Keanekaragaman Hayati : Pengertian, Manfaat dan Tingkatan

Keanekaragaman Hayati – Apakah Anda pernah berfikiran mengapa manusia walaupun sama nama mempunyai karakter dan ciri khas masing-masing?

Sekilas beberapa kali pasti terlintas pikiran itu. Sesungguhnya mudah saja, coba sesekali  saja Anda berkaca kemudian liat bentuk wajah, rambut, dan juga anggota badan lainnya. Dan pastinya akan terlihat berbeda dengan orang lain?

Pertanyaannya, ko bisa berbeda ? Kenapa ada yang memiliki rambut yang halus, lembut, ikal, keriting dan juga ada yang mengembang.

Berbedanya antara Anda dengan orang lainnya ini dapat dikenal dengan istilah keanekaragaman hayati.

Hal itu adalah keanekaragaman yang ada di dalam makhluk hidup berdasarkan dasar atau ciri yang bisa diketahui dengan adanya observasi dan pengamatan. Dan lebih jelasnya Anda dapat membaca beberapa halaman di bawah ini:

Pengertian Keanekaragaman Hayati

Pengertian Keanekaragaman Hayati

Kita mengambil dari pendapat Primak Et Al pada tahun 1998 di dalam Kuswanda 2009 yang menerangkan bahwa “yang dimaksut keanekaragaman hayati merupakan kekayaan atau sebuah kehidupan di bumi, baik itu tumbuhan, hewan, mikroorganisme, genetika yang dikandungnya, ataupun ekosistem, dan juga proses-proses ekologi yang sudah dibangun menjadi lingkungan hidup”.

Frasa dalam hal tersebut sering kali diketahui dengan beristilahkan biodiversitas. Biodiversitas biasa Anda temukan di sekitar lingkungan Anda.

Setiap makhluk hidup yang ditemui juga termasuk golongan diantaranya.

Soalnya mereka dapat menggambarkan dengan adanya perbedaan yang terdapat pada salah satu makhluk hidup dengan yang lainnya. Dan perbedaan ini akan selalu saling menyeimbangkan.

Manfaat Keanekaragaman Hayati

Manfaat Keanekaragaman Hayati

Walaupun keanekaragaman hayati dapat digambarkan dengan suatu perbedaan, nyatanya yang ada malah memberikan banyak manfaat bagi keberlangsungan kehidupan.

Mungkin Anda penasaran dengan apa saja yang dapat dihasilkan dari perbedaan itu sendiri, Anda dapat menemukan jawaban dari ulasan dibawah ini:

Sumber Pangan

Dengan adanya keanekaragaman yang terdapat di sekitar Anda ternyata juga menjadi sumber pangan bagi kehidupan manusia dan juga makhluk hidup lainnya.

Seperti halnya yang telah diketahui oleh manusia yang membutuhkan sumber energi yang dipakai untuk aktivitas sehari-hari yang berasal dari makanan.

Meski begitu, manusia tidak bisa membuat atau menghasilkan bahan makan sendiri. Makanan yang Anda biasa konsumsi sesungguhnya didapatkan dari makhluk hidup lainnya contohnya dari hewan dan tumbuhan.

Coba Anda bayangkan jika hewan atau tumbuhan tidak ada bisakah Anda tetap dapat menghasilkan nutrisi yang cukup? Tentu saja tidak?

Sumber Sandang

Manfaat kedua dari keanekaragaman hayati adalah sebagai sumber sandang manusia. Sandang atau yang kita ketahui dengan pakaian merupakan kebutuhan dasar manusia dan dapat dibuat dengan menggunakan serat dari beberapa jenis hewan dan juga tumbuhan contohnya saja ulat sutera, pohon pisang abaka, kapas, bulu biri-biri, domba, rami, jute, sisal dan lainnya,dan beberapa contohnya adalah:

  • Hewan

Dengan semakin majunya teknologi yang ada pada saat ini tak sedikit olahan yang dapat dibuat contohnya saja kulit sapi bisa jadi sepatu, kulit buaya dapat jadi tas, ulat sutera menjadi kain, kulit domba jadi jaket, bulu untuk aksesoris dan lain sebagainya.

  • Tanaman

Penduduk dari suku Dani yang berada di daerah Lembah Baliem Papua menggunakan tanaman labu air supaya bisa mengolah koteka untuk laki-laki dan wanita Papua.

Mereka juga menggunakan tumbuhan wen dan juga kem agar dapat mengolah menjadi pakaian.

Sumber Papan

Dengan adanya keanekaragaman yang ada di Indonesia ternyata juga dapat memberikan banyak manfaat untuk rakyat Indonesia dalam proses membangun tempat tinggal, terutama proses pembuatan rumah adat yang dapat dikerjakan oleh rakyat tradisional Indonesia.

Pada umumnya masyarakat akan menggunakan bambu untuk membangun rumah adat dan membuat bagian atap, jendela, dan juga tiang.

Berikut beberapa contoh yang berasal dari tumbuhan yang sering digunakan dalam proses membangun rumah contohnya adalah pohon jati, pohon kelapa, pohon nangka, pohon meranti, kayu ulin, gebang, dan bambu.

Dan untuk proses pembangunan atap dan juga dinding rumah yang berasal dari keanekaragaman hayati tumbuhan sebagai berikut.

  • Pada jenis tumbuhan spesies palem-paleman contohnya nypa fructicans, trigillarium, oncosperma, dan oncosperma horridum akan dipakai untuk membuat rumah pada kawasan Kalimantan dan Sumatera.
  • Pada tumbuhan alang-alang biasanya akan dipakai untuk mengolahnya menjadi atap di pulau Bali, daerah Nusa Tenggara dan Pulau Timur lainnya.

Sumber untuk Mengolah Obat-obatan

Keanekaragaman yang ada di Indonesia memang sangat menguntungkan  dengan keberadaan sekitar kurang lebih 30.000 jenis tumbuhan.

Dari jumlah itu kurang lebih 900 spesies digunakan untuk tanaman obat dan 250 jenis tanaman obat digunakan utuk bahan dasar industri obat obatan herbal.

Berikut ini adalah tumbuhan dan hewan yang dapat digunakan sebagai obat obatan :

  • Madu yang dihasilkan oleh lebah berguna untuk mengembangkan daya tahan tubuh manusia
  • Pohon Kina atau bisa disebut Cinchona calisaya dan juga cinchona officianlis  kulitnya ini mempunyai kandungan alkaloid kina dan quinine yang berguna untuk menyembuhkan penyakit malaria
  • Buah merah atau disebut Pandanus conoideus berguna untuk obat dari penyakit kolestrol, kanker dan diabetes.
  • Buah mengkudu atau disebut Morind citrifolia berguna agar menurunkan tekanan yang berasal dari darah tinggi
  • Sedangkan ular, dibagian daging dan lemak diprediksikan dapat mengobati berbagai penyakit pada kulit yakni gatal-gatal dan yang lainnya

Sumber Pemenuh Kebutuhan Sekunder

Untuk kebutuhan sekunder pada manusia tentu sangat bermacam macam dan salah satunya ialah kebutuhan agar menikmati liburan dan refreshing.

Dengan adanya keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia ini dapat Anda manfaatkan sebagai sarana menghilangkan penat yang disebabkan oleh lelah menjalani banyak rutinitas sehari-hari.

Ada sekian banyak objek yang dapat memenuhi kebutuhan itu sendiri antara lain adalah gunung, pantai, dan danau.

Bahan Pembuatan Kosmetik

Salah satu kegunaan yang sangat menguntungkan dari keanekaragaman hayat ini adalah untuk bahan yang dipakai sebagai bahan untuk membuat kosmetik.

Dan beberapa perusahaan kosmetik di Indonesia dapat dengan mudah mendapatkan bahan-bahan itu dan dijadikan kosmetik, contohnya:

  • Kayu cendana, bunga mawar, bunga melati, kenanga, bunga kenanga dsb bisa digunakan untuk bahan dalam membuat wewangian.
  • pandan, urang-aring, mangkohan, minyak kelapa, lidah buaya bisa digunakan untuk pelumas ataupun penghitam rambut

Sebagai Aspek Kebudayaan

Keanekaragaman yang ada di Indonesia ternyata dapat menjadi keanekaragaman dari suku dan budaya.

Mungkin ada sekitar kurang lebih 350 suku yang ada di Indonesia dimana mempunyai budaya, adat dan juga kepercayaan yang berbeda-beda.

Disetiap ritual dari masing-masing suku di Indonesia juga memakai jenis tumbuhan dan hewan yang berbeda yang sesuai dengan pedoman dan kepercayaan

Tingkatan Keanekaragaman Hayati

Tingkatan Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman hayati dasarnya dapat terjadi pada tingkatan dalam sebuah kehidupan Manusia. Hal ini dapat dimulai dari organisme yang terdapat pada tingkat yang paling rendah sampai organisme tingkat paling tinggi.

Pada umumnya atau garis besar keanekaragaman hayati dapat di bagi jadi tiga tingkatan.Dan di bawah ini adalah tingkatan-tingkatan tersebut:

Keanekaragaman Gen

Keanekaragaman tingkat gen dasarnya menjadi variasi antara individu didalam satu spesies yang sama. Contohnya saja, perbedaan yang terdapat pada spesies tanaman padi.

Anda pastinya juga sudah dapat memahami, jika terdapat banyak sekali spesies padi yang dapat ditemukan contohnya saja bulog, padi rojo lele, IR Kapuas, pandan wangi, IPB 3 dan lain sebagainya.

Tanaman yang lainnya juga mempunyai keanekaragaman hayati yang juga sama. Contohnya pada tanaman mangga dengan keanekaragaman gen yang mencolok, untuk itu ada jenis mangga Mangifera indica atau dapat kita ketahui dengan nama varietas harum manis, mangga gadung, mangga bali, dan juga mangga manalagi.

Bukan cuma tanaman, manusia juga mengalami keanekaragaman gen yang sangat mencolok antara makhluk hidup lain.

Kalaupun termasuk spesies Homo Sapiens, ternyata bentuk manusia yang satu dengan yang lainnya tetap berbeda.

Sekarang Anda tidak perlu lagi merasa kebingung kenapa satu sama yang lainnya bisa berbeda.

Bisa saja karena penyebabnya adalah pembeda yang akan berdampak keanekaragaman hayati. Bahkan di Indonesia juga yang termasuk negara yang mempunyai keanekaragaman cukup tinggi.

Demikian diatas pembahasan mengenai Keanekaragaman Hayati lengkap dengan pengertian, manfaat dan tingkatanya.

Baca artikel lain di https://olympics30.com

Leave a Reply