Daftar Isi Perlengkapan Kotak P3K Sesuai Standar Kesehatan (Lengkap)

Daftar Isi Perlengkapan Kotak P3K Sesuai Standar Kesehatan (Lengkap)

Isi Kotak P3K – P3K merupakan salah satu sarana yang memang harus di sediakan di manapun lokasi anda, baik di dalam mobil atau rumah anda. Kotak P3K sendiri memiliki tujuan yang baik dari pengadaan untuk sebagai langkah mengantisipasi dan juga untuk menjadi, penanganan diri cedera atau luka. Cedera atau luka sendiri, memang suatu hal yang terjadi secara tiba-tiba dan tentunya membutuhkan penanganan cepat. Penting bagi kita untuk tahu isi kotak P3K.

Hal ini yang membuat isi kotak P3K harus dimiliki dan dipersiapkan, sebaik mungkin. Anda dapat meletakkan berbagai obat-obatan yang mana di tempat yang mudah untuk ditemukan dan dicari oleh orang dewasa. Namun salah satu hal yang perlu diperhatikan anda dapat menjauhkannya dari jangkauan anak-anak. Pastikan juga bahwa kotak P3K yang anda miliki selalu dalam keadaan terkunci.

Persiapan Penting dalam P3K

Isi Kotak P3K
Isi Kotak P3K

Berikut ini adalah beberapa isi dari kotak P3K yang mana, dapat anda persiapkan untuk anda saat berada di dalam rumah. Tentunya persiapan dalam kotak P3K ini harus lengkap, agar dapat menangani bagaimana keadaan darurat yang kemungkinan akan terjadi. Berikut ini adalah persiapan penting yang dapat anda persiapkan di rumah.

  1. Persiapkan perban
  2. Kain kasa gulung dan juga dipastikan selalu dalam keadaan yang steril
  3. Peniti
  4. Sarung tangan yang dibuat dalam bahan lateks
  5. Gunting
  6. Larutan providone-iodine yang mana dapat anda gunakan, sebagai disinfektan luka sendiri
  7. Menyiapkan tisu pembersih, yang mana bebas dari alkohol
  8. Cairan yang mana digunakan untuk membersihkan benda asing untuk luka. Anda dapat menyiapkan larutan garam atau air steril
  9. krim atau salep antiseptik
  10. salep yang dapat digunakan untuk antiseptik
  11. plester luka
  12. obat untuk meredakan gatal, atau bahkan gigitan serangga dan juga alergi
  13. obat antinyeri yang mana, anda dapat menggunakannya sebagai parasetamol. Obat ini juga dapat anda gunakan, sebagai meredakan demam
  14. obat flu dan juga obat batuk
  15. obat tetes mata
  16. obat darurat, yang mana dapat digunakan jika anggota keluarga anda membutuhkan seperti inhaler untuk penderita sendiri
  17. termometer

Isi Kotak P3K yang Harus Dibawa saat Bepergian

Isi Kotak P3K
Isi Kotak P3K

Saat liburan datang, tentunya akan sangat pas jika dapat dinikmati bersama dengan keluarga tercinta. Namun salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan, adalah membawa kotak P3K di dalam tas anda. Terutama jika anda ingin bepergian dalam waktu yang lama, keluar kota seperti ke gunung, atau bahkan ke pantai. Berikut ini adalah isi kotak dari P3K yang wajib untuk anda miliki di kendaraan anda.

  1. Kain kasa sterik
  2. Cairan atau gel antiseptik
  3. Sarung tangan dengan bahan lateks
  4. Memiliki peniti
  5. Termometer
  6. Persiapkan pinset
  7. Gunting
  8. Plester luka
  9. Obat-obatan pribadi yang mana dapat disesuaikan dengan apa yang sedang anda konsumsi
  10. Obat maag, diare dan juga obat yang dapat digunakan untuk alergi
  11. Obat batuk dan juga obat flu
  12. Obat antinyeri, atau yang mana seperti paracetamol
  13. Krim atau gel lidah buaya. Gel lidah buaya ini, dapat anda gunakan untuk menangani jika kulit dalam kondisi terbakar matahari sendiri
  14. Jangan lupa untuk menyediakan korek api
  15. Pisau lipat berukuran kecil
  16. Senter kecil
  17. Catatan yang mana berisi, berbagai nomor-nomor penting
  18. Kantong plastik yang berwarna bening, namun pastikan bahwa plastik ini dapat digunakan kembali seperti dengan plastik klip
  19. Masker yang dapat digunakan untuk RJP atau bantuan napas buatan jika memang dibutuhkan. Hal ini juga menjadi salah satu hal yang penting untuk pertolongan pertama.

Isi Kotak dari P3K yang Khusus untuk Kebutuhan Bayi

Isi Kotak P3K
Isi Kotak P3K

Katau daya tahan tubuh dari bayi sendiri memang sangat rentan jika dibandingkan dengan keadaan atau kesehatan orang dewasa sendiri. Memang sudah menjadi salah satu kewajiban, untuk anda menyiapkan kotak P3K. Namun kotak P3K yang akan digunakan untuk bayi sendiri tentunya berbeda. Berikut ini adalah isi kotak P3K untuk bayi.

  1. Persiapkan perban biasa, yang mana dapat digunakan untuk menutup luka atau bahkan bentuk perban segitiga sendiri
  2. Plester yang mana memiliki berbagai ukuran, yang dapat anda gunakan untuk merekatkan kain kasa atau bahkan menutup lecet dan juga luka ringan yang kemungkinan dimiliki oleh bayi
  3. Persiapkan juga kain kasa steril, gunting dan juga pinset kecil yang dibutuhkan
  4. Jangan lupa juga untuk menyiapkan tisu antiseptik
  5. Antiseptik dalam hal ini juga sangat penting, anda dapat menyiapkannya dalam bentuk krim atau bahkan larutan. Antiseptik ini dapat digunakan, untuk luka atau setelah luka dibersihkan
  6. Persiapkan juga bagaimana obat untuk meredakan rasa sakit dan juga demam, yang biasanya dapat dialami oleh para bayi. Dalam hal ini anda dapat menggunakan parasetamol. Parasetamol juga dapat dilengkapi dengan sendok takar yang dapat anda gunakan langsung.
  7. Salep untuk anti alergi yang biasanya terjadi pada bayi. Anda juga dapat menggunakannya untuk meredakan gatal dan juga nyeri yang mana terjadi jika terkena dengan sengatan atau bahkan gigitan serangga untuk mengurangi pembengkakan yang ada.
  8. Losion calamine, yang dapat anda gunakan untuk meringankan ruam pada kulit anda. Hal ini juga bisa terjadi akibat tersengat dari sinar matahari atau bahkan gatal, yang biasanya terjadi karena terjadinya iritasi.

Dengan segala persiapan yang di lakukan, memang tidak berbeda jauh dengan apa yang dibtuuhkan oleh orang dewasa, namun memang ada beberapa obat yang memang berbeda dan juga dibutuhkan terutama untuk para bayi. Hal ini akan menjaga bayi agar selalu aman, terutama jika dirinya rentan terkena penyakit atau hal-hal yang memang tidak diinginkan oleh semua orangtua. Menjadi hal yang sangat penting untuk mempersiapkan P3K.

Hal Penting Lain dari Kotak P3K

Isi Kotak P3K
Isi Kotak P3K
  1. Untuk anda yang ingin menyiapkan kotak P3K sendiri, dalam hal ini anda diharuskan untuk dapat memisahkan isi dari kotak P3K yang digunakan atau dibawa. Anda diharuskan untuki memisahkan jenis obat-obatan dengan alat untuk merawat luka yang kemungkinan akan terjadi. Jangan lupa untuk selalu menyimpannya dalam plastik klip dan diberikan nama untuk obat.
  2. Jangan lupa untuk meletakkan kotak P3K yang dibutuhkan, di dapur. Dalam hal ini dikarenakan, biasanya kecelakaan kecil terjadi saat melakukan aktivitas di dapur. Jangan lupa untuk menghindari meletakkan kotak P3K di dapur, hal ini dikarenakan di kamar mandi memiliki kadar kelembapan yang sangat tinggi.
  3. Jangan meletakkan obat di daerah, atau udara yang terlalu lembap. Dengan anda yang meletakkan obat-obatan yang diletakan dalam daerah lembab, dikarenakan daerah yang lembab justru akan merusak dari keadaan obat tersebut.
  4. Jangan lupa untuk menggunakan kotak yang kedap air. Dalam hal ini, untuk meletakkan isi dari kotak P3K sendiri harus menggunakan kotak yang kedap dari air agar obat dapat terhindar dari berbagai cairan yang akan merusak dari obat sendiri. Untuk anda yang ingin memisahkan kotak P3K, anda dapat memisahkan jenis obat-obatan yang digunakan untuk merawat luka dan lainnya.
  5. Pastikan bahwa anda juga menggunakan semua obat, yang anda miliki di peralatan obat P3K sendiri. Pastikan bahwa anda juga mengerti, obat-obatan yang anda siman dalam kotak P3K anda.
  6. Jangan lupa untuk mengajarkan, bagaimana semua anggota keluarga dapat menggunakan obat-obatan yang ada didalam kotak P3K anda. Pastikan bahwa tanggal kadaluwarsa, dalam obat-obatan tersebut secara berkala.

Isi Penting Tambahan yang Harus menjadi Isi Kotak P3K

Isi Kotak P3K
Isi Kotak P3K
  1. Salah satu isi penting tambahan, anda juga harus mempersiapkan plester. Anda juga dapat menggunakan Hyprafik yang mana memiliki ukuran 5×5 atau Micropore yang dapat anda gunakan untuk kulit yang sensitive.
  2. Anda juga dapat mempersiapkan Iodine Providine 30ML. Dalam hal ini anda juga dapat menggunakan betadine atau salep betadine, yang mana berukuran 10 ML. Ukuran ini merupakan salah stau ukuran yang pas, terutama untuk P3K yang akan anda bawa-bawa kemana-mana.
  3. Selain itu, anda juga dapat mempersiapkan alkohol, anda dapat memilih alkohol dengan takaran 70%.
  4. Rivanol
  5. Lalu kapas bersih, anda juga dapat menggunakan atau mempersiapkan kapas apapun seperti kapas bebas, atau kapas sari atau bahkan kapas Husada 50 gr.
  6. Perban gulung yang mana memiliki ukuran 5 cm.
  7. Selain perban gulung yang berukuran 5 cm, anda juga dapat mempersiapkan perban dulung yang berukuran 10 cm.
  8. Anda juga dapat menyiapkan kasa steril minimal 2 kotak. Kasa ini dapat anda gunakan untuk dapat menutup luka kecil yang kemungkinan akan terjadi.
  9. Perban elastis.
  10. Kain segitiga atau yang dapat dinamakan seperti Mitella yang mana dapat berbentuk seperti dasi pramuka
  11. Gunting
  12. Termometer
  13. Sarung tangan yang sudah dipastikan dalam keadaan steril
  14. Dan juga cotton bud

Isi Obat-obatan yang Tidak boleh Terlewatkan dalam P3K

Isi Kotak P3K
Isi Kotak P3K
  1. Hal yang juga anda butuhkan dalam mengisi kotak P3K yang ada, yaitu paracetamol yang mana memiliki table dengan berat 500 mg. tablet ini dapat anda gunakan untuk mengatasi nyeri, sakit kepala dan juga demam.
  2. Onbat CTM yang dapat anda gunakan untuk alergi,
  3. Obat tetes mata, anda juga dapat menggunakan beberapa obat yang memang cocok untuk anda gunakan seperti dengan rohto, visine atau merek lainnya yang anda rasa cocok dengan kesehatan mata anda.
  4. Obat diare, yang mana anda dapat menggunakan seperti diapet, entrostop atau merk lainnya yang dapat anda gunakan dan cocok untuk anda.
  5. Krim yang dapat anda gunakan untuk mengatasi luka bakar.
  6. Minyak kayu putih yang dapat digunakan untuk apapun
  7. Obat diare, anda juga dapat menggunakan obat yang anda inginkan atau cocok denga anda. Dalam hal ini, anda juga dapat menggunakan diapet, entrostop, norit, atau merk lainnya yang anda sukai atau cocok untuk digunakan.
  8. Obat pencahar, atau untuk anda yang kesulitan saat buang air besar.
  9. Anda juga dapat menyipakna krim, yang dapat anda gunakan untuk luka bakar.
  10. Minyak kayu putih
  11. Balsam
  12. Obat asma yang dapat anda gunakan untuk di hirup
  13. Obat batuk dengan merk yang sekiranya cocok, untuk anda.

Hal Penting Mengenai P3K

Isi Kotak P3K
Isi Kotak P3K

Jika dalam P3K, ada beberapa hal penting yang harus anda ketahui mengenai kotak P3K sendiri. Dalam hal ini, anda dapat membuat sebuah kotak sendiri untuk isi dari P3K yang akan anda miliki. Walaupun saat ini banyak dijual kotak P3K, namun anda harus memperhatikan dengan betul bagaimana keadaan dari kotak P3K tersebut. Salah satu ide dalam membuat kotak P3K adalah, dengan membuatnya dari kayu.

KP3K sendiri akan sangat memiliki penampilan yang unik namun juga berguna untuk dapat dibawa kemana-mana. Pastikan juga bahwa kotak yang akan anda bawa dalam perjalanan berbeda dengan apa yang anda miliki di rumah. Hal ini akan membuat anda selalu sedia, dengan apa yang akan anda bawa dalam perjalanan maupun peralatan yang ada di rumah.

Perhatikan juga bahwa anda harus selalu meletakkan, kotak P3K yang anda miliki untuk selalu jauh dari jangkauan anak-anak. Dalam hal ini anda dapat meletakkannya, agar sulit untuk di jangkau oleh anak-anak namun dapat di jangkau dengan mudah oleh para orang dewasa. Anda juga dapat menempatkan bagian kaca pada bagian tengah kotak P3K yang anda miliki.

Dalam hal ini, akan membantu anda untuk melihat apa yang ada pada bagian dalam kotal tersebut. Bahkan dalam hal ini., anda juga dapat dengan mudah untuk melakukan pengecekan sudah berapa lama obat atau barang-barang yang ada dalam kotak tersebut. Bahkan anda dapat melakukan pengecekan kadaluwarsa obat dengan mudahnya saat anda memiliki kotak dengan kaca pada P3K.

Hal ini juga akan membantu anda, untuk dapat menemukan dengan mudah obat atau kebutuhan, yang anda butuhkan saat terjadi salah satu kecelakaan yang mungkin akan terjadi. Anda tidak perlu susah payah untuk membongkar dari seluruh isi kotak P3K yang anda miliki. Anda juga dapat dengan mudah untuk melakukan pengecekan apa saja obat yang sekiranya habis, atau harus anda beli kembali.

Kebiasaan Penting dalam Menjaga P3K

Isi Kotak P3K
Isi Kotak P3K

Bukan hanya memperhatikan apa saja yang berada dalam kotak P3K tersebut, namun dalam hal ini anda juga harus memperhatikan bagaimana kebiasaan yang sekiranya harus dimiliki oleh para anggota keluarga. Dalam hal ini, setiap anggota keluarga, harus terbiasa untuk selalu menggunakan kotak P3K dan meletakkannya kembali di tempat yang aman dan seharusnya. Hal ini juga agar pengguna lain tidak bingung.

Tidak bingung untuk dapat meletakkan kembali, kotak P3K yang seharusnya digunakan oleh orang tersebut atau anggota keluarga lainnya. Hal inilah yang sering sekali tidak diketahui oleh banyak orang dan membuat isi dari kotak P3K yang ada menjadi berserakan bahkan dimainkan oleh anak-anak. Biasakan untuk selalu disiplin dalam menjalankan beberapa hal terutama dalam dalam disiplin.

Hal ini juga akan menghindari anda, dari obat-obatan yang hilang atau bahkan habis saat dibutuhkan tanpa diketahui. Bahkan bukan hanya itu, anda juga dapat menemukannya dengan mudah saat seseorang membutuhkan bantuan atau bahkan membutuhkan obat yang steril atau selalu dalam keadaan yang bersih yang memang seharusnya berada dalam kotak P3K.

Menjadi salah satu hal yang penting, untuk dapat menjaga dan juga menggunakan P3K yang mengikuti aturan agar tetap terjaga keamanan dan juga steril dari obat-obat yang dibutuhkan terutama jika anda dalam keadaan yang darurat.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Isi Kotak P3K

Leave a Comment