KAIN SUPERNOVA : Kelebihan, Kekurangan, Karakteristik, Jenis

KAIN SUPERNOVA : Kelebihan, Kekurangan, Karakteristik, Jenis

Kain Supernova – Supernova, jenis kain yang terbuat dari katun, memiliki tekstur yang halus, lembut, adem dan tidak tembus pandang. Kain ini biasanya digunakan untuk bahan pakaian gamis wanita. Dikarenakan teksturnya yang adem, kain supernova ini bermotif misty, (seperti gerimis). Anda pun akan dapat melihatnya dengan jelas apabila gambar tersebut dilihat dengan close up.

Kain jenis supernova ini juga baru – baru ini muncul dengan kualitas terbaiknya. Banyak yang menggunakan kain tersebut sebagai baju keluarga, pernikahan, ataupun semacamnya. Karena bahan katun yang halus serta motif yang bervariasi tersebut memunculkan kesan nyaman digunakan sehingga banyak orang yang menjadikan sebagai bahan utama pakaian resmi ataupun yang lainnya.

Selain itu, kain supernova juga memiliki 2 karakter yang sering kali dijual dipasaran.

  • Kain sedang yang memiliki tekstur karakter agak jatuh
  • Kain tebal yang memiliki tekstur agak kaku dibandingkan dengan yang sedang

Karena dari dua karakteristik tersebut dapat dijadikan beberapa produk pakaian, seperti halnya kemeja, celana jeans, kerudung wanita, dan masih banyak yang lainnya.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kain supernova, alangkah baiknya jika anda mengenal terlebih dahulu seperti apa kain supernova itu.

Apa Itu Kain Supernova?

Kain Supernova
Kain Supernova

Kain supernova, adalah kain dengan bahan yang terdiri dari kain katun yang memiliki tekstur halus dan adem. Kainnya pun juga tergolong ringan dan agak tipis. Sehingga ketika dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat baju dan pakaian lainnya akan terasa nyaman. Terlebih kain ini dapat digunakan sebagai kerudung dan gamis wanita. Akan tetapi, kain dari supernova yang tipis ini akan terlihat sedikit menerawang.

Berimbas pada kualitas barang yang ada, harga yang dibanderol pun juga tergolong murah. Selain kualitas kain yang tipis, orang juga akan menilai bahwa kain ini tidak cocok untuk digunakan sebagai bahan utama dari beberapa pakaian syar’i. Dikarenakan bahannya yang sedikit menerawang.

Akan tetapi, jangan merisaukan hal tersbut. Meski terbilang tipis untuk pakaian, kain supernova ini juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain, seperti halnya kerudung wanita yang memang mengharuskan terbuat dari kain yang tipis.

Karakteristik Kain Supernova

Kain Supernova
Kain Supernova

Seperti yang telah sedikit dijelaskan diatas, karakteristik tekstur dari kain supernova itu sendiri adalah ringan, tidak kaku dan agak jatuh. Selain itu, kain supernova ini juga lebih mudah kusut, sehingga disarankan untuk rajin dalam menyetrika bahan supernova ini. Dapat diartikan bahan supernova ini recommended untuk anda jadikan bahan dasar dalam membuat pakaian sehari – hari.

Termasuk dalam kain katun yang ringan, bahan supernova ini pun juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat baju koko, jilbab, dan gamis. Bahan yang tipis ini cocok untuk dijadikan pakaian untuk di daerah tropis, yang tergolong cukup panas hawanya. Sehingga kemungkinan para konsumen untuk mendapatkan kain supernova berikut akan lebih mudah terbuka jalannya.

Alasan Membeli Kain Supernova

Kain Supernova
Kain Supernova

Dari semua jenis kain yang ada, kain katun adalah yang paling digemari oleh banyak orang di Indonesia khususnya. Karena kenapa, selain barang yang dijual berharga murah, tekstur halus dan tipis itu cocok untuk digunakan dalam lingkungan tropis. Sehingga masyarakat lebih suka dengan “kearifan lokal” yang ada. Tak hanya itu, kain katun adalah tipe kain yang dapat menyerap cairan dengan baik, karena terbuat dari bahan serat kapas terbaik.

Bahan Supernova dengan Kualitas dan Murah

Kain Supernova
Kain Supernova

Membahas kain supernova tidak akan ada habisnya. Dapat diketahui sendiri bahwa, kain supernova adalah jenis kain katun yang hampir mirip dengan kain wolfis yang memiliki tekstur lebih tebal dibandingkan kain supernova. Memiliki karakteristik yang memang nyaman ketika digunakan, adem, lembut, dan halus, yang menjadikan penggunanya tertarik untuk sekedar melihat terlebih membeli.

Karena kain jenis supernova ini adalah kain yang memang memiliki karakteristik yang bertekstur lembut dan halus terbilang dari serat kain yang dibuat. Serat kain dari supernova ini memiliki teknik khusus dalam proses pembuatannya. Meskipun pada nantinya tidak akan memengaruhi harga dari kain ini. Jadi bisa dipastikan bahwa, bahan supernova ini, adalah kain yang berkualitas baik namun berharga murah.

Tak hanya murah saja, kenyamanan dari kain supernova ini juga jadi reputasi bahwa barang murah bukan berarti barang yang berkualitas rendah. Akan tetapi, barang murah juga bisa memiliki kualitas diatas harga yang minimal tersebut. Akan tetapi, bila dibandingkan dengan jenis kain yang lain sangatlah variatif dan hasilnya pun, menunjukkan bahwa kain inilah yang memang terbaik.

Proses Pembuatan Kain Supernova

Kain Supernova
Kain Supernova

Dalam pembuatan segala bentuk kain, akan melalui beberapa tahapan yang mesti dilalui. Seperti halnya, proses pembuatan rajut supernova itu sendiri. Diawali dengan benang rajutan yang akan dirajut secara manual maupun dengan mesin. Mesin – mesin yang digunakan pun bermacam – macam, dimulai dengan 5gauge, 7gauge, atau 12gauge. Dari kesemua mesin tersebut akan menentukan kain yang dihasilkan nanti.

Proses pertama yang harus dilalui adalah men setting mesin rajut serta memasang benang rajut dalam mesin. Hal itu dilakukan agar, mendapatkan hasil rajut yang renggang atau rapat. Setelah proses tersebut dilakukan tahapan selanjutnya adalah menggesek secara manual dari kiri dan kanan. Karena dengan sendirinya, jarum – jarum tersebut akan membentuk pola rajut yang sesuai.

Proses penggesekan pun akan menentukan panjang dan lebar dari sebuah rajutan. Mengenai dari kombinasi warna yang digunakan pun bisa bermacam – macam. Karena pencampuran warna pun dapat digunakan sesuai dengan keinginan. Sehingga kain yang dihasilkan pun, akan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Adapun proses selanjutnya adalah menyambungkan hasil dari semua rajutan tersebut menjadi satu, entah dalam bentuk baju, atau hanya sehelai kain saja.

Setelah itu, kain – kain tersebut disambungkan menggunakan mesin yang dinamakan mesin linking. Pada mesin ini terdapat jarum rajut yang berbeda dengan jarum yang sebelumnya, sehingga dalam proses ini yang ditentukan adalah sambungan dari kain – kain yang dikaitkan tadi, yang pada akhirnya membentuk suatu barang berupa baju ataupun syal.

Namun, satu hal yang harus diingat bahwa, perawatan yang dilakukan untuk tetap menjaga kestabilan dari serat kain yang digunakan harus sesuai dan penuh perhatian khusus. Dikarenakan kain rajut supernova ini juga memiliki ketahanan yang berbeda dengan jenis kain rajut lainnya. Menyetrika, dan mencucinya pun harus menggunakan cara khusus agar karakteristik dari kain tersebut tidak rusak.

Untuk itu, dalam menjaga ataupun merawat kain yang memang sudah menjadi baju ataupun syal dan semacamnya. Haruslah melalui beberapa tahapan yang disarankan, sehingga pada nantinya akan membentuk barang yang sesuai dengan yang dihasilkan. Akan tetapi, semua hal tersebut memang tidaklah mudah untuk dilakukan. Jadi diperlukan ketekunan yang lebih dalam melakukannya.

Kelebihan Dan Kekurangan Beberapa Kain dalam Pembuatan Pakaian

Kain Supernova
Kain Supernova

Dari beberapa banyaknya kain yang seringkali digunakan dalam pembuatan pakaian. Tak sedikit yang memiliki kelebihan dan kekurangan dari beberapa bahan dasar tersebut. Namun, kelebihan dan kekurangan tersebut akan saling melengkapi pastinya. Tak hanya bermodalkan kain yang berharga, dan berkelas atas. Cukup dengan kain yang sederhana, namun pasti kualitasnya.

1. Rayon

Memiliki kelebihan yang sangat nyaman dan cocok untuk digunakan dalam musim panas, dikarenakan karakterisitk dari kain rayon itu sendiri yang memang berbahan adem dan baik dalam menyerap keringat. Tak hanya itu saja, kekurangan yang dimiliki kain rayon pun juga sangat mainstream seperti halnya mudah kusut dan luntur ketika dicuci.

2. Sutra

Memiliki serat yang tipis dan lembut menjadikan para pengguna sutra dapat merasakan kenyamanan ketika memakainya. Efek yang ditimbulkan pun juga bisa dijadikan sebagai obat dari penyakit kulit. Akan tetapi, kain sutra tergolong kain yang membutuhkan perawatan ekstra karena material dasar yang memang harus berhati – hati dalam merawatnya.

3. Katun

Berbeda halnya dengan dua jenis kain diatas yang mudah luntur dan kusut. Kain ini justru sebaliknya. Memiliki sejumlah pori – pori kain yang dapat menyerap keringat dengan baik menjadikan kain jenis ini nyaman dan cocok digunakan ketika musim panas. Namun, kain ini memiliki ukuran yang sedikit tebal yang menjadikan kain ini sangat susah kering ketika dijemur.

4. Polyester

Tanpa melakukan perawatan khusus adalah kelebihan yang dimiliki oleh kain polyester ini. Dengan mudahnya perawatan yang dilakukan membuat kain jenis ini sangat cocok untuk digunakan di segala tempat. Akan tetapi, kemampuan dalam menyerap keringat menjadi kekurangan dari kain jenis ini sehingga sama sekali tidak dianjurkan untuk digunakan dalam cuaca panas.

5. Spandex

Berbanding terbalik dari kain jenis polyester, kain spandex ini justru kain yang memang sangat baik dalam menyerap kain yang sudah ada. Sehingga kain jenis ini sangatlah nyaman ketika digunakan dalam cuaca panas. Namun, kain ini mudah melar ketika dicuci dengan cara yang tidak benar, dikarenakan teksturnya sendiri yang memang sangat elastis.

6. Sifon

Memiliki tampilan yang memang sangat berkelas menjadikan kain sifon ini berbeda dengan kain yang lainnya. Elegan adalah kata pertama yang akan muncul bagi orang yang menggunakannya. Cocok untuk digunakan dalam acara formal maupun acara semi formal. Namun, bahan ini sangat tidak cocok apabila digunakan dalam cuaca panas karena buruk dalam menyerap keringat serta mudah kusam.

7. Supernova

bertekstur halus nan lembut menjadikan kain supernova ini menjadikan nyaman para pemakainya. Dibekali dengan serat organic maupun buatan. Membuat kain supernova ini sangat cocok dan nyaman digunakan digunakan dalam daerah tropis. Namun, yang sangat disayangkan, adalah kain supernova ini memiliki serat yang tipis sehingga perlu berhati – hati dalam menggunakannya.

Trend Busana Kain Supernova Generasi Millenial

Kain Supernova
Kain Supernova

Trend busana masa kini adalah patron fashion yang hingga kini dijadikan sebagai landasan bagi para pemuda dalam meniru gaya berbusana. Seperti hal nya mode pakaian ala kota Milan ataupun kota Paris. Kedua kota tersebut menjadi kiblat fashion di dunia saat ini. Dengan tersedianya berbagai penjahit ataupun toko desain baju berkelas menjadikan kedua kota tersebut dijuluki sebagai kota fashion.

Namun, hal itu semakin menjadi – jadi ketika teknologi pun menjadi salah satu perubah gaya hidup dari masyarakat dunia. Globalisasi pun berkembang dengan luasnya. Seiring hal itu terjadi, para desainer – desainer pakaian, baik berupa gaun ataupun hanya sekedar kaos oblong pun memikirkan bagaimana cara bersaing secara sehat dengan pedagang lainnya.

Oleh karena itu, muncullah berbagai jenis kain yang memang dijadikan sebagai material dasar dari berbagai jenis fashion terbarukan tersebut. Salah satunya adalah jenis kain supernova ini. Kain yang memiliki karakteristik yang lembut serta halus, membuat kain ini begitu cocok dan nyaman ketika dipakai di daerah – daerah tropis seperti Indonesia tentunya.

Trend busana tersebut beberapa, merupakan hasil dari kombinasi dari kain supernova maupun dari kain – kain yang lainnya. Namun, kain supernova lah yang paling mendominasi. Dipadukan dengan campuran kain batik pun supernova masih tetap menjadi idola. Lagi dengan, kombinasi kain satin, dengan perpaduan baju dan celana yang berbahan dasar berbeda pun juga masih memiliki kontras yang padan.

Namun, terlepas dari itu semua, kain supernova yang dijadikan sebagai bahan dasar dari baju ataupun gaun pun juga sudah lebih dari kata pas dan cocok. Tanpa perlu dikombinasikan dengan yang lainnya. Sehingga anda pun tak perlu repot – repot untuk menggandeng mana kain, yang sebenarnya cocok dan sesuai jika dikombinasikan dengan kain supernova ini.

Harga Pakaian Dari Kain Supernova

Kain Supernova
Kain Supernova

Melihat dari segi kerakteristik kain, supernova bukanlah salah satu jenis kain yang memang ada dalam kalangan atas. Seperti halnya kain sutra ataupun kain organic yang lainnya. Namun, busana dari kain supernova ini juga tidak dapat dipandang sebelah mata. Karena dapat kita ketahui, semakin maraknya teknologi membuat segala jenis barang bisa diaplikasikan.

Namun, jenis kain supernova ini tak banyak diproduksi sebagai material utama dari pakaian ataupun fashion – fashion yang lain. Karena kualitas barang yang masih kalah dalam bersaing dengan kain sutra maupun kain sintetis. Tapi, jangan khawatir bagi anda yang menyukai fashion. Kain supernova juga dapat digunakan sebagai bahan utama dari pembuatan kaos ataupun jaket rajut seperti yang tertera pada penjelasan diatas.

Berikut daftar harga yang dapat anda jadikan referensi sebagai wishlist anda dalam berbelanja.

1. Baju gamis supernova

Baju gamis adalah produksi favorit dari jenis kain supernova ini. Karena baju gamis adalah pakaian yang membutuhkan serat kain untuk mampu tahan terhadap keringat. Sehingga baju gamis ini sebisa mungkin tidak mudah berbau keringat. Kelebihan yang dimiliki kain jenis supernova itu menjadi alasan utama, dimana kain supernova bisa menjadi bahan yang tahan terhadap bau menyengat.

Untuk jenis gamis ini dipatok dengan harga yang cukup murah meriah. Anda bisa mendapatkannya dengan harga berkisar di Rp 80.000 saja, pada aplikasi jual beli online tentunya.

2. Jaket long outer

Untuk fashion satu ini, memberikan mode desain yang memang nampak elegan dan menawan ketika digunakan. Namun, fashion ini digunakan hanya sebagai aksesoris belaka. Menggunakan kombinasi pakaian yang lain ataupun hanya kaos oblong yang digunakan. Akan terlihat lebih cocok apabila dipadukan dengan baju gamis yang terbuat dengan bahan yang sama pula. Kontras yang sangat cocok.

Dari segi harga sendiri, jaket long outer ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Hanya sekitar Rp 50.000 saja, anda bisa dengan mudah mendapatkannya. Baju ini dapat anda temukan di toko jual beli online yang sudah ada.

Tentu pilihan memilih jenis kain yang cocok untuk anda, kembali pada kebutuhan dan keinginan diri sendiri. Bagi para wanita, mungkin kain ini bisa menjadi andalan, apalagi karakternya yang tidak tembus pandang.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Kain Supernova

Leave a Comment