Gambar Persipura

Gambar Persipura – Halo… pecinta sepak bola Indonesia, bertemu lagi pada ulasan kumpulan gambar dari klub sepak bola yang ada di Indonesia.

Gambar Persipura

Setelah pada tulisan sebelumnya kita telah mengulas beberapa rekomendasi Gambar Persebaya. Kali ini kita ada beberapa gambar seputar klub sepak bola yang berasal dari daerah timur Indonesia adalah Persipura Jayapura.

Jadi kalian para Persipura Mania tidak perlu lagi kebingungan mencari gambar untuk dijadikan sebagai foto profil WhatsApp atau sebagai wallpaper android atau laptop.

Berikut beberapa referensi gambar beserta sedikit ulasan seputar Persipura Jayapura.

Gambar Lambang Persipura Jayapura

Gambar Logo Persipura

Bagi masyarakat Papua, Persatuan Sepak Bola Indonesia Jayapura atau dengan akronim Persipura Jayapura tidak hanya sekedar sebagai klub sepak bola.

Persipura Jayapura dapat membuat pemain, suporter atau siapa saja yang menontonnya merasa menjadi bagian dari klub yang berjuluk Mutiara Hitam itu.

Semua itu tidak lepas dari tekat kuat dua tokoh besar Persipura, yaitu Ds. Mesach Koibur dan Barnabas Youwe.

Kesebelasan Persipura lahir berkat kepedulian dari beberapa pendeta yang bersekolah di Primaire Middlebare School (PMS) Kotaraja, Jayapura sekitar tahun 1952-1955.

Pada saat masih bersekolah Ds. Mesach Koibur, Barnabas Youwe dan kawan-kawan mendirikan dua kesebelasan yakni PELIKAN dan DOS (Door Oefening Sterk).

Kedua kesebelasan tersebut menjadi anggota Voetbal Bond Hollandia (VBH) dan aktif mengikuti kompetesi hingga menjadi tim yang disegani.

Saat Ds. Mesach Koibur dan kawan-kawan mendapat tugas belajar ke negeri Belanda. Selain belajar materi sesuai dengan pendidikan yang ditempuh, di sana mereka mempelajari perkembangan sepak bola di Belanda.

Hingga setelah selesai pendidikan, mereka membawa pulang ilmu dari negeri Kincir Angin ke kampung halamannya, Jayapura.

Setelah kepulangannya, Ds. Mesach Koibur tidak langsung berkecimpung di dunia sepak bola, belaiu sempat menjadi sekretaris umum GKI (Gereja Kristen Injil). Dengan jabatan itu, beliau mencoba berbakti kepada masyarakat Papua.

Namun, profesi beliau tidak berjalan lancar karena situasi Papua pada saat itu tidak menentu akibat operasi Tri Komando Rakyat (Trikora) pada tahun 1962. Sehingga membuat frustasi banyak anak muda.

Lahirnya Persipura

Sumber gambar : bola.net

Berawal dari permasalahan itulah muncul ide di kepala Ds. Mesach Koibor untuk menolong para pemuda Papua lewat kepaduan dan sepak bola.

Kepercayaan diri membentuk sebuah klub sepak bola berdasar dari pengalaman beliau dan teman-temannya di Primaire Middlebare School (PMS) Kotaraja, VBH, dan di negeri Belanda.

Kemudian Bapak Barnabas Youwe mulai mengenalkan programnya kepada masyarakat luas. Perhatiannya tertuju kepada sekolah-sekolah menengah atas  seperti Sekolah Teknik Menengah (STM).

Berkat kesungguhan hati Bapak Ds. Mesach Koibor dan Barnabas Youwe, upaya keduannya mendapat respon positif dan perlahan-lahan muncul dukungan agar dibentuk wadah yang lebih besar untuk menampung semua pemuda Papua.

Dan sampai pada akhirnya, mereka mendeklarasikan berdirinya Persatuan Sepak Bola Indonesia Jayapura (Persipura Jayapura) pada tanggal 25 Mei 1965.

Hingga kini Persipura Jayapura menjelma menjadi salah satu klub elite di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya gelar juara ISL (Indonesia Super League) sebanyak tiga kali.

Gambar Pemain Persipura

Ketika mengulas mengenai klub sepak bola, tentu tidak lengkap apabila belum membahas para pemain yang membela klub tersebut.

Persipura Jayapura dikenal sebgai salah satu klub Liga Indonesia yang kerap melahirkan pemain lokal berbakaat dengan skill yang luar biasa.

Rata-rata putra daerah Papua memiliki kecepatan berlari yang tinggi serta fisik yang kuat. Selain itu, para pemain asal tanah Cenderawasih itu juga pintar dalam mendribble bola.

Boaz Solossa

Gambar Boaz Solossa

Salah satu pemain lokal terbaik Persipura adalah Boaz Solossa. Bermain di posisi striker, Boaz sering diminta bergabung dengan Timnas Indonesia dan dikenal sebagai striker terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

Eduard Ivakdalam

Eduard Ivakdalam

Para Persipura Mania tentu tidak asing dengan sosok pada gambar di atas. Dialah Eduard Ivakdalam sang legenda maestro lini tengah dari Persipura yang menjadi salah satu kapten tersukses sepanjang sejarah klub.

Pemain yang biasa dipanggil Paitua Edu ini memiliki loyalitas yang tinggi. Dia memperkuat Persipura dari tahun 1994–2010 dan mencatatkan 218 caps.

Ia juga ikut berperan saat Persipura berhasil menjuarai Liga Indonesia untuk pertama kali pada tahun 2005 dan Indonesia Super League musim 2008–2009. Dan masih banyak prestasi membanggakan lainnya.

Wallpaper Persipura

Wallpaper Persipura

Sumber gambar : static.bolanusantara.com

Setelah mengetahui sejarah berdirinya klub berjuluk Mutiara Hitam ini, bagaimana dengan logo dari Persipura Jayapura, apakah kalian para Persipura Mania sudah mengetahuinya ?

Nah pas banget, bagi kamu yang belum tahu arti dari logo Persipura berikut penjelasan singkatnya.

  • Simbol ikan, memiliki makna yang mewakili mata pencarian masyarakat Papua, yaitu sebagai nelayan.
  • Rumah Karwari, bermakna sebagai tempat perlindungan.
  • Tiga garis bergelombang, mewakili lokasi rumah Karwari yang berada di atas perarian.
  • Lima garis vertikal, mewakili Pacasila sebagai dasar negara.
  • Padi dan Kapas, bermakna harapan Persipura selalu dalam kesejahteraan seperti halnya bunyi Pacasila sila ke-5.

Itulah, beberapa referensi gambar Persipura untuk kamu para Persipura Mania, jadi tidak perlu bingung-bingung lagi mencari gambar Persipura untuk foto profil WhatsApp atau wallpaper HP dan laptop. Sekian, terimakasih!

Baca juga : Kumpulan Gambar Persib Bandung

Leave a Reply