KAIN SUTRA : Ciri-Ciri, Kelibihan, Kekurangan, dan Jenis-Jenisnya

Kain Sutra – Siapa yang tidak mengetahui tentang kain sutra asli? Kain yang berkualitas tinggi, bahan yang lembut, serta harga yang cukup diperhitungkan ini menjadi patokan dari bahan kain dengan kualitas terbaik. Kain ini pun sangat cocok untuk dibuatkan busana apa saja. Dengan bahan yang lembut, kamu pasti akan ketagihan untuk memiliki pakaian dari kain ini.

Apa Itu Kain Sutra?

Kain Sutra

Kain Sutra

Kain sutra adalah kain yang berkualitas tinggi karena terbuat dari tenunan serat alami kepompong ulat sutra murbei. Kain ini juga tidak mudah basah karena kemampuannya yang dapat menyerap air sepertiga dari beratnya sendiri.

Selain itu, kain ini juga dikategorikan sebagai primadona dari berbagai jenis kain yang ada kelembutan serta kemewahan yang ditawarkan.

Kain sutra juga ternyata bisa tahan lama hinggap beberapa tahun loh. Bahkan pada zaman dulu, keluarga kerajaan selalu menggunakan kain ini dan beberapa petinggi lainnya pada kala itu.

Ini karena bahan dari kain tersebut yang tidak bisa dianggap murah, sehingga hanya orang-orang yang mempunyai uang saja yang bisa memiliki kain ini.

Proses Pembuatan Kain Sutra

Pembuatan Kain Sutra

Kalian pasti penasaran bagaimana proses pembuatan kain mewah tersebut bukan? Okay, jadi kain sutra itu sendiri terbuat dari serat protein alami, ata yang lebih dikenal dengan fibroin. Apa itu fibroin? Ini adalah jenis protein yang dikeluarkan oleh larva serangga jenis tertentu untuk membuat kepompong.

Ada dua cara ketika membuat kain sutra. Pertama yaitu dibuat dengan menggunakan alat tenun mesin (ATM). Proses pembuatan dengan cara ini akan memperoleh kain yang lebih lembut, halus, dan jahitan yang rapat. Coraknya pun lebih banyak yang sama karena proses pembuatannya secara masal. Harganya pun terbilang murah.

Kedua, yaitu dengan cara menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM). Dari namanya saja, pasti sudah ketahuan kalau proses ini dilakukan secara manual juga dengan jumlah yang terbatas sehingga harganya lebih mahal.

Eitsss, jangan risau dulu dengan harganya. Karena kain yang dibuat dari proses ini nyatanya pewarnaan yang dihasilkan terlihat lebih alami loh.

Baca juga : Kain Wolfis

Kelebihan Kain Sutra Dibandingkan Jenis Kain Lainnya

Kelebihan

Sebagai bahan kain yang terbuat dari kualitas tinggi dan populer, kain sutra tentu memiliki beberapa kelebihan yang akan membuat kamu semakin menginginkan jenis kain ini.

Pertama, kain yang dihasilkan merupakan tenunan benang sutra asli yang sangat kuat sehingga tidak mudah rusak atau sobek.

Kedua, kain sutra mampu menyerap air arau keringat dengan baik tanpa meninggalkan jejak basah pada kainnya.

Ketiga, bahan dari kain ini merupakan bahan yang sangat lembut dan harus sehingga cocok dipakai pada semua jenis kulit juga tidak mengandung zat-zat kimia. Kain inj juga sangat awer dan tahan lama hingga bisa digunakan sampai beberapa tahun.

Keempat, sutra memiliki efek glossy yang membuat tampilannya lebih elegan dan terkesan mewah. Kainnya juga akan terlihat berkilau karena efek dari fibroin yang terkandung dalam serat sutra alami.

Kekurangan Kain Sutra

Setiap kelebihan, tentu pasti akan ada kekurangan juga bukan? Dan kamu perlu mengetahui kekurangan dari kain ini juga. Pertama, kain sutra memiliki harga yang tinggi alias mahal, karena proses pembuatannya yang tidak mudah. Kain yang mahal ini merupakan jenis sutra yang asli yaa. Bukan sutra sintetis.

Kedua, kamu harus mencuci kain dari bahan sutra ini secara manual agar tidak rusak. Ini karena bahannya yang terbuat dari bahan alami, sehingga cara perawatannya pun harus maksimal. Ketiga, kelembutan yang dimiliki sutra dapat menarik serangga dengan mudah. Sehingga kain ini bisa saja dirusak oleh serangga jika kamu tidak menyimpannya dengan baik

Ciri-ciri Kain Sutra Asli

Ciri- Ciri Kain Sutra

Siapa sih yang tidak mau menggunakan kain sutra? Kain sejuta pesona dengan kemewahan dan kelembutan yang diwarkan ini, membuat beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab menciptakan kain sutra palsu untuk menarik pelanggan. Untuk itu, kamu harus bisa membedakan mana sutra yang asli, dan mana sutra yang palsu.

  1. Bahannya Adem

Salah satu karakteristik yang dimiliki oleh kain sutra adalah bahannya yang lembut dan adem sehingga tidak berasa saat digunakan untuk beraktivitas di luar ruangan. Bahannya yang ringan juga tidak membuat kamu susah bergerak.

  1. Menyerap Air

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh sutra merupakan bahannya yang mudah menyerap air dengan baik. Kamu bisa mencuci kain ini menggunakan conditioner kain yang berbahan comfort pure, sehingga kain kamu akan tetap terawat dengan baik.

  1. Bahan Kain Kuat

Jika dilihat dari teksturnya yang lembut dan halus, kamu mungkin akan berpikir bahwa kainnya tidak kuat dan  mudah robek. Tetapi nyatanya, sutra merupakan salah satu jenis kain terkuat loh. Ini karena panjang seratnya yang dihasilkan dari kapas dan linen, sehingga bahannya sangat kuat dan tahan lama.

  1. Elastis

Sifat kain sutra lainnya yaitu fleksibel dan elasti sehingga kain akan tetap tertarik ke bentuk semula meskipun terlipat secara sembarangan. Karena kainnya yang elastis juga, jadi baju atau pakain kamu lainnya yang terbuat dari sutra tidak akan mudah kusut.

  1. Cepat Kering dan Berkilau

Kelembutan dari tekstur sutra membuat kainnya cepat kering dengan mudah. Meskipun kamu beraktivitas panas-panasan di luar ruangan dan berkeringat, pakaian kamu akan cepat kering dengan sendirinya tanpa meninggalkan bau tak sedap.

Juga bahan yang lembut membuat kain ini tampak berkilau dan bercahaya sehingga menghasilkan kesan mewah bagi kamu yang memaknainya.

Baca juga : Kain Scuba

Jenis-jenis Kain Sutra

Jenis-Jenis Kain Sutra

Kain sutra juga memiliki beberpa jenis yang paling terkenal di kalangan masyarakat dan perlu untuk anda ketahui.

  1. Raw Silk

Jenis kain ini, permukaannya terlihat mengkilap namun tekstur kainnya tidak rata dan agak kasar. Kain ini terbuat dari serat sutra alami dan asli dengan banyak pilihan warna yang dapat memanjakan mata kamu.

  1. Dupion Silk

Tampilannya sama dengan Raw silk. Hanya saja, Dupion silk lebih tipis dan agak kusut. Selain Dupion Silk, ada juga yang namanya Dupioni silk. Yang membedakan keduanya ialah kain Dupioni sil lebih tebal dan bercorak seperti gerimis.

  1. Sutra Taffeta

Sutra ini mempunyai jenis kain yang terlihat mengkilap dan menawan. Looks akan lebih mewah lagi jika ditambahkan bordiran yang Indah. Kamu akan terlihat sangat cantik jika menggunakan pakaian atau dress bahan ini. Sangat cocok juga untuk kamu gunakan ke pesta.

  1. Nep Silk

Nep silk mempunyai tekstur kain yang tipis seperti kain sifon dan memiliki corak garis-garis besar. Ada baiknya kamu menjadikan kain ini untuk pakain santai ketika anda keluar hangout bersama teman-teman. Kainnya yang terlihat lebih santai sangat cocok untuk kamu para anak muda.

  1. Paper Silk

Kenapa paper silk? Mungkin ini karena tekstur kain yang agak kasar seperti layaknya kertas. Namun, jangan salah sangka dulu. Kain tetap bertekstur lembut dan halus kok. Bahkan kain ini memiliki beberapa motif warna pastel yang Indah sehingga dapat membuat penampilan kamu terlihat lebih kece.

Cukup sekian penjelasan mengenai kain sutra dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Kamu juga sudah tau bagaimana cara membedakan kain sutra yang asli dan palsu, sehingga kamu tidak akan tertipu dengan mudah.

Selain itu, kamu juga mengetahui beberapa karakteristik sutra lainnya yang membuat kamu semakin terpesona akan kemewahannya.

Baca juga : Kain Twiscone

Leave a Reply