Cara Update Windows 8/8.1

Cara Update Windows 8 – Perusahaan Microsoft secara rutin memberikan update pada sistem operasi Windows agar tetap aman dan bebas dari berbagai masalah (bugs).

Biasanya pihak Microsoft melakukan update secara rutin setiap hari selasa minggu kedua atau yang biasa disebut dengan Patch Tuesday. Namun tidak menutup kemungkinan Microsoft juga merilisnya di hari-hari yang lain jika memang dirasa penting.

Untuk Anda pengguna Windows 8/8.1 dan Anda ingin memperbaruinya, Anda tidak perlu khawatir, karena cara update Windows 8/8.1 tidak terlalu sulit.

Setidaknya ada dua pilihan cara yang untuk meng-update Windows Anda, yaitu melakukan update dengan koneksi internet (online) atau melakukan update tanpa internet (offline).

Anda bisa memilih menggunakan cara yang mana, namun jika masih belum bisa maka Anda bisa menggunakan cara yang satunya. Berikut cara update Windows 7 yang bisa Anda ikuti.

Cara Memperbaruhi Windows 8/8.1 Dengan Windows Update

Melakukan pembaruan Windows 8/8.1 melalui Windows update merupakan cara yang paling umum dan juga disarankan oleh Microsoft.

Sebelum melakukan pembaruan, pastikan perangkat Anda sudah terhubung dengan jaringan internet. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, masuk ke menu Settings melalui menu Start atau bisa juga dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + I pada keyboard.
  2. Kemudian, klik “Change PC settings” yang berada di bagian bawah jendela menu Settings seperti pada gambar.
Cara Update Windows 8

Cara Update Windows 8

3. Pada tampilan selanjutnya, silahkan cari “Windows Update” pada bagian kiri bawah, kemudian klik.

Windows Update

4. Selanjutnya pada jendela sebelah kanan, akan muncul dialog Windows Update. Silahkan klik “Check for updates now” untuk mengetahui permbaruan apa saja yang tersedia. Tunggu beberapa saat sampai semua pembaruan mucul.

Klik Check  For Update Now

5. Setelah detail pembaruan Windows 8 sudah tersedia maka akan muncul tombol Install dibawahnya, silahkan Anda klik.

Klik Install

Cara Update Windows 8

Pada menu ini, Anda bisa memilih opsi “important updates” (pembaruan penting) atau “optional updates” (pembaruan pilihan) terlebih dahulu.

Selanjutnya, silahkan pilih file yang ingin Anda perbarui lalu proses pemasangan akan berjalan secara otomatis.

6. Proses pembaruan membutuhkan waktu beberapa saat, silahkan tunggu hingga selesai.

Proses Update Windows 8

7. Setelah itu akan muncul keterangan pemasangan Windows pembaruan sudah selesai, dan Anda diminta untuk me-restart komputer Anda.

Ada dua opsi yang bisa Anda pilih, pertama Anda bisa memilih melakukan restart saat itu juga. Kedua, Anda bisa melewatinya namun Windows akan melakukannya secara otomatis setelah 2 hari.

Restart Komputer Anda

8. Jika Anda memilih untuk melakukan restart pada saat itu juga, maka komputer Anda akan melakukan pengaturan pembaruan tersebut secara otomatis.

Update Berhasil

Ketika proses sedang berlangsung, Anda tidak diperbolehkan mematikan komputer agar pembaruan dapat terpasang dengan baik.

Anda hanya perlu menunggu sampai proses pembaruan benar-benar selesai dan komputer akan melakukan reboot dengan sendirinya saat pengaturan selesai.

Baca juga : Cara Install Windows 8

Cara Update Windows 8/8.1 Secara Offline

Jika perangkat Anda tidak terhubung dengan internet atau tempat Anda belum terjangkau oleh jaringan internet, tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa memperbarui Windows 8.1 di luar jaringan (offline).

Namun tidak sepenuhnya proses dilakukan secara offline, terutama pada tahap persiapan. Anda diharuskan untuk mengunduh file pembaruan Windows 8.1 terlebih dahulu, baru kemudian bisa dipasang pada komputer secara manual.

Cara ini cukup bermanfaat terutama bagi Anda pengguna komputer yang sering mengalami masalah dengan koneksi internet. Berikut langkah-langkah update Windows 8.1 secara offline.

  1. Unduh File Update

Pertama, silahkan unduh file update Windows 8 atau 8.1 pada situs resmi Microsoft. Pastikan Anda mengunduh file update sesuai dengan versi Windows yang Anda gunakan.

Misalnya, jika Anda menggunakan Windows 8.1 versi 32 bit, maka Anda bisa mengunduh file dengan nama Windows 8.1 x86 bit. Sedangkan jika Anda menggunakan versi Windows 8.1 64 bit, silahkan unduh file dengan nama Windows 8.1 x64 bit.

Gambar di atas merupakan contoh file-file pembaruan yang sudah selesai diunduh.

  1. Install File Update

Langkah yang kedua, silahkan install satu persatu file pembaruan yang sudah terunduh tadi dengan urutan file yang sudah ditentukan.

Untuk Windows 8.1, urutan pemasangannya adalah dimulai dari KB2919442 dan diikuti secara berurutan oleh KB2919355, KB2932046, KB2937592, KB2938439, dan yang terakhir KB2934018.

Untuk memudahkan Anda, disarankan untuk melakukan reboot atau restart setiap kali selesai meng-install satu file pembaruan.

Nah perlu diingat bahwa tutorial update Windows diatas hanya berlaku untuk memperbarui Windows 8.1 saja. Jika Anda menggunakan Windows 8 dan ingin menperbaruinya, Anda bisa menggunakan tutorial yang pertama.

Cara Update Windows 8 ke Windows 8.1

Jika saat ini Anda menggunakan sistem operasi Windows 8, Anda bisa meng-upgradenya ke versi selanjutnya, yaitu Windows 8.1.

Memang dari segi tampilan interface antara Windows 8 dan Windows 8.1 mempunyai kemiripan. Namun, ada beberapa fitur yang membuat keduanya berbeda.

Sebelum beralih ke sistem operasi Windows 8.1, disarankan untuk meng-update Windows 8 Anda terlebih dahulu. Setelah itu Anda bisa upgrade ke Windows 8.1 dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka Menu Store
Cara Update Windows 8 ke Windows 8.1

Cara Update Windows 8 ke Windows 8.1

Pertama, pastikan komputer/laptop yang Anda gunakan sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Jika memungkinkan, gunakan koneksi internet yang paling cepat dan stabil.

Buka Start menu melalui logo Windows dipojok kiri bawah layar, atau bisa dengan menekan tombol logo Windows pada keyboard. Kemudian masuk ke menu Store.

Setelah menu terbuka Anda akan menemukan ikon untuk melakukan upgrade ke Windows 8.1.

  1. Download File Upgrade
Langkah 2 Cara Update Windows 8 ke Windows 8.1

Langkah 2 Cara Update Windows 8 ke Windows 8.1

Selanjutnya, Download file pembaruan dengan mengklik tombol “Download” warna ungu seperti pada gambar. File yang didownload memiliki ukuran kurang lebih 3.36 GB, maka dari itu jaringan internet yang stabil akan sangat membantu.

  1. Tunggu Proses Download Selesai

Install Pembaruan Windows 8.1

Silahkan tunggu proses download sampai selesai. Selagi menunggu, Anda bisa mengoperasikan komputer/laptop Anda seperti biasa.

Setelah proses download selesai, akan muncul pemberitahuan untuk me-restart komputer pada layar. Sebelum melakukan restart, jika Anda sedang melakukan pekerjaan pastikan Anda menyimpannya terlebih dahulu.

  1. Persetujuan Lisensi

Persetujuan Lisensi Windows 8.1

Setelah komputer hidup kembali, akan muncul jendela “License terms” atau ketentuan lisensi seperti pada gambar. Anda bisa membaca apa saja ketentuan lisensinya terlebih dahulu, atau bisa juga langsung memilih “I accept”.

  1. Memilih Settings Windows

Settings Update Windows 8.1

Selanjutnya pada jendela Settings terdapat dua pilihan opsi. Anda bisa memilih “Use express settings” untuk menggunakan peraturan seperti sebelumnya.

Atau jika Anda ingin melakukan beberapa perubahan pengaturan, Anda bisa memilih opsi “Customize”.

  1. Masuk Akun Mincrosoft

Masuk Akun Microsoft

Pada tahap ini Anda diminta untuk Sign ini ke akun Microsoft Anda.

  1. Verifikasi Nomor Telephone

Verifikasi Nomor Telephone

Selanjutnya, Anda bisa memasukan nomor HP dan Windows akan mengirim kode keamanan ke ponsel Anda. Jika tidak ingin, Anda bisa melewati langkah ini (skip).

  1. Masukan Kode

Masukan Nomor

Ketikan kode yang telah terkirim ke ponsel Anda.

  1. Masuk SkyDrive

Masuk SkyDrive Windows 8

Nah langkah terakhir, Anda dapat memilih untuk menggunakan SkyDrive atau tidak. SkyDrive sendiri merupakan sistem penyimpanan yang dimiliki oleh perusahaan Microsoft.

  1. Upgrade Selesai!

Update Windows 8 ke Windows 8.1 berhasil

Jika tampilan pada layar komputer/laptop Anda seperti pada gambar di atas, tandanya Windows Anda sudah berhasil di upgarade ke Windows 8.1.

Untuk memasang kembali aplikasi yang sudah Anda install sebelumnya, Anda bisa mengklik tile pada aplikasi tersebut supaya terpasang kembali.

Cara Update Windows 7 ke Windows 8

Selain dari Windows 8 ke Windows 8.1, Anda juga bisa melakukan upgrade dari Windows 7 ke Windows 8. Untuk menghindari kehilangan data, sebelum melakukan update bisa mem-backup data Anda terlebih dahulu dan menyimpannya flasdisk atau penyimpanan lainnya.

Anda bisa menggunakan aplikasi Windows 7 Recovery untuk menyimpan semua file yang akan di-backup. Setelah semua data dirasa aman, selanjutnya Anda bisa melakukan update Windows 7 Anda ke Windows 10, caranya sama seperti langkah-langkah diatas.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin memperbarui fitur-fitur dalam Windows 8. Atau Anda juga bisa meng-upgrade Windows 8 Anda ke versi Windows 8.1.

Jika tidak ingin ketinggalan update dari Microsoft, Anda juga bisa mengaktifkan fitu update otomatis pada Windows 8 Anda. Namun, cara ini cukup menguras data internet.

Selamat mencoba!

Catatan

Jika Anda melakukan pembaruan di perangkat seperti laptop, pastikan saat melakukan update Anda sembari mencharger laptop Anda karena prosesnya cukup lama.

Pelajari juga :

Leave a Reply