KAIN SCUBA : Kelebihan, Kekurangan, Karakteristik, Jenis, Tekstur

Kain Scuba – Kain scuba adalah salah satu jenis yang memiliki serat kain yang lembut dan halus. Kain ini dikenal juga dengan istilah nama neoprene. Kain scuba memiliki tingkat ketebalan yang lumayan tebal sekitar1-3 mm, namun ketebalan kain tersebut juga tergantung dari produksi pabrik. Namun bahan kain scuba juga memiliki kerenggangan elastisitas yang tinggi, sekitar 40% tingkat perenggangannya.

Selain itu, kain scuba juga memiliki daya tahan terhadap air karena kain ini memiliki elastisitas yang sangat fleksibel. Banyak para desainer menggunakan bahan ini untuk memenuhi kebutuhan fashion. Bahkan para artis pun banyak yang memakai pakaian dengan bahan scuba, karena bahan ini sangat adem. Dengan memakai pakaian dengan bahan scuba, maka akan terlihat lebih cantik dan modis.

Karakteristik Kain Scuba

Kain Scuba

Kain Scuba

Kain scuba memiliki karakteristik yang cukup tebal, bahan kain tidak tembus pandang dan sifat kainnya tidak terlalu jatuh. Karena jenis bahan kainnya yang tebal, kain ini juga dibuat untuk membuat sarung tangan untuk memasak, strap kamera, tas komputer, ledgging, dress, rok, baju, dan blouse wanita, salah satunya yaitu jenis blouse model peplum.

Selain kain ini terkenal karena daya recovery dan daya elastisitas yang cukup baik. Kain scuba ini juga masih memiliki keunggulan yang lain yaitu bahan kainnya cepat kering, tekstur kainnya halus, tahan terhadap noda dan terasa empuk (spoingy) dan masih banyak lagi.

Sifat khusus kain scuba lebih kuat sehingga kain ini tidak mudah sobek. Selain itu, kain scuba juga tahan terhadap cuaca ekstrim. Kain scuba yang dilaminasi oleh bahan kain lainnya dapat digunakan untuk salah satu produk medis termasuk kawart gigi neoprene.

Tidak heran juga jika kain scuba dalam beberapa tahun belakangan ini menjelma menjadi salah satu produk kain yang sangat yang popular untuk dikenakan dalam dunia industrifashion, terutama digunakan sebagai bahan pakaian olahraga seperti pakaian senam, pakaian renang dan juga pakaian untuk selam sekalipun.

Mengenal Lebih Jauh tentang Kain Scuba

Kain Scuba

Kain Scuba

Kain scuba adalah salah satu jenis bahan tekstil yang sedang ngehitsdalam dunia fashion. Kain scuba (scuba knit atau sering disebut kain rajut scuba), bahkan ada yang menyebutnya dengan panggilan neoprene atau ponte. Ketiga nama tersebut sering menjadi rancu karena memang terdapat banyak kemiripan.

Scuba knit yaitu dirancang sebagai pakaian olahraga. Kain tersebut berupa kain rajut ganda yaitu kain yang dirajut menggunakan mesin rajut datar dan pada saat proses pembuatan, mesin ini bekerja membentuk rajutan dua lapis yang disatukan. Oleh karena itu kain scuba memiliki karakteristik yang tebal tetapi empuk (soft).

Dibandingkan dengan jenis kain rajut satu layer, maka kain scuba memiliki kualitas yang lebih baik dan tingkat elastisitasnya lebih terkontrol. Kain ini memiliki kemampuan melar secara vertikal maupun horizontal rata- rata 40% dan lebar mencapai 58 inches. Selain itu, kain scuba juga terbuat dari bahan polyester 90% dan spandek 10%.

Bahan kain scuba berupa benang filamen halus yang dirajut secara padat sehingga membentuk kain rajut yang halus dan lembut. Ketebalan kain scuba mencapai hingga 1-3 mm, Jika ada jenis kain ini yang lebih tebal  yaitu neuprane (Memiliki lapisan dalam dari busa neuprnabe). Kain neuprane adalah foam (busa) dari karet sintetik yang terbuat dari bahan polychloroprene.

Proses pembuatan kain tersebut yaitu dengan cara pemanasan dan pengepresan. Dengan begitu kain ini lebih tepatnya disebut bahan non woven fabric. Sedangkan neoprene biasanya diproduksi secara sandwich (seperti bread jem bread), yaitu dibuat untuk lapisan bahan scuba knit. Ketebalan busa pada kain neoprene terdiri dari 2mm, 3mm, 4mm dan 5mm.

Sedangkan ponte adalah sebuah kain rajut ganda yang sangat mirip dengan kain scuba. Tetapi kain ini terbuat dari serat flamen yang lebih tebal. Biasanya kain ini terbuat dari kain polyester yang dikombinasikan dengan bahan rayon dan spandek (licra).

Secara keseluruhan, kain scuba neoprene biasanya digunakan untuk membuat pakaian selam, mulai sejak tahun 1950 an. Belakangan ini para fashion designer memanfaatkan kain ini untuk menambahkan pakaian yang membutuhkan tampilan dengan efek- efek khusus.

Gamis Murah Kain Scuba

Kain Scuba

Kain Scuba

Baju muslim terbaru yang saat ini sedang populer dan sangat dicari oleh pembeli adalah baju gamis dari bahan scuba. Baju gamis ini memiliki berbagai macam model, mulai dari model polos ataupun motif. Modelnya yang sangat kekinian, sehingga banyak orang yang menyukai pakaian ini. Selain itu, banyak orang yang menyukai gamis tersebut karena bahannya yang halus dan lembut.

Ada banyak motif yang indah dan bagus pada gamis yang terbuat dari bahan scuba tersebut, dengan motif yang sangat berkesan maka akan membuat penampilan Anda semakin sempurna. Sifat dari kain scuba ini adalah memiliki bahan yang tebal, sedikit melar tetapi tidak menerawang. Teksturnya juga hampir menyerupai kain katun, sehingga sama-sama mampu menyerap keringat dengan baik.

Sehingga jika Anda memutuskan untuk mengenakan baju gamis, yang terbuat dari bahan scuba Anda bisa mengenakannya untuk kegiatan sehari-hari walaupun Anda sedang dalam aktivitas tinggi. Material bahan scuba ini memang sedang trend di dunia fashion, tak heran jika kain ini digunakan dalam pembuatan baju gamis dengan beragam model, corak,dan motif.

Pemanfaatan Kain Scuba Dalam kehidupan Sehari-Hari

Kain Scuba

Kain Scuba

Seperti yang kita ketahui bahwa kain scuba ini sering juga disebut dengan kain neoprene, yang di mana kain ini dibuat dari bahan poly sintetis yang bukan hanya lembut tapi juga berserat halus. Sama halnya dengan jenis kain kebanyakan, kain scuba ini biasa digunakan dalam berbagai jenis dan model pakaian. Kain ini tersedia dalam berbagai variasi dan tingkatan, diantaranya yaitu :

  1. Bahan sbr yang termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki ketahanan abrasi yang baik dan juga stabilitas yang cukup baik.
  2. Bahan super sbr yaitu bahan yang memiliki sifat yang super elastis yang mendekati bahan cr.
  3. Bahan sbr biasanya termasuk jenis bahan yang ramah lingkungan, dan biasa digunakan sebagai bahan standar pada pembuatan baju bayi dan anak-anak di beberapa negara maju. Seperti halnya bahan super sbr, bahan ini juga sangat elastis dan hampir menyerupai bahan cr.
  4. Bahan scr dikasifikasikan ke dalam seri kain scuba yang diperoleh dari penggabungan antara sbr dan cr. Produk yang dihasilkan dari bahan tersebut dapat digunakan ke dalam berbagai aplikasi.
  5. Untuk bahan cr biasanya memiliki sifat dan karakteristik seperti jenis kain yang cenderung lembut, tahan air, kedap udara, tahan terhadap air laut, bahan-bahan kimia, dan juga api.

Karena sifat utama dari kain scuba ini tidak mudah sobek dan tahan terhadap suhu ekstrim, maka sangat mungkin jika kain ini dilaminasi dengan berbagai kain lainnya. Sehingga dapat digunakan untuk salah satu pembuatan produk medis, seperti kawat gigi neoprene. Karakteristik utama dari kain scuba diantaranya yaitu :

  1. Bahannya tebal dan sangat elastis.
  2. Sedikit panas saat dikenakan tetapi masih mampu menyerap keringat.
  3. Tekstur kainnya sangat halus dan lembut.
  4. Kain ini termasuk jenis kain yang tidak mudah kusut.

Jenis Jenis Kain yang Umum Digunakan Sebagai Bahan Pakaian

Kain Scuba

Kain Scuba

1. Katun

Kain dengan bahan katun adalah jenis kain yang paling familiar, karena menjadi kain yang paling banyak banyak digunakan karena bahannya yang adem dan mudah menyerap keringat. Kain katun berdaya serat kapas, dan memiliki permukaan yang sangat halus.

2. Polyester

Bahan kain yang satu ini terbilang panas dan juga tidak menyerap keringat, seperti bahan katun. Karena terbuat dari serat sintetis yang dipadukan dengan biji pelastik. Walaupun bahannya panas, tapi polyester tidak akan mudah kusut dan tidak melar walaupun sering dicuci.

3. Linen

Kain linen hampir mirip dengan kain katun tetapi dengan serat yang lebih kuat. Bahan ini juga memiliki sifat yang lembut, dingin, dan mampu menyerap keringat juga sama seperti kain katun.

4. Wool

Salah satu jenis kain yang memiliki kesan mewah adalah kain wool, karena karakteristik dari bahan kain ini adalah tebal dan mampu menyerap air. Namun sayangnya jika dicuci dengan cara yang salah bahan ini bisa mudah menyusut.

5. Sutra

Kain yang sering disebut dengan kain silk ini, terbuat dari kepompong ulat sutra. Kain ini juga mampu menyerap air, tapi sayangnya mudah sekali sobek. Sehingga penggunaan dan perawatannya harus sangat hati-hati.

5. Scuba

Kain scuba merupakan jenis kain yang memiliki serat yang halus dan lembut, kain ini sering juga disebut dengan kain neoprene. Keunggulan dari kain scuba adalah bahannya yang tebal yang bisa mencapai 1-3 mm lebih tebal dari kain yang biasanya. Kain ini juga tahan air, dan memiliki elastisitas yang fleksibel.

Daftar Harga Kain Scuba di Pasaran

Kain Scuba

Kain Scuba

  1. Kain scuba motif bunga : Rp.65.000,-
  2. Kain scuba motif untuk baju dress : Rp.60.000,-
  3. Kain scuba polos : Rp.45.000,-
  4. Kain scuba bahan (bisa dipakai untuk pembuatan rok) : Rp.65.000,-
  5. Kain scuba bubble skirt : Rp.38.000,-
  6. Blouse scuba dengan motif kotak : Rp.46.000,-
  7. Kain scuba motif untuk kulot panjang : Rp.72.000,-
  8. Baju gamis bahan kain scuba : Rp.185.000,-

Kain Scuba Juga Dijadikan Salah Satu Bisnis Seorang Artis

Kain Scuba

Kain Scuba

Material scuba ini sedang populer di dunia fashion, karena bahannya yang tebal, tidak menerawang, tapi sangat nyaman dipakai. Sehingga banyak orang yang memilih kain scuba untuk pembuatan baju atau celana yang sesuai dengan trend fashion terkini. Salah satu artis yang kini tengah sibuk dengan dunia perannya yaitu Silya Fully. Mendirikan bisnis fashion sesuai impiannya sejak lama.

Ia ingin mendirikan sebuah bisnis fashion yang berbeda, yang unik, tetapi masih termasuk pada trend fashion yang kekinian. Sehingga ia pun mengembangkan idenya menjadi lebih menarik dengan sebuah inovasi baru di dunia fashion. Ia mengaku bahwa ia mengusung material dan pola bahan yang berbeda, ia juga mengaku ia mampu bersaing dengan bisnis fashion lainnya karena bahannya lebih berkualitas.

Setiap busana rancangannya ini menggunakan material bahan kain scuba, karena menurutnya kain ini berkualitas baik untuk pembuatan berbagai jenis baju. Menurut Sylvia kain scuba ini bahannya tebal, mengikuti bentuk tubuh setiap orang yang memakainya, dan memiliki daya stretch yang tinggi. Apalagi bahannya termasuk yang adem, bahkan untuk yang berbadan besar masih masuk jika mengenakannya.

Ada banyak busana hasil rancangannya yang menggunakan material bahan kain scuba, diantaranya yaitu rok, jumpsuit, long dress, two pieces, celana kulot, atasan, bawahan, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang juga tertarik untuk berbisnis di dunia fashion, maka Anda bisa mengikuti jejak Sylvia Fully dengan menggunakan kain scuba sebagai material bahannya.

Model Baju yang Terbuat dari Kain Scuba

Kain Scuba

Kain Scuba

  1. Jumpsuit panjang kain scuba
  2. Baju gamis modern bahan scuba
  3. Atasan peplum bahan scuba
  4. Dress pendek kain scuba
  5. Longdress bahan scuba
  6. Baju pesta kain scuba
  7. Dress anak bahan scuba
  8. Blouse lengan pendek bahan scuba
  9. Baju setelan bahan scuba
  10. Baju gamis jumpsuit bahan scuba
  11. Baju model duyung kain scuba
  12. Longdress Sabrina bahan scuba
  13. Celana wanita bahan scuba

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Kain Scuba

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply