KAIN TASLAN : Kelebihan, Kekurangan, Karakteristik, Jenis

Kain Taslan – Perkembangan teknologi memang terjadi di setiap lini, termasuk juga teknologi untuk membuat kain. Saat ini terdapat kain yang dinamakan dengan kain Taslan yang mana merupakan kain modern. Kain ini tentu saja memiliki terbuat dari bahan khusus dan juga metode yang khusus.

Jika Anda adalah pengusaha busana, maka sudah pasti sangat familiar dengan kain yang satu ini. Sedangkan bagi orang yang masih awam sangat perlu memahami apa itu kain taslan, karakteristik, kisaran harga, dan juga berbagai informasi lainnya yang bisa Anda dapatkan sebagai berikut.

Apa itu Kain Taslan ?

Kain Taslan

Kain Taslan

Kain Taslan termasuk ke dalam kain modern yang dirancang atau diproduksi dengan menggunakan teknologi yang canggih. Kain ini terbentuk dari jalinan serat polyester. Serat polyester yang satu ini berbeda dengan serat sejenis lainnya, karena kuat dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Meskipun terbuat dari polyester, hal tersebut tidak menghalangi kain ini untuk dapat membuat keringat cepat menguap. Maka dari itu, serta ini sangat cocok digunakan untuk berolahraga setiap hari. Kain ini akan memudahkan untuk mengusir keringat Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan adanya bau badan.

Bahan dasar dari polyester dilapisi dengan substansi khusus yang dinamakan Nuva. Substansi yang satu ini memiliki karakteristik yang mirip dengan bahan Teflon yang mana membuat kain menjadi anti-air. Jadi dengan kata lain Anda bisa saja mengguyur baju ini dengan menggunakan air, tetapi air tersebut tidak akan terserap ke dalam serat kain.

Sekarang Anda pasti akan berpendapat bahwa kain ini sangat mengagumkan bukan. Selain dari ini kain ini juga memiliki keunggulan lainnya yang akan dibahas di subjudul lainnya.

Keunggulan Kain Taslan

Kain Taslan

Kain Taslan

Kain yang satu ini memang diproduksi dengan menggunakan teknologi canggih masa kini dan berkaitan dengan nanoteknologi. Dengan menggunakan teknologi yang satu ini, memang memungkinkan manusia untuk memanipulasi struktur permukaan dari semua material.

Kemudian hal tersebut juga dapat diaplikasikan pada kain Taslan. Maka dari itu, kain ini memiliki sifat anti-air pada permukaannnya. Jadi penggunanya tidak akan basah, meskipun diguyur dengan air satu ember apalagi hanya satu gelas.

Selain dari anti-air, kain yang satu ini juga memiliki kecanggihan lainnya yaitu anti-jamur. Jadi bila rumah Anda memiliki kadar kelembapan yang tinggi, atau mungkin lemari Anda yang bersifat demikian, maka menyimpan pakaian dengan bahan dasar Taslan akan menghindarkan Anda dari kecemasan akan jamur.

Keuntungan lainnya yang juga ditawarkan oleh kain Taslan adalah sifat anti-minyak. Hal itu memudahkan penggunanya pada saat mencuci pakaian. Jadi Anda tidak perlu repot-repot menggunakan penghilang noda akibat minyak bila menggunakan pakaian dengan bahan dasar yang satu ini.

Kain Taslan ini lebih mudah kering dibandingkan dengan kain katun. Jadi kain yang satu ini sangat cocok digunakan oleh para atlet dan juga seragam untuk berolahraga. Beberapa kain Taslan dengan harga premium akan memiliki sifat sangat nyaman bila tersentuh oleh kulit.

Tekstur dari kain dengan kualitas ini biasanya lembut dan juga tampak sangat natural atau mirip dengan katun, sehingga berbeda dari kain sintetis lainnya. Selain dari teksturnya, kain yang satu ini memiliki elastisitas yang tinggi, sehingga dapat sangat nyaman dipakai oleh siapapun dan dari kalangan usia apapun.

Bahan yang satu ini sangat aman digunakan di badan, karena bersifat menjaga kelembapan yang berlebihan pada badan. Kain ini juga mampu membuat kulit bernapas dengan baik, sehingga membuat badan menjadi lebih bugar selepas berolahraga.

Beberapa Produk yang Menggunakan Kain Taslan

Kain Taslan

Kain Taslan

Kain Taslan memang merupakan salah satu pencapaian dari nanoteknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Dalam keseharian, produk yang satu ini banyak yang digunakan sebagai bahan dasar pakaian, khususnya pakaian yang berkaitan dengan olahraga.

Jadi kain ini ada yang diproses untuk membuat jaket, celana panjang, baju trek, dan juga baju untuk olahraga. Yang jelas bahan khusus ini sangat berguna untuk menjaga kelembapan dari kulit Anda, agar tidak terlalu lembab.

Berkat sifat anti-airnya, bahan ini juga dapat dimanfaatkan untuk membuat jas hujan. Saat ini sudah banyak sekali jas hujan yang terbuat dari bahan yang satu ini. Hanya saja kain Taslan ini untuk jas hujan ini dapat dibagi menjadi dua jenis lagi yaitu Taslan latex dan juga Taslan balon.

Kedua Taslan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Pada Taslan Latex akan lebih cepat menyerap air bila ditetesi dengan hujan secara terus-menerus. Yang jelas, bahan yang satu ini memiliki sifat anti-air yang hanya sebentar saja.

Jadi penggunaan bahan dari Taslan latex tidak boleh terekspos terlalu lama dengan air. Sedangkan bahan Taslan balon memiliki sifat anti-air yang lebih baik lagi. Jika bahan ini terguyur air, maka air tersebut akan langsung mengalir layaknya air di atas daun talas.

Jadi Anda akan dapat melihat butiran air yang hampir sempurna bulat, bila ada tetesan air yang terjatuh di permukaan kain ini. Bahan yang satu ini lebih banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat jas hujan saat ini.

Sejarah Kain Taslan

Kain Taslan

Kain Taslan

Awalnya Taslan merupakan salah satu metode bulking dan juga pembuatan benang dengan memanfaatkan tekanan udara. Metode ini pertama kali dimiliki oleh merek dagang DuPont dan pertama kali pembuatannnya dicatat pada 19 Oktober 1954.

Proses pembuatan benang yang satu ini sangat mudah dan sederhana yang mana memasukkan untaian benang filament yang panjang ke dalam nozzle jet kecil dengan berbagai macam jumlah slack. Tekanan udara yang digunakan adalah di atas 100 psi.

Tekanan setinggi itu dapat diciptakan dengan menggunakan sebuah penyedot dan juga aliran udara turbulen yang membuat benang filament menjadi benang. Metode ini mampu menciptakan benang dengan karakteristik benang pintal dengan menggunakan teknologi manual yang ada di zaman dahulu.

Metode pembuatan benang itu disebut dengan metode Taslanising. Jadi metode produksi yang ada saat ini hanya tinggal memperbaiki atau memodifikasi dari benang yang sudah dibuat pada tahun 1954 itu. Jika Anda sangat tertarik mengenai cara produksi dari kain yang satu ini, Anda bisa saja mencoba membaca salah satu jurnal karangan FC Bagnall tahun 1956.

Supplier Kain Taslan

Kain Taslan

Kain Taslan

Kain Taslan ini memang pertama kali dibuat dan dikembangkan di Jerman. Hanya saja saat ini proses produksi terbesar memang diraih oleh negara China. Negara yang satu ini memang merambah hampir ke seluruh lini atau bidang industri.

Jadi Anda akan sangat mudah sekali menemukan berbagai macam supplier kain Taslan dari negara ini. Harga yang ditawarkan pun juga biasanya menjanjikan alias murah atau terjangkau. Hal itu sudah pasti akan sangat menguntungkan Anda sebagai pelaku usaha produksi pakaian olahraga.

Salah satu dari supplier asal China yang sudha terkenal adalah Fibre2Fashion. Perusahaan ini sudah melakukan ekspor ke berbagai macam belahan dunia, seperti Benua Asia, Eropa, dan juga kawasan Timur Tengah. Di perusahaan ini menjual kain Taslan dengan berbagai macam kualitas, sehingga harga yang ditawarkan juga bervariasi.

Selain dari perusahaan itu, ada juga Wujiang Qiancheng Textile Co. Ltd yang menawarkan kain Taslan dengan tingkat kemurnian polyamide sampai dengan 100%. Akan tetapi, perusahaan yang satu ini hanya menangani pembelian dalam skala yang sangat besar.

Taslan yang mereka jual ini diberikan nama Taslan Oxford Fabric yang mana minimal order paling tidak 3000 yard. Perusahaan yang satu ini sudah banyak menangani berbagai macam permintaan dari berbagai belahan dunia.

Jadi perusahaan ini telah melakukan ekspor ke Afrika, Timur Tengah, Amerika Utara, Eropa, Australia, Asia, dan juga Amerika Selatan. Berdasarkan informasi yang mereka berikan, kain Taslan buatan mereka dapat digunakan untuk membuat tas, pakaian, dan garmen lainnya.

Harga Kain Taslan

Kain Taslan

Kain Taslan

Harga kain Taslan per meter memang sangat bervariasi. Hanya saja yang sudah ada di Indonesia berkisar mulai dari Rp30.000 per meter. Namun kain Taslan dengan harga minimal ini biasanya sangat tipis atau tidak lebar.

Pada umunya, kain taslan yang tebal biasanya memiliki harga diatas Rp 40.000 per meternya. Sedangkan kain Taslan dengan kualitas premium biasanya memiliki harga yang sangat fantastis yaitu Rp131.000 per meternya.

Jadi harga biasanya akan terkoneksi langsung dengan kualitas dari kain Taslan. Tentu saja pada kain Taslan yang tipis akan sangat mudah untuk sobek dibandingkan dengan kain Taslan yang lebih tebal. Kain Taslan yang tebal biasanya akan dapat digunakan dengan jangka waktu yang lebih lama dibandingkan dengan kain Taslan yang lebih tipis.

Berbagai Macam Modifikasi Pada Benang Kain Taslan

Kain Taslan

Kain Taslan

Kain Taslan yang ada saat ini terus mengalami berbagai macam modifikasi. Modifikasi tersebut lebih dipusatkan pada pembuatan benang yang merupakan bahan baku dari kain Taslan. Untuk terus memenuhi permintaan pasar, maka bagian penelitian dan pengembangan dari industri kain dan benang terus digencarkan.

Modifikasi ini kebanyakan dipusatkan pada substansi yang melapisi benang. Substansi seperti ini ditujukan untuk memperbaiki karakteristik benang yang aslinya. Benang secara alami sangat mudah putus apabila mengalami gesekan. Maka dari itu, pada proses pembuatan benang, bisa saja mengalami putus secara tak terduga di tengah-tengah proses produksi.

Tentu saja hal itu akan merugikan pihak pabrik. Maka dari itu, pihak proses produksi biasanya menggunakan teknik pelapisan atau yang biasa disebut dengan coating untuk memperbaiki karakteristik benang. Material yang biasa digunakan untuk melapisi benang tersebut adalah polyurethane, silicon, lilin, akrilat, ataupun PTFE.

Pelapisan dengan menggunakan berbagai material tersebut dapat membuat benang menjadi lebih tahan dari abrasi terhadap gesekan benang lainnya, ketahanan dari abrasi terhadap gesekan yang ditimbulkan antara benang dan metal, tahan terhadap sinar matahari, anti-air, anti-jamur, traksi, anti-api, dan juga ketahanan warna.

Yang jelas semua material di atas memiliki peran masing-masing. Modifikasi ini di masa kini juga masih terus dikembangkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi di masa depan.

Kain Taslan Canggih

Kain Taslan

Kain Taslan

Kain Taslan pada umumnya memang memiliki sifat anti-air. Namun, tidak semua kain taslan memiliki sifat anti-air yang kuat. Ada yang hanya dapat bersifat anti-air sementara dan juga ada yang lama. Hal itu dapat Anda amati secara langsung. Pada umumnya, kain Taslan dengan sifat anti-air yang baik akan mampu membuat tetesan air tampak bundar di atas kain tersebut.

Jadi semakin bundar, maka sifat anti-air yang ada akan semakin baik. Berlaku juga hal sebaliknya. Jadi bila Anda melihat ada kain Taslan yang tertetesi oleh air kemudian bentuknya tidak terlalu bundar, bisa jadi ini adalah kain Taslan yang kurang baik.

Selain dari sifat anti-air, kain ini juga banyak yang dimodifikasi dan dicampurkan dengan bahan anti-api. Jadi bahan dasar dari kain Taslan yang berupa polyamide akan dicampurkan dengan berbagai macam substansi yang bersifat anti-api, seperti Phosphorylated chitosan (PCS).

Proses pelapisan polyamide dengan PCS dilakukan dengan menggunakan 3-aminopropyl triethoxysilane (APTES) sebagai media untuk melakukan metode sol gel guna melakukan proses pelapisan cross-linking. Penelitian yang satu ini telah dilakukan oleh Chanchal Kumar Kundu beserta dengan timnya.

Penjelasan lebih mendetailnya dapat Anda baca secara langsung melalui jurnal yang dikeluarkan di Elsevier. Tetapi, jika Anda hanya berminat menjadi pengusaha yang memanfaatkan kain ini, maka Anda hanya perlu mengetahui secara sekilas mengenai proses ini. Tidak perlu mengetahuinya secara mendetail.

Kemudian, ada penelitian lain yang sudah dipatenkan mengenai polyamide yang dimodifikasi, sehingga aman bila terkena api yaitu US3418267A. Paten tersebut ditemukan oleh Warren F Busse sejak tahun 1965.

Jadi yang jelas bahan polyamide ini sudah sangat banyak yang dimodifikasi untuk menjadi bersifat anti-api. Jadi di luar negeri sana ada banyak sekali jenis dari kain Taslan dengan karakteristik yang berbeda-beda juga.

Kain Taslan Anti-Angin

Kain Taslan

Kain Taslan

Bila Anda adalah seorang pencinta alam, maka memiliki jaket yang bersifat anti-air dan juga anti-angin sekaligus adalah hal yang sangat diwajibkan. Kain Taslan yang satu ini juga memiliki modifikasi khusus pada bagian permukaan dengan menggunakan skala nanometer.

Maka dari itu, saat ini hampir semua jaket outdoor yang digunakan untuk hiking memiliki fungsi yang satu ini. Bahan ini juga biasanya memiliki sifat, seperti ringan dan juga kuat atau tidak mudah sobek. Jaket anti-angin juga dapat digunakan pada saat mengendarai motor juga.

Jadi angin yang berhembus ke arah badan akan dihalau oleh jaket ini. Alhasil, suhu tubuh Anda tetap stabil. Hal ini dapat membantu tubuh dalam mencegah masuk angin juga. Biasanya kain Taslan yang memiliki sifat anti-angin terbuat dari bahan dasar nilon.

Kain Taslan jenis ini juga banyak ditawarkan oleh supplier dari China. Biasanya kain Taslan yang juga bersifat anti-angin memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan hanya sekedar kain Taslan anti-air. Yang jelas bila sudah diproses menjadi jaket, hampir keseluruhan akan dijual dengan harga menengah ke atas.

Hal ini dikarenakan negara Indonesia belum bisa membuat kain jenis ini, sehingga negara ini masih diharuskan impor dari China. Selain itu, kain Taslan anti-air yang juga anti-angin tersedia dalam berbagai macam warna.

Yang jelas keseluruhan dari kain Taslan jenis ini dilapisi dengan polyurethane khusus yang mampu membuatnya memiliki sifat anti-angin. Jika pemesanan kain dilakukan dengan skala besar, biasanya harga akan menjadi lebih murah.

Bahkan semakin banyak jumlah yang diminta, maka harganya akan menjadi sangat murah. Pada saat sudah mencapai 1000 meter, maka kain Taslan jenis ini dapat dibanderol dengan harga US $ 2.7 yang mana setara dengan Rp 40.151,44. Tentu saja harga yang ada akan dikalikan dengan nilai kurs yang sedang berlaku. Jadi harga dapat dengan mudah berubah setiap waktunya.

Salah satu supplier yang menyediakan kain Taslan dengan sifat anti-air dan juga anti-angin dapat adalah Wujiang Pengnuo textile Co. Ltd. Jadi intinya hampir semua kain Taslan yang ada di Indonesia masih diimpor dari China.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Kain Taslan

Leave a Reply