5 Cara Membuat Desain Poster yang Menarik dan Elegan (Lengkap)

Desain Poster – Perkembangan teknologi saat ini semakin canggih perlahan-lahan media cetak semakin berkurang, Namun keberadaan poster hingga saat ini masih dijadikan sebagai media publikasi yang cukup baik. Sebelum membuat poster pikirkanlah terlebih dahulu konsep atau desain yang mau kita buat.

Pastikan desain yang kita buat itu unik dan menarik perhatian orang lain. Namun terkadang kita membuat desain itu masih bingung bagimana supaya poster kita terlihat menarik dan bagus. Berikut adalah beberapa tips yang harus kita lakukan dalam membuat poster : 

1. Maksud dan Tujuannya Harus Jelas

Poster yang kita buat itu harus mempunyai maksud dan tujuan tertentu tidak bisa kita membuatnya sembarangan atau seenaknya saja. Dan jangan menambahkan kata yang tidak perlu meskipun itu bagus, karena itu bisa merusak maksud dan tujuan yang kita rencanakan sebelumnya.

Ingat bahwa pembaca itu cuma melihat sekilas saja, jadi manfaatkan waktu yang digunakan oleh pembaca itu sebaik mungkin untuk menyampaikan informasi.

2. Sesuai dengan Konsep

Pembuatan poster yang baik ialah sesuai dengan konsep yang telah ditentukan, apabila tidak sesuai dengan konsep poster kita tidak ada kualitasnya atau tidak layak untuk dipasarkan. Berikut adalah beberapa konsep dalam membuat poster :

  1. Artwork Concept Design
  2. Cartoon Concept Design
  3. Clean Concept Design
  4. Dark Concept Design
  5. Flat Concept Design
  6. Futuristic Concept Design
  7. Geometric Concept Design
  8. Grunge Concept Design
  9. Minimalist Concept Design
  10. Neutral Concept Design
  11. Retro Concept Design
  12. Paper Made Concept Design
  13. Urban / Street Concept Design
  14. Vector Concept Design
  15. Vintage Concept Design
  16. Pop art Concept Design

3. Menonjolkan Tulisan

Cara paling efektif menyampaikan pesan tentu lewat tulisan. Karena, poster yang efektif harus lebih mengutamakan tulisan dari pada elemen desain lain seperti gambar. Jenis huruf, warna dan ukuran huruf harus dibuat mencolok dengan tetap seimbang.

4. Ukuran Poster

Berikut adalah ukuran poster yang sering digunakan :

  • Ukuran Poster A4 (21 X 29,7 cm)
  • Ukuran Poster A3 (29,7 X 42 cm)
  • Ukuran Poster A3+ (32,5 X 48,7 cm)
  • Ukuran Poster A2 (42 X 59,4 cm)
  • Ukuran Poster A1 (59,4 X 82 cm)

5. Software yang Digunakan

Aplikasi yang sering digunakan oleh para pembuat poster adalah :

  • photoshop,
  • correl draw,
  • adobe ilustrator

Saya merekomendasikan yang cocok untuk pembuatan poster yang bagus dan menarik  adalah software adobe photoshop. Karena di photoshop ini kita bisa memanipulasi banyak gambar dan effect yang bagus.

Desain Poster

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply