KAIN BROKAT : Kelebihan, Kekurangan, Karakteristik, Jenis

KAIN BROKAT : Kelebihan, Kekurangan, Karakteristik, Jenis

Kain Brokat – Saat ini kebaya adalah salah satu pakain yang lumrah dalam masyarakat Indonesia. Kebaya bukan hanya identik dengan orang tua saja, selaim itu kebaya juga kerap dipakai oleh orang-orang dari generasi yang lebih muda. Saat ini jenis kebaya dari yang dinilai rumit atau tidak simpel menjadi sesuatu yang etnik, unik serta elegan sehingga bisa menarik. Bahan yang digunakan untuk membuat kebaya yaitu biasanya menggunakan bahan kain brokat.

Bahan satu ini memiliki motif motif yang cantik serta Semakin menjadi cantik manakah dimodif menjadi beberapa model kebaya trendy. Adapun ulasan lebih lengkap mengenai cara membuat kain brokat untuk kebaya yang bagus yuk simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Kain Brokat?

Kain Brokat
Kain Brokat

Pertama sebelum membahas lebih lanjut mengenai brokat, mari kita bahas terlebih dahulu terkait dengan apa sih sebenarnya kain brokat itu? Kain brokat, ternyata bukanlah bahan renda, bukan juga bahan embroidery atau jenis kain lainnya. Bahan jenis ini adalah jenis kain yang kaya akan dekorasi. Selain itu, juga kerap dibuat dengan menggunakan sutra berwarna. Baik dengan atau tanpa benang emas dan perak.

Brukat atau brokat, berasal dari kata yang sama dari kata brokoli. Yaitu sebuah kata Italia brocato yang berarti kain yang disulam. Sumber lain mengatakan jika brokat berasal dari bahasa lain brocarre yang memiliki arti menusuk atau bahan yang ditusuk. Dengan adanya hal tersebut menunjukkan jika bahan kain brokat ini bisa disamakan dengan Neddle work.

Dengan demikian, maka teknik menenun kain satu ini juga sering disebut dengan tenun sulam. Brokat menghadirkan pola yang rumit seperti bunga-bunga, tanaman serta beberapa unsur alam lainnya. Brokat juga kerap menjadi pelapis bahan utama dalam busana. Tektur dari bahan satu ini keras serta gatal manakala tersentuh kulit. Oleh karenanya, maka harus ada bahan pelapis pada bagian dalam brokat agar bisa memberi kesan nyaman bagi pemakainya.

Sudah berabad-abad, bahan satu ini menjadi pilihan tepat digunakan untuk busana formal, terlebih di Indonesia digunakan sebagai bahan untuk busana kebaya. Bahann satu ini juga menjadi pilihan populer, ketika membuat busana pengantin khususnya untuk desain mewah kas Victoria.

Pada dasarnya, jenis kain ini sangat ideal manakala digunakan oleh pemakainya menginginkan busana yang elegan serta Sophiciated. Sehingga mampu menarik perhatian bagi pemakainya. Sekarang ini, jenis kain brokat banyak dipakai oleh negara-negara Asia untuk acara adat, pesta hingga pernikahan. Nanya pun juga sangat pesat.

Selain itu, hadir banyak sekali beragam ide serta kreativitas dari para desainer dalam membuat atau mengaplikasikan brokat. Bahan brokat mempengaruhi kebaya serta batik yang saat ini mudah ditemukan dengan beragam corak yang cukup indah dan menawan.

Jenis Kain Brokat yang Ada di Indonesia

Kain Brokat
Kain Brokat

1. Brokat semi Prancis

Jenis kain ini bisa dibilang sedang booming dan menjadi produk yang paling disukai oleh para pecinta kebaya. Bagaimana tidak, bahan satu ini biasanya dijual dan kebanyakan memang merupakan produk lokal. Bahan semi Prancis ini dijual dalam bentuk panel atau potongan pabrik. Rata-rata ukurannya sekitar 250 x tiga 145 cm, kemudian terkait dengan harganya juga sangat bervariasi.

Untuk harganya, dijual mulai dari Rp100.000 hingga Rp200.000. Kemudian untuk ukuran 300 x 150 cm, kebanyakan merupakan produk ekspor. Tekstur kainnya halus, tidak ngaret dan tidak begitu timbul. Perlu untuk dipahami oleh konsumen, bahwa semi Prancis ini beredar di pasaran baik di toko ataupun toko online.

Juga ada yang grade B, sehingga harganya lebih murah yaitu sekitar 100000 hingga Rp140.000. Untuk itu, nya ada berhati-hati manakala berbelanja jenis bahan satu ini. Pastikan produk yang Anda beli merupakan produk bagus tanpa cacat.

2. Jenis brokat prada

Brokat jenis ini merupakan jenis brokat yang mahal. Sebenarnya yang sering anda temukan di toko-toko merupakan jenis semi Prada atau semi chemical. Mengingat yang asli memang sangat mahal. Namun Jangan sedih jenis ini kebanyakan dijual di toko juga memiliki kualitas yang bagus. Jenis Prada memiliki tekstur sangat timbul, serta berat.

Memang bervariasi harganya mulai dari 1 tone, 2 tone hingga 3 tone. Terkait dengan harganya setiap 1,4 m di banderol dengan harga Rp120.000. Ketika membelinya, pastikan jenis kainnya kata tidak. Kain yang tidak memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan yang tidak berkilap.

3. Brokat corneli

Jenis kain satu ini merupakan jenis brokat dengan tile yang sangat cantik manakala digunakan untuk kebaya. Hadir dengan tekstur yang timbul maka membedakan antara 1 dolar dengan brokat lainnya. Terdapat benang yang timbul pada pinggiran motif kain. Benang tersebut disebut dengan chord sehingga namanya adalah berkat corneli. Untuk jenis yang bagus harganya berkisar Rp90.000 untuk setiap meter.

Adapun untuk yang paling murah sekitar Rp50.000 setiap meternya. Akan tetapi banyak yang berjenis kasar serta kebanyakan tidak nyaman manakala digunakan. Kain ini memiliki tektur atau bolong-bolong kecil pada kain brokat itu sendiri. Terkait dengan beratnya, jenis ini bisa terbilang berat, kemudian memiliki bordiran yang rapat rapat serta kecil-kecil. Akan tetapi, kainnya akan tetap nyaman manakala digunakan.

4. Brokat jackquardtronic

Jenis kain ini merupakan jenis kain brokat seperti pada umumnya. Biasanya kain jenis ini digunakan untuk bahan kain kebaya. Terkait dengan bentuknya, juga tidak jauh berbeda manakala dibandingkan dengan semi Perancis. Terkadang, kainnya lebih halus serta lebih tebal jika dibandingkan dengan semi Prancis. Terkait dengan lebarnya, yang bervariasi yaitu mulai dari 1,1 meter hingga 1,4 meter. Kebanyakan jenis kain brokat ini dijual dalam bentuk word atau meter.

5. Brokat Suppert

Brokat yang satu ini merupakan jenis kain brokat yang strech atau melar. Kemudian memiliki motif timbul serta kayaknya sangat nyaman manakala digunakan. Jenis brokat ini ternyata juga ada versi KW nya. Untuk versi Kwnya yaitu tidak melar tak tidak terlalu timbul, terkadang juga kasar manakala dipegang. Jenis kain brokat ini banyak dijumpai di kebaya orang Bali.

6. Brokat lainnya

Jenis terakhir yaitu jenis kain brokat lainnya. Tentu masih banyak sekali jenis yang terkenal di Indonesia seperti brokat biasa yang memiliki harga mencapai Rp15.000 hingga Rp30.000 untuk setiap meternya. Selain itu, juga ada kain brokat cord yang memiliki harga sekitar Rp40.000 hingga Rp60.000.

Jenis Kain Brokat yang Bisa Digunakan untuk Mempercantik Wisuda

Wisuda adalah salah satu momen penting bagi sebagian orang. Kehadiran momen ini banyak ditunggu-tunggu, sehingga menjadikan setiap orang yang tampil wisuda ingin tampil menarik. Di Indonesia sendiri, kebanyakan calon wisudawati nya hadir dengan outfit kebaya.

Beragam warna serta motif dapat dipilih sesuai dengan mood dan kepribadian anda. Untuk anda bisa menggunakan kain brokat sebagai luaran serta sabun sebagai dalamannya. Yuk langsung saja inti beberapa jenis brokat wisuda berikut ini.

1. Brokat Prada

Adapun jenis Prada adalah jenis kain yang paling mahal jika dibandingkan jenis kain brokat lainnya. Kain jenis brokat ini memiliki tekstur yang timbul serta tegas yang memang bisa memberikan kesan mewah di dalam setiap kebaya. Brokat Prada kerap kita jumpa di toko-toko atau kain dengan kualitas semi Prada.

Terkait dengan beratnya, kain satu ini bisa mencapai 500 gram. Kemudian untuk warnanya, dalam satu jenis kain brokat Prada dapat mengandung 1 hingga 3 warna.

2. Brokat tile

Jenis kain brokat ini adalah perpaduan antara bahan brokat serta tile. Bahan ini memiliki tekstur yang tipis sehingga membuat brokat jenis ini sangatlah ringan. Meskipun ringan, ternyata kayak jenis ini cukup kuat serta tahan lama.

Ketika membuat kebaya. Jenis kain satu ini biasanya menjadi dasar, kemudian ditambahkan beberapa kecil kain brokat jenis lain untuk memperkuat motifnya. Terkait dengan harganya, kain brokat jenis tile memiliki harga yang cukup terjangkau serta memiliki motif bunga yang sangat beragam.

3. Brokat corneli

Jenis kain brokat ini miliki unsur nilai di dalamnya. Nama corneli sendiri berawal dari benang cord yang selalu ada di setiap motif ujung kain tersebut. Meskipun hadir dengan brokat yang timbul, ternyata jenis kain ini tetap terasa halus serta lentur. Jenis kain brokat ini merupakan jenis kain yang banyak diminati karena memiliki harga yang cukup terjangkau serta nyaman manakala digunakan.

4. Brokat tile 3D

Jenis kain brokat yang bisa anda gunakan ketika wisuda yaitu jenis kain brokat tile 3D. Pada dasarnya brokat jenis ini memiliki bahan yang sama dengan brokat tile biasa Akan tetapi, yang membedakan yaitu terdapat penambahan bentuk bunga secara 3 dimensi yang sesuai dengan motif di setiap kainnya. Ketika menggunakan kain brokat jenis ini, anda sudah akan tampil cantik dan menarik meskipun tidak ada penambahan payet atau permata kebaya.

Tips Ketika Memilih Kain Brokat

Kain Brokat
Kain Brokat

Di pasaran terdapat beberapa jenis kain brokat. Mulai dari yang harga mahal hingga yang sangat murah. Semua ke tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Untuk itu pastikan Anda memilih kain brokat yang sesuai dengan keadaan Anda. Misalnya Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki ataupun dengan model yang Anda sukai.

1. Memilih jenis brokat Prancis

Brokat Prancis merupakan jenis bahan yang memiliki kualitas yang bagus jika dibandingkan jenis brokat lainnya. Dengan adanya hal tersebut, maka tidak heran jika harganya sangat mahal. Adapun karakteristik dari bahan brokat Prancis yaitu memiliki bahan yang lembut, tidak gatal panas serta sangat menawan ketika digunakan.

2. Memilih jenis brokat semi Perancis

Tips ketika memilih kain brokat untuk menjadikan kebaya brokat yaitu mengetahui jenis kain. Jenis kain brokat selanjutnya yaitu brokat semi Prancis yang memiliki kualitas yang hampir sama dengan brokat Prancis. Yang membedakan, jenis brokat ini lebih kaku manakala dibandingkan dengan brokat Prancis yang asli.

Akan tetapi, meskipun kaku beberapa desainer lebih menyukai, dikarenakan hadir dengan tekstur bahan yang kuat sehingga semakin mudah ketika dijahit. Biasanya ketika membeli bahan kain semi Perancis hitungannya tidak per meter, melainkan perpendek atau per potong baju, yaitu kurang lebih 2,5 m.

4. Memilih jenis brokat Prada

Brokat Prada adalah brokat yang cantik karena memiliki motif timbul yang sangat halus. Sehingga motifnya bisa dipotong sebagai aplikasi pada kebaya. Anda bisa memilih sesuai dengan selera Anda dan budget-nya Anda memiliki.

5. Jenis brokat Italy

Terdapat juga jenis brokat Italy yang memiliki ciri-ciri kain yang sebelumnya sudah di bordir atau diberi payet. Terkait dengan harganya, brokat satu ini harganya dibandrol sesuai dengan kerapatan motif yang dimiliki atau kesulitan dari model bordir bahkan payetnya. Ketika Anda membeli brokat jenis ini, maka sebaiknya Anda memilih payet yang direkatkan kuat. Hal itu supaya nantinya payetnya tidak mudah lepas ketika sudah dibuat sebagai baju.

6. Brokat biasa

Jenis brokat ini memiliki harga yang lebih murah. Adapun tips untuk memilih brokat ketika digunakan sebagai bridesmaid atau keluarga yang jauh yaitu bisa menggunakan brokat biasa. Terkait dengan kekurangannya yaitu motifnya terkadang kurang bagus serta warnanya tidak terlalu bervariasi. Namun lumayan manakala digunakan sebagai kebutuhan seragam berkeluarga.

Tingkat Kesulitan Menjahit Kain Brokat

Untuk itu, manakala Anda sudah mengetahui jenis brokat, maka kini saatnya anda memilih kain yang sesuai dengan kebutuhan anda. Kain brokat, hadir dengan Jenis yang berbeda tentu akan semakin berbeda pula tingkat kesulitan ketika menjahitnya.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan manakala menentukan jenis kain brokat ketika menjahit nya. Semakin bagus kualitasnya, tentu akan memiliki kemudahan menjahitnya atau semakin mudah menjahitnya.

Perlu diketahui juga jika kain brokat ini memiliki tekstur berpori serta relatif sangat tipis. Dengan demikian, sebaiknya Anda menghindari menggunakan kain dengan jenis gerigi. Hal ini berguna untuk membantu meminimalisir kerusakan pada kain brokat itu sendiri.

Jika terpaksa harus menggunakan, sebaiknya menggunakan kampuh balik yang akan bisa membantu pada bagian tertentu ketika sedang dijahit pada dasarnya, brokat ini memiliki tekstur yang tipis serta tidak tahan terhadap cuaca panas. Dengan demikian, sebaiknya Anda menghindari untuk menyetrika busana brokat.

Tips Merawat Kain Brokat

Setiap benda tentu perlu diberikan perawatan. Hal itu supaya benda tersebut bisa tahan lama. Sama halnya dengan sebuah kain, juga perlu diberikan perawatan. Memberikan perawatan yang tepat, akan menjadikan benda yang kita miliki akan bisa bertahan lebih lama. Langsung saja, berikut sudah kami rangkum beberapa tips merawat kain brokat.

1. Memperhatikan cara mencuci

Cara mencuci yang Anda lakukan ternyata memiliki dampak yang sangat besar terjadap kualitas kain Anda nantinya. kain yang dicuci dengan cara yang benar akan semakin awet dan terjaga. Sebaiknya Anda mencuci menggunakan tangan saja.

Hal tersebut sengaja dilakukan supaya bisa menjaga kain brokat tersebut. Mengingat, kain brokat ini biasanya memiliki banyak payet. Manakala dicuci dengan tidak benar, makapayetnya bisa saja rontok. Untuk itu, demi menghindari hal yang tidak diingininkan tersebutm sebaiknya Anda mencucinya dengan menggunakan tangan.

2. Memperhatikan cara menjemur

Setelah mencuci, maka tahap selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu cara menjemurnya. Sebaiknya Anda tidak menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Hal ini dilakukan demi menjaga warnanya. Supaya warnanya tidak luntur dan tetap awet.

Anda bisa menjemurnya dengan cara mengangin-anginkan kainnya. Dengan penjemuran ini, maka kain yang Anda miliki akan semakin awet dan terjaga.

3. Perhatikan penyetrikaan

Setelah dijemur, biasanya pakaian yang menggunakan bahan kain akan disetrika termasuk bahan brokat ini. Terkait dengan hal ini, sebaiknya Anda juga memperhatikan cara penyetrikaannya. Jangan menyetrika dengan suhu yang sangat panas. Hal itu untuk menghindari supaya kainnya tidak mudah melar.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Kain Brokat

Leave a Comment