Cara Screenshot di Laptop ASUS

Cara Screenshot di Laptop ASUS – Anda memiliki laptop ASUS, dan bingung bagaimana cara melakukan screenshot ? tenang pada artikel kali ini kami akan memberikan tutorial cara mudah melakukan screenshot di laptop ASUS.

Perlu diketahui, beberapa laptop ASUS keluaran terbaru dilengkapi dengan sistem operasi (OS) buatan Microsoft, yaitu Windows 7.8. dan 10.

Hal tersebut berpengaruh terhadap cara melakukan screenshot yang membuatnya lebih sederhana. Ya, pasalnya metodenya cukup mirip karena menggunakan jenis sistem operasi.

Screenshot atau tangkapan layar biasanya digunakan oleh para pengguna laptop untuk mengabadikan apa yang tampil pada layar laptop mereka.

Hasil dari screenshot tersbut dapat dikirim ke orang lain dan diedit. Atau bisa diubah sendiri sesuai kebutuhan, lalu disimpan.

Cara Screenshot di Laptop Asus

Cara Screenshot di Laptop ASUS

Setidaknya ada tiga metode yang bisa digunakan untuk melakukan screenshot, khususnya pada laptop ASUS. Dimana pada setiap metode terdapat berbagai pilihan cara.

Metode yang pertama adalah dengan memanfaatkan fitur bawaan laptop itu sendiri. Kedua, menekan tombol pada keyboard. Dan yang terakhir, menggunakan software tambahan.

Nah, untuk Anda yang ingin tahu cara screenshot di laptop ASUS silahkan simak ulasan dibawah ini. Kita mulai dengan metode yang pertama.

1. Cara Screenshot di Laptop Asus dengan Fitur Bawaan

Setiap laptop yang menggunakan sistem operasi Windows sudah memiliki fitur aplikasi screenshot bawaan. Namun, masih jarang juga orang yang mengetahui fitur ini.

Fitur yang berguna untuk menangkap layar pada laptop Windows tersebut bernama Snipping Tool. Biasanya digambarkan dengan ikon gunting biru dengan garis merah dua lingkaran oval.

Anda dapat menemukan fitur ini di menu Start, atau jika ingin cepat mencarinya Anda dapat mengetikannya di kolom pencarian.

Lalu jika sudah ketemu, bagaimana cara menggunakannya ? berikut langkah-langkahnya dimulai dari awal:

  • Pertama cari Snipping Tool, ketikan saja di kolom pencarian. Lalu buka aplikasinya.

Cara Screenshot dengan Snipping Tool

  • Kemudian akan muncul jendela snipping tool. Untuk melakukan screenshot pilih “New” pada pilihan opsi sebelah kiri atas.

Snipping Tool

  • Silahkan tekan dan tahan mouse sebelah kiri lalu tarik bidang yang ingin Anda tangkap layarnya. Jika sudah, lepaskan mouse.
  • Hasil screenshot akan muncul di jendela Snipping Tool. Di sana Anda bisa mengeditnya.
  • Jika sudah, silahkan klik File -> Save.

Sekarang Anda dapat membagikan hasil screenshot layar Anda ke teman, atau digunakan untuk hal yang lainnya.

Baca juga : Aplikasi Download Video Youtube

2. Cara Screenshot di Laptop ASUS dengan Keyboard

Selain menggunakan aplikasi, Anda juga bisa melakukan screenshot di layar laptop menggunakan tombol pada keyboard.

Untuk melakukan screenshot layar laptop dengan keyboard, Anda bisa menggunakan tombol Print Screen. Pada keyboard tombol ini dituliskan dengan prt sc.

# Cara Screenshot di Laptop ASUS dengan Tombol Print Screen (psc sc)

Berikut langkah-langkah malkukan screenshot dengan keyboard.

  • Silahkan tetapkan tampilan layar laptop yang akan di screenshot. Sebagai contoh saya akan screenshot layar desktop laptop seperti gambar dibawah.
  • Setelah itu, tekan tombol prt sc yang di keyboard pada bagian kanan. Jika sudah, berarti Anda telah melakukan screenshot.

Print Screen

Berbeda dengan menggunakan Snipping Tool, hasil melakukan screenshot menggunakan keyboard tidak dapat langsung muncul.

Untuk melihat hasilnya, Anda harus mempaste gambar tersebut ke salah satu program office. Misalnya Microsoft Office. Atau pada aplikasi grafis seperti Paint.

  • Silahkan buka Ms. Word atau Paint, lalu klik kanan dan pilih paste.

# Cara Screenshot dengan Alt + Print Screen

Cara Screenshot di Laptop dengan Keyboard

Selain menekan tombol Print Screen/prt pc saja, Anda juga dapat mengombinasikannya dengan tombol Alt.

Cara untuk melakukannya tidak jauh berbeda pada saat menggunakan tombol Print Screen saja. Cuma, kali ini ditambah dengan tombol Alt, berikut caranya:

  • Pertama, pastikan layar laptop menampilkan gambar yang akan di screenshot.
  • Lalu tekan tombol Print Screen + Alt secara bersamaan.
  • Buka Ms.Word atau Paint, pastekan hasilnya di sana.

Berbeda jika menekan Print Screen saja yang menampilkan hasil gambal full dari layar laptop, hasil gambar dari menggunakan cara ini adalah bagian yang ter-capture saja. Sementara gambar task bar Windows tidak ikut tekena screenshot.

# Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Alt + Windows

Jika ingin hasil screenshot disimpan secara otomatis, Anda dapat memilih cara ini. Yaitu dengan menekan tombol Windows + Print Screen.

Ketika selesai menekan tombol, bisa Anda lihat layar laptop akan berkedip (redup beberapa saat), ini tandanya komputer sedang menangkap layar.

Hasil tangkapan layar secara otomatis tersimpan di folder Pictures -> Screenshot.

# Menggunakan Tombol Windows + H

Cara Screenshot Laptop dengan Keyboard

Cara yang lainnya adalah dengan menekan tombol Windows dan huruf H pada keyboard bersamaan. Metode ini biasanya dipakai untuk menangkap layar laptop kemudian langsung membaginya dengan perangkat lain.

Silahkan atur layar laptop hingga sesuai dengan gambar yang ingin di screenshot, lalu tekan tombol Window + H.

Setelah selesai menangkap gambar pada layar laptop ASUS, jendela Windows Share Toolbar akan terbuka. Di sana Anda dapat berbagi hasil screenshot melalui email, Facebook, Twitter dll.

3. Cara Screenshot di Laptop ASUS dengan Aplikasi Tambahan

Nah, cara yang terakhir adalah dengan mengunduh aplikasi tambahan. Dimana biasanya terdapat fitur yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan cara sebelumnya.

Menggunakan aplikasi screenshot sangat cocok untuk Anda yang sering melakukan aktivitas screenshot. Mungkin dengan kebutuhan puluhan hingga ratusan screenshot perhari.

Ada beberapa aplikasi screenshot layar laptop yang bisa Anda pasang di laptop ASUS Anda. Diantaranya adalah sebagai berikut.

# Lightshot

Aplikasi Lightshot

Aplikasi yang pertama adalah Lightshot, merupakan aplikasi screenshot yang paling banyak digunakan oleh penggunal laptop, tak terkecuali laptop ASUS.

Penggunaan aplikasi Lightshot cukup mudah, tidak seperti Snipping Tool yang harus melalui menu Start. Dimana Lightshot bisa disinkronkan dengan tomblo Print Screen sehingga untuk membukannya Anda tinggal menekan tombol tersebut.

Sebelum menyimpan aplikasi Anda dapat mengeditnya langsung, seperti menambahkan teks, shape dll. Anda juga bisa memilih format file gambar diantaranya PNG,JPEG dan BMP.

Berikut cara screenshot layar laptop dengan aplikasi lightshot.

  • Unduh aplikasi Lightshot, ukurannya sekitar 4MB. Kemudain install.
  • Setelah selesai diinstall akan muncul icon Lightshot pada taskbar laptop.
  • Untuk menggunakannya Anda bisa menekan tombol prt sc atau jika belum bisa Anda bisa mengklik icon Lightshot pada taskbar.
  • Kemudian layar laptop akan sedikit redup. Tekan dan tahan mouse lalu tarik sesuai keinginan Anda, kemudian lepas.
  • Simpan dengan mengklik ikon save di samping kotak atau bisa juga tekan ctrl + S. Sebelum menyimpan Anda juga bisa mengeditnya terlebih dahulu.

# Screenshot Captor

Screenshot Captor

Tidak kalah dengan Lighshot, aplikasi Screenshot Captor juga menawarkan fitur tambahan yang menarik pengguna laptop ASUS.

Dengan menggunakan Screenshot Captor memungkinkan Anda untuk mempercantik hasil screenshot Anda, seperti menambahkan frame, shadow effects blurring, watermark, dll.

Cara menggunakannya mirip dengan aplikasi Lightshot. Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu di internet dengan ukuran aplikasi sekitar 8MB.

# Aplikasi Screenshot Laptop Jing

Aplikasi Jing

Aplikasi Jing memliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi yang lain. Namun, ada sedikit tambahan dimana Anda bisa merekam tampilan layar dengan durasi 5 menit. Caranya, Anda cukup mengklik menu Capture Video pada opsi menu.

Namun, aplikasi ini hanya menyediakan format gambar yang tersimpan berupa PNG saja.

# Aplikasi Screenshot Schrimfoto

Aplikasi Schrimfoto

Diantara keunggulan aplikasi Schirmfoto dengan aplikasi screenshot layar laptop sebelumnya adalah mampu menyimpan hasil screenshot dengan kualitas tinggi.

Selain itu, ada banyak ekstensi file gambar yang disediakan, seperti JPG, PNG, dan PDF. Anda juga dapat meg-edit degan melakukan crop, menambahkan watermark, print dll.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda ikuti jika ingin melakukan screenshot pada laptop ASUS. Silahkan dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sekian pembahasan cara screenshot di laptop ASUS, semoga dapat mempermudah Anda melakukan screenshot pada layar laptop. Terimakasih.

Baca juga : Cara Kalibrasi Baterai Laptop

Leave a Reply