Macam Macam Energi Alternatif

Energi Alternatif – Bagaimana jika listrik sudah habis ? apa yang harus dilakukan ? salah satu cara yaitu dengan cara mencari energi alternatif pengganti listrik.

Energi alternatif merupakan jenis energi yang berasal dari minyak bumi atau aktivitas bumi secara alami.

Kebanyakan energi alternatif bbisa didapatkan melalui keberadaan alam dan mempunyai manfaat yang banyak bagi kehidupan manusia.

Seiring berkembangnya pengetahuan manusia akan peluang yang cerdas tentnag energi alternatif, sehingga semakin banyak jenis sumber alternatif yang bisa dilakukan di alam.

Hampir semua jenis energi alternatif mempunyai manfaatnya tersendiri yang bisa membantu kehidupan manusia untuk menghemat energi yang sudah ada karena semakin lama energi akan semakin berkurang.

Bahkan setiap manusia dan makhluk hidup, memerlukan energi tersebut untuk mengganti sumber energi lain yang semakin lama akan menyusut dan mulai habis.

Berikut ini adalah bermacam-macam penjelasan singkat tentang sumber energi alternatif yang digunakan manusia pada saat ini. contoh tentang sumber alternatif yang telah dikembangkan atau pernah dilakukan manusia.

Energi Matahari

Energi Matahari

Matahari adalah sumber energi yang paling utama bagi manusia yang ada di planet bumi, energi yang bisa dihasilkan oleh matahari berwujud sinar dan panas.

Sudah ribuan tahun lalu manusia sudahmemanfaatkan energi matahari. Cahaya panas matahari inilah yang dibutuhkan oleh manusia. karena energi matahari mempunyai banyak manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Energi matahari bisa dinikmati langsung oleh manusia seperti untuk menjemur pakaian agar cepat kering, untuk kesehatan manusia dan membuat garam, masih banyak lagi manfaat yang ditimbulkan dari energi matahari ini.

Energi matahari juga bisa digunakan sebagai alternatif energi listrik, listrik yang dihasilkan sangat kuat.

Dengan menggunakan sel surya yang terdiri dari beberapa rangkaian panel surya dengan unsur semikonduktor bisa mengubah energi matahari menjadi listrik.

Panas yang dihasilkan oleh matahari di serap oleh panel surya dan energi tersebut disimpan dalam panel penyimpanan.

Energi Angin

Energi Angin

Selanjutnya adalah sumber alernatif dari tenaga angin, energi angin merupakan suatu energi yang berasal dari  alam yang terjadi akibat rotasi bumi.

Banyak negara yang terinspirasi tentang pemanfaatan energi angin salah contohnya seperti kincir angin yang berada di negara Belanda yang digunakan untuk memompa air untuk irigasi dan menyimpan energi listrik.

Dahulu juga indonesia menggunakan kincir angin sebagai alat untuk mendapatkan listrik, Indonesia termasuk negara yang dijajah oleh Belanda hingga berabad-abad hingga masyarakat pun juga memilki ilmu dari bangsawan belanda tersebut.

Energi Gas Alam

Energi Gas Alam

Energi alternatif lainnya adalah energi dari gas alam yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia.

Energi gas alam merupakan kumpulan dari gas yang terkumpul di bawah tanah atau di dalam bumi yang terdiri dari bermacam-macam komposisi campuran hidrokarbon yang mempunyai tekanan daya yang tinggi.

Sudah banyak orang yang menggunakan energi alternatif ini dalam kehidupan sehari-hari manusia seperti gas elpiji.

Sangat Banyak manfaat yang diberikan  dari gas elpiji tersebut, salah satu contohnya yaitu untuk memasak.

Bahkan ada temuan gas alam dapat dipakai untuk bahan bakar kendaraan bermotor dan untuk mngeoprasikan mesin di suatu pabrik.

Baca Juga : Rantai Makanan

Energi Hydropower

Energi Hydropower

Energi alterntif selanjutnya adalah jenis energi listrik yang dihasilkan oleh kekuatan air yang memalui turbin Energi hydropower dibuat dengan cara membendung air sungai terlebih dahulu.

Kemudian, memakai pipa air untuk diarahkan menuju ke turbin hydropower. Semakin banyak airnya maka semakin kuat tenaga air menggerakan turbin yang telah dipasang maka akan timbul energi listrik.

Proses penggunaan ini membutuhkan air dalam jumlah yang besar. Misalnya danau dan waduk. Menurut para peneliti dapat menentukan tempat yang tepat akan bisa menyalakan lampu listrik satu desa.

Energi Tidal

Energi Tidal

Energi alternatif tidal adalah jenis energi yang memanfaatkan pasang surut air laut. Energi tidal mungkin masih asing didengar oleh masyarakat luas karena alat yang digunakan besar.

Energi tidak lebih mudah untuk diprediksi. Jika dibandingkan tenaga alternatif matahari dan energi angin, energi tidal ini masih jarang dikenal.

Energi alternatif tidal ini tidak membutuhkan yang  teknologi yang rumit. Tetapi, kelemahan dari energi tidal ini yaitu harus menggunakan alat konversi yang handal dan bisa bertahan di air laut, terutama hal yang bahaya yaitu korosi dan kekuatan pasang surut air laut.

Energi Hidrogen

Energi Hidrogen

Energi alternatif hidrogen Adalah energi yang didapatkan dari dalam bumi yang didapat dari keberadaan bahan bakar fosil.

Energi alternatif bisa diubah menjadi bahan bakar seperti bensin sebagai pengganti BBM.

Bahkan energi hidrogen dikatakan  lebih baik pembakarannya dibandingkan BBM, karena bahan bakar alternatif hidrogen tidak menghasilkan banyak polusi yang berbahaya hingga tidak membahayakan lingkungan sekitar.

Energi hidrogrn dianggap sebagai energi yang ramah karena persediaannya tidak cepat habis.

Cara membuat energi hidrogen yaitu menggunakan air lalu dibakar seperti bensin. Namun, untuk memakai energi hidrogen memang banyak memebutuhkan energi.

Energi Gelombang Laut

Energi Gelombang Laut

Hampir sama dengan energi alternatif tidal, tetapi energi gelombang laut menfaatkan kejadian alamiah dari gelombang laut.

Energi gelombang laut dapat diubah menjadi tenaga listrik. Cara kerjanya yaitu menggukana turbin yang akan memutar generatornya.

Hingga saat ini banayak negara yang telah menggunakan enrgi ini dan berani untuk mengembangkan energi gelombang laut, Sebagai salah satu pemanfaatan dari gelombang air laut yang bisa bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Energi Biofuel

Energi Biofuel

Energi biofel merupakan jenis energi alternatif yang bersal dari bahan nabati. Seperti contohnya jagung, tanaman kedondong, tanaman jarak, minyak bumi, dan lain sebagainya.

Energi bioufel bisa juga digunakan untuk nergi alternatif pengganti BBM yang biasa disebut dengan bahan bakan nabati BBN.

BBN merupakan jenis bahan bakar yang dibentuk seperti bioetanol dan biodiesel. Kendaraan bermotor bisa menggunakan jenis energi bahan bakar bioufel ini.

Namun, kelemahan dari biofuel ini tidak cocok untuk digunakan bahan bakar kendaraan karena pembakaran mesin dari kendaraan bermotor ditak bisa kencang seperti bensin.

Partikel partikel biofuel cepat meledak meledak kecil sehingga menyebabkan pembakaran yang tidak beraturan.

Energi Nuklir

Energi Nuklir

Energi nuklir adalah jenis energi yang asalnya dari reaksi barantai dari bahan radioaktif yang terjadi diadalam sebuah reaksi yang berlangsung secara kimia.

Energi alternatif pada nuklir ini sangatlah besar, diberitahuakan bahwa masyarakat jepang juga menggunakan nuklir untuk menjadikan listrik yang sanagat berpotensi tinggi.

Seperti contohnya sebanyak 1 gr zat radioaktif nuklir bisa menghasilkan listrik hingga 50 ribu kwh/jam.

Jadi nuklir termasuk salah satu energi alternatif yang cocok digunakan untuk pengganti energi dari listrik.

Energi nuklir tidak memilkik dampak pada rumah berkaca dan tidak merusak atmosferbumi sehingga terhindar dari pemanasan global.

Hampir seluruh kota jepang menggunakan energi nuklir ini karena dianggap sangat menguntungkan dan lebih hemat untuk pengeluaran dalam hal listrik.

 

Leave a Reply