KAIN BABYTERRY : Kelebihan, Kekurangan, Karakteristik, Jenis

KAIN BABYTERRY : Kelebihan, Kekurangan, Karakteristik, Jenis

Kain Babyterry – Jenis kain yang digunakan untuk membuat pakaian sangat beragam. Mulai dari yang paling tipis hingga yang paling tebal. Berbagai jenis tersebut tentunya terbuat dari bahan dasar yang berbeda sehingga memunculkan jenis serta kualitas yang berbeda pula.

Salah satu jenis kain yang banyak digunakan dalam membuat pakaian dan sebagainya adalah kain Babyterry. Jenis kain ini cukup banyak diminati karena kualitas dan kelebihan yang dimiliki. Berikut ini akan diulas mengenai kain Babyterry secara mendetail.

Pengertian Kain Babyterry

Kain Babyterry
Kain Babyterry

Babyterry adalah salah satu jenis kain yang terbuat dari bahan dasar serat kapas. Jenis kain ini umum digunakan untuk membuat pakaian hangat. Nama Babyterry juga dikenal dengan nama lain misalnya Baby Tray, Tray atau ada yang menyebutnya Terry saja.

Penyebutan nama Baby Terry sendiri awalnya adalah kaena mayoritas pakaian yang dibuat dari bahan ini adalah untuk anak-anak. Lebih khususnya adalah untuk kalangan bayi atau balita. Sebagaimana diketahui bersama bahwa bayi atau balita memiliki kulit yang cenderung sensitif. Sehingga, mereka tidak bisa mengenakan pakaian sembarangan karena bisa menyebabkan iritasi.

Tekstur yang dimiliki oleh jenis kain satu ini juga sangat lembut sehingga cocok untuk jenis kulit bayi. Dari sini akhirnya muncul yang namanya Babyterry. Karena teksturnya yang sangat nyaman dan juga lembut, akhirnya jenis kain ini tidak hanya diminati untuk pakaian bayi, namun juga orang dewasa. Sejak saat itu, banyak produk orang dewasa yang dibuat dari bahan dasar Babyterry.

Ciri Ciri Kain Babyterry

Kain Babyterry
Kain Babyterry

Kain Babyterry memiliki ciri khusus yang membedakan jenis kain ini dengan yang lain. Berikut ini adalah penjelasan mengenai ciri-ciri kain Babyterry yang perlu diketahui.

  1. Kain Babyterry mempuntai tekstur yang amat halus dan lembut. Akan tetapi, jenis kain satu ini tidak berbulu. Sekalipun terdapat bulu-bulu di dalamnya, itu adalah jenis bulu yang sangat halus. Tekstur yang halus dan lembut inilah yang menjadikan jenis kain ini semakin hangat saat digunakan.
  2. Ciri ciri dari kain Babyterry yang selanjutnya adalah ia ringan dan nyaman saat dipakai. Sekalipun bahannya agak tebal, namun jenis kain ini sangat ringan dikenakan. Berbeda dengan jenis kain tebal lainnya yang cenderung berat ketika dipakai.
  3. Daya serapnya tinggi juga menjadi ciri lain dari jenis kain Babyterry ini. Sekalipun kain ini memiliki daya serap yang tinggi, namun penggunanya tidak akan merasa gerah. Hal itu disebabkan karena bahan kain ini merupakan bahan pilihan yang bisa menyerap tanpa menimbulkan panas pada tubuh.
  4. Selain beberapa ciri-ciri yang telah disebutkan di atas, jenis kain Babyterry ini juga memberikan rasa hangat ketika dipakai. Sekalipun memberikan rasa hangat, ia tidak menimbulkan rasa gerah kepada pemakainya. Sehingga, meski digunakan di kawasan perkotaan tetap akan menjamin kenyamanan pemakai.
  5. Ciri yang selanjutnya dari kain Babyterry adalah memiliki kemampuan menahan suhu tubuh. Apabila digunakan di musim dingin, pengguna akan merasakan kehangatan dan tidak terasa dingin. Dan kemampuan menghangatkan tubuh ini sama sekali tidak menjadikan jenis kain Balotelly ini terasa berat.
  6. Kain jenis ini memiliki bentuk yang cukup tebal. Inilah yang memberikan kesan hangat tersendiri bagi para penggunanya. Sekalipun demikian, ada juga jenis kain Babyterry yang mirip seperti kaos. Jenis kain yang mirip seperti kaos ini tetap memberikan kesan hangat namun tidak sehangat yang paling tebal.
  7. Untuk bagian luarnya, bahan Babyterry ini tampak seperti sisi luar dari bahan jersey double knitted. Lebih mirip kepada rajutan ganda. Yang membedakan di antara keduanya adalah kalau jenis kain Babyterry memiliki tekstur yang lebih lentur jika dibandingkan dengan jersey double.
  8. Ciri selanjutnya dari kain Babyterry ini adalah bagian dalam dari kain sangat lembut layaknya selimut. Dengan adanya lapisan dalam yang demikian, maka tidak mengherankan jika produk kain Babyterry ini memberikan kehangatan yang ekstra.
  9. Rajutan yang terdapat pada bagian dalam bahan babyterry ini lebih terlihat sebagaimana bulatan-bulatan.
  10. Di bagian perut, jenis kain Babyterry memiliki rongga dengan ukuran kecil. Rongga tersebut bermanfaat untuk meningkatkan daya serap pada kain. Hal tersebut lebih disebabkan karena rongga kecil yang ada itu mampu memperluas permukaan bahan.

Tekstur Kain Babyterry

Kain Babyterry
Kain Babyterry

Bahan Babyterry ini memiliki tekstur yang sangat lembut. Hal ini dapat menghindarkan terjadinya iritasi pada kulit. Mayoritas jenis kain Babyterry memiliki tekstur yang sangat lembut karena memang mayoritas dari bahan dasar yang digunakan adalah jenis kapas.

Namun, tingkat kelembutan pada tekstur kain tersebut juga tergantung dari produsen itu sendiri. Di lapangan, ada produsen yang menggunakan 100% kadar bahan kapas. Namun, ada juga yang menggunakan serat kapas sejumlah 80%. Sedangkan untuk 20% lainnya menggunakan bahan lain seperti Polyterry.

Wujud tskstur lembut yang dimiliki oleh Babyterry ini menyebabkan bahan satu ini cocok untuk pembuatan handuk. Awal mulanya, jenis bahan satu ini memang hanya digunakan untuk membuat handuk. Disamping karena memiliki tekstur yang lembut, ia juga memiliki daya serap yang sangat tinggi. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, jenis kain Babyterry ini banyak digunakan untuk berbagai jenis produk.

Kelebihan Kain Babyterry

Kain Babyterry
Kain Babyterry

Kain Babyterry memiliki cukup banyak kelebihan di dalamnya. Hal itu disebabkan karena bahan ini terbuat dari bahan utama serat kapas. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kain Babyterry.

1. Memiliki Tekstur Lembut dan Halus

Tekstur yang lembut serta halus pada jenis kain Babyterry ini menjadikan banyak orang tertarik untuk memilih dan menyukai bahan ini. Dengan kelebihan yang demikian, jenis kain ini tidak hanya nyaman dikenakan oleh kalangan dewasa, namun juga anak-anak. Bahkan, dulu awalnya kain jenis ini dijadikan untuk membuat pakaian anak-anak. Dan karena itu nama depannya adalah baby.

2. Mampu Menyerap Keringat dengan Mudah

Selanjutnya, kain Babyterry memiliki kelebihan yang lain yakni kemampuan dalam menyerap keringat sangat mudah. Jenis kain ini sangat cocok untuk Anda yang kebetulan memiliki keringat berlebih. Jika dibiarkan, keringat berlebih tentu saja bisa menyebabkan bau badan. Jenis kain Babyterry ini sangat cocok karena rongga kecil pada kain ini mampu menyerap keringat.

3. Memberikan Efek Hangat Tanpa Membuat Merah

Kelebihan dari kain Babyterry yang selanjutnya adalah ia mampu menghangatkan badan. Sekalipun mampu menghangatkan badan secara maksimal, jenis kain ini tidak membuat kulit berwarna merah. Hal ini disebabkan karena bulu-bulu halus yang diletakkan di balik kain.

Bulu bulu halus tersebut nantinya akan membantu menahan dan menstabilkan suhu tubuh. dengan demikian, pemakaianya akan cenderung merasa hangat. Dan sekalipun mampu menghangatkan badan, jenis kain ini tidak akan membuat gerah. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengenakan jenis kain ini di semua cuaca, baik musim panas atau dingin.

4. Harga Relatif Terjangkau

Selain beberapa kelebihan yang telah disebutkan di atas, kelebihan lainnya adalah jenis kain satu ini mudah diperoleh. Entah itu secara online ataupun offline. Bahkan, jenis kain ini juga didukung dengan harganya yang sangat murah terjangkau. Menggunakan kain jenis ini memang menawarkan berbagai kemudahan di dalamnya.

Kekurangan Kain Babyterry

Kain Babyterry
Kain Babyterry

Sekalipun memiliki berbagai kelebihan di dalamnya, kain Babyterry juga memiliki berbagai kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh jenis kain satu ini.

1. Bahannya Kurang Awet

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh jenis kain ini adalah ia relatif kurang awet jika digunakan. Jenis kain satu ini mempuntai sifat yang kurang rapat dan cenderung tidak tebal. Sehingga, ketika digunakan untuk membuat baju, bajunya tidak akan awet. Terlebih jika bajunya sering dipakai dan dicuci di mesin cuci. Pasti akan cepat mengalami kerusakan.

2. Bahannya Lebih Tipis Dibandingkan dengan Cotton Fleece

Di samping kain berjenis Babyterry, ada juga jenis bahan lain untuk membuat sweater atau jaket, yaitu bahan Fleece. Nah, kain Babuterry memiliki tekstur bahan yang lebih tipis apabila dibandingkan dengan Fleece. Inilah yang menyebabkan bahan kain satu ini cenderung kurang awet jika dipakai untuk membuat baju.

3. Memiliki Harga yang Lebih Mahal

Sekalipun secara harga bisa dijangkau, namun ternyata kain dengan bahan ini relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan yang lainnya. Hal ini disebabkan karena kain ini dibuat dari serat asli. Namun, untuk harga sebenarnya bisa dikatakan relatif. Bisa menjadi kekurangan ataupun kelebihan.

Dan untuk mahal murahnya produk kain Babyterry, sesungguhnya juga tergantung dari jenis bahannya. Jenis kain ini memiliki dua jenis bahan. Pertama, bahan babyterry Polyester dan kedua adalah bahan Babyterry Katun.

Jenis Babyterry Polyester memikiki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan jenis katun yang harganya relatif lebih mahal. Harga tersebut masih sebanding dengan kualitas yang diberikan. Dan sudah terbukti bahwa jenis Babyterry Katun memang lebih nyaman dibandingkan dengan yang satunya.

4. Mudah Melar

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh kain Babyterry adalah ia sangat mudah melar. Bisa dibilang jenis kain ini kurang awet dan hargabya juga mahal. Di samping itu, ia juga sangat mudah melar. Hal ini disebabkan karena sifat dari bahannya yang tidak rapat sehingga ada cukup banyak rongga di dalam kainnya.

Penggunaan Kain Babyterry

Kain Babyterry
Kain Babyterry

Kain Babyterry yang awalnya hanya digunakan untuk handuk, seiring berjalannya waktu juga digunakan untuk beragam jenis kebutuhan. Tidak hanya untuk pakaian, namun juga bahan lainnya. Berikut adalah beberapa penggunaan kain Babyterry tersebut.

1. Jaket

Manfaat atau kegunaan kain Babyterry yang pertama adalah untuk membuat jaket. Sebagaimana tekstur dan ciri khas dari kain Babyterry yang hangat dan lembut. Maka kain satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai jaket. Dan bisa digunakan saat musim dingin tiba.

2. Jumper

Kegunaan selanjutnya dari kain Babyterry adalah ia bisa digunakan sebagai jumper. Sebenarnya, jumper di sini hampir mirip dengan jaket. Namun model dan tipenya saja yang berbeda sehingga namanya pun juga berbeda.

3. Keset

Selain dapat digunakan untuk pakaian, bahan kain Babyterry ternyata juga bisa digunakan untuk membuat keset. Dengan menggunakan bahan satu ini untuk membuat keset, maka akan menghasilkan keset yang sangat lembut dan nyaman. Selain itu, sifat dari kain yang cenderung meresap juga akan membuat kesetnya mampu menyerap dengan baik.

4. Hoodie

Kegunaan selanjutnya dari jenis kain ini adalah untuk membuat hoodie. Teksturnya yang sangat nyaman dan lembut bisa menghasilkan hoodie yang sangat nyaman.

5. Blazer

Selain beberapa kegunaan dari kain Babyterry yang telah disebutkan di atas, ada juga kegunaan lain yaitu untuk membuat blazer. Blazer yang dibuat dari kain jenis ini sangat cocok untuk dipakai saat musim dingin tiba karena sifatnya yang hangat.

6. Sweater

Ada juga sweater yang terbuat dari bahan dasar kain Babyterry. Bahan lembut dan halus dari kainnya sangat cocok untuk membuat sweater yang berkualitas. Karena itu, banyak perusahaan yang menjadikan bahan dasar ini untuk membuat penghangat tubuh ini.

7. Pakaian Bayi

Kegunaan lain yang tidak kalah bermanfaat dari bahan ini adalah untuk membuat pakaian bayi. Bahkan awalnya, kain ini dibuat untuk membuat pakaian bayi. Hal itu disebabkan karena teksturnya yang lembut sangat cocok untuk kulit bayi.

8. Bahan Pelapis Sandal

Selanjutnya, kain Babyterry juga bisa digunakan sebagai bahan pelapis sandal. Sandal yang dimaksud adalah sandal rumahan atau sandal hotel yang hangat dan dipakai untuk menghindari rasa dingin dari lantai.

9. Handuk

Kain Balotelly juga sangat cocok untuk digunakan sebagai handuk. Dengan sifatnya yang sangat lembut dan menyerap keringat, maka itu sangat cocok untuk kulit. Kain jenis ini juga cukup tebal jika diproduksi sebagai handuk.

Perbedaan Kain Babyterry dan Fleece

Kain Babyterry
Kain Babyterry

Kain jenis Babyterry dan Fleece adalah bahan yang kerap digunakan sebagai sweeter. Entah itu jenis sweeter hoodie atau jenis sweeter non hoodie. Atau dari jenis sweeter yang menggunakan resleting hingga yang tidak memakai resleting.

Banyak yang bertanya apa sesungguhnya perbedaan dari kedua jenis kain tersebut. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai perbedaan di antara keduanya yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan Anda.

Bahan untuk membuat Babyterry adalah jenis kain yang di bagian perut terdapat loop kecil. Jenis kain ini memiliki keistimewaan tersendiri dari sisi kelembutan dan juga daya serap yang tinggi. Sementara untuk jenis kain Fleece sesungguhnya lebih kepada bentuk imitasi yang berasal dari bahan dasar benang wol.

Bahan satu ini memiliki cukup banyak jenis Fllece apabila dilihat dari sisi bahan dasar benang untuk pembuatannya. Misalnya saja jenis Fleece katun, Polyester, cvcm micro, polar, bamboo dan lain sebagainya.

Adapun jenis Fleece yang cukup banyak dipakai untuk industri tekstil adalah jenis katun, cvc dan polyester. Tekstur yang dimiliki oleh jenis Fleece katun memang lebih lembut. Sedangkan untuk bahan seratnya memang lebih besar dibandingkan dengan kaos. Dan untuk bahan jenis katun ini relatif lebih baik dibandingkan dengan cvc ataupun polar.

Bahkan secara umum, jenis Fleece katun lebih sejuk dan lembut saat dikenakan. Inilah yang menyebabkan jenis kain ini terbilang sangat mahal. Sementara untuk jenis Fleece cvc sendiri memiliki tekstur yang menyerupai katun. Akan tetapi, teksturnya dibandingkan dengan jenis katun teksturnya lebih kasar.

Sedangkan untuk jenis Fleece polyester relatif lebih kaku dan kasar karena kandungan polyesternya sangat banyak. Secara umum, bahan untuk tipe ini lebih mengkilap dibandingkan dengan dua jenis yang lainnya.

Kain Babyterry memiliki manfaat atau fungsi guna yang sangat banyak. Selain karena bahannya yang lembut dan hangat, juga memberikan kenyamanan tersendiri untuk pengguna. Jenis kain ini juga menawarkan kelebihan yang lebih banyak dibandingkan dengan kekurangannya.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Kain Babyterry

Leave a Comment