12 Kerajinan dari Kain Flanel yang Unik, Mudah Dibuat, dan Memiliki Nilai Jual !

Kerajinan dari Kain Flanel – Meskipun bukan kebutuhan pokok, memiliki benda hasil kerajinan sudah pasti menjadi bagian hidup seseorang. Salah satunya yaitu kerajinan tangan dari kain flanel yang dapat di buat dalam bentuk apa saja. seperti gantungan kinci, figura, tempat pensil, tempat tisu dan masih banyak lagi. Dengan bahan yang lembut dan warna- warna yang menarik dapat memberikan kepuasan tersendiri.

Saat ini kerajinan kain flanel sangat popular pada tangan orang- orang yang kreatif. Mereka memilih kain flanel karena memiliki bahan yang lembut sehingga mudah dibentuk dalam bentuk apapun. Dengan begitu, akan mudah mengolahnya dalam bentuk apapun. Dengan memanfaatkan hobinya dalam membuat kerajinan dari kain flanel menjadi sebuah bisnis yang meghasilkan banyak uang.

Manfaat Kain Flanel Dalam Kehidupan Manusia

Kerajinan dari Kain Flanel

Kerajinan dari Kain Flanel

Kain flanel sendiri memiliki nama yang berbeda- berbeda di setiap Negara, misalnya di Eropa kain ini di sebut kain flannelette, di Negara Perancis disebut kain flanelle dan di Indonesia sendiri disebut kain flanel. Kain ini dimanfaatkan oleh orang- orang untuk membuat kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi. Bisnis kerajinan flanel merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Pada zaman dahulu, kain flanel digunakan untuk sebuah industry otomotif dan menghasilkan suara yang bersih untuk piano. Namun saat ini kain flanel dapat dikombinasikan dengan bahan lain karena teksturnya yang lembut dan kuat tetapi mudah untuk dibetuk menjadi sebuah kerajinan tangan. Meskipun harganya terjangkau namun dapat menghasilkan barang kerajinan dengan harga yang tinggi.

Di Indonesia sendiri, kain flanel memilik peran penting dalam dunia industri yaitu sebagai pembungkus bus, palu timpani dan drum. Selain itu dalam hal kerajinan, boneka juga di buat dari kain flanel yang lembut dan masih banyak lagi kerajinan dari kain flanel seperti pin rambut, bando, bross, jepit rambut dan masih banyak lagi kerajinan yang lain.

Nah, kita sekarang sudah tahu begitu banyaknya manfaat kain flanel yang dapat dibuat berbagai kerajinan. Dengan satu lembar kain flanel, kita dapat membuat beberapa produk dengan dan bermacam- macam motif sesuai dengan selera kita.

Berikut ini beberapa contoh kerajinan dari kain flanel yang dapat Anda jadikan inspirasi.

Kerajinan Kain Flanel – Keychain

Kerajinan dari Kain Flanel

Kerajinan dari Kain Flanel

Saat ini keychain dari kain flanel sangat popular di masyarakat, khususnya anak- anak sekolah mereka sangat menyukai karena bentuknya yang bermacam- macam. Jika Anda ingin membuatnya sendiri, Anda dapat membuat dengan bentuk sesuai dengan selera. Salah satunya gantungan kunci berbentuk donat, karena cukup unik dan Anda dapat menambahkan topping donat dengan berbagai macam motif.

Kerajinan ini sangat cocok untuk Anda jadikan inspirasi, karena cara pembuatannya juga tidak rumit bagi Anda yang masih pemula. Dengan gantungan kunci yang unik, tentunya Anda memiliki memory tersendiri, karena dengan keychain yang unik akan membuatnya lebih dikenali saat Anda lupa meletakkannya.

Kerajinan Kain Flanel – Bros Jilbab Bunga

Kerajinan dari Kain Flanel

Kerajinan dari Kain Flanel

Bros dari kain flanel ini sangat diminati oleh para wanita karena digunakan sebagai akseoris jilbab. Dengan bros yang cantik, maka akan membuat penampilan Anda menjadi lebih menarik. Jika Anda suka berkreasi, maka dapat mencoba membuat sendiri di rumah. Ketika membuat bros sendiri, maka Anda dapat berkreasi untuk membuat bentuk bunga yang sesuai dengan selera.

Tentunya dengan bros bunga karya sendiri lebih puas dibanding ketika Anda beli di toko. Anda pun dapat menawarkan ke teman- teman Anda, siapa tahu dari situ Anda dapat mulai belajar berbisnis dan mendapatkan uang dari hobbi Anda.

Kerajinan Kain Flanel – Sampul Buku

Kerajinan dari Kain Flanel

Kerajinan dari Kain Flanel

Apabila membaca buku itu adalah sebuah hobbi, maka Anda dapat mencoba kerajinan yang satu ini. Sampul buka dengan menggunakan kain flanel merupakan sesuatu yang unik dan masih jarang orang memiliki inspirasi yang satu ini. Dengan sampul buku yang menarik, tentunya Anda akan lebih semangat dalam membaca dan merawat buku tersebut.

Caranya juga cukup mudah, pertama Anda sampulkan terlebih dahulu kain flanel tersebut pada sampul buku. Setelah itu Anda baru menambahkan ornamen- ornamen di atas kain seperti tulisan judul buku, atau gambar- gambar lain yang Anda suka. Buku bacaan, buku harian akan terlihat lebih cantik jika diberi sampul kain flanel, tentunya akan terlihat menjadi benda kesayangan.

Kerajinan Kain Flanel – Pembatas Buku

Kerajinan dari Kain Flanel

Kerajinan dari Kain Flanel

Biasanya ketika kita memaca buku dan belum selesai kita selalu melipat halaman tersebut supaya nanti Anda ingat jika mau melanjutkan membaca. Kalau hal itu dilakukan secara terus menerus maka akan merusak buku dan jika di dalam buku terdapat bekas lipatan- lipatan maka akan terlihat sangat jelek dan mengganggu pandangan kita.

Nah, untuk menghindari hal itu terjadi dan buku Anda terawat dengan baik maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba berkreasi membuat pembatas buku dari kain flanel. Tentunya sangat unik dan tidak membosankan, bahkan Anda dapat membuat sesuai dengan keinginan Anda.

Bahan yang digunakan yaitu kain flanel lebih dari satu warna, gunting, lem uhu, benang dan jarum jahit. Cara membuatnya cukup mudah, Anda dapat membuat pola dengan bentuk sesuai dengan keinginan. Kemudian potong pola dengan gunting, Anda dapat menggunakan 1 lembar atau dobel kemudian dijahit dengan menggunakan tusuk feston.

Terakhir, Anda dapat menambahkan hiasan- hiasan yang lucu seperti gambar binatang, buah- buahan atau yang lainnya dan jadilah pembatas buku yang unik.

Kerajinan Kain Flanel – Boneka Jari

Kerajinan dari Kain Flanel

Kerajinan dari Kain Flanel

Boneka jari dari kain flanel merupakan sesuatu yang cantik dan lucu. Terlebih lagi jika boneka jari ini digunakan sebagai mendongeng untuk putra putri Anda, pasti mereka akan merasa sangat senang dan antusias untuk mendengarkan. Sebagai orang tua memang kita dituntut kreatif untuk mendidik putra putri kita agar menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Boneka Jari ini juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah seperti di Paud, TK atau SD tingkat bawah untuk mendongeng di kelas. Cara tersebut sangat menarik perhatian siswa, karena proses belajar mengajar yang tidak membosankan.

Cara membuatnya pun juga tidak terlalu sulit, Anda dapat membuat polanya terlebih dahulu. Misalnya Anda akan membuat binatang anjing, harimau, kuda, kelinci atau jenis binatang yang lainnya. Setelah pola sudah disiapkan, setelah itu Anda potong dan jahit dengan rapi menggunakan tusuk feston. jika sudah jadi Anda tinggal menambahkan ornament seperti mata, hidung, telinga atau yang lainnya.

Kerajinan Kain Flanel – Figura

Kerajinan dari Kain Flanel

Kerajinan dari Kain Flanel

Kita sering melihat bingkai foto yang di jual di toko- toko dari bahan kau, plastic, melamin atau yang lainnya mungkin sudah biasa. Namun bingkai foto dari kain flanel merupakan salah satu yang cukup unik. Memasang foto Anda bersama keluarga dengan menggunakan bingkai foto dari kain flanel akan memberikan memori tersendiri.

Bingkai foto dari flanel dapat Anda buat sendiri, pertama siapkan kertas kartun dan potong sesuai dengan ukuran bingkai foto yang Anda inginkan. Setelah itu Anda dapat membuat pola dan bagian tengahnya Anda kosongkan untuk meletakkan foto, pada bagian pinggir tersebut. Anda kreasikan dengan flanel dan berikan oranamen dengan kain flanel dengan warna yang berbeda.

Anda dapat menambahkan bentuk- bentuk gambar yang lain seperti gambar bunga, binatang, buah atau yang lainnya. Dengan hiasan warna- warna yang cerah maka bingkai foto akan terlihat lebih indah.

Kerajinan Kain Flanel – Kotak Tisu 

Kerajinan dari Kain Flanel

Kerajinan dari Kain Flanel

Jika Anda memiliki tempat tisu di rumah yang bentuknya begitu- begitu saja, maka tempat tisu dari kain flanel dapat Anda jadikan inspirasi. Kotak tisu Anda akan terlihat lebih cantik dan menarik, apalagi jika di ruang tamu atau di meja makan Anda letakkan kota tisu dari kain flanel tersebut makan akan menambahkan keindahan di ruangan tersebut.

Lalu bagaimana cara membuatnya? Pertama Anda siapkan kertas karton dan buatlah pola seukuran dengan tisu yang ingin Anda taruh. Jika Anda tidak mau repot, Anda dapat memanfaatkan kotak tisu lama yang sudah jelek dan tutuplah dengan menggunakan kain flanel. Setelah itu, Anda baru mulai menghias kotak tisu tersebut dengan hiasan- hiasan sesuai dengan selera.

Bahkan kegiatan membuat kotak tisu dari kain flanel sangat digemari oleh kaum ibu- ibu untuk menambah keindahan di rumah. Bahkan ada yang sengaja membuat kotak tisu dari kain flanel dalam jumlah yang banyak dan mereka jual ke saudara atau teman- temannya. Banyak juga yang memasarkan produk tersebut dengan media online.

Kerajinan Kain Flanel – Tempat Kacamata

Kerajinan dari Kain Flanel

Kerajinan dari Kain Flanel

Baik laki- laki atau perempuan zaman sekarang sudah banyak sekali yang mengenakan kacamata karena mengalami mata minus. Sehingga kemana- mana mereka tidak lepas memakai kacamata dan harus membawa tempat kacamata tersebut jika sewaktu- waktu ingin menyimpan di dalam tas.

Jika Anda bosan dengan tempat kacamata yang begitu- begitu saja, maka Anda dapat berkreasi dengan menggunakan kain flanel. Belum banyak orang yang mencoba membuat kreasi tempat kacamata dengan menggunakan kain flanel. Hal ini patut Anda coba dan sebagai produk perdana Anda. Dengan tempat kacamata yang baru, tentunya Anda akan lebih semangat mebawa tempat kacamata tersebut.

Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit, Anda cukup meyiapkan bahan- bahannnya seperti kain flanel, leh uhu, gunting, benang, jarum jahit, dan pensil. Pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuat pola, seukuran dengan tempat kacamata yang Anda miliki. Lalu potong sesuai pola dan jahit menggunakan tusuk feston.
Namun ada pilihan lain yaitu dengan menutup tempat kacamata tersebut menggunakan kain flanel dan terakhir hias tempat kacamata tersebut secantik mungkin sesuai dengan kesukaan.

Kerajinan dari Kain Flanel – Baju 

Kerajinan dari Kain Flanel

Kerajinan dari Kain Flanel

Hasil kerjainan dari kain flanel yang selanjutnya adalah kaos. Jika Anda di rumah memiliki kaos polos dan sudah jarang di pakai oleh putar putri Anda, maka Anda dapat menaruh pernak- pernik kain flanel agar lebih manis dan dapat dipakai kembali. Tentunya dengan dengan tambahan hiasan- hiasan tersebut kaos menjadi lebih lucu dan biasanya anak- anak menyukainya.

Cara membuatnya pun juga tidak terlalu sulit. Pertama, Anda siapkan kain flanel dan gambar pola yang diinginkan. Setelah itu, maka jahit di atas baju dengan menggunakan tusuk feston dan jadilah sebuah kaos yang lebih lucu.

Kerajinan dari Kain Flanel – Tempat Pensil

Kain Flanel

Kain Flanel

Anda juga dapat berkreasi membuat tempat pensil dengan menggunakan kain flanel. Tempat pensil menggunakan kain flanel memang sangat unik dan lucu. Kita dapat membuat dengan desain yang kita sukai sehingga hasilnya sesuai dengan keinginan kita.

Bahan- bahan yang dibutuhkan yaitu kain flanel, jarum jahit, benang , lem uhu, resleting yang ukurannya sesuai dengan tempat pensil yang akan dibuat. Cara membuatnya yaitu dengan membuat pola, kemudian gunting sesuai dengan pola yang dibuat. setelah itu, Anda jahit mengunakan tusu feston dan biarkan bagian satu sisi jangan dijahit karena akan dipasang resleting.

Resleting tersebut berfungsi untuk membuka tutup tempat pensil saat mengambil atau menyimpan pensil didalamnya. Setelah itu, Anda dapat menambahkan ornamen- ornamen yang disukai. Anda bisa membuat tempat pensil dengan model karakter seperti hello kitty, doraemon, shaun the sheep atau yang lainnya.

Untuk menambahkan ornamen di atas tempat pensil tidak perlu dijahit, Anda cukup menempelkan ssaja menggunakan lem uhu.

Kerajinan dari Kain Flanel – Kupu Kupu 

Kerajinan dari Kain Flanel

Kerajinan dari Kain Flanel

Kerajinan kain flanel ini bisa dibilang kerajinan tangan yang sangat favorit, khususnya untuk para remaja putri. Kupu- kupu dari flanel memiliki banyak fungsi seperti untuk hiasan dinding, hiasan kulkas, untuk gantungan kunci, bros, jepit rambut dan lain- lain.

Ketika membuat aksesoris kupu- kupu dari kain flanel, Anda dapat berkreasi dengan membuat kupu- kupu berwarna warni sudah pasti hasilnya sangat lucu dan indah. Cara membuat kupu- kupu ini juga tidak sulit karena tidak perlu dengan teknik jahit, bagi Anda yang tidak terbiasa menjahit mungkin aksesoris kupu- kupu sangat cocok untuk Anda coba.

Bahan- bahan yang perlu dipersiapkan yaitu kain flanel dengan bermacam- macam warna, lem uhu, gunting dan putik bunga yang digunakan sebagai sungut kupu- kupu. Namun jika tidak ada, Anda dapat menggantinya dengan membuat secara manual menggunakan kain flanel.

Cara membuat kupu- kupu dari kain flanel yaitu dengan membuat pola kupu tersebut dengan ukuran besar dan kecil dengan warna yang berbeda dan gunting dengan rapi. Setelah itu, tumpuk kedua pola planel yang sudah di potong tadi, yang besar Anda taruh dibawah dan yang kecil di atas dengan menggunakan lem. Tempelkan sungut di atas bagian ujung, dan Anda dapat menghias bagian sayap.
Boneka dari Kain Flanel

Kain flanel memang dapat dibuat kerajinan dalam bentuk apapun karena kainnya yang lembut. Selain itu warna- warna pada kain flanel sangat soft dan membuat Anda memiliki banyak inspirasi untuk membuat kerajinan sesuai dengan keinginan. Salah satunya membuat boneka dari kain flanel misalnya, boneka sapi, kura- kura, kelinci atau boneka yang lainnya.

Bagi Anda pemula, jika masih mengalami kesulitan dalam membuat pola, maka Anda dapat mencari refrensi di internet untuk pola- pola yang diinginkan. Bahan yang dibutuhakan untuk membuat boneka dari kain flanel yaitu kain flanel lebih dari satu warna, lem uhu, benang, jarum jahit dan dakron yang digunakan untuk mengisi boneka.

Bagaimana cara membuatnya? Setelah Anda membuat polang yang diinginkan kemudian guntinglah dengan rapi Kemudian jahit menggunakan tusuk feston dan jahit memutar sehingga hanya tinggal ada lubang kecil dan Anda masukkan dakron, maka bentuk boneka sudah terbentuk.

Cara yang terakhir, buatlah ornamen dengan bentuk hidung, telinga, mata atau yang lainnya sesuai dengan keinginan Anda. Boneka kain flanel ini kalau Anda membuatnya dalam ukuran yang kecil, maka Ada dapat menambahkan gantungan kunci di atasnya.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Kerajinan dari Kain Flanel

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply