20 Jenis Kain / Bahan yang Biasa Digunakan Dalam Industri Tekstil

20 Jenis Kain / Bahan yang Biasa Digunakan Dalam Industri Tekstil

Jenis Kain – Sekarang ini Anda harus memiliki pengetahuan akan bahan pakaian ketika ingin membeli pakaian yang diinginkan. Ketika Anda mengenakan pakaian Anda tentunya besar sekali harapan untuk memakainya dengan nyaman, adem, dapat menyerap keringat, tapi tidak mengurangi penampilan Anda untuk terkesan menarik, cantik, tampan, modis, dan juga trendy pastinya.

Maka dari itu Anda perlu mengenal beberapa jenis kain yang digunakan untuk membuat pakaian yang beredar di pasaran saat ini. Anda bisa melihatnya melalui beragam literatur atau referensi di internet. Berikut adalah beberapa jenis-jenis kain yang sangat berguna sekali untuk Anda sebelum membeli sebuah pakaian baik itu secara online ataupun offline.

Jenis Kain Fleece

Jenis Kain
Jenis Kain

Fleece adalah salah satu jenis kain yang menyerupai wol dan berbulu pada permukaannya, jenis kain ini mudah sekali dalam menguapkan keringat Anda melalui pori-pori pada kain dengan sangat cepat , memang akan terasa ringan jika dikenakan saat Anda berkeringat dikarenakan adanya sirkulasi udara yang terjadi dengan sangat-sangat baik sehingga jenis kain ini sangat nyaman untuk Anda kenakan.

Umumnya jenis kain fleece memang digunakan untuk bahan pakaian yang diletakkan di bagian dalam pakaian hal ini berguna agar pakaian yang Anda gunakan akan terasa lebih hangat ketika dipakai. Fleece sendiri memang sering digunakan dalam membuat jaket, sweter serta celana training. Maka perlunya pembuat yang memang benar-benar sangat handal untuk mengolahnya.

Jenis Kain Spandex

Jenis Kain
Jenis Kain

Spandex adalah salah satu jenis kain juga yang mempunyai elestasitas yang sangat baik hampir mirip dengan karet elstasitasnya. Mengapa? Karena spandex sendiri mempunyai bahan 100% sintetis yang memang benar-benar diciptakan untuk menggantikan bahan karet. Tentunya bahan yang dibuat menggunakan polymer ini memang tergolong sangat kuat dan telah umum digunakan.

Penggunaannya memang biasanya digabungkan bersamaan dengan cotton atau polyester. Jenis kain ini sendiri mempunyai sifat yang sangat lentur, tentunya juga pakaian dengan bahan spandex jika sudah dikenakan tentunya akan mengikuti tekukan-tekukan pada tubuh dan nyaman ketika Anda kenakan. Selain itu juga spandex yang sangat baik mempunyai pori-pori yang dapat menyerap keringat Anda.

Jenis Kain Polyester

Jenis Kain
Jenis Kain

Polyester sendiri adalah jenis kain yang terbuat dari bahan serat sintetis atau serta buatan. Mengapa disebut hal demikian? Karena serat bahannya sendiri memang tidak tersedia secara bebas di alam. Polyester sendiri memang sebenarnya lebih mirip dengan cotton namun memiliki kualitasnya lebih rendah. Selain itu juga Polyester tidak akan menyerap keringat.

Jika Anda menggunakan pakaian berjenis kain polyester di tempat yang panas maka akan terasa panas hal itu juga berarti sebaliknya jika Anda pakai ditempat dengan suhu dingin maka akan terasa dingin juga. Meskipun memang Polyester ini tidak akan sedingin cotton, rasanya akan sedikit lebih keras atau kaku. Jika dilihat memang Polyester sendiri memiliki harga yang terjangkau dibandingkan yang lainnya.

Jenis Kain TC (Tetoron Cotton)

Jenis Kain
Jenis Kain

Salah satu kain yang merupakan campuran campuran dari serat cotton dan polyester dalam pembuatannya, di mana 35% cotton combed dan 65% polyester. Diketahui juga kain jenis ini tidak begitu bisa dalam menyerap keringat sehingga kain tersebut nantinya akan terasa panas ketika telah dikenakan. Jika dilihat dari kelebihannya jenis kain ini sama sekali tidak mudah kusut, dan juga tidak mudah melar.

Jenis Kain Hyget

Jenis Kain
Jenis Kain

Adapun jenis kain ini memang terbuat dari campuran bahan polyester dan cotton tapi dengan bahan yang lebih tipis. Oleh karena itu memang jenis kain ini harganya lebih murah. Pada umumnya memang jenis kain ini memiliki tampilan yang sangat mengkilap, tidak mudah kusut dan sedikit panas. Terlebih lagi sebenarnya memang bahan ini kurang layak jika dijadikan kaos di samping harganya yang murah.

Jenis Kain Rajut

Jenis Kain
Jenis Kain

Jenis kain ini memang dibuat dengan proses merajut beberapa benang menjadi sebuah kain. Strukturnya memang terbentuk dari jeratan benang-benang yang saling menggait satu dengan lainnya. Bahan Rajut akan sangat berguna untuk mengatasi beragam cuaca yang dingin. Sehingga jenis kain ini tidak mungkin bisa menyerap keringat dan tidak cocok jika dikenakan dalam cuaca yang panas.

Jenis Kain Cardet

Jenis Kain
Jenis Kain

Kain cardet sendiri memiliki serat benang yang kurang halus. Kain cardet adalah tiruan dari kain kain combed. Di mana hasil rajutan dan juga penampilannya yang kurang halus dan rata di beberapa bagian. Jenis kain ini sendiri memiliki harganya yang relatif lebih murah jika dibandingkan cotton combed. Bahan cotton cardet sendiri pada umumnya digunakan dalam produksi kaos pada kelas menengah ke bawah.

Jenis Kain Sifon

Jenis Kain
Jenis Kain

Jenis kain ini sendiri dibuat menggunakan bahan sintetis dengan perpaduan antara bahan sutra, katun, nilon, polyester ataupun rayon. Kain ini memiliki ketebalan yang sangat tipis, ringan dan transparan. Kain sifon sendiri memang tidak akan menyerap keringat. Kain ini ketika dipakai seringkali meninggalkan bau badan. Jika dilihat memang jenis kain ini akan sangat cocok untuk gaun malam dan juga pakaian formal.

Jenis Kain Twistcone

Jenis Kain
Jenis Kain

Jenis kain ini mirip sekali dengan kain sifon, apa bedanya? Kain ini mungkin lebih tebal dengan lebih berat jika dibandingkan-bandingkan dengan sifon inilah yang menyebabkan kain ini tidak akan tembus pandang. Diketahui juga jika kain twistcone memiliki kesan lebih jatuh pada badan sehingga tidak akan mampu menyerap keringat, namun juga tidak akan meninggalkan bau badan lain dengan kain sifon.

Jenis Kain Cotton

Jenis Kain
Jenis Kain

Anda perlu tahu jika bahan katun combed ini sendiri dibuat secara murni 100% dari serat kapas alami. Bahan combed memiliki tekstur yang sangat halus, adem dan sangat mudah sekali dalam menyerap keringat, sehingga hal tersebut akan sangat nyaman dan cocok sekali dalam dipakai di negara kita yang memiliki iklim tropis. Kain Combed sendiri memiliki serat benang halus dan terlihat rapi.

Tentunya akan ada beberapa jenis kain combed yang tersedia di pasaran dan berdasarkan jenis benang yang akan digunakan serta berikut dengan ukuran gramnya (gr/m2). Sekarang ini terdapat 3 jenis combed seperti combed 20s, 24s, 30s. apa yang membedakannya? Yang membedakan adalah ketebalannya. Kain 20s dikatakan sebagai kain yang paling tebal, 30s adalah kain yang paling tipis.

Sedangkan kain combed 20s sendiri adalah kain yang paling banyak sekali beredar di pasaran dan banyak digunakan. Hingga saat ini telah menjadi bahan utama kaos distro di samping karena selain nyaman ketika digunakan harganya juga lebih terjangkau. Kain katun sendiri memang banyak jenis-jenis nya dan banyak juga beredar di pasaran, adapun jenis kain katun adalah sebagai berikut:

1. Kartun Biasa

Katun Biasa adalah kain katun dengan bahan yang agak kaku, sedikit tipis-tipis, dan tidak akan melar atau stretch. Kain katun jenis ini memiliki daya serap yang sedang hingga sangat bagus. Harga yang ditawarkan di pasaran untuk jenis kain katun ini sendiri relatif murah dengan berbagai motif seperti bunga-bunga, polos, garis, bahkan abstrak.

2. Katun Jepang

Katun Jepang dikenal karena memang terbuat dari combed 100% full cotton. Teksturnya yang begitu halus, memiliki daya serap yang sangat baik, dengan permukaan yang jauh lebih halus juga. Di pasaran sendiri memang untuk jenis kain ini dipatok dengan harga relatif mahal dari katun biasa.

3. Katun Paris

Katun Paris dikenal dengan jenis kain katun yang memiliki kualitas hampir sama dengan katun jepang, namun memang akan lebih tipis saja. Kain ini memiliki daya serap yang sangat baik serap sehingga memiliki harga yang lumayan mahal dibandingkan dengan yang lainnya. Jenis kain katun ini sendiri memang banyak sekali digunakan dalam pembuatan blouse pada wanita.

4. Katun Silk

Katun Silk di mana jenis kain dinamakan kain ‘silk’ dikarenakan pada permukaan kain ini terlihat sangat mengkilap. Sedangkan memang kekurangannya sendiri terdapat adanya daya serap keringat yang sangat rendah dibandingkan dengan jenis kain katun yang lainnya. Walaupun begitu memang kilap yang ada pada kain ini tidak akan pernah hilang hanya karena dicuci.

5. Katun Kombed (Cotton Combed)

Katun Kombed adalah jenis kain katun di mana pada tahap akhirnya dilakukan sebuah penyisiran atau combed sehingga tujuan serat-serat yang terdapat pada kapas halus pada kain tersebut memang bisa dipisahkan sehingga menjadi lebih halus dan juga tidak berbulu. Adapun jenis kain ini sendiri kebanyakan digunakan untuk bahan pembuatan kaos distro.

Adapun ukuran yang ada sampai dengan saat ini adalah 20s, 24s, dan 30s. Perlu diketahui juga angka yang terdapat pada ukuran tersebut adalah menunjukkan ukuran benang yang digunakan dalam pembuatan jenis kain ini. Tentunya semakin tinggi angka maka semakin tipis juga benang sekaligus menunjukkan kelenturan ataupun kelemasan pada kain tersebut.

6. Katun Karded (Cotton Carded)

Katun Karded diketahui jika yang membedakan jenis kain ini dengan kain katun kombed terdapat di satu bagiannya saja, di mana pada jenis kain katun karded sendiri tidak melalui tahapan-tahapan penyisiran pada saat finishing-nya. Jika dilihat memang jenis kain ini tidak memiliki serat-serat kapas yang begitu halus dengan harga yang lebih murah.

Jenis Kain Sutra

Jenis Kain
Jenis Kain

Jika kalian tahu bahwa kain ini sendiri dibuat dari kepompong ulat sutra. Jenis kain ini memiliki tekstur yang sangat lembut, halus dan juga tidak licin. Kain sutra tersebut juga dapat menyerap keringat sehingga nantinya sangat nyaman ketika Anda gunakan. Perlu diketahui juga jika jenis kain ini tergolong sangat mahal dibandingkan dengan kain jenis yang lainnya.

Dewasa ini memang tidak dipungkiri lagi banyak orang yang membeli pakaian dengan bahan ini di media online. Adanya cara tersebut memang menjadi alasan tersendiri di samping dapat menghemat waktu, konsumen juga tidak perlu lagi bepergian jauh apalagi kalau di jalan sering sekali macet, mengantri ketika ingin membayar belanja di Mal-Mal atau di pusat perbelanjaan yang lainnya.

Jenis Kain Rayon

Jenis Kain
Jenis Kain

Kain rayon adalah kain yang teksturnya agak sedikit licin, sangat mengkilap dan jatuh. Bahan yang digunakannya sendiri sangat adem dan mudah sekali dalam menyerap keringat sehingga kain ini begitu nyaman dipakai dalam berbagai kondisi cuaca apapun. Kain rayon adalah kain sintesis yang pertama yang dibuat oleh manusia.

Jenis Kain Baby Terry

Jenis Kain
Jenis Kain

Kain Baby terry atau yang biasa disebut juga sebagai kain baby tray ini dibuat dengan menggunakan katun atau serat kapas. Memang pada awalnya kain jenis ini digunakan dalam pembuatan handuk karena teksturnya yang sangat lembut. Selain itu juga kain ini mempunyai bulu yang lembut. Pada bagian dalamnya sendiri memiliki tekstur yang sangat halus dan juga lembut seperti selimut.

Kain jenis ini sangatlah cocok untuk kulit bayi dan juga balita. Hal tersebut yang membuat jenis kain ini disebut dengan istilah baby terry, selain itu juga bahan ini juga banyak digunakan untuk bahan sweter atau jumper. Namun pada hakikatnya memang belakangan ini kain jenis baby terry sangat banyak sekali digunakan untuk blazer pada wanita.

Jenis Kain Lycra

Jenis Kain
Jenis Kain

Jenis kain ini sendiri memang sangat elastis dan termasuk ke dalam kelompok kain spandex. Jenis lycra pada umumnya sendiri telah terbagi ke dalam 3 jenis yakni lycra nilon, lycra katun, dan lycra wol. Kain lycra ini sendiri memang memiliki kemampuan dalam Menahan sinar ultra violet. Maka dari itu sebenarnya kain ini banyak sekali digunakan dalam pembuatan maxi dress ataupun terusan bagi wanita.

Jenis Kain Drill

Jenis Kain
Jenis Kain

Kain dril adalah kain pintal yang memiliki serat berbentuk miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang begitu kuat. Bahan dari kain drill adalah campuran cotton dan juga polyester. Tentunya semakin tinggi kadar cotton-nya, maka biasanya akan semakin tinggi juga harganya. Anda perlu tahu jika kain ini memiliki jenis-jenis sebagai berikut: Kain American Drill, Kain Twist Drill dll.

Jenis Kain Paragon

Jenis Kain
Jenis Kain

Bahan paragon adalah jenis kain yang mempunyai tekstur kain yang sangat lembut seperti halnya kapas namun sedikit mengkilap dan lentur ketika dipakai. Seringkali digunakan untuk bahan seperti baju basket. Banyak dari bahan ini dijadikan sebagai dasar pembuatan kaos olahraga. Sering kali banyak pesanan dari beberapa sekolah untuk menjadikannya seragam olahraga.

Jenis Kain Viscose

Jenis Kain
Jenis Kain

Viscose pada kain ini memang memiliki serat organik yang merupakan buatan manusia dan biasa digunakan sebagai bahan kain. Kain ini memiliki tekstur yang mirip dengan tekstur kapas sehingga akan sangat lembut ketika digunakan dan begitu dingin jika dalam kondisi cuaca dingin dan sebaliknya jika dalam kondisi panas maka akan panas.

Jenis Kain Linen

Jenis Kain
Jenis Kain

Kain linen adalah kain yang terasa dari serat yang alami yaitu serta tumbuhan rami. Adapun cirinya adalah agak kaku namun terasa begitu halus. Kain ini sendiri tidak memiliki sifat yang sangat elastis jadi walaupun direntangkan tidak akan menjadi melar. Perlu diketahui juga jika kain ini banyak digunakan dalam pembuatan bahan sprei atau serbet.

Jenis Kain Satin

Jenis Kain
Jenis Kain

Kain jenis ini memang memiliki permukaan yang sangat mengkilap dan licin. Kain satin juga banyak sekali jenisnya, pada kain satin dengan harga murah tidak akan menyerap keringat berbeda dengan kain satin dengan harga yang lebih mahal. Kain ini juga biasanya digunakan untuk bahan-bahan pembuatan kerajinan, kain pelapis, serta furing.

Jenis Kain Denim

Jenis Kain
Jenis Kain

Denim atau kain jeans adalah material kain yang begitu kokoh yang terbuat dari katun twill. Bahan denim sendiri memang banyak sekali digunakan dalam pembuatan celana yang sering kali Anda kenal sebagai bahan celana jeans, selain itu pada wanita bahan denim juga banyak sekali untuk digunakan pada jaket dan pakaian seperti bluss.

Tentunya dengan kemajuan dari segi teknologi dapat dengan mudah mendukung segala sesuatu agar mudah diraih dan dibeli. Menggunakan media online seperti web Anda hanya tinggal klik sana klik sini maka barang yang Anda pesan akan menghampiri Anda. Namun yang terkadang menjadi kendala ketika membeli pakaian adalah bahan yang kita pesan tersebut apakah sesuai keinginan kita atau tidak.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Jenis Kain

Leave a Comment