21+ Jenis Virus Komputer Beserta Penjelasan dan Cara Mengatasinya (Lengkap)

21+ Jenis Virus Komputer Beserta Penjelasan dan Cara Mengatasinya (Lengkap)

Jenis Virus Komputer – Komputer adalah salah satu benda elektronik yang memiliki banyak fungsi. Awalnya komputer digunakan untuk mempermudah perhitungan. Namun sekarang ini komputer sudah ada di berbagai kegiatan dan aktivitas sehari-hari, bahkan hampir semua aktivitas sekarang ini membutuhkan teknologi komputer.

Tahukah anda bahwa terdapat virus yang dapat mengganggu kerja komputer? Virus ini menyerang perangkat lunak komputer bahkan ada yang menyebabkan kerusakan total pada komputer, parahnya lagi, virus nakal tersebut bisa mencuri data-data yang penting yang nantinya akan merugikan pemilik komputer.

Virus Trojan

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Virus trojan sudah cukup vamiliar dikalangan pengguna komputer. Berbagai versi virus ini telah banyak mengakibatkan gangguan pada banyak komputer di dunia. Virus Trojan dirancang untuk melakukan pencurian data atau informasi pada suatu komputer dan sistem.

Awalnya Trojan bukan termasuk jenis virus, namun karena keberadaannya mencuri data dan sangat mengganggu akhirnya trojan masuk kedalam kategori virus komputer. Data dan informasi yang dapat dicuri biasanya pada perangkat yang terhubung ke internet seperti email, password. Untuk memberikan Trojan dapat menginstal Trojan remover.

Virus Worm

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Virus komputer jenis ini umumnya adalah program yang dirancang untuk menggandakan diri dengan cepat. Sifat menggandakan diri dari virus worm dapat mengancam sistem komputer anda. Biasanya apabila berlangsung lama dapat membuat kerja komputer lambat  hingga merusak sistem. Karena dapat merusak memori komputer.

Biasanya virus ini menyebar melalui internet. Kemudian saat menginveksi suatu komputer usir biasanya tidak sadar jika komputernya terkena virus jenis worm. Virus ini mulai terasa saat kerja komputer menjadi lambat dan banyak terdapat file sampah dengan jenis yang sama yang sulit dihapus.

Virus Jenis Scripting Web

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Awalnya scripting web merupakan suatu kode program untuk mendesain sebuah website. Namun ternyata dalam penggunaannya kode ini dapat berubah menjadi virus dan mengganggu program yang bekerja. Virus komputer jenis ini biasanya muncul pada saat komputer terhubung ke internet.

Cara mengatasi masalah yang diakibatkan virus komputer jenis ini adalah dengan menginstal software bawaan dari Windows yaitu Microsoft Tool. Kemudian lakukanlah scan atau pindai secara berkala menggunakan software tersebut.

Jenis Virus Komputer Multipartite Virus

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Virus ini biasanya bersembunyi pada RAM sebuah komputer. Virus jenis ini sifatnya mirip dengan memory resident virus. Awalnya virus akan berdiam pada memori semetara kemudian seiring waktu akan menyerang harddisk komputer. Keluhan yang dirasakan biasanya komputer menjadi lambat dan banyak data pada memori yang rusak.

Untuk mengatasi virus jenis ini caranya adalah dengan melakukan disk defragmenter dan membersihkan bad sector. Cara tersebut biasanya digunakan pada sistem operasi Windows. Jika menggunakan sistem operasi lain biasanya juga menggunakan cara yang hampir sama.

Jenis Memory Resident Virus

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Terlihat dari namanya virus komputer jenis ini dibuat untuk mengganggu atau menginfeksi memori pada komputer atau RAM.  Virus ini berada di memori dan mengurangi kinerja memori. Akan terasa saat komputer dinyalakan dan digunakan untuk bekerja. Sehingga virus akan lebih aktif apabila komputer dinyalakan.

Efek dan pengaruh yang dibawa oleh virus komputer jenis ini adalah akan merusak program komputer. Awalnya program akan berjalan secara normal, namun semakin lama kineja akan melambat saat menggunakan program komputer. Selain itu virus tersebut juga dapat mengakibatkan sistem operasi komputer menjadi berat dan akhirnya lemot.

Virus Komputer Jenis FAT Virus

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

FAT merupakan kepanjangan dari File Allocation Table. Virus komputer ini adalah jenis virus yang bertujuan untuk merusak sebuah file atau data. Kemampuan yang dimiliki virus ini adalah menyembunyikan atau meng-hide file-file tertentu seolah file tersebut hilang dari memori. Tetapi jika dilihat pada kapasitas memori, tidak berkurang atau tetap.

Virus ini bersembunyi pada ruang penyimpanan komputer. Untuk mengatasi dan menghilangkan virus jenis ini dapat menggunakan program anti virus komersial biasa. Virus jenis ini terus berkembang sehingga disarankan untuk terus mengupdate anti virus.

Polymorpic Virus

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Virus jenis ini merupakan jenis yang cukup sulit untuk dihilangkan. Virus komputer ini memiliki kemampuan untuk kenyandikan diri dan mengubahnya setiap waktu. Virus ini cukup pintar karena dapat mengubah strukturnya setelah berhasil memasuki program komputer. Virus juga akan terus mengubah strukturnya ketika selesai melaksanakan tugasnya.

Untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh virus jenis ini adalah dengan menggunakan anti virus berbayar. Namun tidak semua anti virus dapat digunakan, harus yang kompatibel dengan virus tersebut. anda dapat mengetahui dengan ulasan dari anti virus tersebut.

Companion Virus

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Jenis Virus komputer ini juga termasuk virus yang memiliki target berupa data dan informasi pribadi. Seperti password, email, data diri dan sebagainya. Virus ketika memasuki program komputer akan menyembunyikan dirinya ke dalam harddisk dan memori komputer. Virus ini memiliki kemampuan untuk mengubah ekstensi file yang diserangnya degan ekstensi yang asli.

Virus ini memiliki sifat yaitu suka berkumpul dengan file-file baru pada penyimpanan komputer. Untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan karena virus ini dapat dilakukan dengan menginstal anti virus yang kompatibel dengan virus ini. Selai itu juga dapat menginstal firewall.

Jenis Virus Komputer Marco Virus

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Virus komputer jenis ini juga memiliki kemampuan yang hampir sama dengan virus komputer kebanyakan. Yaitu dengan merusak sebuah file dan mengambil informasi dan data yang ada di dalamnya. Namun keistimewaan dari virus ini adalah virus marco memiliki bahasa pemrograman yang disesuaikan dengan jenis file yang akan diserang.

Misalnya saja apabila virus akan menyerang file dari microsoft word maka bahasa pemrograman yang dipakai adalah bahasa dari microsoft word bukan dari bahasa pemograman sistem operasi komputer. Untuk mengatasi virus jenis ini dapat menggunakan anti virus berbayar dan firewall.

 Directory Virus

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Merupakan jenis Virus komputer yang memiliki kemampuan spesifik yaitu mampu menginfeksi file-file yang memiliki ekstensi exe dan com. Setelah virus menginfeksi file-file tersebut, file akan dipindahkan dan disembunyikan. Kemudian saat file yang terinfeksi virus muncul dan dibuka atau dijalankan maka virus akan menyebar ke program komputer dan menginfeksi file yang lain.

Untuk mengatasi jenis virus model ini cukup menggunakan anti virus berbayar. Dan rutin melakukan update anti virus serta dapat mendownload anti maleaware dan fileware.

Virus-virus Komputer Overwrite

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Kemampuan yang dimiliki oleh virus komputer jenis ini adalah menghapus file-file pada program yang terinfeksi atau mengubah ukuran file-file sehingga file menjadi rusak. Virus ini cukup sulit untuk dideteksi. User akan menyadari keberadaan virus jika telah menemukan file yang hilang atau rusak.

Cara menghilangkan jenis virus ini adalah dengan menginstal anti maleware dan fireware. Juga dapat menggunakan anti virus komersial yang rajin anda update. Virus jenis ini umumnya menyebar melalui koneksi internet atau pada perangkat yang terifeksi.

Boot Sector Virus

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Virus jenis ini termasuk virus komputer yang ringan. Virus ini hanya akan menginfeksi sebagian kecil bagian dari memori biasanya pada sektor boot harddisk. Virus ini juga biasa menginfeksi floppy disk. Untuk mengatasi virus ini cukup melakukan scan dengan anti virus.

Virus Direct Action

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Jenis virus komputer ini merupakan jenis yang cukup berbahaya. Virus akan ini menginfeksi file dan data AUTOXEC BAT. Dan karena jenis file-file tersebut berada pada directory harddisk atau memory. Selain itu virus juga dapat menginfeksi pada perangkat eksternal komputer.

Untuk menangani virus ini dapat menggunakan anti virus yang diperbaharui secara rutin. Apabila penyebaran virus sudah parah dan program komputer sudah rusak berat, maka perlu dilakukan penginstalan ulang pada perangkat komputer anda.

Virus Stealth

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Virus ini juga termasuk virus yang susah untuk terdeteksi. Virus ini mempunyai kemampuan untuk menyembunyikan diri atau lebih tepatnya mengkamuflasikan dirinya dengan cara membuat file yang terinfeksi seolah tidak terinfeksi. Dan saat file atau data dijalankan dan dibuka, maka biasanya informasi di dalamnya sudah rusak.

Untuk dapat mengetahui keberadaan virus ini pada komputer anda, perlu dilakukan scan menyeluruh menggunakan anti virus. Apabila sudah terdeteksi segera hilangkan file yang telah terinfeksi. Untuk hasil yang lebih maksimal anti virus harus rajin diperbaharui.

Backdoor.Zagaban Virus

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Virus ini termasuk jenis virus trojan. Virus ini terkenal ganas untuk sistem jaringan komputer. Virus ini didesain untuk memiliki kemampuan mengganggu sistem kerja jaringan beberapa komputer sehingga jaringan tersebut tidak dapat bekerja atau macet. Saat virus ini menyerang salah satu komputer pada jaringan, maka virus akan dengan cepat menyebar ke seluruh perangkat yang terhubung dalam jaringan tersebut.

Apabila suatu jaringan komputer terdeteksi terinfeksi virus jenis ini maka langkah awal yang harus dilakukan adalah memutus sistem jaringan. Kemudian bersihkan komputer atau perangkat yang telah terinveksi. Apabila sudah parah maka sistem harus diinstal ulang.

Virus Zafi-D

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Virus ini bekerja apabila perangkat komputer tersambung dengan jaringan internet. Virus ini memiliki kemampuan untuk melakukan mengirimkan surat elektronik secara masal kepada komputer tertentu yang dikehendaki virus. Biasanya virus ini dipakai untuk mencuri informasi dan data pada email seseorang atau perusahaan.

Virus ini memang susah terdeteksi karena penyebarannya dari internet. Apabila komputer anda terdeteksi melakukan pengiriman email yang tidak seharusnya maka langkah awal yang harus cepat dilakukan adalah putuskan perangkat komputer dengan jaringan komputer.

Virus Komputer Bagle.BC

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Dikalangan perusahaan komputer dan perangkat lunak, virus jenis ini termasuk yang berbahaya dan masuk dalam posisi atas. Virus ini dirancang untuk mencuru data dan informasi pada suatu perangkat komputer. Jenis virus ini yang pernah terdeteksi menyebar melalui email.

Setelah virus masuk pada jaringan komputer maka tidak dalam hitungan jam data-data dan informasi komputer akan disadap dan komputer tidak dapat digunakan walau dalam keadaan menyala. Langkah awal yang harus dilakukan adalah putuskan jaringan internet dan listrik sehingga komputer mati total.

Virus BackDoor Ainica

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Virus jenis ini juga termasuk tipe virus trojan. Virus ini digunakan untuk menyadap informasi dan data dari jarak jauh. Kasus-kasus perangkat komputer yang ditemukan terinfeksi virus ini umumnya menggunakan sistem operasi windows. Virus ini juga dapat menerobos pengamanan sistem network perusahaan.

Untuk menghentikan virus ini bekerja dan mengambil semua informasi, seluruh sistem komputer yang terhubung harus diputus dan dimatikan.

Virus Dropper

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Virus ini biasanya dikamuflasekan oleh penyerang dengan sebuah program. Tetapi saat program di instal dan dijalankan maka akan berubah menjadi virus komputer Virus akan menyebar tetapi program Dropper tidak ikut menyebar. Droper biasanya ditemukan dalam file dengan nama-nama tertentu seperti Readme.exe.

Untuk mencegah virus ini sebaiknya apabila mendapat file dari internet yang tidak sengaja terdownload dengan nama tersebut langsung dihapus saja. Dan pastikan pada komputer anda terpasang anti virus dan anti maleware.

Virus Hybrid

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Virus ini di kategorikan menjadi virus yang unik. Virus ini memiliki kemampuan ganda yakni dapat menginfeksi bootsektor dan dapat menginfeksi ke file. Virus ini dikalangan para programer termasuk virus mystic. Virus jenis ini yang pernah terdeteksi dipercaya berasal dari Indonesia.

Virus Netsky-D

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Virus ini memiliki nama lain Virus W32. Virus ini biasanya akan melakukan serangan atau menginfeksi melalui IRC Backdoor. Dan biasanya hanya akan menginveksi perangkat komputer yang lemah. biasanya komputer dengan sistem operasi lawas dan tidak terinstal anti virus. Atau sistem operasi yang tidak orisinil maupun anti virus yang jarang diupdate.

Virus Komputer Zalfi-B

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Virus ini juga dikenal dengan sebutan Virus W32/Zalfi-B. Virus ini biasanya akan menyerang jaringan komputer dengan sistem peer to peer (P2P). Virus biasanya menginfeksi dan masuk melalui internet ke salah satu komputer. Dapat melalui email atau doenload.

Virus ini akan mengkloning dengan cara mengcopy dirinya pada sistem folder yang ada pada jaringan komputer yang telah terinveksi. Folder terinfeksi akan ternamai secara acak dan membuat pengguna kebingungan.

Virus Trojan pada Sistem Operasi Linux

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Virus trojan terkenal lebih sering menyerang perangkat komputer degan sistem operasi windows. Tetapi aja juga virus trojan yang dibuat khusus untuk menginfeksi komputer dengan sistem operasi Linux. Virus yang pernah terdeteksi menyerang sistem operasi Linux Red Hat.

Virus ini dapat mengacaukan sistem keamanan pada linux. Menyebar melalui email dan internet. Biasanya apabila komputer terserang virus ini, linux akan mengirimkan peringatan secara online. Dilaporkan juga virus jenis ini mampu menyerang sistem operasi windows 2003.

Virus Komputer [email protected]

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Virus ini mempunyai cirikhas yaitu akan menyerang secara bertahap. Target utamanya adalah perangkat komputer yang memiliki keamanan rendah. Virus ini berkemampuan untuk menghapus kunci-kunci dan file registry. Selain itu virus dapat melakukan blok pada sistem keamanan website.

Virus ini juga sering disebut dengan virus [email protected] Untuk menghindari serangan dari virus ini, dapat menggunakan anti virus berbayar yang terbaru. Dan pastikan keamanan komputer kuat.

Virus Mytop-GH

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Virus ini juga dikenal dengan sebutan Virus W32/Mytob-GH. Virus ini bekerja dengan cara akan menyebar email secara masal melalui jaringan internet. Dan biasanya menyerang perangkat yang memiliki keamanan rendah atau sistem operasi lawas. Email yang dikirimkan akan dipilih secara acak.

Virus ini dapat membongkar data probadi seseorang meskipun objek serangannya terpilih secara acak. Untuk itu lengkapilah komputer dengan anti virus.

Virus Komputer Mytob-EX

Jenis Virus Komputer
Jenis Virus Komputer

Virus ini adalah perkembangan selanjutnya dari virus Virus W32/Mytob-GH. Sifat serangan yang dimilikinya mirip dengan pendahulunya yaitu akan menyadap email dan mengirimnya secara masal dan acak. Yang berbeda adalah virus dapat menyebar dengan lebih cepat dan dapat meretas email lebih dalam.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Jenis Virus Komputer

Leave a Comment