Jenis Iklan Beserta Penjelasan Lengkap Serta Gambar Contoh

Jenis Iklan – Iklan adalah sarana komunikasi dengan pengguna produk atau layanan.Iklandibayar oleh orang-orang yang mempromosikannya dan dimaksudkan untuk memberi tahu atau memengaruhi orang yang menerimanya, seperti yang didefinisikan oleh Asosiasi Iklan Inggris.

Iklan dikomunikasikan melalui berbagai media massa, termasuk media tradisonal seperti majalah, televisi, radio, banner, blog, dll.

Kampanye iklan yang sukses akan menyebarkan berita tentang suatu produk adalah iklanyang menarik pelanggan dan menghasilkan penjualan.

Pilihan periklanan yang paling sesuai untuk sebuah bisnis akan bergantung pada target audiens dan besaran biaya pengeluaran untuk menjangkau target tersebut.

Koran/Surat Kabar

jenis jenis iklan

Karena teknologi terus memodernisasi cara bagaimana informasi diakses, pengiklan dihadapkan dengan tantangan tentang bagaimana cara terbaik menjangkau dan melibatkan pelanggan.

Meskipun ada berbagai media yang dapat dipilih, surat kabar (cetak dan digital) tetap berkuasa. ia menyediakan sejumlah manfaat signifikan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain, termasuk televisi, radio, dan Internet.

Berikut manfaat dari beriklan di surat kabar koran:

1. Surat kabar menawarkan penargetan yang lebih baik.

Periklanan surat kabar dapat menargetkan demografi tertentu yang secara tradisional lebih sulit dijangkau oleh media lain.

Ini memungkinkan pengiklan untuk menjangkau pemirsa ceruk yang lebih kecil dengan lebih efektif, termasuk di wilayah geografis tertentu.

2. Iklan surat kabar lebih fleksibel.

Surat kabar menawarkan lebih banyak fleksibilitas daripada mediaiklanlainnya. Pengiklan dapat memilih ukuran dan lokasi yang tepat bagi sebuah iklan(termasuk bagian dan halaman), serta desainnya.

Tidak seperti media lain, seperti internet, pengiklan dapat memilih waktu yang tepat untuk menampilkan iklandan frekuensinya, memastikan bahwa pembaca akan melihat informasi yang sama, dalam format yang sama, di lokasi yang sama.

Pengiklan juga memiliki kontrol lebih besar terhadap produknya lewat kerjasama dengan staf penerbitan surat kabar.

Iklan surat kabar juga dapat mengintegrasikan fitur cetak-ke-web, seperti kode QR, untuk menghubungkan pembaca dengan informasi berbasis web yang relevan, termasuk penawaran khusus dan banyak lagi.

Selain itu, waktu terbit yang singkat pada surat kabar memungkinkan perubahan cepat pada sebuah iklan, sambil tetap memenuhi tenggat waktu yang diperlukan.

3. Iklan surat kabar lebih terjangkau.

Iklansurat kabar biasanya lebih murah daripada iklan televisi, atau radio. Selain itu, anggota staf surat kabar akan bekerja langsung dengan pengiklan untuk membuat iklan tanpa biaya tambahan.

Iklan surat kabar juga dapat disesuaikan untuk memenuhi anggaran apa pun. Penurunan pendapatan iklansurat kabar berarti lebih sedikit iklancetak dan digital yang disertakan dalam setiap sirkulasi.

Ini adalah manfaat yang signifikan, karena pengiklan memiliki lebih sedikit persaingan untuk ruang iklan(dan pelanggan) daripada media lainnya. Diskon tambahan dapat diberikan untuk meningkatkan cakupan dan frekuensi iklan.

Majalah

jenis jenis iklan

Beriklan di suatu majalah dapat mencapai target pasar dengan cepat dan mudah. Pembaca majalah cenderung membacanya di waktu senggang dan menyimpannya untuk waktu yang lebih lama.

Hal ini membuat iklanmendapat peluang yang lebih besar untuk menarik perhatian. Majalah umumnya melayani konsumen (grup minat misalnya wanita) dan perdagangan (industri / jenis bisnis misalnya perhotelan).

Jika sebuah produk perlu ditampilkan dengan memakai warna-warna yang banyak, majalah bisa jadi wadah yang ideal – meskipun umumnya biayanya lebih mahal daripada iklansurat kabar.

Majalah biasanya tidak melayani area kecil seperti kota tertentu. Jika target pasar yang anda sasar hanya persentase kecil, makaiklanitu mungkin tidak akan terlalu efektif.

Keuntungan beriklan di majalah:

1. Target pasar lebih khusus

Beberapa majalah lebih disukai oleh beberapa kelompok sosiol tertentu daripada iklan surat kabar.

2. Status

Beberapa keberadaan majalah sangat berpengaruh terkait dengan tema dan bidang yang diusungnya, sehinggaiklanyang diletakkan di sana akan memiliki pengaruh yang besar pula.

3. Punya waktu yang panjang

Tidak seperti surat kabar yang harus terus diupdate, majalah biasanya diterbitkan sebulan sekali dan umumnya dipajang di tempat-tempat yang prestise seperti di salon, ruang tunggu, dan rak majalah.

Kekurangan beriklan di majalah:

1. Harus melakukan perencanaan berbulan-bulan

Jika iklananda ingin diterbitkan minggu depan, berarti anda harus memastikan strategi pemasaran anda sudah berjalan dengan baik sebelumnya.

2. Biaya yang mahal

Jika anda ingin menerbitkaniklananda di posisi strategis dalam suatu majalah, maka anda harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak.

3. Target yang terbatas

Biasanya kelompok yang dapat menikmati akses majalah hanya berada pada kelompok menengah dan atas.

Radio

jenis jenis iklan

Beriklan di radio adalah salah satu trik yang bagus untuk menjangkau target pasar. Jika target pasar pengiklan mendengarkan stasiun tertentu, maka iklandapat menarik pelanggan baru.

Namun, radio yang hanya memanfaatkan indra pendengar memiliki keterbatasannya.

Pelanggan biasanya menemukan kesulitan untuk mengingat apa yang mereka dengar dan terkadang berdampak pada produk yang diiklankan.

Cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan mengulangi pesan secara teratur, dan ini berarti meningkatkan biaya iklansecara signifikan.

Keuntungan beriklan di radio:

1. Radio diputar di mana-mana

Radio adalah salah satu media yang dapat menjangkau segala tempat. Di dalam mobil, tempat kerja, atau pun ketika bersantai.

2. Siaran radio tidak dijual

Para target iklananda tidak perlu membeli chanel untuk mendengar radio. Setiap kelompok sosial masyarakat dapat secara bebas mendengarkan radio bergantung frekuensi yang dapat dijangkau.

3. Target pasar yang lebih kontekstual

Radio adalah salah satu dari sedikit media iklanyang mencakup khalayak yang setia. Sebagian besar pendengar radio memiliki satu atau dua stasiun radio favorit yang mereka dengarkan secara rutin.

Pengguna radio mendengarkan kebiasaan mereka sehari-hari dan memiliki waktu tertentu untuk memutarnya.

Iklan radio bahkan dapat disesuaikan dengan waktu tertentu untuk memastikan dapat menjangkau audiens yang diinginkan pada waktu yang tepat. Ini memberi pengiklan peluang co-branding yang unik.

Jika anda mencari target pasar yang loyal pada sutau media, radio memberikan peluang yang sempurna.

4. Biaya raido lebih terjangkau

Radio memungkinkan pesan anda disampaikan kepada audiens yang ditargetkan dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada kebanyakan media iklan.

Bagi banyak bisnis kecil, biaya yang terkait dengan produksi penayangan selama program televisi prime time dapat menjadi penghalang, dengan jangkauan pemirsa yang hampir sama, radio dapat menekan biaya produksi secara signifikan.

Televisi

jenis jenis iklan

Televisi memiliki jangkauan luas dan beriklan dengan cara ini sangat ideal jika anda menargetkan pasar besar di area yang luas.

Iklan televisi memiliki keuntungan dari segi penglihatan, suara, gerakan dan warna untuk mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk anda. dan sangat berguna untuk menunjukkan cara kerja produk atau layanan Anda.

Memproduksi iklantelevisi dan kemudian membeli slotiklanbiasanya akan sangat mahal. Karena Iklandijual dalam satuan (misalnya 20, 30, 60 detik) dengan biaya bervariasi menurut: slot waktu, program televisi, apakah itu nasional atau regional, jika Anda ingin membeli spot di beberapa jaringan.

Keuntungan beriklan di televisi:

  1. Televisi menjangkau khalayak yang jauh lebih besar daripada surat kabar, radio lokal, dan menayangkannya selama periode waktu yang singkat.
  2. Menjangkau target pasar dengan penuh perhatian.

Memungkinkan bagi pengiklan untuk menyampaikan pesannya lewat penglihatan, suara, gerak, dan dapat memberikan keuntungan yang cepat terhadap produk layanan.

Keterbatasan beriklan di televisi:

  1. Untuk semua keuntungannya, mengiklankan bisnis anda di TV memang memiliki beberapa kelemahan. tidak ada media periklanan lain yang cenderung menghabiskan anggaran anda secepat TV. Memproduksi iklanyang mencakup menyewa penulis naskah, aktor, editor film, atau biro iklan, hanyalah langkah pertama. Anda juga harus membayar waktu siaran, dan karena itu penelitian menunjukkan bahwa iklan TV paling efektif dengan beberpa kali pengulangan.
  2. Kerugian lain adalah sulitnya melakukan perubahan iklan. Sedangkan dalam iklansurat kabar, memperbarui harga penjualan atau penawaran khusus sering sesederhana menukarkan kupon, dengan iklan televisi itu berarti memperbarui skrip dan mengubah seluruh iklan, yang berarti menambah pengeluaran.
  3. Sebagai permulaan, pertimbangkan siapa audiens anda sebelum menyusun iklan dan membeli penayangan. Jika sebagianiklananda berbicara bahasa spanyol, Anda sebaiknya membeli airtime di stasiun berbahasa Spanyol seperti Telemundo. Dan jika produk anda tentang kereta bayi, anda mungkin lebih baik membeli slot waktu pada siang hari ketika ibu rumah tangga cenderung melihat iklan

Baliho

jenis jenis iklan

Ada banyak cara untuk beriklan di luar ruangan. Iklanluar ruangan dapat berupa poster di bus, taksi, dan sepeda. Baliho besar di perempatan jalan dapat menyampaikan iklandengan dampak besar.

Jika pelanggan yang sama melihat iklanbaliho anda hampir setiap hari saat mereka bepergian untuk bekerja, kemungkinan iklan anda akan menjadi bisnis pertama yang mereka pikirkan ketika mereka ingin membeli sebuah produk.

Biasanya sebuah baliho mengandung sejumlah informasi yang terbatas; jika tidak, iklan menjadi sulit untuk dibaca. Menyertakan alamat situs web Anda memudahkan pelanggan untuk menindaklanjuti dan mengetahui lebih lanjut tentang suatu iklan.

Iklanluar ruang bisa sangat mahal terutama untuk lokasi utama dengan papan iklan yang besar.

Keuntungan beriklan di Baliho:

  1. Baliho: Orang-orang melihat mereka pagi, siang dan malam – Jika anda tahu target demografi anda terletak dalam radius geografis terbatas, tidak ada cara yang lebih baik untuk mendapatkan perhatian mereka selain dengan beriklan di papan reklame di sepanjang jalan utama. Salah satu manfaat utama dari papan iklan adalah selalu tersedia, 24 jam sehari, 365 hari setahun.
  2. Keterkenalan brand lebih signifikan: Tidak seperti iklancetak, televisi, atau radio yang menjalankan beberapa iklan secara berurutan, iklan luar ruang menawarkan kepada para pengiklan peluang untuk menjangkau pemirsa dengan pesan eksklusif yang tidak berbelit-belit.
  3. Tidak seperti iklan radio atau televisi, dengan baliho penonton tidak bisa begitu saja mengubah saluran. ketika orang-orang berjalan, mereka biasanya lebih memperhatikan lingkungan mereka dan iklan yang terpampang di daerahnya.

Spanduk

jenis jenis iklan

Spanduk adalah sejenis kain yang direntangkan dan berisikan suatu berita, propaganda, slogan dan informasi. Spanduk dapat difungsikan oleh pengiklan sebagi media untuk mempromosikan produk atau kegiatan yang akan dikeluargan dan diselenggarakan.

Sebagai wadah bagi promo perusahaan, spanduk mampu mempengaruhi citra produk yangd pat menimbulkan kepercayaan pembeli dan membangun loyalitas costumer pada produk yang dijajakan oleh perushaan.

Spanduk juga termasuk media yang tidak begitu susah dalam pembuatannya karena telah tersedia mesin digital printing. Selain itu, karena berada di luar ruang terbuka, spanduk dimungkinkan dilihat oleh banyak orang.

Adapun kelemahan beriklan melalui spanduk adalah informasi yang disajikan kepada target pasar tidak terlalu lengkap. Dan target pasar juga akan merasa bosan jika spanduk terpampang dalam frekuensi waktu yang lama.

Poster

jenis jenis iklan

Poster atau plakat merupakan hasil karya dari desain grafis yang berisis tulisan dan gambar yang dibuat dalam suatu kertas. Poster umumnya ditampilkan secara menariklewat warna-warna dan gambar yang menarik mata.

Sama seperti spanduk, poster juga biasanya bertujuan untuk menampilkan suatu iklan, sosialisasi, atau promosi sesuatu. Selain itu poster juga biasanya dipasang dengan ditempelkan di dinding atau tembok atau sekedar disebar luaskan ke khalayak.

Jenis Poster:

  1. Poster kegiatan yang digunakan untuk mensosialisasikan suatu event dan melibatkan banyak orang seperti karnaval atau jalan sehat.
  2. Poster niaga yang difungsikan untuk menginformasikan seputar perniagaan. Seperti penawaran barang dan jasa dan diskon pusat perbelanjaan.
  3. Poster layanan yang dimanfaatkan untuk mengkomunikasikan hal-hal yang terkait kepentingan masyarakat. Seperti informasi pemeriksaan kesehatan gratis
  4. Poster pendidikan yang digunakan untuk menginformasikan pendidikan kepada yang membacanya

Neon Box

jenis jenis iklan

Salah satu media luar yang juga sering digunakan oleh para pengiklan adalah neon blox.

Neon box adalah media yang memfungsikan asrylic, cutting sticker dan flexy backlite digital printing. Kelebihan dari neon box adalah ia mampu menyala pada malam hari sehingga dapat berfungsi selama 24 jam.

Yang membuat neon box menarik adalah karena adanya lampu atau siste pencahayaan pada bagian dalamnya. Selain dapat menginfokan suatu iklan, ia juga dapat menjadi penerangan jalan.

Akan tetapi beriklan melalui neon box, anda perlu menambah budget tambahan berupa lampu yang besar sekaligus listrik yang digunakan.

Videotron

jenis jenis iklan

Videotron dapat dikatakan merupakan iklan luar ruang yang paling canggih karena ia tidak hanya menghasilkan tulisan namun juga gambar bergerak.

Seperti baliho, videotron juga biasanya ditempatkan di titik-titik yang baisa dilalui oleh banyak orang di kota-kota besar.

Tampilan gambar bergerak yang dihasilkan tidak hanya menjadi wadah bagi promosi barang tapi juga sekaligus hiburan bagi pengguna jalan.

Iklan yang ditampilkan pun lebih menarik, dinamis, dan tidakk kaku. Tidak hanya sebagai media promosi,videotron juga dapat dimanfaatkan oleh pemerintah setempat untuk informais layanan masyarakat.

Wall Painting

jenis jenis iklan

Wall painting merupakan media iklan yang memanfaatkan tembok terbuka. Pengiklan harus menyediakan cat dan sesorang yang ahli dalam membuat visual di sebuah tempat terbuka.

Biasanya wall painting dimanfaatkan sebagai iklan layanan masyarakat yang umumnya dimanfaatkan oleh pemerintah kota.

Jarang ditemukan sebuah perusahaan besar memanfaatkan tembok sebagai media promosinya. Tentunya karena ini dapat menimbulkan penyalahgunaan wewenang atas tempat terbuka.

Contoh pemanfaatan wall painting bisa anda temukan pada desa wisata yang biasanya menampilkan gambar0-gambar unik yang disertai dengan himbauan atau kata-kata bijak.

Phamflet

jenis jenis iklan

Pamplet atau bookletmerupakan selebaran yang difungsikan untuk menyebarkan informasi kepada khalayak. Pamflet biasanya juga dijadikan wadah promsi karena biaya prduksinya yang murah.

Umunya media ini dibuat dalam ukuran A3 (21 X 29,7 CM) dan A4 (29,7 X 42 CM).

Pamflet selalu menggunkan bahasa yang lugas dan persuasif serta tema-tema yang digunakan aktual. Pamflet sebagai wadah komunikasi mempunyai berbagai jenis, mulai dari pamflet politik yang difungsikan untuk menarik pemilih.

Pamflet niaga, yang digunakan untuk kepentingan promosi. Pamflet pendidikan, untuk kepentingan sekolah, dan pamflet seni budaya untuk kegiatan seni dan pertunjukan.

Contoh pamflet dapat ditemukan dalam selebaran tentang kegiatan islamic book fair yang akan diadakan di GOR Universitas Negeri Yogyakarta.

Flyer

jenis jenis iklan

Flyer atau selebaran adalah sejenis lembaran cetak tunggal yang berisikan informasi secara garis besar yang difungsikan untuk dibaca secara cepat.

Flyer umumnya disebarkan secara anual kepada orang-orang yang tengah berlallu lalang atau pun dalam sebuah acara.

Karena fungsinya untuk ajang promosi yang praktis, jarang orang yang menyimpangnya dan menyebar dan terbuang.

Proses ini lah yang dinamakan dengan flyer atau terbang. Kertas yang digunakan membuat flyer adalah kertas biasa tidak seperti media iklan lainnya. Biasanya flyer dicetak dengan kertas berukuran A4, A5 dan A6

Banner

jenis jenis iklan

Banner merupakan media informasi sejenis poster dengan ukuran yang dibuat lebih besar.

Banner biasanya digunakan untuk mengenalkan sebuah produk atau kegiatan yang sedang berlangsung atau akan diselenggarakan.banner sering digunakan karena fungsinya yang mudah untuk dipindah-pindahkan.

Banner juga dapat dikatakan sebagai penyederhanaan dari baliho sebagai ajang promosi dan menyebarkan informasi.

Bentuk banner bisa berupa vertikal atau horizontal tergantung kebutuhan. Banner juga terdiri dari x banner, roll up banner dan y banner.

Billboard

jenis jenis iklan

Billboard atau reklame adalah bagian dari promsi iklan luar ruangan yang berukuran besar yang kerap dilihat di sepanjang jalan.

Billboard adalah reklame yang terbuat dari logam, kaca, kain, dan kayu yang umumnya bersifat permanen.

Seiring majunya teknoogi, billboar kini dapat dijumpai dalam wujud digital billboard dan mobile billboard yang umumnya dipasang di belakang mobil.

Contoh iklan billboard adalah iklan rokor atau iklan pendidikan yang berkaitan dengan sekolah atau universitas.

Umbul-umbul

jenis jenis iklan

Umbul-umbul biasanya dibentuk menggunakan kain berwarna warni dan ditopang menggunakan bambu. Umbul-umbul dapat ditemui di lokasi strategis seperti di pinggiran jalan dan gedung strategis.

Umbul-umbul biasanya difungsikan untuk memeriahkan suasana sebuah acara.

Secara tradisonal umbul-umbul hanay terdpat satu warna dan bentuknya seperti bendera. Dalam kebudayaan jawa danbali, umbul-umbul digunakan dalam sebuah perayaan besar.

Kini ia juga difungsikan sebagai media promosi karena cukup menarik perhatian.

Media Online

jenis jenis iklan

internet dapat menjadi cara yang efektif untuk menarik pelanggan baru. anda dapat menjangkau target pasar global dengan biaya rendah. Banyak pelanggan yang meneliti bisnis online sebelum memutuskan untuk membeli dari siapa.

Situs web yang dirancang dengan baik dapat menarik pelanggan untuk membeli sebuah produk. Ada sejumlah cara untuk dapat mempromosikan bisnis online anda melalui iklanberbayar atau untuk meningkatkan peringkat mesin pencari Anda. Pelajari lebih lanjut tentang berbisnis online.

Cara lain untuk mengiklankan bisnis online termasuk mempromosikan produk atau layanan Anda di situs media sosial, blog dan mesin pencari dan situs web lain yang dikunjungi target pasar anda.

Leave a Reply