KAIN WOLFIS : Kelebihan, Kekurangan, Karakteristik, Jenis

Kain Wolfis – Bahan kain wolfis merupakan salah satu bahan kain yang kerap digunakan sebagai bahan untuk hijab serta gamis syar’i. Sebenarnya, apa saja ciri serta keunggulan dari kain wolfis sebagai gamis syar’i ini? Ternyata cukup banyak sekali. Di antaranya tekstur kainnya yang jatuh, cukup lembut serta tidak membuat gerah dan harganya sangat terjangkau.

Sebagai jenis kain yang cukup terkenal, maka sangat wajar manakala banyak orang yang bertanya apa itu kain wolfis. Hal itu dikarenakan bahan ini sudah lazim dicari orang serta diakui memiliki harga yang cukup terjangkau. Pada artikel kali ini, akan membahas khusus mengenai ciri kain wolfis, serta hal lainnya yang berkaitan dengan kain wolfis. Langsung saja simak uraian lengkapnya berikut ini.

Asal Usul Kain Wolfis

Kain Wolfis

Kain Wolfis

Wolfis merupakan jenis kain yang tidak dibuat dari beragam serat campuran, baik dari sutra ataupun katun sebagaimana banyak asumsi yang banyak beredar. Dengan demikian, maka keunggulan bahan wolfis pada dasarnya masih berada di bawah kain katun ataupun kain sutra. Kain wolfis ini adalah jenis kain yang terbuat dari 100% polyester.

Bahan wolfis, atau yang memiliki nama asli wollpeach, adalah bahan kain yang hadir dengan karakteristik yang lembut, halus, tidak bikin gerak serta jatuh. Selain itu, harganya cukup terjangkau serta serat kain yang dimilikinya hampir tidak terlihat. Bagi orang awam, dengan jenis bahan kain, mungkin untuk pertama kalinya akan kesulitan manakala mengenali.

Akan tetapi, ternyata sebagian besar orang justru mengenal bahan wolfis untuk pertama kali sebelum mengenal jenis kain lainnya. Selain itu, karena memiliki harga yang ekonomis, maka tidak heran jika bahan wolfis menjadi pilihan nomor satu untuk produksi busana muslim.

Selain juga murah dan ringan, bahan satu ini adalah jenis bahan yang tidak transparan. Meskipun merupakan golongan jenis kain yang tipis.

Bahan wolfis menjadi salah satu bahan yang banyak sekali digunakan oleh beragam konveksi untuk membuat hijab serta gamis syar’i. Hal itu dikarenakan bahan satu ini memberi karakteristik yang cukup baik jika dibandingkan dengan jenis kain lainnya dan harganya yang sangat terjangkau.

Seperti Apa Kain Wolfis Itu ?

Kain Wolfis

Kain Wolfis

Wolfis merupakan salah satu jenis bahan kain yang bahan dasar berupa campuran kain sutra, kartun serta tambah serat sintetis lainnya. Nama wolfis berasal dari kata wollpeach, hal itu dikarenakan tersublimasi orang Indonesia banyak yang menyebutnya sebagai kain wolfis. Kain wolfis ini memiliki ketebalan di bawah bahan jersey, sehingga menjadikannya lebih tipis serta ringan.

Meskipun demikian, pernyataan mengenai jenis kain satu ini memiliki kelebihan yaitu tidak tembus pandang. Bukan hanya itu saja, warna printing pada bahan satu ini ternyata lebih hidup manakala dibandingkan dengan jenis kain lainnya seperti kain sifon, kain katun serta jenis kain lainnya.

Dengan hal itu, maka tidak heran manakala banyak yang menggunakan bahan kain ini sebagai busana muslim.
Kemudian, terkait dengan pemilihan warna pada kain wolfis ini, ternyata banyak sekali yang dapat Anda gunakan, serta Anda sesuaikan dengan selera Anda masing-masing. Tetapi kebanyakan orang-orang Timur Tengah lebih menyukai menggunakan warna hitam bahan dasar abaya. Kemudian bahan yang diekspor ke negara negara di Timur Tengah kebanyakan juga berwarna hitam.

Kain wolfis yang sudah sampai di timur tengah itu akan direndam kembali dengan menggunakan pewarna hitam pekat untuk menghasilkan jenis kain jetblack.

Warna hitam ini, adalah warna yang banyak sekali digunakan oleh wanita – wanita Arab sebagai busana. Hal itu dikarenakan hitam merupakan warna wanita, sedangkan untuk kaum laki-laki menggunakan warna kebalikannya yaitu warna putih.

Terkait dengan produk busana muslim menggunakan bahan wolfis, misalnya satu set gamis syar’i lengkap dengan jilbab panjang serta cadarnya atau biasanya juga sebagai bahan baju koko untuk laki-laki.

Secara umum, yang menggunakan bahan kain satu ini yaitu kaum muslimah. Hal itu mengingat jenis kainnya tidak terlalu tebal namun juga tidak transparan. Sehingga sangat pas digunakan oleh para kaum wanita berhijab. Dian muslimah memakai gamis syar’i akan semakin nyaman, tidak sumpek serta gerak ketika melakukan beragam aktivitas.

Tidak berhenti sampai di situ saja, bahan wolfis ini juga kerap digunakan untuk membuat beragam rok serta celana yang biasanya digunakan untuk menemani para perempuan melakukan beragam aktivitas di lapangan. Sehingga mereka akan tetap aktif, indah namun tetap syar’i.

Ciri Ciri Bahan Wolfis

Kain Wolfis

Kain Wolfis

Kebanyakan orang yang belum begitu paham terkait dengan jenis bahan kain, bisa jadi akan sedikit kesulitan untuk menentukan bahan wolfis atau bukan. Supaya tidak bingung berikut kami hadirkan beberapa ciri ciri kain wolfis yang sudah kami rangkum dalam beberapa poin berikut ini.

1. Miliki Sifat Tidak Tahan Panas

Ciri pertama dari kain wolfis, yaitu memiliki sifat yang tidak tahan panas. Dengan adanya hal tersebut, manakala Anda memiliki baju yang berbahan wolfis serta hendak menyetrika nya, sebaiknya Anda mengatur setrika supaya tidak terlalu panas. Sehingga nantinya tidak akan merusak kain wolfis Anda.

2. Mudah Ketika Disetrika

Memang benar jika bahan wolfis ini merupakan bahan yang tidak tahan panas. Tapi ternyata bahan ini sangatlah mudah untuk disetrika. Sehingga Anda sangat mudah ketika merapikannya. Untuk itu, meskipun Anda menggunakan setrika yang tidak seberapa panas, Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika merapikan kainnya.

3. Merupakan Jenis Kain yang Tidak Tembus Pandang

Banyak orang yang memahami, jika bahan yang tidak tembus pandang ini merupakan bahan yang tebal. Begitu pula dengan bahan wolfis ini, bahannya tidak tembus pandang sehingga akan tetap nyaman ketika digunakan.

4. Merupakan Jenis Kain yang Ringan

Meskipun jenis bahan yang cukup tebal, akan tetapi Salah satu kelebihan serta yang menjadi cirinya yaitu memiliki bobot yang sangat ringan. Dengan demikian, maka Anda tidak perlu khawatir serta merasa terbebani manakala menggunakan bahan kain satu ini.

5. Tidak Mudah Kusut Serta Dingin

Selain sangat mudah untuk dirapikan, ternyata kain ini juga memiliki ciri yang tidak merepotkan, yaitu tidak mudah kusut. Bukan hanya itu saja, bahan wolfis ini termasuk dalam jenis bahan yang adem serta bisa memberikan sensasi dingin. Dengan adanya kedua hal tersebut maka pengguna tidak akan cerah ketika memakai dalam jangka waktu yang lama.

6. Memiliki Warna yang Lebih Hidup

Jika anda merupakan pencinta warna, maka membeli kain wolfis merupakan pilihan yang tepat. Hal itu dikarenakan, bahan satu ini merupakan bahan yang memiliki banyak sekali warna serta warnanya juga lebih hidup manakala dibandingkan jenis bahan lainnya.

7. Memiliki Bahan yang Cukup Halus

Bahan wolfis memiliki karakteristik bahan yang halus. Dengan adanya hal tersebut, maka boleh tak Indah akan menimbulkan rasa gatal.

Kelebihan Kain Wolfis Dibanding dengan Kain Lainnya

Kain Wolfis

Kain Wolfis

Apa karakteristik yang ada pada kain wolfis tersebut sekaligus menjadi salah satu kelebihannya. Terkait dengan apa saja kelebihannya langsung saja simak poin-poin berikut ini.

1. Halus

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh kain satu ini yaitu halus. Bukan hanya itu saja, ternyata bahannya juga lentur. Dengan adanya hal ini, maka akan menjadikan siapa saja yang menggunakannya merasa nyaman dia akan merasa risih.

2. Bahannya tidak mudah kusut

Karena memiliki bahan yang tidak mudah kusut, tentu sebagai pengguna Anda semakin mudah dalam merawatnya. Dengan demikian manakala digunakan, pemakainya juga tidak perlu merasa khawatir karena bahan ini tidak mudah lecek atau tampak tidak rapi.

3. Bahannya tidak transparan

Kelebihan dari bahan wolfis selanjutnya yaitu merupakan bahan yang tidak transparan. Kelebihan ini juga menjadikan bahan wolfis memiliki banyak pilihan oleh produsen baju muslimah. Mengingat setiap muslimah harus menutupi tubuhnya dengan kain yang tidak tembus pandang.

4. Memiliki harga yang cukup terjangkau

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, ternyata harga dari kain wolfis ini ternyata cukup terjangkau. Sehingga anda tetap bisa membelinya dan Kantong anda tetap aman.

5. Memiliki banyak pilihan warna

Hadir dengan beraneka ragam jenis warna. Hal ini tentu menjadikan orang-orang termasuk Anda beragam pilihan terkait dengan warna mana yang lebih anda sukai.

6. Bahannya mudah untuk didapatkan

Banyaknya orang yang menyukai bahan wolfis ini menjadikan produsen lebih banyak dalam produksinya. Hal ini menjadikan bahan wolfis dapat dikategorikan sebagai salah satu bahan yang cukup mudah untuk di temukan serta didapatkan.

7. Memiliki tekstur kain yang jatuh

Jatuh yang dimaksud di sini yaitu karena bahan wolfis ini ringan maka manakala digunakan seperti jatuh teksturnya. Akan tetapi efek jatuh dari bahan ini tidak sampai memperlihatkan bentuk tubuh manakala digunakan sebagai bahan baju.

Kekurangan dari Kain Wolfis

Kain Wolfis

Kain Wolfis

Sama seperti kelebihan dari kain wolfis yang sudah kami jelaskan sebelumnya, ternyata beberapa ciri dari bahan wolfis di atas juga menjadikan kelemahannya. Jabarkan beberapa poin – poin kelemahan dari kain wolfis.

1. Memiliki banyak pilihan warna

Meskipun memiliki banyak pilihan warna yang menjadikan kelebihan dari bahan wolfis, ternyata hal ini menjadikannya sebagai kelemahan. Hal itu dikarenakan selalu ada kemungkinan Anda bisa menjumpai warna yang yang berbeda antara satu penjual dengan penjual lainnya. Meskipun nama serta warna tersebut sama.

Misalnya, Anda sedang membeli bahan wolfis 2 meter yang akan dijadikan sebagai baju. Ukuran 2 meter ini ternyata masih kurang bagi Anda, dan harus membeli bahan wolfis dengan warna yang sama. Nah ketika membeli bahan yang kedua ini terdapat kemungkinan adanya perbedaan warna yang disampaikan sebelumnya. Terlebih jika Anda membelinya pada pedagang yang berbeda.

2. Tingkat ketebalan

Wolfis merupakan jenis kain yang tebal. Akan tetapi, perlu diketahui jika bahan ini terdiri dari beragam tingkat ketebalan. Mulai dari yang paling tebal sampai paling tipis, bahkan bisa mendekati transparan.

Dengan adanya hal tersebut, manakala hendak membeli bahan wolfis, selalu memperhatikan dengan seksama supaya Anda bisa mendapatkan kain wolfis dengan ketebalan yang pas sesuai dengan keinginan anda.

3. Tingkat kualitas kain wolfis

Ternyata Jika dilihat dari segi kualitas Masih banyak orang yang menganggap jika bahan wolfis ini kurang bagus, hal itu dikarenakan bahannya tidak sebagus pada bahan katun. Penilaian ini hadir dikarenakan tinggal sensitif kulit serta rabaan setiap orang berbeda-beda.

Perbedaan tingkat sensitivitas menghasilkan anggapan yang berbeda juga. Dengan demikian, manakala menurut Anda bahan wolfis nyaman, belum tentu bagi orang lain juga demikian.

Selanjutnya, sama dengan tingkat ketebalannya, produk wolfis ini hadir dengan tingkat kualitas. Ada yang memproduksi dengan kualitas yang bagus serta ada yang memproduksi dengan kualitas yang kurang bagus.

Untuk menyikapi hal ini. Ketika hendak membeli, sebaiknya Anda memeriksa bahan wolfis terlebih dahulu dengan seksama. Atau manakala ragu Anda bisa meminta rekomendasi dari penjual kain wolfis itu sendiri.

4. Tekstur dari kain wolfis

Dari komposisi pembuatan bahan wolfis sebelumnya yaitu terdiri dari campuran katun, bahan sutra serta beragam tanpa serat sintetis lainnya. Sudah dapat dibayangkan, jika bahan ini memiliki tekstur yang cukup halus. Bahan yang dikenal sebagai sebutan wollpeach ini, meskipun memiliki tekstur yang halus akan tetapi tidak licin serta nyaman manakala digunakan.

Membedakan Bahan Wolfis Premium Serta Bahan Wolfis Murah

Kain Wolfis

Kain Wolfis

Perlu diketahui Jika ternyata bahan wolfis ini memiliki great kualitas yang berbeda-beda. Ternyata tidak hanya dua perbedaan ini saja, namun terdapat beberapa jenis varian lainnya. Misalnya seperti Jasmine, monalisa, serta lainnya. Dan semuanya merupakan kain wolfis.

Dengan demikian, maka tidak bagus jika membandingkan harga antara satu toko dengan toko yang lainnya tanpa kita memahami wujud serta bahan kainnya secara langsung. Akan tetapi, secara garis besar, premium serta bahan wolfis murah dan perbedaannya sangatlah mencolok.

Bahan premium merupakan jenis kain wolfis yang memiliki karakteristik jatuh, halus serta tidak transparan. Sebaliknya bahan wolfis murah, memiliki karakteristik jatuh halus namun seratnya cukup longgar dan transparan.

Perbedaannya sangat nyata sekali manakala dibandingkan secara bersamaan serta aktual. Dengan demikian, maka sebaiknya jangan terburu-buru untuk mengambil kesimpulan jika di toko sebelah lebih murah sedangkan di toko sebelah mahal. Sebelum Anda membandingkan secara langsung.

Catatan Tambahan untuk Beberapa Kekurangan Kain Wolfis

Kain Wolfis

Kain Wolfis

Sebenarnya, masih terdapat beberapa catatan lain terkait dengan kekurangan bahan wolfis yang perlu untuk diketahui. Yaitu ternyata kainnya agak tipis. Memang benar, manakala dibandingkan dengan bahan sifon, ceruti atau katun Ima serta katun supernova sekalipun. Kainnya masih tebal wolfis.

Akan tetapi, bahan wolfis jika digunakan sebagai bahan jilbab serta gamis syar’i ternyata kurang ideal. Hal itu dikarenakan sifat kain nya yang tipis serta jatuh. Sehingga terkadang bahan wolfis masih membentuk lekuk tubuh pada gerakan tertentu, meskipun sudah menggunakan ukuran yang besar.

Terutama untuk gerakan membungkuk atau duduk. Padahal sebagian besar rumah produksi serta gamis syar’i mengandalkan jenis bahan satu ini sebagai bahan.

Bagaimana Membedakan Antara Bahan Wolfis Premium dengan Bahan Wolfis Murah?

Kain Wolfis

Kain Wolfis

Terdapat banyak sekali perbedaan kualitas pada bahan wolfis yang saat ini beredar di pasaran. Pada kesempatan kali ini kami akan membandingkan dua jenis bahan wolfis. Perlu diketahui, jika ternyata banyak sekali pabrik yang memproduksi bahan wolfis. Sehingga tidak heran jika banyak sekali perbedaan pada kualitasnya.

Bukan hanya itu saja, setiap pabrik yang memproduksi bahan wolfis akan mengeluarkan beragam varian warna yang berbeda kontrasnya. Meskipun jenis varian warna yang ditawarkan banyak, Anda akan kesulitan mendapatkan warna yang sama seperti ketika pertama kali membeli. Kecuali jika Anda membeli pada warna-warna batik seperti hitam atau putih dan beberapa jenis warna basic lainnya.

Untuk itu manakala Anda sedang membeli bahan wolfis dan ingin mendapatkan bahan wolfis premium, maka sebaiknya anda perhatikan dengan detail secara keseluruhan mulai dari tekstur warna hingga tingkat jatuhnya kain. Sehingga Anda bisa mendapatkan jenis kain wolfis yang benar-benar berkualitas.

Leave a Reply