KAIN TOYOBA : Kelebihan, Kekurangan, Karakteristik, Jenis

KAIN TOYOBA : Kelebihan, Kekurangan, Karakteristik, Jenis

Kain Toyoba – Bagi kebanyakan orang atau orang awam hanya mengerti nama kain pada umumnya, seperti kain katun dan juga kain sutra. Tidak banyak ada orang yang mengetahui tentang kain yang disebut atau dinamakan dengan kain Toyoba.

Anda pasti sudah bisa memperkirakan asal mula namanya yang berasal dari bahasa Jepang. Perusahaan yang pertama kali memproduksi kain ini adalah Toyoboseki Kabushiki-gaisha. Jika sekarang Anda sudah penasaran mengenai serba-serbi dari kain ini, maka dapat Anda simak sebagai berikut.

Perusahaan Toyobo

Kain Toyoba
Kain Toyoba

Perusahaan ini memang merupakan salah satu perusahaan besar di Jepang yang melakukan produksi terhadap beberapa kain, seperti polyester, nilon, dan juga kain akrilik. Bahkan saat ini perusahaan ini terus berkiprah dan semakin maju dalam bidang tekstil.

Kabarnya perusahaan yang juga menghasilkan kain Toyoba ini menyuplai berbagai macam hasil tekstil modern yang juga berguna di berbagai macam industri, seperti airbag pada kendaraan, Perusahaan ini juga sudah memiliki banyak kantor cabang di seluruh dunia yakni Cina, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, Australia, Amerika, dan Jerman.

Pengertian Kain Toyoba

Kain Toyoba
Kain Toyoba

Anda pasti masih sangat penasaran mengenai apa itu kain Toyoba. Kain ini memiliki persamaan dengan kain katun atau dapat dikategorikan dalam satu macam kain katun. Bedanya adalah ini merupakan kain dengan kualitas prima yang mahal.

Selain itu, Indonesia diharuskan untuk melakukan impor untuk dapat menikmati kain ini. Berkat harga yang mahal, kualitas yang ditawarkan juga berbanding lurus yang mana memiliki tekstur yang lembut dan sangat halus.

Kain ini terbuat dari serat alami yaitu kapas, sehingga dapat sangat nyaman dipakai bagi masyarakat yang berada di iklim panas, seperti Indonesia. Maka dari itu, kain ini akan terasa dingin saat dipakai dan sangat nyaman di kulit, serta dapat menyerap keringat dengan maksimal.

Karakteristik Lengkap Kain Toyoba

Kain Toyoba
Kain Toyoba

Pembahasan kali ini akan mengungkap secara lebih mendetail mengenai kain Toyoba ini. Ada banyak sekali karakteristik yang harus dipahami bagi Anda yang hendak membeli kain ini. Beberapa karakteristik dari kain Toyoba yang perlu untuk diketahui dapat dilihat sebagai berikut.

1. Tingkat Kenyamanan Penggunaan

Ada banyak sekali jenis kain yang biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat busana. Walaupun demikian, masing-masing negara memiliki iklim yang berbeda dan sudah pasti hal ini akan sangat berpengaruh terhadap jenis bahan yang nyaman dipakai.

Pada cuaca dingin sudah pasti bahan dari wol akan sangat membuat nyaman penggunanya. Hanya saja bahan tersebut sudah pasti tidak akan cocok bila digunakan sehari-hari di negara dengan iklim tropis, seperti Indonesia.

Maka dari itu, warga negara tropis banyak menggunakan kain katun untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Kain ini dapat menyerap keringat dengan sangat baik. Kain dari bahan sintetis, tetap belum dapat menggantikan kenyamanan dari kain katun dalam segi yang satu ini.

2. Serat Kain Rapat dan Tidak Menerawang

Bahan dari sifon memang sangat bagus apabila digunakan sebagai baju outer. Maka dari itu, bahan yang satu ini dalam penggunaannya harus dilapisi dengan bahan lain yang lebih tebal dan tidak menerawang.
Sedangkan kain Toyoba ini termasuk ke dalam kain yang tidak menerawang. Jadi dalam penggunaannya Anda sudah tidak perlu melapisinya dengan bahan lainnya.

3. Tidak Mengkilat dan Halus

Bahan katun Toyoba memiliki tekstur yang halus dan lembut. Walaupun demikian, tidak berarti kain ini memiliki tekstur yang mengkilat. Hanya saja yang paling penting bahan ini tidaklah kaku, sehingga mudah dibentuk sesuai dengan model yang diinginkan.

4. Ketahanan Warna yang Sangat Baik

Salah satu dari kualitas kain yang diuji adalah berdasarkan ketahanan warnanya. Kain yang satu ini sudah memenuhi persyaratan tersebut, karena memang teruji memiliki ketahanan warna yang bagus. Walaupun sudah dicuci berkali-kali dan dijemur, perubahan warna baru akan tampak dalam jangka waktu yang sangat lama.

5. Tidak Mudah Kusut

Ada banyak sekali jenis kain yang mudah kusut dan sangat susah sekali untuk dirapikan, meskipun sudah disetrika. Kain-kain seperti ini sedikit menjengkelkan bagi sebagian besar ibu-ibu. Bahkan terkadang dibutuhkan waktu yang sangat lama hanya untuk menyetrika satu pakaian saja.

Untuk keluar dari situasi seperti ini, maka Anda membutuhkan kain yang tidak mudah kusut. Kain itu jawabannya adalah kain Toyoba. Kain ini terbuat dari bahan yang tebal, tetapi mudah untuk dirapikan dan juga tidak mudah kusut.

Jadi dengan harga yang lumayan mahal, Anda sudah dapat membuat pakaian dengan kondisi yang cukup prima. Jika Anda rapi, maka Anda dapat beraktivitas dengan lebih nyaman dan enak dilihat bagi siapa saja yang menjadi rekan kerja Anda.

Tidak lagi dipungkiri bahwa penampilan merupakan salah satu faktor yang dapat menunjang pekerjaan. Walaupun memang ada pepatah yang mengatakan don’t judge the book from its cover, tetapi penampilan Anda akan langsung memberikan kesan pertama yang begitu membekas bagi kebanyakan orang-orang.

6. Kain yang Bersifat Jatuh dan Luwes

Keunggulan lainnya dari kain ini adalah tidak kaku meskipun tebal. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para desainer baju gamis. Jadi bisa lebih mudah dalam menjahit dan membentuk model busana sesuai dengan keinginan.

Sifat kain dengan keriteria tebal, tetapi luwes sangatlah susah dicari. Hal itu disebabkan oleh kebanyakan dari kain yang tebal memiliki tekstur yang kaku dan juga sulit untuk dibentuk dengan menggunakan berbagai macam pola baju.

Perbedaan Kain Toyoba dengan Kain Katun Biasa

Kain Toyoba
Kain Toyoba

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia fashion, maka membedakan berbagai macam dari jenis kain adalah hal yang sangat mudah. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi orang secara umum.

Oleh sebab itu, sebagai generasi muda harus selalu up to date dengan berbagai informasi mengenai hal ini. Apalagi bagi orang yang berniat untuk membuka sebuah usaha yang berkaitan dengan kain, seperti butik.

Kain Toyoba adalah kain yang diproduksi oleh perusahaan dari Jepang dan sudah dijelaskan di atas. Perusahaan ini belum membuka cabang di Indonesia, sehingga sampai saat ini masih diharuskan untuk mengimpor dari negara tersebut atau dari negara yang memiliki kantor cabangnya.

Sedangkan kain katun biasa adalah kain katun yang sudah diproduksi di Indonesia. Kedua kain katun ini memiliki harga yang berbeda dan juga karakteristik yang berbeda juga. Kain katun biasa memiliki tekstur yang cukup lembut, tetapi tetap tidak selembut kain Toyoba.

Kain Toyobo Fodu

Kain Toyoba
Kain Toyoba

Jika kain Toyoba saja sudah berada di atas kualitas dari kain katun lokal, maka kain Toyoba Fodu adalah katun dengan kualitas yang super. Kain ini jauh lebih bagus kualitasnya dibandingkan dengan kain Toyoba pada umumnya.

Jadi saat Anda melihat pada ukuran jalinan seratnya, maka kain ini memiliki ukuran jalinan yang lebih rapat dan lebih kecil. Berkat jalinan yang sangat kecil dan rapat inilah, kain ini memiliki tekstur yang lebih lembut daripada kain katun lainnya.

Kain ini memiliki harga yang fantastis dan dimulai dari harga Rp 55.000/ meter. Maka dari itu, biasanya kain ini memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga yang sudah tertera tadi. Bahkan harga per merter dari kain yang menakjubkan ini dapat mencapai Rp 70.000/ meter.

Jadi kebanyakan baju dengan bahan dasar ini yang beredar di pasaran akan memiliki harga yang fantastis juga. Maka dari itu, biasanya bahan kain Toyoba Fodu ini banyak digunakan sebagai bahan dasar dari gamis yang mana biasa dijual dengan harga sekitar Rp 300.000 ke atas untuk setiap gamisnya.

Hal itu disebabkan oleh setiap gamis membutuhkan paling tidak 2,5 meter sampai dengan 3 meter untuk satu gamis ukuran orang dewasa. Sedangkan pembuatan kerudung model akhwat yang panjang biasanya membutuhkan kain sepanjang 2,5 meter dengan lebar paling tidak 1,25 meter.

Warna yang ditawarkan juga ada banyak sekali, misalnya krem, hijau toska, merah maroon, dan warna lainnya yang dapat Anda lihat di katalog dari perusahaan Toyobo Co. Ltd. Yang jelas dikarenakan harga yang mahal, maka dari itu ada banyak sekali kain ini dengan versi yang KW-nya.

Perbedaan Kain Toyoba dengan Kain Ima Slub

Kain Toyoba
Kain Toyoba

Jika Anda sudah dapat membedakan antara kain katun Toyoba dengan kain Ima, maka Anda akan lebih mudah lagi dalam membedakan dengan kain Ima Slub. Kain katun Ima Slub ini memiliki tekstur jalinan benang dengan pola yang jauh berbeda dibandingkan dengan kain Ima polos ataupun dengan kain katun Toyoba.

Pada kain Ima Slub, Anda akan dapat melihat beberapa jalinan benang yang tampak jauh lebih tebal melintang dan membujur. Jalinan Ima Slub ini memang sengaja dibuat memiliki jalinan benang seperti itu, sehingga berbeda dengan kain Ima polos.

Jadi dengan kata lain untuk membedakan karakteristik dari kain Ima polos dengan kain katun Toyoba jauh lebih sulit dibandingkan dengan mencari perbedaan antara kain katun Toyoba dengan kain Ima Slub.

Ciri Ciri dari Kain Toyoba KW

Kain Toyoba
Kain Toyoba

Bagi Anda yang sangat menggemari kain ini dengan versi aslinya, maka Anda harus waspada terhadap banyak beredarnya kain ini dengan versi KW-nya. Sudah pasti kain yang KW tidak memiliki kualitas yang sama dengan aslinya.

Ada yang mudah rusak setelah dicuci dan masih banyak lagi kasus lainnya. Yang jelas semua itu dijual dengan harga yang jauh lebih murah dan bisa saja sampai separuh dari harga kain yang asli. Pada dasarnya kain Toyoba yang asli berada di rentang harga Rp 45.000/ meter.

Jika paling murah, maka bisa saja Anda menemukan harga kain ini dengan harga Rp 40.000/ meter. Namun tidak bisa jauh lebih murah dibandingkan dengan harga tadi. Jika saat Anda sempat mendengarkan atau melihat kain ini dengan harga Rp 20.000/ meter, maka itu adalah kain katun lokal.

Maka dari itu sebagai generasi masa kini, Anda diharuskan untuk mengetahui setiap karakteristik dari barang atau produk yang akan dibeli dengan seksama. Hal ini bertujuan agar Anda tidak menyesal setelah membeli kain tersebut.

Kegunaan dari Kain Katun Toyoba

Kain Toyoba
Kain Toyoba

Kain yang satu ini memang sangat bergengsi dan sangat patut dipakai untuk berbagai macam baju untuk acara yang formal. Saat ini kain ini banyak digunakan untuk pembuatan baju gamis, koko, pakaian kantor, maupun celana formal.

Yang jelas kain ini sangat cocok digunakan untuk berbagai macam busana yang bersifat resmi. Bahkan yang lebih menakjubkan lagi, bahan ini juga dapat digunakan untuk membuat jilbab. Kain ini juga cocok digunakan sebagai bahan pakaian untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan panasnya cuaca yang akan membuat keringat Anda bercucuran dan menetes, karena bahan ini dapat menyerap keringat secara sempurna. Selain itu, bahan ini juga bersifat adem atau dingin bagi siapapun yang menggunakannya.

Hal yang lebih menarik adalah bahan ini juga sangat cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat seragam dan juga baju almamater. Selain itu, bahan ini dapat digunakan untuk semua orang, baik orang dewasa, anak-anak, laki-laki, maupun perempuan.

Perbedaan Kain Toyoba dengan Kain Katun Ima

Kain Toyoba
Kain Toyoba

Kain katun yang biasa diimpor dari Jepang tidak hanya kain katun Toyoba saja, melainkan kain katun Ima. Jadi Anda harus mengetahui cara untuk membedakan keduanya bila Anda hendak membelinya. Perbedaan yang paling mendasar terletak pada harganya.

Jadi kedua kain katun impor dari Jepang tersebut memiliki harga yang saling berbeda. Kain katun Ima biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan kain katun Toyoba.

Kedua kain ini juga memiliki tekstur yang berbeda dan Anda harus sering membiasakan diri untuk mencermati keduanya, sehingga dapat membedakan berdasarkan teksturnya. Apabila Anda mengamati dengan seksama, sebenarnya keduanya memiliki pola yang sedikit berbeda.

Sedangkan bila Anda meraba pada bagian kain Toyoba, maka akan terasa lebih tebal dan juga sedikit lebih kaku dibandingkan dengan kain katun Ima. Kain Toyoba juga memiliki tampilan serat yang lebih jelas alurnya dibandingkan dengan kain katun Ima.

Kelemahan Kain Toyoba

Kain Toyoba
Kain Toyoba

Bila Anda adalah orang yang sangat menyukai busana dengan berbagai macam motif, maka kain ini bukan pilihan yang tepat. Sebagian besar dari produksi kain ini sendiri memang hanya berupa kain polos saja. Tanpa adanya motif sama sekali.

Memang benar ada beberapa kain Toyoba yang memiliki motif, tetapi hal itu sangat sulit untuk dicari. Jadi bahan ini sebagian besar mudah untuk digunakan pada busana yang polos saja. Selain dari bahannya yang polos, maka harga yang ditawarkan untuk membanderol per meternya tergolong mahal.

Jadi ketika akan membuat busana gamis yang berbahan dasar kain ini, maka Anda diharuskan untuk menghitung secara akurat harga jualnya dan ditujukan untuk tingkatan pasar dengan ekonomi seperti apa. Jangan sampai salah hitung, karena harga kain produksi yang mahal.

Walaupun secara warna kain ini memang tidak mudah luntur, tetapi dari tingkat ketahanan sedikit kurang bagus dibandingkan dengan beberapa kain sintetis. Maka dari itu, Anda sebagai pengusaha busana diharuskan untuk memberikan arahan mengenai tata cara untuk merawat busana tersebut.

Harga Kain Toyoba Meningkat Pesat

Kain Toyoba
Kain Toyoba

Jika Anda adalah seorang pengusaha busana gamis, maka disarankan untuk memiliki stok kain jauh sebelum bulan Ramadan tiba. Hal itu disebabkan oleh meningkatnya harga dari kain Toyoba pada saat menjelang puasa.

Sebenarnya peningkatan harga ini juga terjadi pada seluruh jenis kain yang ada. Jadi untuk dapat bersaing terhadap harga penjualan, maka disarankan untuk memiliki stok kain dua sampai tiga bulan sebelum bulan Ramadan tiba.

Sedangkan pada satu bulan sebelum bulan puasa digunakan untuk membuat dan menjahit busana yang dapat mulai dijual pada saat Ramadan tiba hingga menjelang Idul Fitri. Harga jual yang Anda tawarkan pada saat itu juga bisa lebih tinggi dibandingkan pada saat hari-hari biasanya.

Penjualan busana muslim pada saat-saat itulah yang bisa mendatangkan keuntungan jauh lebih banyak dibandingkan pada hari lainnya. Jadi Anda bisa mulai mencoba pola ini mulai dari saat ini.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Kain Toyoba

Leave a Comment