Jenis Warna yang Perlu Kita Ketahui

Warna merupakan suatu unsur dari seni rupa yang sangat menonjol dan sangat penting karena memang telah diakui sebagai salah satu dari wujud keindahan-keindahan yang bisa dirasakan dan diresapi oleh mata manusia.

Pada warna sendiri menggambarkan juga sifat serta watak dari si pemakainya berbeda-beda. Bergantung dari warna apa yang ia kenakan pada momen tertentu juga.

Perlu Anda ketahui jika dalam psikologi warna juga mengartikan suasana hari seseorang secara umum dan juga bisa menggambarkan suasana hati sekitarnya.

Adanya warna dasar seperti biru, merah, putih, hitam tentu membuat Anda dapat mengartikan dan mencampurkan beragam warna tersebut menjadi keterpaduan yang baik. Berikut adalah beberapa warna yang ada sampai saat ini.

Warna Putih

jenis warna putih

Warna putih adalah warna yang paling terang dibandingkan dengan warna lainnya serta dapat melambangkan cahaya dan kesucian.

Jika seseorang memilih warna putih sebagai pakaian yang dikenakannya atau lainnya, dikenal denganbaik, sopan, dan santun.

Putih juga menjadi warna dasar yang paling banyak digunakan karena memiliki beberapa kesan atau makna mendalam juga.

Adapun sebuah kelebihan yang dimiliki warna putih itu sendiri adalah kemampuannya dalam membantu rasa nyeri. Mengapa?

Hal ini wajar karena warna putih itu sendiri tampak sebagai warna yang memberi kesan kebebasan dan juga keterbukaan.

Adapun kekurangan dari warna putih adalah warna tersebut bisa memberi rasa sakit pada kepala dan juga mata menjadi lelah.

Jika warna ini sangat mendominasi. Adapun bagi pekerja kesehatan sendiri warna putih ini memberikan kesan bersih atau steril.

Putih dilambangkan sebagai warna yang sangat murni dan tidak memiliki campuran apapun tentu ini memberi arti yang suci dan bersih.

Warna putih juga memberikan desain yang sangat minimalis penggunaan warna putih ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Anda bisa melihat pada pekerja kesehatan warna putih sendiri dapat memberikan kesan yang steril.

Putih dilambangkan sebagai warna yang murni dan tidak menggunakan campuran-campuran apapun yang memberikan arti yang suci dan bersih.

Selain itu juga desain yang sangat minimalis tersebut menggunakan warna putih yang memberi arti sebagai warna yang tepat.

Warna Hitam

jenis warna hitam

Warnahitam merupakan warna paling tua dan merupakan menjadi sebuah simbol atau lambang untuk sesuatu yang gelap serta emosi pada diri seseorang.

Selain itu juga ditengarai juga jika warna hitam identik dengan adanya sebuah musibah ataupun sebuah kejadian yang akan menimpa kurang baik bisa dikarenakan kematian,bencana alam, dan lain-lain bergantung dari kepercayaan juga.

Jika pada siang hari mengenakan hitam tentu bisa memberikan efek yang panas. Selain itu pada pemakainya sendiri warna hitam akan memberikan sebuah kesan suram dan menakutkan tetapi sangat elegan.

Perlu diketahui jika elemen apapun ketika memang dikombinasikan dengan warna hitam yang sangat menarik. Ada yang bilang bahwa hitam melambangkan sebuah keanggunan.

Selain sebagai simbol elegan hitam juga mengandung arti kemakmuran atau wealth dan kecanggihan. Salah satu warna yang menyimbolkan sebuah ideologi independen dan penuh dengan misteri.

Banyak kini memang anak muda yang mengenakan pakaian hitam, mereka semua identik dengan warna hitam dan teramat menyukainya. Ada beberapa filosofi warna hitam dibawah ini.

Jika memang seseorang tersebut menyukai warna hitam bisa diartikan jika orang tersebut memiliki pribadi yang cuek dan tidak terlalu memikirkan omongan orang.

Dia berpikir jika ia sendiri sudah nyaman jika melakukan apapun yang mereka sukai.

Dalam sebuah pergaulan mereka juga cukup enak untuk diajak berteman karena bisa memberikan sebuah solusi dalam masalah teman-temannya.

Memang terkadang warna hitam sendiri bisa diartikan sebagai warna yang menjadi saksi adanya kekayaan jiwa seorang anak, namun juga bisa diartikan sebagai adanya tingkat kecemasan tertentu.

Simbolisme warna hitam sendiri memang secara khusus dapat pada saat masa-masa kedewasaan yang ketika ia menjadi sosok yang berhati-hati dalam menunjukkan sikap lebih kehati-hatian.

Warna Abu-abu

jenis warna abu abu

Warna adalah warna dari perpaduan antara warna putih dan hitam, oleh karena itu memang tidak adanya sebuah sifat ataupun kehidupan yang spesifik.

Adapun seseorang yang memilih warna ini adalah orang yang memiliki watak serius, dan stabil, warna abu-abu terkenal sebagai warna alam. Warna abu-abu sendiri memberikan kesan atau makna yang mendalam.

Abu-abu adalah warna dari bijaksana, kedewasaan, tidak adanya egois, tenang dan juga seimbang. Selain itu juga warna abu-abu dapat mengandung arti jika ia lamban, lemah, kuno, mandul.

Di Jepang sendiri warna abu-abu telah dilambangkan sebagai seorang tentara. Warna abu-abu mencerminkan keamanan, reliabilitas, pandai, sederhana, konservatif, profesional, kualitas, diam dan tenang.

Jika Anda sedang menghadapi sebuah wawancara kerja lalu kemudian Anda memilih mengenakan busana dengan warna ini maka pewawancara akan menganggap diri Anda sebagai orang yang bertanggung jawab.

Jangan mengenakan warna ini setelan dari atas ke bawah karena bisa saja Anda dianggap sebagai pribadi yang membosankan, tambahkan warna lainnya seperti atasan bercorak.

Warna Merah

jenis warna merah

Warna merah sendiri memang identik dengan sifat orang yang pemberani,terdepan,  kuat, memiliki sifat menaklukkan, ekspansif atau meluas, dominan atau berkuasa, panas yang sangat membara, aktif, peringatan, hidup, penyerangan, ataubahkan cinta.

Merah juga dikenal sebagai orang yang memiliki kepribadian yang sangat beranidi samping itu juga adanya sifat ketegasan yang alami.

Warna merah merupakan warna yangmemiliki aurayang sangat kuat, warna ini dapat memberi arti gairah danjugamemberi energi untuk menyerukan kepadaterlaksananya suatu tindakan-tindakan.

Dalam psikologi juga warna merah memberikan sebuah arti akan adanyasebuah simbol keberanian, kekuatan danjugaenergi, serta gairah untuk melakukan tindakan atau action.

Warna merah juga merupakan warna yang paling dalam maknanya dibandingkan warna-warna yang lainnya, tentunya warna inijugatermasuk golongan warna yangbegituhangat.

Adapun makna dari warna merah sendiri bisa digambarkan sebagaireaksi fisik terkuat dari dalam diri kita sendiri.Warna merah merupakan warna yang sangat berani dan terlihat menantang baik.

Selain itu arti dalam warna ini sendiri juga bisa disebutdapatmengartikan sebuah kehidupan, seperti halnya darah dan juga kehangatan atau warm.

Warna merah juga disebut sebagai warna kehebatan di dalam dunia romansaserta di dalam dunia kekuasaan yang lainnya.Banyak dari kehidupan kita yang terikat erat dengan segi-segipsikologi warna ini.

Adapun kekurangan yang menaungi warna merah adalah sifat kekerasan. Tentunya untuk menjaga sebuah keseimbangannya warna merah baik ketika sedangdipadukan dengan memakai warna biru muda.

Memang banyak yang menganggap jika warna merah sendiri erat kaitannya dengan simbol keberanian.Anda yang ingin tampil lebih percaya diri wajib mengenakan setelah warna merah.

Warna Kuning

jenis warna kuning

Satu lagi warna dasar adalah warna kuningdengan sinarnya yang bersifat kurang begitu dalam, warna ini merupakan wakil beragam halatau memang sebuah benda yang sifatnya serupa dengan cahaya,momentum dan juga menggambarkan sebuah kebahagiaan, keceriaan dan juga hati-hati.

Orang yang memilih warna kuning sendiri memiliki kepribadiannya semangat yang tinggi.

Selain itu juga warna kuning erat kaitannya dengan arti sebuah kehangatan dan rasa bahagia sehingga seolah Anda ingin untuk bermain-main.

Warna kuning ini berarti sangat optimis dan juga begitu semangat.Jika dilihat dari sisi psikologi, maknadari warna kuning sendiri mengarah kepada warna yang paling bahagia, menyolok dan jugasebagai pemersatuekstrovert.

Warna ini jugabiasanya digunakan oleh seorang yangmemangingin tampil atau ingin dengan baik diperhatikan oleh orang lain.

Sering kali memang warna kuning disebut sebagai warna matahari yang terlihat begitu alami. Keberadaannya tentunya akan merangsang mental dan juga pikiran sedangkan aura yang terdapat pada warna kuning sendiri membantu dalam penalaran secara logis dan analitis.

Perlu diketahui juga jika warna orange ini bisa memberikan kesan murah sangat dominan, diketahui juga warna ini dapat memberikan kesan dan pesan sebagai warna yang mudah untuk di jangkau.

Warna ini adalah warna yang sangat baik dimana bisa dipasangkan dengan warna biru atau ungu sehingga memberikan kesan yang sangat unik dan juga sebagai orang yang berkelas.

Memang muncul sebuah anggapan bagi mereka yang menyukai warna seperti warna kuning yang memiliki sifat sangat bijaksana, kreatif, cerdas, serta sangat piawai dalam membuat sebuah ide-ide yang cemerlang atau inovasi. Memang seluruh artian warna tersebut tidak akan lepas dari risiko-risiko kecemasan, rasa gelisah, inkonsisten, tentu tekanan stress tidak seperti warna kuning.

Warna Biru

jenis warna biru

Warna biru memang telah dikenal sebagai warna yang bisa menimbulkan arti yang sangat terhadap segala sesuatu atau dediepte, biru juga mengartikan akan adanya sifat yang tidak terhingga transenden dan terlihat sebagai orang yang menyukai sebuah tantangan.

Orang yang memilih warna ini tentunya terkenal sebagai pribadi yang sangat unik dan juga begitu menarik.

Warna birutelah terkenal sebagai warna yang dapat memberikan efek yang menenangkan dan diyakini bisa mengatasi kecemasan,insomnia, tekanan darah tinggi dan migrain.

Anda sering mengatakannya jika di dalam dunia bisnis warna biru disebut sebagai warna corporate karena memang hampir sebagian besar perusahaan ternama memakai warna biru sebagai warna utamanya.

Mengapa banyak sekali perusahaan yang menggunakan warna biru? Warna biru sendiri mampu memberikan kesan profesionaldan juga adanya kepercayaan.

Selain itu juga warna biru juga dapat diyakini sebagai warna yang mampu merangsang kemampuan komunikasiekspresi artistik dan juga dikenal sebagai simbol kekuatan.Hal itu memang mengacu pada profesionalisme dalam bekerja.

Terlihat memang berdasarkan dari cara pandang ilmu psikologi jikawarna biru tua juga dapat merangsang pemikiran-pemikiranyang sangatjernih lain halnya dengan warna biru mudajuga dapat membantu menenangkan pikiran dan kemampuan dalamkonsentrasi.

Memang jika dikaitkan dengan tipe kepribadian yang ada, warna biru tersebut berkaitan dengan kepribadian yang melankolis.

Warna Hijau

jenis warna hijau

Arti warna hijau sendiri berarti memiliki sifat keseimbangan dan juga selaras ini, bisa membangkitkan ketenangan dan juga sebagai tempat untuk mengumpulkan sebuah kekuatan baru,hijau juga sangatidentik dengan simbol pertumbuhan dalam sebuah perdamaian,lingkungan dan kepuasan.

Warna hijau sendiri identik dengan seseorang yang memiliki kepribadian pemurah, humble dan semangat.

Warna hijau merupakan warna yang sangat identik sekali dengan alam dan mampu dalammemberikansuasana yang teramat santai.

Jika dilihat dari berdasarkancara pandang ilmu psikologi warna hijau tersebut juga akan sangat membantu seseorang yang berada dalam situasi-situasi yangtertekan untuk menjadi lebih mampulagi dalam menyeimbangkan sebuah perasaan baik itu emosi.

Warna hijau bisa memudahkan adanya keterbukaan dalam berkomunikasi. Tentu hal tersebut juga diyakini memang sebagai efek rileksasidan menenangkan yang terkandung dalam warna ini.

Selain itu di bidang desain warna hijau sendiri memberikan sebuah nilaitersendiri karena dapat memberi kesan segar dan membumi terlebihlagi jika hijau dikombinasikan dengan warna coklat gelap.

Jika dilihat dari karakter, warna hijau sendiri dikenal sebagai aura bagi orang-orang dengan tip kepribadian yang plegmatis, yaitusebuahkedamaian yang sangat mendominasi yang ada di dalam diri seseorang tersebut.

Memang orang dengan tipe kepribadian seperti ini selalu menjadi penengah dalam setiap perbedaan-perbedaan yang ada, dan lebih memilih untuk menghindari hal konflik.

Memang jika dilihat dari sisi psikologi, hijau juga banyak mempengaruhi sebuah mood serta pikiranAnda.Warna hijau merupakan corak yang begitu tenang dan juga santai di manawarna ini sangat cocok untuk dilihat oleh orang yang sedang tegang atau sedang banyak megalami ketidakstabilan pada emosi yang tentubisaberpengaruh kepada daya tahan serta kesehatanpadatubuhAnda.

Warna Emas

jenis warna emas

Warna emas sendiri sering kali dikait-kaitkan sebagai warna yang memiliki energi maskulin dan juga terang seperti matahari.

Maka dari itu memang warna ini sendiri mempunyai kesan dan pesan optimis yang bisa menuntun anda untuk lebih berfikir positif.

Anda bayangkan saja seperti halnya matahari tentunya warna emas ini mempunyai daya guna menambah kehangatan.

Tentunya untuk anda bisa menambah sebuah kehangatan guna dapat mempengaruhi apapun yang ada di sekitarnya.

Selain itu diketahui jika warna emas sendiri mempunyai arti bahwa seseorang telah memiliki prestasi, kemenangan, kemewahan dan juga adanya sebuah kemakmuran.

Tentunya sama dengan emas dalam bentuk fisik yang telah menjadi komoditas penting dalam warna.

Warna Tosca

jenis warna tosca

Dalam ilmu psikologi warna tosca itu sendiri mempunyai sebuah makna yang berarti keseimbangan secara emosional, ketenangan, stabilitas dan kesabaran.

Warna ini memang dipercaya memberi semangat ketika seseorang sedang stress, kelelahan dan juga dihinggapi rasa kesepian.

Warna tosca ini adalah warna yang baik untuk membantu konsentrasi dan menenangkan sistem saraf anda.

Warna Magenta

jenis warna magenta

Warna magenta adalah sebuah warna yang perpaduan antara warna merah dan juga warna ungu.

Terdapat kandungan seperti warna merah yang mempunyai arti sebagai warna pemberi kekuatan semangat dan energi yang tertahan sebagai energi yang tenang seperti warna violet sehingga dapat menciptakan adanya sebuah keimbangan yang sangat baik dibanding warna lainnya.

Maka dari itu memang warna magenta sendiri mempunyai sebuah makna yang berarti keseimbangan yang sangat baik, baik itu dalam segi atau mental, aspek fisik, spiritual serta emosional.

Di samping itu memang warna magenta ini mempunyai filosofi sebagai perubahan atau transformasi.

Perubahan-perubahan tersebut dari perasaan ketidakbahagiaan, adanya rasa frustrasi dan juga marah.

Beberapa penelitian mengenai hubungan antara warna dan juga branding telah ada bahwa 90% dari berbagai macam pertimbangan yang telah mereka buat tentang sebuah produk berdasarkan pada warna, warna ini sendiri akan besar pengaruhnya terhadap bagaimana konsumen tersebut dapat melihat ‘kepribadian’ dari merek dalam sebuah atau beberapa pertanyaan yang mereka ajukan.

Leave a Reply