KAIN SPANDEK : Kelebihan, Kekurangan, Karakteristik, Jenis

Kain Spandek – Nama lain dari kain spandek adalah elastane. Bahan spandek merupakan sejenis serat buatan yang memiliki karakter bahan yang elastis atau mampu merenggang. Kemampuan bahan spandek untuk bisa merenggang hingga mencapai 5 kali dari ukuran aslinya. Bahan spandek ini merupakan salah satu bahan sintetis 100% yang sengaja di desain untuk menggantikan peran karet.

Bahan kain spandek cukup mudah untuk di warnai sekaligus juga kompatibel dengan bahan kain yang lainnya, sehingga jika dicampurkan dapat menghasilkan sebuah produk yang unik. Karena kain tersebut memiliki karakteristik dari serat spandek dan serat bahan campuran tersebut.

Ciri Ciri Kain Spandek

Kain Spandek

Kain Spandek

Kain ini merupakan salah satu jenis kain yang sering digunakan untuk membuat pakaian dalam dunia fashion. Bahan spandek merupakan salah satu jenis bahan katun yang terbuat dari campuran polyurethane dan kapas. Bahan spandek juga memiliki karakter khusus yang dapat kita ketahui, sehingga kita tidak keliru saat membeli bahan spandek.

Berikut ini beberapa ciri- ciri kain spandek yang perlu Anda ketahui:

• Bahan kain spandek licin.
• Meskipun bahan tipis, namun bahan kain ini kuat dan lebih awet jika dibandingkan dengan jenis bahan katun yang biasa.
• Bahan spandek cenderung lebih ketat dan bahan kainnya agak panas apabila prosentase polyurethane tinggi.
• Bahan spandek nyaman saat digunakan.
• Bahan spandek juga memiliki sifat elastis yang tinggi.
• Bahan spandek tidak membatasi ruang gerak bagi yang memakainya.
• Bahan spandek juga mempu mempertahankan ukuran aslinya, sehingga kain ini jika direnggangkan maka kain sapandek ini tidak akan cepat rusak.
• Bahan akan menempel pada tubuh, sehingga jika dikenakan akan menampilkan bentuk tubuh pemakainya.

Kelebihan Kain Spandek

Kain Spandek

Kain Spandek

Kain spandek sama seperti bahan kain lain yaitu memiliki kelebihan. Bahan kain ini juga sering digunakan di industri konveksi untuk membuat pakaian. Secara garis besar, berikiut ini beberapa kelebihan bahan spandek.

• Kain spandek terdiri dari beberapa varian

Sebelum akhirnya tercipta menjadi sebuah kain. Bahan spandek ini dikombinasikan dengan berbagai bahan lain terlebih dahulu untuk memberikan hasil akhir berupa kain dengan beberapa varian dan karakteristik tertentu. Kehadiran varian pada bahan spandek membuat para konsumen memiliki pilihan untuk memilih jenis kain spandek mana yang Anda inginkan.

Ada 9 jenis varian bahan campuran kain ini yang ada di pasaran, antara lain: bahan nilon spandek, spandek korea, spandek jersey spandek denim, dan bahan katun spandek. Masing- masing varian spandek tersebut memiliki cicri-ciri dan kelebihan tersendiri. Sehingga jika Anda ingin memiliki salah satu pakaian dengan bahan spandek atau beberapa diantaranya sekaligus.

Maka Anda harus mengenali masing- masing karakter dari jenis kain tersebut. Karena masing- masing jenis kain memiliki karakter masing- masing.

• Kain spandek tidak membatasi gerakan karena memiliki bahan yang ringan.

Bahan spandek memang ringan saat di pakai karena sifatnya yang dapat merenggang. Maka bahan spandek tidak akan membatasi gerakan untuk pemakainya. Karena bahan kainnya yang ringan, jenis kain ini sering digunakan untuk membuat pakaian olahraga serta pakaian dansa. Bahan spandek juga dapat dijadikan sebagai pengerat pinggang atau jenis kostum lainnya.

• Kain spandek mudah kembali ke ukuran semula

Bahan spandek memang terkenal dari sifat elastisnya, bahan ini dapat merenggang hingga ukurannya 5 kali lebih besar dari ukuran aslinya. Namun Anda juga tidak boleh serta merta untuk merusakkan kain tersebut.

• Kain spandek tidak mudah berkerut

Kain satu ini jika dicuci menggunakan tangan, maka bahannya tidak akan mudah berkerut . Kelebihan lain dari bahan spandek adalah tidak merepotkan pemiliknya karena jenis kainnya yang sangat simple. Setelah Anda mencuci pakaian dengan bahan spandek, maka Anda langsung dapat menympannya Anda tidak harus meyetrika.

• Memiliki bahan yang elastis

Nah, ini yang membuat banyak orang menyukai jenis kain ini Karena sifatnya yang elastis. Pakaian dengan bahan spandek makan tidak akan membatasi gerakan yang memakainya. Jadi selain bahan ini lembut, kain ini juga memiliki daya elastisitas yang tinggi karena dapat mengikuti bentuk tubuh.

• Tahan

Ketahanan pada bahan spandek yang dimaksudkan disini adalah tahan terhadap asam dan akali, termasuk juga keringat, air laut serta suntan lotion (sejenis lotion yang berguna untuk menggelapkan kulit).Selain itu, bahan spandek juga memiliki ketahanan warna yang lebih tahan, sehingga warna kain tidak cepat pudar.

Bahan spandek juga tahan terhadap sinar ultraviolet dan minyak dari kulit. Sehingga jika kain terpapar dengan ke dua bahan tersebut tidak akan cepat rusak.

Kekurangan Kain Spandek

Kain Spandek

Kain Spandek

Berbicara mengenai kelebihan bahan spandek, akan terasa lengkap jika kita tidak membahas kekurangannya juga. Adapun berikut ini beberapa kekurangan bahan spandek:

• Daya serap kain spandek kurang baik

Daya serap pada kain kurang baik, seperti sudah kita singgung di atas. Hal ini menyebabkan uap air atau keringat yang menenpel pada kain tidak dapat di transfer keluar. Namun hal itu juga tergantung dengan seberapa banyak material spandek yang digunakan.

• Menimbulkan bau tidak enak dan infeksi ragi

Bahan kain ini berpotensi menimbulkan bau yang tidak sedap serta infeksi ragi. Hal ini menjadi satu hal yang tidak menyenangkan, karena selain membuat kita tidak peraya diri juga dapat membuat yang memakainya merasa tidak nyaman.

• Serat kain spandek licin

Kebanyakan orang sudah mengetahui bahwa kain spandek memiliki sifat kain yang licin. Licinya kain spandek dapat membahayakan pemakainya. Karena jika dipakai pada permukaan tertentu atau sedang menggunakan peralatan jika tidak hati- hati maka dapat terjatuh.

• Kain spandek sensitif terhadap panas

Perlu Anda ketahui bahwa kain spandek merupakan salah satu jenis kain yang sensitif terhadap panas. Jadi apabila Anda mencucinya menggunakan air panas, megeringkan dengan mesin pengering kemudian menyetrikannya maka akan merusak serat ain spandek tersebut.

Supaya pakain Anda yang berbahan spandek awet, maka harus melakukan perawatan yang benar. Salah satunya yaitu, hindari mencuci kain berbahan spandek dengan menggunakan air panas.

• Kain spandek kurang cocok untuk pakaian olahraga

Nah, inilah kekurangan yang sudah banyak diketahui orang. Jadi bahan spandek ini memang kurang cocok untuk pakaian olahraga karena bahan kainnya kurang menyerap keringat.

Tekstur Kain Spandek

Kain Spandek

Kain Spandek

Tekstur bahan spandek ini adalah lembut dan halus. Tidak hernlah jika banyak orang menyukai tekstur kain . Selain itu, setelah kita melihat banyak kelebihan kain spandek di atas, tampaknya memiliki keawetan dan ketahanan yang tinggi, terkecuali terhadap panas.

Jadi, jika Anda ingin tekstur kain yang halus dan lembut. Maka Anda harus melakukan perawatan pakaian dengan bahan spandek dengan cara yang benar, agar pakaian tersebut bisa tahan lama dan tidak cepat rusak.

Jenis Jenis Kain Spandek

Kain Spandek

Kain Spandek

Sebeleum dijadikan kain, bahan spandek spandek dikombinasikan terlebih dahulu dengan bahan lain sehingga menjadi bahan kain yang memiliki karakteristik dan tipe tertentu yang di butuhkan oleh konsumen.

Dipasaran ada beberapa jenis kain spandek yang di jual antara lain, kain nylon spandek, kain cotton spandek (bahan katun spandek),kain rayon spandek, kain polyester spandek, kain stretch denim, spandek korea, spandek semi rayon. Berikut ini penjelasan tentang jenis- jenis kain tersebut,agar Anda tidak bingung saat memilih bahan yang ingin Anda miliki.

• Kain Nylon Spandek

Kain nylon spandek baisanya digunakan untuk membuat pakaian seragam sekolah, baju olahraga untuk atlet sepek bola, atribut olahraga seperti baju renang dan baju olahraga lainnya. Hal itu dikarenakan bahan ini sangat ringan, elastis, lembut dan nyaman di pakai sehingga hampir tidak mengganggu orang yang mengenakan pakaian tersebut.

Selain itu kain nylon ini juga digunakan untuk membuat busana- busana wanita yang ketat seperti bra, baju, celana, tank top, dan busana wanita lainnya.

• Kain cotton Spandex ( bahan katun spandek)

Bahan katun spandek di buat untuk mengkombinasikan antara kelebihan yang terdapat dari serat katun dan serat sintetis elastane. Sehingga meghasilkan sifat kain yang lembut sesuai dengan sifat katun tersebut.

Selain itu, kain katun spandek memiliki tingkat keelastisan yang tinggi, daya tahan yang tinggi dan flesibilitas yang di dapat dari kelebian kain spandek. Cotton atau kapas merupakan salah satu serat alami yang diperoleh lansung dari alam. Sedangkan serat spandek adalah serat buatan manusia atau sering disebut juga serat sintetis.

Bersama- sama dengan para podusen bahan kain ini menciptakan sebuah produk hybrid yang mudah dibersihkan dan nyaman dipakai. Akan tetapi selain kelebihan kain katun spandek, kain tersebut juga memiliki kekurangan apabila prosentase serat kain spandek diperbanyak, maka kain katun spandek tersebut akan memiliki sifat low breathable.

Hal itu terjadi karena kurangnya penyaluran uap air dan udara. Dengan seperti itu akan mengurangi rasa kenyamanan untuk pemakainya. Bahan katu spandek ini sedigunakan untuk membuat pakaian wanita seperti tank top, pakaian yoga, T-Shirt dan celana legging.

• Kain Spadek Denim

Untuk jenis kain yang satu ini memang sudah sangat familiar di masyarakat. Strech denim atau banyak orang menyebutnya adalah jeans stretch. Sebenarnya nama merknya bukan jeans, namun tetap saja orang menyebutnya jeans.

Kain spandek denim merupakan kain yang terbuat dari perpaduan bahan denim dengan serat spandek dan akhirnya menghasilkan sebuah bahan yang terlihat denim tapi bersifat elastis. Kain ini biasanya disebut dengan nama jeans stretch karena sifat bahannya yang elastis, kain ini biasanya digunakan untuk celana legging.

• Kain spandek polyester

Kain spandek polyester merupakan salah satu jenis kain yang di buat dari bahan dasar polyester (PE) yang dipadukan dengan serat spandek. Bentuk sekilas mirip kain kaos atau katun tetapi bahannya lebih tipis.

• Kain Spandek Jersey

Kain spandek jersey merupakan salah satu jenis kain yang dibuat dari campuran bahan serat spandek dengan bahan jersey. Perpaduan bahan spandek yang memiliki tingkat kelenturan yang tinggi, serat rayon yang menyerap panas, serta benang yang terdiri dari serat bamboo ringan, membuat kain spandek rayon jersey ini sangat cocok digunakan untuk membuat pakaian sehari- hari.

• Kain Spandek Korea

Spandek korea sering disebut juga spandek ITY (Interlocked Twisted Yarn). Pada dasarmya kain ini memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan jersey. Keduanya sama- sama elastis, lembut, halus, mengkilap dan sifat bahannya jatuh. Dilihat dari segi bobotnya kain spandek korea ini terbilang lebih berat dibanding spandek jersey atau spandek rayon.

• Kain Spandek Semi Rayon

Spandek semi rayon ini pada dasarnya memiliki karakteristik sama persis seperti kain spandek rayon, yang membedakan adalah jumlah campuran spandeknya sedikit lebih banyak sehingga kain dapat merenggang lebih panjang dibanding dengan spandek rayon super.

permukaan kain spandek semi rayon cenderung lebih lembut, halus, dingin, nyaman dan bersifat menyerap keringat seperti halnya kain spandek rayon.

• Spandek Rayon Super

Spandek rayon super merupakan salah satu jenis kain yang diperoleh dari kombinasi benang rayon dengan campuran bahan spandek.Tekstur kain ini menyerupai pada permukaan katun. Akan tetapi kain ini cenderung lebih halus dan dapat merenggang karena memiliki campuran spandek di dalamnya.

Kegunaan Kain Spandek

Kain Spandek

Kain Spandek

Untuk bisa menjadi sebuah kain dan digunakan untuk industri pakaian, baianya kain spandek dipintal sehingga menjadi benang dengan cara dikombinasikan dengan bahan serat lainnya. Misalnya serat nilon, kapas, polyester, rayon dan lain- lain. Untuk mendapatkan warna yang di kehendaki, maka kain tersebut dicelup dengan pewarna tersebut.

Nah, saat ini penggunaan kain spandek cukup luas cakupannya. Terutama digunakan untuk pakaian- pakaian yang memerlukan stretch yang tinggi. Berikut ini beberapa penggunaan bahan spandek yang sering kita temui sehari- hari:

• Berbagai macam jenis pakaian olahraga
• Bra straps
• Sabuk ikat pinggang
• Sarung tangan
• legging
• Celana jeans stretch dan masih banyak jenis pakaian yang lainnya

Di Indonesia sendiri penggunaan kain campuran spandek banyak digunakan untuk pembuatan baju- baju muslim termasuk hijab. Orang menyukai jenis kain ini karena karakter kainnya yang lembut dan halus.

Tips Merawat Kain Pakaian Spandek agar Tidak Mudah Melar

Kain Spandek

Kain Spandek

Dunia fashion semakin hari menjadi semakin berkembang. Ini juga berlaku untuk jenis kain bahan pakaian. Salah satunya yaitu pakaian dengan bahan spandek saat ini menjadi popular dan sangat diminati masyarakat. Karena jenis bahan kainnya yang halus, lembut dan nyaman ketika di pakai. Jadi tidak heran jika kain spandek kini banyak diincar oleh orang.

Sayangnya bahan kain spandek akan melar jika kita tidak tahu cara perawatannya yang benar. Dalam artikel ini, kami hadirkan beberapa tips merawat pakaian dengan bahan spandek, agar pakaian Anda awet dan tidak cepat melar.

• Saat mencuci pakaian dengan bahan spandek, sebaiknya tidak merendam terlalu lama. Rendam selama kurang lebih 20 menit. Karena merendam kain yang terlalu lama akan membuat warna kain menjadi cepat pudar.
• Pisahkan pakain berwarna putih, warna terang dan juga warna gelap.
• Pisahkan juga jenis pakain yang paling kotor dengan pakaian lainnya. Jika tidak, maka kotoran kain akan menyebar ke kain yang lainnya.
• Hindari juga menyikat jenis pakaian spandek, karena dapat merusak serat kain dan kain akan menjadi cepat molor. Saat mencuci pakaian spandek, sebaiknya di kucek secara pelan- pelan saja.
• Gunakan pelembut atau pewangi pakaian, in akan menjaga pakaian dengan bahan spandek akan tetap lembut dan wangi.
• Hindari menggunakan mesin pengering yang ada dalam mesin cuci.
• Saat menjemur, sebaiknya menggantung pakaian spandek dengan posisi yang benar agar warnanya tidak pudar.
• Hindari menjemur menggunakan hanger, karena dapat menyebabkan kain menjadi cepat melar.
• Saat menyetrika juga harus hati- hati, sebaiknya menggunakan suhu yang sedang saja dan jangan terlalu panas.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Kain Spandek

Leave a Reply