yang bisa diisi, masukkan dakron ke dalamnya. Jahit hingga tertutup rapat, lalu gabungkan semua bagian sampai membentuk boneka yang Anda inginkan.

Kerajinan dari Kain Perca – Keset 

Kerajinan dari Kain Perca

Kerajinan dari Kain Perca

Ini dia salah satu kreasi kain perca yang sangat bermanfaat. Selain mengurangi sampah kain yang terbuang, keset dari kain perca bisa menjaga ruangan Anda tetap bersih. Anda pun bisa membuat keset sesuai keinginan sehinga tidak bosan dengan motif keset yang sudah sering dijumpai. Tunggu apa lagi? Yuk, coba membuatnya.

Untuk membuat keset dari kain perca Anda membutuhkan kain perca sebanyak ukuran karpet yang akan Anda buat, kain furing sebagai lapisan, kain tebal sebagai alas, benang, gunting, dan mesin jahit.

Berikut ini adalah cara membuatnya. Pertama, potong kain perca menjadi berukuran sekitar 10 x 10 cm. Anda bisa menyesuaikan ukuran sesuai dengan kebutuhan. Lipat setiap potongan membentuk segitiga, lipat kedua ujungnya ke bawah, lalu lipat kedua ujung sampingnya. Sebaiknya, beri sedikit jahitan di bagian tengah agar bentuk lipatan tetap terjaga.

Jika sudah selesai, buatlah alas untuk keset sesuai bentuk yang Anda inginkan. Urutannya adalah kain tipis di bagian bawah sebagai furing, kain agak tebal di atasnya, lalu potongan kain perca yang sudah dibentuk. Tutup permukaan kain tebal dengan potongan-potongan kain perca sesuai kebutuhan, dan jika sudah selesai maka keset kain perca siap digunakan.

Kerajinan dari Kain Perca – Tas 

Kerajinan dari Kain Perca

Kerajinan dari Kain Perca

Walau tak sering bepergian, pasti ada saatnya Anda membutuhkan sebuah tas. Namun pemakaian tas akan terasa berbeda jika merupakan buatan sendiri. Pernahkah Anda terpikir untuk membuat tas dari kain perca? Selain hanya membutuhkan sedikit modal dan keterampilan, semua orang pasti bisa membuatnya. Buktikan sendiri dengan langkah-langkah di bawah ini!

Untuk membuat tas dari kain perca Anda membutuhkan kain perca seukuran minimal 1 x 1 meter, kain katun sesuai ukuran ygn dibutuhkan, benang, jarum pentul, sisa kain dengan warna lain, dan resleting.

Pertama, guntinglah kain katun dengan bentuk sesuai keinginan. Lalu gunting kain perca sesuai bentuk kain katun tersebut. Kemudian satukan kedua bagian kain ini untuk menjadikannya lebih kuat. Setelah kain menyatu, Anda bisa mulai menghias dengan kain flannel atau yang lain, sesuai dengan kreativitas Anda. Jangan ragu berkresi untuk menghasilkan tas yang unik.

Anda juga bisa menambahkan kantong pada bagian dalam tas jika ingin menambah tempat khusus untuk ponsel atau alat tulis. Selain menambah fungsi, bagian dalam tas Anda juga akan lebih terlindung dari basah.

Kerajinan dari Kain Perca – Selimut 

Kerajinan dari Kain Perca

Kerajinan dari Kain Perca

Di musim hujan, tentunya Anda akan memerlukan selimut sebagai penghangat. Anda juga bisa membuat selimut sendiri yang hemat biaya dan sesuai kreativitas sendiri menggunakan kain perca. Anda bebas memilih warna dan gaya apa pun yang Anda suka.

Untuk membuat selimut dari kain perca ini Anda membutuhkan gunting, benang jahit, kain perca secukupnya, dan dakron sebagai bahan pengisi agar selimut terasa empuk.

Pertama, bentuklah pola selimut yang akan Anda buat. Setelah itu, jahit jelujur bagian dalamnya, lalu jahit ulang dengan kuat di bagian luar. Potong dakron seukuran 1-2 cm lebih besar dari ukuran selimut di setiap sisinya. Selain itu, siapkan juga kain lapisan dalam sebesar 3-5 cm lebih lebar dari dakron.

Lipatlah bagian lapisan dalam hingga menutupi dakron. Jika sudah tersusun rapi, jahitlah dengan rapi mengitari sekeliling selimut. Sekarang selimut sudah siap digunakan.

Keuntungan Berbisnis dengan Kain Perca

Kerajinan dari Kain Perca

Kerajinan dari Kain Perca

Selain digunakan untuk keperluan sendiri, berbagai barang dari kain perca bisa Anda jadikan modal untuk memulai berbisnis. Bisnis dari kain perca memiliki berbagai keuntungan sehingga jika Anda masih bingung ingin merintis usaha apa, ada segudang alasan untuk memilih bisnis kain perca. Simaklah beberapa di bawah ini.

1. Modal awal yang terjangkau

Jika Anda sedang memikirkan untuk merintis sebuah usaha baru, tentunya Anda akan memilih yang membutuhkan modal paling sedikit untuk meminimalisir risiko. Kain perca merupakan pilihan yang tepat karena Anda tak memerlukan bahan dasar yang mahal. Beberapa yang Anda butuhkan hanyalah kain perca yang tentunya bisa didapatkan dengan harga sangat murah, benang, jarum, dan plastik kemasan.

Jika Anda sudah lebih mantap membangun usaha dengan modal kain perca, mungkin Anda ingin menambah alat berupa mesin jahit dan etalase untuk memajang hasil kerajinan. Meskipun Anda harus mengeluarkan beberapa juta Rupiah untuk ini, tentunya modal awal ini sangat bermanfaat di masa depan.

Selain alat dan bahan, persiapkan juga biaya operasional seperti listrik dan gaji karyawan jika bisnis Anda sudah berkembang dan membutuhkan tambahan tenaga. Siapkan juga biaya untuk promosi, karena tanpa adanya promosi dan tenaga yang mencukupi, bisnis Anda akan sulit untuk berjalan dengan lancar.

Total biaya yang harus Anda siapkan untuk memulai usaha kain perca berkisar di bawah 10 juta rupiah. Meskipun tampaknya besar, namun jumlah ini sebanding dengan keuntungan yang akan Anda raih di masa depan.

2. Banyaknya ragam produk olahan yang bisa dihasilkan

Salah satu keunggulan menggunakan kain perca sebagai bahan dasar adalah kemudahan untuk dikreasikna menjadi berbagai macam bentuk. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan model, motif, atau unsur lainnya dengan selera konsumen.

Untuk permulaan, Anda bisa memulai dengan memproduksi beberapa macam barang seperti taplak, sarung bantal dan guling, tempat tissue, dan totebag. Jual dulu produk Anda dengan harga terjangkau, sembari meningkatkan

kemampuan Anda dalam mengkreasikan barang dari kain perca. Fase awal dari usaha Anda bisa dimanfaatkan untuk mencari pelanggan tetap dan mempopulerkan produk-produk Anda.

Setelah memiliki cukup pengalaman, Anda bisa memproduksi banyak lagi macam kerajinan yang memiliki nilai jual lebih tinggi seperti boneka, karpet, atau sofa. Seiring dengan berkembangnya kemampuan Anda, akan lebih menyenangkan untuk mengkreasikan produk-produk baru. memang besar sekali potensi pasar yang dimiliki kain perca sehingga bisa jadi bisnis yang menjanjikan.

 3. Target konsumen yang sangat luas

Sebelum mulai menjalankan suatu bisnis, Anda tentunya harus paham tentang target pasar yang Anda jadikan tujuan. Mengetahui target pasar sangat penting agar Anda tahu cara apa yang harus dilakukan untuk memproduksi dan mendistribusikan semua produk Anda. untuk kain perca, target pasar bisa menyasar siapa saja, terutama ibu rumah tangga dan remaja perempuan.

Kerajinan dengan bahan dasar kain perca bukanlah sesuatu dengan harga yang sangat mahal sehingga Anda bisa mengharapkan berbagai kalangan mampu membelihasil produksi dari kain perca. Karena bahan dan alatnya tidak membutuhkan ongkos besar, Anda bisa mengharapkan berbagai golongan masyarakat mampu membeli kerajinan kain perca.

Mengetahui besarnya potensi kerajinan kain perca laku di pasaran, sekarang yang perlu Anda rancang adalah strategi pemasaran dan bagaimana menekan ongkos produksi, tapi tetap menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.

Barang yang Anda produksi bisa disesuaikan lagi dengan target pelanggan Anda. Jika ingin menyasar kalangan ibu rumah tangga atau wanita karier, sebaiknya Anda memproduksi kerajinan yang fungsional seperti karpet, sofa, atau taplak meja. Sedangkan jika Anda menargetkan konsumen yang lebih muda, buatlah aksesoris seperti celana, bros, atau tote bag.

Mencoba untuk menguasai pasar yang luas memang menantang, namun ini bisa Anda jadikan penyemangat untuk terus berkreasi.

4. Manfaatkan teknologi digital dan media sosial untuk promosi.

Di zaman ini, kita semua pasti mengetahui bahwa teknologi, media sosial, dan dunia digital memiliki peran yang sangat penting dalam pemasaran. Sebagai seseorang yang sedang merintis usaha baru, manfaatkanlah ini sebagai peluang untuk mengembangkan bisnis.

Jika mengeksplorasi dunia maya, sudah ada banyak sekali marketplace atau e-commerce yang memungkinkan Anda memasarkan barang ke mana pun, baik dalam maupun luar negeri. Usahakan Anda memasarkan barang ke semua platform e-commerce yang ada, sehingga produk bisa makin terekspos ke konsumen potensial.

Selain itu, jangan lupa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan barang produksi Anda. terutama, gunakanlah facebook dan Instagram karena kebanyakan kaum muda aktif di kedua media sosial tersebut. Untuk menambah kemungkinan pembeli tertarik, pastikan foto produk yang Anda pasarkan dibuat semenarik mungkin.

Sesekali, berikan juga potongan harga atau promosi lain seperti beli 1 gratis 1 sehingga konsumen akan mengenal Anda sebagai produsen yang tak hanya memproduksi barang berkualitas tinggi, namun juga tidak “melahap” keuntungan.

Anda harus selalu aktif memasarkan produk ke mana pun Anda bisa. Jika sudah dilakukan, tinggal tunggu saja sampai usaha kain perca Anda berkembang dengan pesat.

5. Memberdayakan pekerja lokal

Dengan membuka sebuah usaha, tentunya Anda ingin usaha Anda juga bisa menguntungkan orang lain dengan cara membuka lapangan kerja. Nah, bisnis kain perca bisa membantu Anda mencapai hal itu.

Produksi barang-barang dari kain perca tidak membutuhkan keahlian khusus yang harus dipelajari di bangku kuliah, maka sangat mungkin bagi Anda untuk menjaring tenaga kerja dari sekitar Anda. dengan adanya banyak tambahan tenaga, Anda bisa memproduksi lebih banyak lagi kerajinan dan mendatangkan keuntungan yang lebih tinggi.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Kerajinan dari Kain Perca

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply