Jenis Jenis Jaringan Komputer – Pengertian, Manfaat, Fungsi, Sejarah (Lengkap)

Jenis Jenis Jaringan Komputer – Pengertian, Manfaat, Fungsi, Sejarah (Lengkap)

Jaringan Komputer – Sekarang ini kita bisa melakukan banyak hal melalui komputer mulai dari mengirim pesan, berselancar di internet, mendengarkan musik online, streaming film terbaru hingga mengunggah berbagai macam multimedia. Semua hal ini dapat dilakukan berkat adanya jaringan komputer. Dengan adanya jaringan komputer segala macam akses data bisa kita lakukan dari komputer mana saja  yang terhubung ke jaringan komputer.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer
Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan jaringan yang memungkinkan adanya komunikasi antar perangkat komputer satu dengan yang lain dalam bentuk pertukaran data. Jaringan komputer juga dapat diartikan sebagai istilah yang merujuk pada kumpulan dari beberapa terminal komunikasi yang tersusun atas dua atau lebih komputer dan saling terhubung.

Jaringan komputer dibuat dengan tujuan supaya informasi ataupun data yang dikirim oleh transmitterbisa sampai ke receiver (penerima) dengan tepat sasaran dan sesuai target. Dengan adanya jaringan komputer pengguna dapat berkomunikasi antara saut pengguna komputer dengan pengguna komputer lainnya dengan sangat mudah.

Sistem client-server Jaringan komputer

Jaringan Komputer
Jaringan Komputer

Jaringan komputer juga sangat diperlukan untuk melakukan integrasi data beberapa komputer clientagar diperoleh data hasil integrasi yang relevan. Komputer yang berperan sebagai penerima layanan jaringan disebut client, sedangkan komputer yang memberikan layanan jaringan disebut server. Konsep jaringan ini disebut dengan sistem client-server. Hampir semua aplikasi jaringan komputer menggunakan sistem client-server.

Cara kerja dari jaringan komputer adalah dengan adanya dua atau lebih komputer yang masing-masing komputernya mempunyai sebuah kartu jaringan, lalu disambungkan menggunakan kabel maupun secara nirkabel sebagai media transmisi data. Perangkat lunak sistem operasi jaringan yang berada di semua komputer yang terhubung kemudian kan membuat sebuah jaring komputer yang simpel.

Untuk jaringan komputer yang lebih luas dengan komputer yang banyak maka akan memerlukan perangkat tambahan untuk menghubungkan transmisi data seperti bridge, hub, switch, router, gateway.

Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan Komputer
Jaringan Komputer
  • Dengan jaringan komputer seseorang yang berbeda negara dapat berhubungan dengan mudah
  • Pengiriman data melalui jaringan komputer dapat dilakukan secara cepat dan efisien
  • Jaringan komputer memungkinkan pengguna mengakses data yang dimiliki pengguna maupun data pengguna lain yang sudah disebar menggunakan jaringan seperti internet
  • Antar pengguna jaringan komputer dapat saling mengirim teks, gambar, audio, maupun multimedia lainnya seperti video secara langsung (real time)melalui jaringan komputer.
  • Pengguna dapat mengakses berbagai macam informasi dan berita melalui situs internet yang diaman internet ini merupakan jaringan komputer secara global.
  • Salah satu contoh efisiensi akibat penggunaan jaringan komputer adalah semisal dalam suatu kantor diperlukan printer untuk mencetak, tidak perlu menyediakan satu printer untuk setiap komputer, namun hanya perlu menyediakan satu printer untuk beberapa komputer dan kemudian antar komputer tersebut disambungkan melalui sebuah jaringan lokal. Dengan cara ini semua karyawan kantor dapat mencetak dengan printer yang sama dari komputernya masing-masing.

Sejarah Jaringan Komputer

Jaringan Komputer
Jaringan Komputer

Sejarah jaringan komputer berawal saat munculnya konsep jaringan pada sekitar tahun 1940an di Amerika Serikat. Konsep jaringan komputer ini dicetuskan oleh suatu proyek pengembangan komputer MODEL I oleh Universitas Harvard yang dikepalai oleh Profesor Howard Alken. Pengembangan komputer MODEL I ini dilakukan di Laboratorium Bell.

Pada awalnya proyek ini bertujuan untuk memanfaatkan satu perangkat komputer namun harus digunakan bersama. Tim pengembang ini membuat sebuah proses beruntun yang disebut batch processing untuk mengerjakan beberapa proses untuk membuang waktu kosong. Dengan batch processing ini beberapa program dapat dijalankan secara berurutan dengan bentuk antrian.

Perkembangan jaringan komputer ini juga sejalan dengan perkembangan teknologi komputer itu sendiri. Pada sekitar tahun 1950an mulai berkembang jenis super komputer. Super komputer ini harus melayani beberapa terminal, sehingga kemudian dikembangkan konsep distribusi proses yang bernama TSS (Time Sharing Syatem)yang melakukan distribusi proses berdasarkan waktu.

Dengan menggunakan sistem TSS beberapa terminal terhubung dengan rangkaian seri kepada host yang berupa komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam jaringan. Teknologi komputer dan teknologi komunikasi yang awalnya berkembang sendiri-sendiri dengan adanya TSS ini menandakan adanya penggabungan perkembangan dua jenis teknologi ini.

Jaringan Komputer ARPANET

Jaringan Komputer
Jaringan Komputer

Di tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika membuat penelitian dengan tujuan memadukan beberapa komputer untuk membentuk jaringan organik. Program penelitian ini memiliki julukan ARPANET. Seiring perkembangannya lebih dari sepuluh buah komputer sudah bisa saling dihubungkan agar membentuk jaringan dan bisa saling berkomunikasi pada tahun 1970.

Ditahun yang sama itu juga mulai digunakan konsep proses distribusi karena perkembangan jaringan komputer yang semakin baik dan meningkatnya beban pekerjaan yang disertai meningkatnya harga komputer. Dalam proses distribusi ini pekerjaan besar dikerjakan oleh beberapa komputer host secara paralel dan melayani beberapa terminal yang tersambung ke host komputer secara seri.

Proses distribusi sudah wajib dibutuhkan oleh penggabungan antara teknologi komputer dengan teknologi komunikasi, hal ini bukan hanya adanya proses yang mesti didistribusikan, namun juga karena seluruh host  harus dengan perintah tunggal dari komputer pusat bisa  melayani  terminal-terminalnya.

Roy Tolimson di tahun 1972 sukses dalam mengembangkan perangkat surat elektronik atau yang biasa disebut sebagai email. Program surat elektronik ini awalnya dibuat untuk proyek ARPANET pada tahun sebelumnya. Program ini langsung menjadi sangat populer karena kemudahannya untuk digunakan. Dengan popularitas surat elektronik ini logo at (@) mulai dijadikan sebagai ikon penting yang memiliki makna “pada”.

Jaringan ARPANET pada tahun 1973 mulai diperkenalkan secara luas ke luar Amerika Serikat. Anggota jaringan ARPANET yang pertama di luar Amerika Serikat adalah komputer Univercity College London.

Masih di tahun yang sama, Vinton Cerf dan Bob Kahn yang merupakan dua orang ahli komputer memperkenalkan gagasan yang lebih maju dari sebelumnya. Gagasan inilah yang nantinya akan menjadi cikal bakal internet. Kedua ahli komputer ini mempresentasikan ide mereka di Universitas Sussex.

Pada 26 Maret 1976 Ratu Inggris sukses mengirim sebuah surat elektronik dari Royal Signals and Radar Estabhilshment. Kemudian pada tahun 1977 sudah terdapat lebih dari 100 komputer yang saling terhubung di ARPANET membentuk jaringan komputer.

Jaringan Komputer Internet Relay Chat

Jaringan Komputer
Jaringan Komputer

Pada tahun 1979 tiga orang ahli komputer bernama Jim Ellis, Tom Truscott dan Steve Bellovin berhasil menciptakan User Network (USENET) yang merupakan newsgroup pertama yang pernah ada. France Telecom pada 1981 berhasil membuat gebrakan baru dengan menciptakan telepon televisi pertama. Dengan telepon televisi ini orang bisa menelepon dan juga berhubungan dengan video.

Dengan semakin bertambahnya pemakai komputer yang membuat jaringan, diperlukan sebuah protokol resmi yang bisa diterima dan diakui oleh semua jaringan komputer. Oleh karena itu dibuatlah TCP (Transmission Control Protocol) pada tahun 1982. TCP ini juga sering dikenal dengan istilah Internet Protocol (IP).

Pada saat yang bersamaan perkembangan jaringan komputer di Eropa melahirkan EUNET (Europe Network), yaitu jaringan komputer serupa dengan TCP yang meliputi beberapa negara di Eropa seperti Swedia, Belanda, Denmark dan Inggris. Salah satu layanan yang disediakan oleh EUNET adalah newsgroup USENET dan jasa surat elektronik.

Pada tahun 1984 untuk melakukan penyeragaman alamat di jaringan komputer maka dibuatlah Sistem Penamaan Domain yang diberi nama DNS (domain name system). Setelah diluncurkan sistem DNS ini sudah menghubungkan lebih dari seribu komputer pada jaringannya. Bahkan pada tahun 1987 sudah terdapat lebih dari sepuluh ribu komputer yang tersambung ke jaringan komputer dengan sistem DNS.

Seorang ahli jaringan komputer dari Swedia bernama Jarkko Oikarinen pada tahun 1988 meluncurkan IRC (Internet Relay Chat)Internet Relay Chat memungkinkan dua atau lebih pengguna jaringan komputer untuk saling berinteraksi secara langsung atau real timedengan mengirim pesan singkat. Kegiatan saling mengirim pesan singkat menggunakan jaringan komputer ini kemudian dikenal dengan istilah online chatting.

Dikarenakan semakin populernya online chatting, jumlah komputer yang terhubung ke jaringan semakin melonjak bahkan hingga sepuluh kali lipatnya atau sekitar lebih dari seratus ribu pengguna komputer.

Seorang ahli jaringan komputer bernama Tim Berners Lee pada tahun 1990 melakukan perancangan sebuah program untuk menyunting dan menjelajah jaringan komputer antara satu komputer dengan komputer lain. Program ini kemudian disebut WWW yang merupakan singkatan dari Waring Wera Wanua atau lebih dikenal luas sebagai World Wide Web.

Dua tahun setelah Tim Berners Lee menciptakan World Wide Web, pengguna jaringan komputer sudah mencapai lebih dari satu juta pengguna yang tersambung di seluruh dunia. Dengan pengguna jaringan yang banyak melakukan penjelajahan melalui World Wide Web kemudian muncul istilah surfing.

Setelah berkembang dan digunakan secara luas selama 4 tahun, pertumbuhan situs di internet sudah mencapai 3000 alamat halaman internet. Pada tahun yang sama juga untuk pertama kalinya dalam sejarah, munculnya virtual shopping dan e-retailuntuk berbelanja secara virtual di internet. Pada tahun ini juga muncul salah satu mesin pencari yang sangat populer yaitu Yahoo! dan juga muncul Netscape Navigator.

Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan Geografis

Jaringan Komputer
Jaringan Komputer

Berdasarkan geografisnya maksudnya adalah ruang lingkup dari jaringan komputer. Jaringan komputer dibedakan menjadi

1. Jaringan Wilayah Lokal atau Local Area Network (LAN)

Jaringan ini merupakan jaringan komputer yang dimiliki secara pribadi. Jaringan ini umumnya digunakan untuk cakupan sebuah gedung atau yang berjarak hingga 1-10 kilometer.  LAN banyak digunakan dalam menyambungkan beberapa  personal computer (PC) dan workstation (stasiun kerja) pada satu kantor maupun pabrik untuk menggunakan sumber daya secara bersama dan saling bertukar data, misalnya untuk berbagi sambungan ke printer dan scanner dari beberapa komputer ataupun berbagi jaringan internet.

2. Jaringan Wilayah Metropolitan atauMetropolitan Area Network (MAN)

Jaringan ini adalah perluasan dari jaringan wilayah lokal (LAN) yang dapat mencakup hingga satu kota yang terdiri dari puluhan bangunan dengan radius bisa mencapai hingga 10-50 km. Pada jaringan ini digunakan kabel transmisi berupa kabel serat optik.

3. Jaringan Wilayah Luas atau Wide Area Network(WAN)

Jaringan ini merupakan jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan yang lain antar kota ataupun kabupaten , antar provinsi, antar provinsi, antar negara hingga antar benua.

Contohnya adalah jaringan yang menghubungkan antar kantor pemerintahan provinsi di seluruh Indonesia atau jaringan yang menghubungkan antar pertukaran data bank Internasional yang berada di berbagai negara di 5 benua. Dalam pengiriman datanya jaringan ini menggunakan satelit sebagai transmisi utama, namun beberapa jaringan WAN yang tidak terlalu luas jangkauannya seperti antar kota masih mengandalkan sambungan serat optik.

Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya

Jaringan Komputer
Jaringan Komputer

1. Jaringan Klien-Server atau Client-Server

Pada konsep jaringan ini terdapat satu komputer yang dijadikan peladen atau pusat jaringan (server) dan komputer lainnya sebagai klien (client). Segala macam permintaan layanan jaringan dari komputer yang berperan sebagai klien harus melalui komputer server terlebih dahulu kemudian komputer server inilah yang akan mengorganisir pelayanannya.

Jika komunikasi permintaan pelayanan terlalu banyak atau sibuk, bukan hanya satu komputer yang bisa   berfungsi sebagai server namun bisa ditambahkan beberapa komputer lagi. Tugas dari server ini kemudian akan dibagi-bagi ke setiap komputer server seperti file-server, print-server, database-server, dan lain-lain.

Komputer yang dijadikan sebagai server tentu saja harus memiliki spesifikasi yang lebih baik dari komputer klien nya. Spesifikasi yang dituntut baik meliputi kapasitas memori, kapasitas penyimpanan harddisk, kecepatan prosesor.

2. Jaringan Ujung ke ujung (peer to peer)

Jaringan ini ditujukan dengan komputer yang saling mendukung jaringan. Dalam jaringan ini setiap komputer bisa menggunakan sumber daya dari komputer yang lain, namun juga sebaliknya komputer pengguna harus siap untuk menerima permintaan layanan dari komputer lainnya yang terhubung. Umumnya jaringan seperti ini hanya bisa digunakan dengan maksimal pengguna 25 komputer dikarenakan tidak ada komputer khusus yang mengorganisir permintaan layanan sehingga ketika permintaan layanan banyak bisa menjadi macet.

Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi Jaringan

Jaringan Komputer
Jaringan Komputer

Topologi jaringan merupakan sebuah sistem berupa rangkaian komputer yang dirancang untuk saling berbagi sumber daya, saling berkomunikasi dan bisa saling mengakses informasi. Bentuk koneksinya bisa dihubungkan lewat kawat tembaga, optic fiberdan gelombang mikro maupun satelit komunikasi. Ada beberapa jenis rangkaian topologi jaringan, yaitu:

  • Topologi Ring yaitu topologi jaringan yang digunakan untuk menyambungkan antar komputer dengan rangkaian melingkar seperti cincin. Contohnya Komputer rangkaian Komputer1- Komputer 2 – Komputer3 – Komputer4 – Komputer 1. Pada topologi jenis ring umumnya untuk bisa tersambung antar komputer hanya dipasang kartu LAN.
  • Topologi Bus yaitu topologi jaringan dimana setiap komputer pengguna disambungkan dengan kabel coaxial. Setiap komputer yang terhubung ke kabel coaxial menggunakan konektor baik berupa Terminator, TNBC maupun BNC. Topologi jaringan ini sangat mudah digunakan dan lebih sederhana.
  • Topologi Star yaitu topologi jaringan yang setiap komputer klien akan terhubung ke hub atau switch dan membentuk pola bintang. Dengan semua komputer terhubung ke switch maka ketika ada salah satu komputer yang bermasalah, koneksi jaringan kan tetap optimal namun jika hub atau switch yang bermasalah maka seluruh komputer klien pun akan ikut mengalami masalah.
  • Topologi Mesh yaitu topologi jaringan dimana setiap komputer terhubung satu sama lain tanpa menggunakan hub atau switch.
  • Topologi Tree yaitu jaringan topologi hasil perpaduan topologi star dan topologi bus dimana terdapat core layer, distribution layer dan access layer.
  • Topologi peer to peer yaitu topologi jaringan dimana hanya menggunkana dua komputer  yang terhubung melalui kabel untuk saling mengirim dan menerima data.
  • Topologi Linier yaitu topologi jaringan dimana beberapa komputer disambungkan melalui satu kabel utama untuk terhubung ke setiap komputer.
  • Topologi Hybrid yaitu topologi jaringan yang merupakan perpaduan dari beberapa topologi yang berbeda untuk membuat rangkaian jaringan baru.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Jaringan Komputer

Leave a Comment